Cara Menulis Arab

Untuk cara menulis huruf Arab di PC / komputer khususnya pada aplikasi Microsoft Word ternyata sangat mudah untuk dilakukan loh Sahabat. Jika Anda sedang mendapatkan tugas kampus atau sekedar ingin belajar cara menulis arab.

Maka Anda tidak perlu pusing lagi karena Nirvanaharapan akan menulis panduannya di bawah ini dengan cara yang mudah untuk dipahami.

Selain fitur bahasa arab yang terdapat pada komputer sudah diaktifkan, syarat mutlak supaya dapat menulis arab dengan baik dan benar yakni Anda memahami ejaan pada penulisan bahasa arab tersebut.

Hal ini dikarenakan, apabila Anda tidak memahami ejaan bahasa arab tentunya akan berdampak dalam melakukan penulisannya.

Dari sepengetahuan saya sih, tulisan arab ini, apabila beda huruf atau harakat maka bisa menyebabkan salah arti.

Membuat tulisan Arab memang merupakan salah satu kebutuhan dalam hal bidang pendidikan. Tidak hanya untuk seorang guru saja, melainkan para siswa juga memperoleh tugas yang berkaitan dengan menulis Arab di Microsoft Word.

Sebetulnya, membuat tulisan Arab bukanlah hal yang sulit, terlebih bila Anda ingin belajar Microsoft Word. Microsoft sendiri juga telah menyediakan fiturnya, jadi kita hanya tinggal mengaktifkan fitur tersebut supaya dapat menulis Arab.

Cara Membuat Tulisan Arab di Komputer

Untuk Anda yang masih memakai keyboard biasa dan belum ada cover tulisan Arabnya. Tenang saja, Anda masih tetap bisa kok menulis Arab di laptop, karena disini kita akan menggunakan On-Screen Keyboard bawaan dari Windows.

Cara ini dapat Anda lakukan untuk semua versi Windows, baik itu Windows 7, 8, dan 10. Selain itu, bahasa Arab juga akan secara otomatis support untuk Microsoft Office 2007, 2010, 2013, dan 2016.

Namun, dalam contoh kali ini, saya akan memakai Microsoft Word 2016 pada Windows 10. Bila Anda pengguna Windows 7 ataupun 8, mungkin tampilannya akan agak sedikit berbeda.

Jadi silahkan disesuaikan saja ya.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Menambahkan Bahasa Arab

Supaya dapat menulis Arab di komputer, tentunya kita wajib menambahkan bahasa Arab terlebih dahulu. Untuk caranya, silahkan Anda ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Langkah pertama, silahkan Anda klik Start kemudian cari Languages > lalu pilih Edit language and keyboard options.

menambahkan bahasa arab

  • Kemudian Anda pastikan sudah berada pada menu Languages > setelah itu, klik Add a language untuk menambahkan bahasa.

menambahkan bahasa arab 2

  • Pada kolom pencarian, silahkan Anda tuliskan United Arab kemudian pilih seperti apa yang saya tandai di (nomor 1). Setelah Anda klik, maka silahkan pilih Next dan ikuti instruksi yang ada.

menambahkan bahasa arab 3

  • Selanjutnya, silahkan Anda tunggu proses pemasangan bahasa Arab di komputer. Jika proses pemasangannya sudah selesai, maka bahasa ini akan tampil di pengaturan.

menambahkan bahasa arab 4

Oke deh, sampai disini Anda telah berhasil menambahkan bahasa Arab ke komputer.

2. Mengubah Bahasa Keyboard Menjadi Arab

Setelah Anda berhasil menambahkan bahasa, maka komputer Anda akan tetap menggunakan bahasa sebelumnya. Karena penggantian bahasa wajib dilakukan secara manual.

Maka untuk mengubah bahasa keyboard menjadi Arab, silahkan Anda tekan Windows + Spasi kemudian pilih bahasa Arab.

mengubah bahasa keyboard menjadi arab

Oke deh, sekarang Anda sudah dapat menulis Arab di komputer Anda. Untuk yang keyboardnya telah terdapat huruf hijaiyah (huruf Arab), mungkin Anda tidak akan kesulitan. Namun, lain halnya untuk Anda yang keyboardnya masih QWERTY.

Nah, bagi yang keyboardnya belum terdapat huruf hijaiyah, Anda boleh memanfaatkan keyboard bawaan dari Windows yakni On-Screen Keyboard.

Simak juga pembahasan selanjutnya mengenai cara membuat label undangan.

3. Mengaktifkan Keyboard Tulisan Arab

Dengan keyboard ini, maka Anda tidak akan kebingungan lagi karena akan secara otomatis On-Screen Keyboard menyesuaikan bahasa yang dipilih.

