Belajar Microsoft Word Bagi Pemula

Microsoft Word merupakan sebuah aplikasi pengolah kata yang paling populer saat ini. Meskipun bagi Anda yang ingin melamar pekerjaan. Belajar untuk menguasai Microsoft Word mungkin tidak menjadi keharusan, namun akan sangat penting sekali bagi kita untuk memiliki skill dasarnya.

Program ini biasanya ditujukan bagi para pengguna computer dalam aktivitas tulis-menulis. Misalnya membuat surat, artikel, brosur, proposal, booklet, dan lainnya dengan aneka font dan layout yang tersedia.

Kita juga bisa membuat naskah ilmiah dengan menggunakan rumus-rumus matematika, fisika hingga kimia dan mendesain sebuah dokumen menjadi variasi gambar yang unik dan lengkap.

Sejarah Microsoft Word

Microsoft Word dirilis di tahun 1983 dengan sebutan Multi-Tool Word untuk Xenix. Versi lainnya kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, seperti DOS pada tahun 1983. Microsoft Windows pada tahun 1989 dan Apple Macintosh di tahun 1984. SCO UNIX, OS/2.

Selain, Microsoft Word, ada lagi beberapa jenis program pengolah kata yang terkenal dan sudah menyebar di masyarakat seperti:

  • WordPerfect (WP),
  • WordStar (WS),
  • AmiPro,
  • WordPad,
  • Dan lain-lain.

Kini Microsoft Word sudah mengeluarkan versi 1.0. hingga 6.0. pada versi DOS. Kemudian, seiring berkembangnya perusahaan pembuatnya. Microsoft Corporation telah mengeluarkan 12 versi Microsoft Word, yakni mulai dari versi ’95 hingga Microsoft Word 2016.

Fungsi Microsoft Word

Terkadang Kita sering lupa dalam memanfaatkan berbagai fitur yang ada pada Microsoft Word. Padahal fitur tersebut bisa membantu kita mempercepat pembuatan dokumen.

Fungsi dari Microsoft Word sebagai pengolah kata, sehingga semua pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan kata bisa teratasi dengan mudah contohnya saja seperti:

  1. Membuat dokumen seperti proposal, makalah hingga dokumen berskala besar seperti buku ataupun novel.
  2. Membikin sertifikat.
  3. Membuat kartu nama, kartu ucapan, dan lain hal sebagainya.
  4. Membikin pamphlet, brosur, dan berbagai macam media iklan dasar lainnya.
  5. Membuat surat, absensi dan sebagainya.
  6. Membikin berbagai macam jenis media kertas lainnya.

Manfaat Microsoft Word

Manfaat dari Microsoft Word antara lain sebagai berikut:

  • Menghemat waktu dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan.
  • Menghemat biaya dan kertas.
  • Memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan.

Apabila Anda masih pemula dengan Microsoft Word 2016. Disini saya akan memberikan Tutorial Dasar Belajar Microsoft Word 2016.

Pertama Anda harus memiliki software Microsoft Word 2016. Kemudian yang terpenting yaitu Memahami Lembar Kerja Microsoft Word 2016 Anda.

Mengenal Fitur Microsoft Word 2016

Word 2016 hampir mirip dengan Word 2013 dan Word 2010. Bila sebelumnya Anda sudah menggunakan versi yang di bawahnya, pastinya dengan Word 2016 akan sudah terbiasa.

Namun jika Anda baru menggunakan Word atau lebih banyak pengalamannya di versi yang lama. Anda wajib terlebih dahulu meluangkan waktu supaya akrab dengan belajar antarmuka Microsoft Word 2016.

Antarmuka Microsoft Word 2016

antarmuka microsoft word 2016
edu.gcfglobal.org

Saat Anda membuka Word pertama kali, maka Start Screen akan muncul. Dari sinilah, Anda bisa membuat buku kerja atau workbook baru, memilih template hingga mengakses buku kerja yang baru saja diedit.

Pada layar Start, cari dan pilih dokumen Blank untuk bisa mengakses antarmuka Word.

