Cara Membuka WhatsApp di Laptop

Jika Anda ingin menggunakan WA (WhatsApp) di laptop atau komputer. Untuk itu Anda bisa melakukannya dengan mudah, sebab disini ada 4 cara membuka WhatsApp di laptop atau PC versi Nirvanaharapan.

Untuk cara kerja WhatsApp di PC atau laptop sendiri tidak jauh berbeda dengan yang ada pada aplikasi smartphone. Karena semua fitur dan fungsi tetap sama dan bisa dipakai secara maksimal.

Pada WhatsApp laptop atau PC, Anda boleh mengirimkan pesan dalam bentuk format teks, foto, video, voice note, bahkan stiker sekalipun. Disamping itu, fitur seperti video call, panggilan telepon, membuat status, dan lainnya juga boleh Anda gunakan seutuhnya.

Ketika pertama kali diluncurkan, target utama WhatsApp ini sendiri adalah untuk pengguna HP, terkhususnya pada Android. Namun, semakin ke depan, kini WhatsApp sudah mulai dapat digunakan di laptop maupun PC.

Untuk sekarang ini, Anda betul-betul dapat membuka WhatsApp di laptop Windows 7, 8, maupun 10 tanpa menggunakan emulator apapun.

Bagaimana, tertarik ingin menggunakannya? Tenang saja, dalam tutorial kali ini Nirvanaharapan akan kupas tuntas, untuk itu simak hingga akhir ya!

Cara Membuka WhatsApp di Laptop atau PC

Anda boleh memilih salah satu dari keempat metode yang tersedia pada artikel kali ini. Tunggu apalagi, silahkan baca lebih lanjut tutorial dibawah ini.

1. WhatsApp Web

Untuk cara yang pertama ini, Anda tidak harus menginstall aplikasi, sebab yang dipakai yaitu dari sebuah website / situs. Karena Anda hanya memerlukan web browser seperti Google Chrome / Mozilla Firefox juga saja.

Cara membuka WhatsApp di laptop dengan WhatsApp Web merupakan cara sangat mudah dan paling efektif. Oleh karena itu, Anda hanya perlu melakukan scan barcode saja, maka kemudian WhatsApp akan dapat digunakan.

Untuk cara menggunakan WhatsApp Web ini, silahkan Anda ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Silahkan Anda kunjungi situs WhatsApp Web lewat browser Anda.
  • Kemudian Anda akan melihat tampilan gambar seperti berikut ini.

cara membuka whatsapp di laptop

  • Setelah itu, Anda buka aplikasi WhatsApp di HP. Kemudian klik titik tiga pada pojok kanan atas dan pilih WhatsApp Web. Silahkan Anda scan barcode yang tersedia di website / situs tersebut.

cara membuka whatsapp di laptop

  • Apabila proses scan telah berhasil, untuk itu Anda sudah boleh menggunakan WhatsApp Web untuk bisa mengirimkan pesan teks maupun mengirim pesan media.

cara membuka whatsapp di laptop

  • Selesai deh!

Sekarang, Anda sudah bisa membuka WhatsApp di laptop tanpa aplikasi apapun, cukup menggunakan web browser saja. Bagaimana, sangat mudah, bukan?

2. Aplikasi WhatsApp

Untuk cara berikutnya adalah dengan kita menggunakan aplikasi WhatsApp. Dimana sekarang ini, WhatsApp telah resmi tersedia untuk perangkat laptop maupun PC, baik itu Windows 8 ataupun 10.

Mungkin terkadang ada yang bertanya, “Khusus untuk laptop yang Windows 7 bisa atau tidak?”

Berdasarkan dari keterangan situs resmi WhatsApp, aplikasi ini hanya dapat digunakan khusus Windows 8 ke atas saja.

Tidak usah khawatir, karena nanti setelah poin ini akan Nirvanaharapan berikan cara khusus bagi Anda yang ingin membuka WhatsApp di laptop Windows 7.

