Cara Menyembunyikan Chat WhatsApp

Apakah Anda mempunyai teman suka kepo yang sering kali membaca chat WhatsApp pribadi milik Anda? Jika iya, Anda wajib nih menggunakan cara menyembunyikan chat WhatsApp yang akan Nirvanaharapan bagikan di bawah ini.

Memang akan sangat menjengkelkan jika mempunyai teman yang tukang kepo, dan lebih parahnya lagi si teman tersebut sering pula menyebarkan isi dari chat Anda kepada teman-teman yang lainnya.

Daripada mesti berkelahi gara-gara hal seperti itu, mending Anda cegah saja dengan menyembunyikan pesan WhatsApp di smartphone Anda. Caranya gampang kok Sobat.

WhatsApp sendiri yakni salah satu aplikasi kirim pesan yang sangat populer di dunia dan sifatnya yang sangat personal. Namun, sayangnya selain seperti teman diatas, apalagi ketika sudah mempunyai pasangan.

Maka kita akan wajib berbagi semua hal, contohnya termasuk pesan yang kita terima di WhatsApp, hingga bahkan ke hal yang sangat pribadi banget.

Hoho … Apakah Anda juga kepikiran untuk tetap menjaga privasi Anda dengan pasangan?

Hehe … tenang saja bro, karena Anda juga tetap bisa sembunyikan pesan Anda kok meski pasangan selalu mengecek pesan yang ada pada WhatsApp milik Anda.

penasaran nggak bagaimana caranya?

yuk kita simak caranya untuk nyembunyiin pesan WhatsApp Anda!

Cara Menyembunyikan Chat Whatsapp Dengan Fitur Arsip

Untuk cara yang pertama ini akan sangat mudah Anda lakukan, karena tidak memerlukan aplikasi tambahan. Yakni dengan cara mengarsipkan chat yang mau sembunyikan.

Fitur arsip pada WhatsApp ini akan memungkinkan chat (percakapan) yang diarsipkan tersebut akan tersembunyi pada baris paling bawah dan letaknya berada di dalam folder “Arsip chat“.

Jadi, bagaimana sih cara mengarsipkan chat itu? Sangat mudah bro! Langsung saja ya kita simak tutorialnya di bawah ini :

  • Langkah pertama, silahkan Anda buka aplikasi WhatsApp.
  • Kemudian pilih chat yang akan mau disembunyikan.
  • Setelah itu, tekan dan tahan pada chat yang dipilih, sampai muncul tanda centang.
  • Lalu klik ikon “arsipkan” (lihat panah nomor 2 pada gambar dibawah).

cara menyembunyikan chat whatsapp

  • Selanjutnya tap tombol arsipkan. Ikon itu fungsinya adalah untuk memindahkan / menyembunyikan chat yang dipilih ke folder arsip.
  • Selesai deh!
cara menyembunyikan chat whatsapp
  • Chat telah berhasil di arsipkan.
  • Sekarang chat atau percakapan sudah berhasil diarsipkan dan tersembunyi pada baris paling bawah.
cara menyembunyikan chat whatsapp
  • Nantinya akan muncul link arsip chat di bagian paling bawahnya.

Nah, sampai disini mudah kan? Ternyata bisa juga kan menyembunyikan chat di WA. Akan tetapi, dengan memakai fitur archived (arsip) ini tentunya penyembunyian chat Anda juga memiliki beberapa kekurangan.

Lah kok gitu ya?

Iya, hal ini dikarenakan orang lain akan mudah untuk menemukannya..

Sebetulnya chat Anda tidak benar-benar disembunyikan, hanya saja dialihkan ke halaman lainnya yakni pada halaman arsip.

Saat Anda melakukan scroll kebawah di bagian perpesanan WhatsApp, maka nantinya Anda akan melihat indikator archived.

Jadi, untuk bisa mengembalikan lagi chat yang telah di archived ini, Anda hanya cukup menekan dan tahan selama beberapa detik di chat yang akan dikembalikan,

Selanjutnya akan muncul tombol icon unarchived, untuk itu silahkan Anda tap tombol tersebut. Otomatis chat akan kembali muncul seperti sedia kala di halaman utama.

Kekurangan dalam Mengarsipkan Chat WA

Dibawah ini adalah kekurangan menggunakan fitur arsip WhatsApp untuk menyembunyikan pesan diantaranya :

1. Dapat dicari berdasarkan nama pada kontak

Seperti kemudahannya dalam melakukan pengarsipan, ternyata untuk mencari percakapan yang telah diarsipkan pun sangat mudah. Sebab hanya dengan mengetikkan nama orang yang mau diketahui apa isi percakapannya. Hal ini berarti percakapan yang telah kita sembunyikan tadi bisa kembali dilacak hanya dengan sekali ketuk.

Jadi, bagaimana supaya tetap menjadi hal rahasia (privat)? Yups, untuk itu kita dapat mengganti nama kontak orang yang ingin disembunyikan percakapannya tersebut dengan beberapa nama.