Pelajari lebih lanjut mengenai antarmuka Word berikut ini:

1. Quick Access Toolbar: Memungkinkan Anda untuk mengakses perintah-perintah umum, tak peduli tab mana yang sedang dipilih. Akan secara default, di dalamnya termasuk Save, Undo, dan perintah Repeat.

2. Ribbon: Berisi seluruh perintah yang Anda perlukan dalam melakukan tugas umum di Word. Ribbon mempunyai banyak tab dan masing-masing tab memiliki beberapa kelompok perintah.

3. Perintah Grup: Berisi serangkaian perintah yang berbeda. Cukup dengan klik perintah apapun untuk menerapkannya. Beberapa kelompok juga mempunyai panah di sudut kanan bawah, yang bisa Anda klik untuk melihat perintah lanjutan.

4. Panel Dokumen: Tempat Anda akan mengetik dan mengedit teks dalam dokumen.

5. Ruller: Terletak di bagian atas dan sebelah kiri dokumen Anda. Mempermudah untuk menyelaraskan dan menyesuaikan jarak.

6. Tell Me: Memungkinkan Anda untuk mencari sebuah perintah, sangat membantu bila Anda tidak ingat di mana untuk menemukan sebuah perintah tertentu.

7. Microsoft Account: Anda dapat mengakses informasi akun Microsoft Anda hingga melihat profil dan beralih akun.

8. Scroll Bar: Klik dan tarik scroll bar secara vertikal untuk bergerak ke atas dan ke bawah lewat halaman dokumen Anda.

9. Page dan Word Count: Anda bisa dengan cepat melihat jumlah kata dan halaman dokumen Anda.

10. Document Views: Ada 3 cara melihat dokumen :

  • Read Mode, menampilkan dokumen dalam modus layar penuh.
  • Print Layout, secara default akan menampilkan dokumen sama seperti halaman yang dicetak.
  • Web Layout, menunjukkan bagaimana dokumen akan terlihat sebagai halaman web.

11. Zoom Control: Klik dan tarik slider untuk menggunakan zoom control angka yang terletak di kanan slider menunjukkan persentase pembesaran.

Lingkungan Word

Sama seperti versi terbaru lainnya, jika belajar Microsoft Word 2016 tetap menggunakan fitur seperti Ribbon dan Quick Access Toolbar. Di mana Anda akan menemukan perintah untuk melakukan tugas umum di Word dan tampilan Backstage.

Ribbon

Microsoft Word menggunakan sistem tab Ribbon dan bukanlah menu tradisional. Ribbon berisikan beberapa tab, yang bisa Anda temukan di dekat bagian atas jendela Word.

ribbon microsoft word
edu.gcfglobal.org

Pada setiap tab berisi beberapa kelompok perintah yang berkaitan. Contohnya, kelompok Font di tab Home berisi perintah untuk memformat teks pada dokumen Anda.

ribbon microsoft word 2
edu.gcfglobal.org

Beberapa kelompok juga mempunyai panah kecil pada sudut kanan bawah yang bisa Anda klik untuk pilihan yang lebih banyak.

ribbon microsoft word 3
edu.gcfglobal.org

Menampilkan dan Menyembunyikan Ribbon

Apabila Anda merasa Ribbon mengambil terlalu banyak ruang layar, Anda bisa menyembunyikannya. Untuk melakukannya, klik panah Ribbon Display Option pada sudut kanan atas Ribbon. Kemudian pilih opsi yang diinginkan di menu drop-down :

menampilkan dan menyembunyikan ribbon microsoft word
edu.gcfglobal.org

1. Auto-hide Ribbon : Menampilkan dokumen Anda ke dalam modus layar penuh dan akan menyembunyikan Ribbon melalui pandangan. Untuk bisa menampilkan kembali Ribbon, tinggal klik perintah Expand Ribbon pada bagian atas layar.

2. Show Tabs : Untuk opsi ini akan menyembunyikan semua kelompok perintah saat mereka sedang tidak dipakai. Namun tab akan tetap terlihat. Untuk menampilkan kembali Ribbon, Anda hanya cukup klik tab.

3. Show Tab dan Commands : Untuk memaksimalkan Ribbon. Seluruh tab dan perintah akan terlihat. Opsi ini dipilih secara default saat Anda membuka Word ketika pertama kali.