Di bawah ini adalah cara menggunakan aplikasi WhatsApp di laptop atau PC :

  • Silahkan Anda kunjungi situs download WhatsApp lewat browser internet.
  • Kemudian silahkan Anda download aplikasi WhatsApp tersebut sesuai dengan bit laptop yang Anda miliki (32-bit atau 64-bit).

cara membuka whatsapp di laptop

  • Jika sudah berhasil di download, maka selanjutnya silahkan Anda buka aplikasinya, maka akan secara otomatis melakukan instalasi dengan sendirinya.
  • Nah, apabila prosesnya telah selesai, maka WhatsApp akan terbuka dan Anda akan ditunjukkan tampilan seperti pada gambar di bawah ini, yang hampir serupa dengan WhatsApp Web sebelumnya.
  • Selanjutnya, silahkan Anda lakukan scan barcode lewat aplikasi WhatsApp pada HP Anda.

cara membuka whatsapp di laptop

  • Kemudian setelah proses scan barcodenya selesai, saatnya sekarang Anda sudah dapat menggunakan aplikasi WhatsApp di laptop maupun PC.

cara membuka whatsapp di laptop

  • Selesai deh!

Simak pembahasan berikutnya mengenai cara share lokasi di WhatsApp.

Nah, begitulah cara menggunakan aplikasi WhatsApp baik itu di Windows 8 maupun 10. Lalu bagaimana untuk versi Windows 7?

Oke, silahkan Anda simak tutorialnya berikut ini.

3. Cara Membuka WhatsApp di Laptop Windows 7

Kalau secara resminya sih, aplikasi WhatsApp ini memang hanya tersedia untuk versi Windows 8 dan Windows 10 saja, sementara untuk versi Windows 7 memang tidak tersedia.

Akan tetapi, ada banyak pengguna Windows yang telah mencoba melakukan penginstalan WhatsApp pada Windows 7 dan tentunya dengan hasil yang berbeda-beda, sebab ada yang berhasil serta ada pula yang gagal.

Berdasarkan dari beberapa sumber terpercaya yang Nirvanaharpan kutip. Aplikasi WhatsApp hanya boleh diinstall di Windows 7 64-bit saja, sedangkan pada Windows 7 32-bit akan mengalami error.

Nah, untuk spesifikasi Windows yang Nirvanahapan pakai untuk menginstall WhatsApp yakni Windows 7 Ultimate Service Pack 1 64-bit. Untuk Anda yang ingin menginstall WhatsApp di Windows 7, untuk itu disarankan bagi Anda supaya menggunakan Windows 7 64-bit.

Cek Spesifikasi Windows 7

Agar bisa mengetahui spesifikasi Windows 7 yang Anda saat ini digunakan, silahkan ikuti beberapa langkah berikut ini :

  • Silahkan Anda klik icon Start pada pojok kiri bawah, lalu cari dengan mengetik System.
  • Kemudian Anda akan melihat spesifikasi Windows 7 yang sedang Anda gunakan.
  • Selesai deh!

Apabila Anda telah menggunakan Windows 7 64-bit, maka Anda boleh mencoba langkah ini.

Namun, untuk yang menggunakan Windows 7 32-bit, saya masih kurang tahu apakah bisa atau tidak. Sebab dari pengalaman saya yang berhasil adalah dengan menginstall WhatsApp pada Windows 7 64-bit.

Oke, untuk menginstall WhatsApp pada Windows 7, silahkan ikuti beberapa langkah di bawah ini :

  • Silahkan Anda kunjungi situs download WhatsApp untuk mengunduhnya.
  • Kemudian Anda akan melihat tampilan download seperti pada gambar di bawah ini. Disini tampilannya memang agak berbeda dengan ketika Anda membuka websitenya dengan Windows 8 maupun 10. Untuk itu silahkan download yang saya tandai saja.

whatsapp windows 7

  • Jika sudah berhasil di download, maka silahkan Anda buka aplikasi WhatsApp tersebut. Caranya yakni dengan klik kanan pada aplikasi WhatsApp, lalu pilih Run as Administrator, apabila muncul jendela maka pilih Yes.
  • Secara otomatis WhatsApp akan melakukan instalasi, untuk itu silahkan ditunggu. Jika sudah selesai, kemudian WhatsApp akan terbuka. Tampilannya memang terlihat berbeda dengan WhatsApp Windows 8 maupun Windows 10.

whatsapp windows 7

  • Langkah terakhir, silahkan Anda lakukan scan barcode yang tersedia di aplikasi WhatsApp Windows 7 dengan smartphone. Kemudian Anda klik titik tiga di pojok kanan atas > lau pilih WhatsApp Web dan scan barcode.

cara membuka whatsapp di laptop

  • Selesai deh!