Contohnya saja dengan menggunakan inisial, nama orang lain ataupun dengan nama panggilan khusus. Dengan seperti itu, nantinya chat yang telah disembunyikan tersebut tidak akan mudah ditemukan.

2. Otomatis naik ke baris pertama jika kontaknya mengirimi pesan kepada kita

Ya. tentu saja pesan yang telah diarsipkan dan tersembunyi pada baris paling bawah, maka akan secara otomatis muncul pada baris paling atas jika orang tersebut mengirimkan pesan kepada kita.

Hal ini terbilang lucu, sebab percakapan yang semulanya tidak kelihatan akan mendadak muncul, sehingga menjadi kelemahan dalam hal mengarsipkan sebuah pesan.

Lalu apa solusi lainnya?

Ya, dengan menggunakan aplikasi tambahan.

Jangan lupa ya! Simak tutorial berikutnya mengenai Cara Membuka WhatsApp di Laptop dengan mudah.

Cara Menyembunyikan Chat Whatsapp Dengan Aplikasi Tambahan

Apabila Anda ingin menyembunyikan pesan dari pasangan atau orang yang tukang kepo. Nah, akan secara mudah bisa dilakukan dengan cara mengarsipkan pesan seperti metode sebelumnya.

Namun yang menjadi masalah adalah setelah kita arsipkan, maka pesannya juga akan sangat mudah untuk dicari. Jadi boleh dibilang hal ini kurang efektif apabila digunakan untuk menyembunyikan pesan yang benar-benar sangat rahasia.

Nah, di metode kedua kali ini Nirvanaharapan akan bahas cara lainnya yang dapat menyembunyikan chat jauh lebih aman. Akan tetapi, di tahap ini kita tidak dapat menggunakan aplikasi resmi WhatsApp. Karena kita memerlukan aplikasi WhatsApp MOD.

Disini kita asumsikan Anda sudah berhasil menginstall aplikasi WA MOD-nya. Jadi kita bisa langsung melakukan tutorialnya. Disini kita akan menggunakan aplikasi WhatsApp MOD bernama GBWA.

  • Jadi, silahkan Anda download aplikasi GBWHATSAPP terlebih dahulu.
  • Kemudian buka aplikasi WA MOD dan cari chat yang mau disembunyikan.
  • Setelah itu, carilah chattingan yang akan Anda sembunyikan. Lalu tekan dan tahan chat tersebut hingga muncul tanda centang.
  • Selanjutnya klik tanda titik tiga pada pojok kanan atas dan klik “Hide“.
sembunyikan chat wa dengan aplikasi tambahan
  • Agar lebih amannya lagi, maka buatlah “Pattern” supaya pesan yang disembunyikan tidak bisa ditemukan dengan mudah.
  • Selesai deh!

sembunyikan chat wa dengan aplikasi tambahan

  • Sekarang chattingan Anda telah berhasil disembunyikan.

Cara Menampilkan Kembali Pesan WA Yang Telah di Sembunyikan

Apabila Anda ingin memunculkan kembali chat yang telah disembunyikan juga bisa dong bro. Tenang saja, yuk kita simak caranya berikut ini :

  • Silahkan Anda klik tulisan GBWhatsApp  di pojok kiri atas.
  • Setelah itu, akan muncul jendela pilihan Pattern, PIN, dan Fingerprint. Silahkan Anda pilih Pattern.
sembunyikan chat wa dengan aplikasi tambahan
  • Kemudian masukkan pattern yang telah Anda set pada awal sebelumnya.
  • Seluruh pesan yang Anda hide akan muncul disini
sembunyikan chat wa dengan aplikasi tambahan
  • Apabila pesan tersebut sudah tidak perlu di Hide kembali, Anda hanya tinggal tahan hingga muncul tanda centang dan klik tanda titik tiga.
  • Setelah itu, pilih Unhide Chat lalu masukan Pattern yang telah Anda buat. Maka chattingan Anda akan kembali seperti sedia kala.
  • Selesai deh!

Itulah beberapa cara menyembunyikan pesan chat WhatsApp yang dapat Anda lakukan. Gimana, gampang sekali bukan?

Jadi dari cara yang kedua diatas Anda lebih aman, karena percakapannya di password, dan hanya Anda yang tahu password tersebut.

Demikianlah cara menyembunyikan chat WhatsApp atau tutorial supaya Anda bisa menyembunyikan pesan di WA tanpa mesti menghapus pesan tersebut. Jadi privasi Anda akan tetap terjaga, dan perpesanan menjadi aman.

Oh ya, Selain itu Anda juga boleh simak tutorial berikutnya mengenai Cara Keluar Grup WhatsApp Tanpa Diketahui dengan mudah.

Semoga tutorial ini dapat bermanfaat, cukup sekian dan terima kasih!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 3 =