Untuk bisa mengaktifkan keyboard ini, silahkan Anda klik Start > Windows Ease of Access On-Screen Keyboard.

mengaktifkan keyboard tulisan arab

4. Cara Menulis Arab di Microsoft Word

Untuk Anda yang ingin mengetik Arab di Microsoft Word, sebaiknya gunakanlah font Arabic Typesetting dengan huruf rata kanan.

cara menulis arab di microsoft word

Hal penting lainnya yang selalu terdapat pada tulisan Arab yaitu harakat. Nah, untuk menambahkan harakat pada huruf, Anda bisa memanfaatkan shortcut keyboard.

Berikut ini adalah shortcut harakat yang perlu Anda ketahui:

1. Shift + Q = Fathah
2. Shift + A = Kasrah
3. Shift + E = Dammah
4. Shift + W = Fathah Tanwin
5. Shift + S = Kasrah Tanwin
6. Shift + R = Dammah Tanwin
7. Shift + X = Sukun
8. Shift + ~ = Tasydid

Untuk cara menggunakan shortcut diatas yakni setelah mengetik huruf. Maka, setelah huruf diketik, maka akan secara otomatis kursor akan berada setelah huruf tersebut. Nah, ketika itulah Anda memberikan harakat terhadap huruf.

Mungkin ada juga yang bertanya seperti ini “Lah, kok nggak ada harakat fathah, kasrah, dan dammah yang tegak?”

Oke, baik, harakat-harakat tersebut memang tidak ada pada shortcut. Namun, Anda boleh menambahkannya dengan cara berikut ini:

Silahkan Anda masuk ke tab Insert > setelah itu, pilih Symbol > kemudian klik More Symbols…

cara menulis arab di microsoft word 2

Jika Anda sudah mengklik More Symbols, maka akan muncul jendela baru dengan berisi berbagai macam simbol. Kemudian untuk menuliskan fathah, kasrah, dan dammah yang tegak, ada kode khusus yang wajib dituliskan.

0670 = Fathah tegak0656 = Kasrah tegak0657 = Dammah tegak

Sebelum itu, Anda mesti mengubah font symbol sesuai dengan bahasa yang sebelumnya digunakan, yakni Arabic Typesetting. Setelah itu, barulah Anda masukkan kode diatas pada kolom Character code.

cara menulis arab di microsoft word 3

5. Cara Copy Tulisan Arab dari Website ke Ms Word

  • Silahkan Anda cari hadits atau potongan ayat Al-Qur’an untuk dimasukkan ke Microsoft Word. Anda dapat mencarinya di Google maupun lainnya.

cara copy tulisan arab dari website ke ms word

Anda bisa menggunakan kata kunci pencarian seperti ini “Tulisan Arab Bismillah” atau lainnya. Misalnya Alhamdulillah, Allah, Muhammad, Assalamualaikum, Sholawat, Salam, dan lain sebagainya.

  • Setelah ketemu tulisan Arab yang dimaksud, silahkan Kamu seleksi tulisan atau teks tersebut dengan kursor.

cara copy tulisan arab dari website ke ms word 2

  • Berikutnya Anda Klik Kanan Mouse kemudian pilih Copy atau Salin.
  • Jangan lupa juga, untuk mengatur arah tulisannya dari kanan ke kiri di tab menu Home kemudian pilih Right-to-Left Text Direction.

cara copy tulisan arab dari website ke ms word 3

  • Setelah itu, Anda tempelkan atau paste tulisan Arab tersebut ke lembar kerja Microsoft Word Anda. Klik Kanan di bagian Paste Options dan Anda pilih Keep Text Only (T). Opsi ini akan memungkinkan kita menempelkan hanya teks saja atau Anda juga boleh menggunakan cara diatas.

cara copy tulisan arab dari website ke ms word 4

  • Anda dapat menyesuaikan ukuran fontnya dengan memperbesarnya. Untuk hasilnya pun sangat memuaskan apabila kita menggunakan teknik copy paste tulisan Arab ini terlebih teks akan tetap rapi dan tidak terbalik urutannya.

Baiklah, diatas telah saya uraikan secara lengkap mengenai cara menambahkan huruf arab di komputer yang dapat Anda gunakan untuk cara menulis arab di Microsoft Word maupun aplikasi lainnya.

Bagaimana, sangat mudah, tidak? Yah memang seperti itulah, jika belum paham tekniknya akan terlihat sulit, tetapi kalau telah terbiasa, lama-lama bakalan bisa sendiri kok. Karena dimana ada kemauan disitu akan ada jalan, hehe.

Demikianlah pembahasan singkat terkait cara menulis Arab yang dapat Nirvanaharapan sampaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan Anda.

Cukup sekian dan terima kasih!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 2 =