Nah, sekarang Anda sudah boleh membuka WhatsApp di laptop Windows 7 kesayangan Anda.

Catatan: Tidak semua laptop versi Windows 7 dapat menginstall aplikasi WhatsApp, karena Niravanaharapan juga kurang tahu apa penyebabnya. Akan tetapi, berdasarkan pengalaman, WhatsApp boleh diinstall di Windows 7 64-bit.

4. Cara Membuka WhatsApp di Laptop Menggunakan Emulator (Tanpa HP)

Sebetulnya ada banyak banyak sekali emulator Android yang dapat Anda gunakan. Akan tetapi, dalam artikel ini kita akan memakai BlueStcks saja.

Kelebihan dari emulator Android yaitu Anda dapat memasang WhatsApp di laptop atau PC tanpa HP sekalipun. Selain itu juga, Anda boleh video call via WhatsApp di laptop layaknya seperti menggunakan Android.

Nah, jika Anda tertarik, silahkan coba lakukan langkah-langkah berikut ini :

  1. Silahkan terlebih dahulu Anda download BlueStacks.
  2. Setelah proses download selesai, bukalah aplikasinya dan Anda akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini. Silahkan Anda klik Install now untuk memulai proses instalasi. Pada tahap ini, Anda akan mendownload data kurang lebih sebesar 534 MB.

cara menggunakan whatsapp di emulator

  • Anda tunggu hingga proses instalasi selesai. Bila sudah, login dengan menggunakan akun Google milik Anda. Langkah ini wajib dilakukan supaya nantinya Anda dapat mendownload aplikasi WhatsApp.

cara menggunakan whatsapp di emulator

  • Setelah Anda berhasil login, kemudian buka Google Play Store dan silahkan cari WhatsApp Messenger. Install WhatsApp tersebut dan tunggu hingga selesai.

cara menggunakan whatsapp di emulator

  • Apabila telah selesai, buka WhatsApp dan lakukanlah pendaftaran seperti Anda mendaftar WhatsApp di HP.

menggunakan whatsapp di emulator

  • Berikutnya, Anda akan menemukan tampilan seperti pada gambar di bawah ini. Untuk itu lanjutkan dengan pilih Continue supaya kontak Anda muncul di WhatsApp.

menggunakan whatsapp di emulator

  • Selesai deh, sekarang, Anda sudah dapat menggunakan WhatsApp di laptop atau PC sesuai kebutuhan.

Khusus untuk pengguna Windows 7 yang gagal dalam menginstall aplikasi WhatsApp. Anda bisa menggunakan WhatsApp Web saja, atau boleh juga dengan memakai emulator Android yang memang 100% berhasil.

Simak tutorial lainnya mengenai Cara Keluar Grup Whatsapp Tanpa Diketahui

Pertanyaan Seputar WhatsApp di Laptop atau PC

Setelah Anda mengetahui bagaimana cara membuka akun WA di aplikasi PC atau laptop dengan menggunakan tutorial di atas. Tentunya sebagian orang akan mengalami kesulitan saat melakukannya. Berikut terdapat beberapa pertanyaan diantaranya :

Bolehkah menggunakan WhatsApp di PC tanpa hp?

Ya, selama Anda sudah terhubung dan telah login di WhatsApp PC, untuk itu Anda tak perlu lagi mengaksesnya dari WA di hp Anda.

Apakah boleh membuka WA di laptop tanpa kode qr?

Tidak bisa, Anda harus membukanya memakai kode qr yang muncul supaya bisa terhubung ke dalam WhatsApp versi laptop atau PC.

Bagaimana cara mengeluarkan WA yang terhubung di WhatsApp Web atau PC?

Anda mesti membuka aplikasi WhatsApp di hp Anda, kemudian tap menu yang terletak di pojok kanan atas aplikasi. Setelah itu, pilih WhatsApp Web lalu tap opsi Keluar dari seluruh perangkat komputer.

Sistem operasi apa saja bisa mendukung aplikasi WhatsApp di PC?

Anda boleh memakai sistem operasi windows maupun mac os.

Demikianlah beberapa cara membuka WhatsApp di laptop yang dapat Nirvanaharapan bahas kali ini. Anda boleh memilih salah satu diantara metode yang memang menurut Anda lebih efektif untuk dilakukan.

Cukup sekian dan terima kasih!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + four =