Menggunakan Fitur Tell Me Microsoft Word

Apabila Anda mengalami kesulitan saat menemukan perintah yang Anda mau, fitur Tell Me cukup membantu. Ia bekerja akan seperti sebuah kotak pencarian biasa. Ketik apa yang ingin dicari, kemudian daftar pilihan akan muncul. Lalu Anda bisa menggunakan perintah secara langsung melalui menu tanpa wajib menemukannya di tab Ribbon.

menggunakan fitur tell me microsoft word
edu.gcfglobal.org

Quick Access Toolbar

Untuk letaknya tepat di atas Ribbon, Quick Access Toolbar akan memungkinkan Anda bisa mengakses perintah umum dengan tidak mempedulikan tab mana yang dipilih.

Secara default, akan menampilkan perintah Save, Undo, dan Redo, namun Anda bisa juga menambahkan perintah lain tergantung dengan kebutuhan Anda.

Menambahkan perintah pada Quick Access Toolbar:

  • Klik panah drop-down yang terletak di sebelah kanan Quick Access Toolbar.
quick access toolbar microsoft word
edu.gcfglobal.org
  • Pilih perintah yang Anda mau untuk ditambahkan dari menu.
quick access toolbar microsoft word 2
edu.gcfglobal.org
  • Perintah akan ditambahkan di Quick Access Toolbar.
quick access toolbar microsoft word 3
edu.gcfglobal.org

Ruler

Terletak pada bagian atas dan di sebelah kiri dokumen. Sehingga memudahkan dalam menyesuaikan dokumen Anda dengan presisi. Bila Anda mau, Anda boleh menyembunyikan Ruler untuk memperbesar ruang layar.

Menampilkan atau Menyembunyikan Ruler:

  • Klik tab di View.
ruller microsoft word
edu.gcfglobal.org
  • Klik kotak untuk centang di sebelah Ruler agar bisa menampilkan atau menyembunyikan Ruler.
ruller microsoft word 2
edu.gcfglobal.org

Tampilan Backstage

Menampilkan pilihan untuk menyimpan, membuka file, mencetak dan berbagi dokumen Anda. Untuk mengakses tampilan Backstage, hanya cukup klik tab File pada Ribbon.

tampilan backstage microsoft word
edu.gcfglobal.org

Pelajari lagi lebih lanjut mengenai cara menggunakan tampilan Backstage :

1. Return to Word: Anda bisa menggunakan panah untuk menutup tampilan Backstage dan kembali lagi ke Word.

2. Info: Panel Info bakal muncul setiap Anda mengakses tampilan Backstage. Ini akan berisi informasi mengenai dokumen saat ini. Anda juga bisa memeriksa dokumen untuk menghapus informasi pribadi serta melindunginya, kemudian mencegah orang lain untuk membuat perubahan.

3. New: Anda bisa membuat dokumen kosong yang baru, atau bisa juga Anda memilih dari pilihan template.

4. Open: Disini, Anda bisa membuka dokumen yang disimpan di komputer maupun OneDrive Anda.

5. Save and Save As: Anda akan menggunakan Save dan Save As untuk bias menyimpan dokumen ke komputer dan OneDrive Anda.

6. Print: Panel Print, Anda bisa mengubah pengaturan pencetakan hingga mencetak buku kerja Anda. Juga bisa melihat preview dari dokumen Anda.

7. Share: Anda juga dapat mengundang orang lain untuk melihat serta berkolaborasi pada dokumen yang Anda miliki.

8. Ekspor: Anda pun bisa mengekspor dokumen Anda menjadi file dengan menggunakan format lainnya, seperti PDF / XPS.

9. Close: Disini Anda bisa menutup buku kerja yang saat ini terbuka.

10. Account: Di panel Account ini, Anda bisa mengakses informasi akun Microsoft Anda, lalu mengubah tema dan latar belakang hingga keluar dari akun Anda.

11. Options: Pada opsi ini, Anda boleh mengubah berbagai pilihan Word. Contohnya, Anda bisa mengontrol pengaturan ejaan, pemeriksaan tata bahasa, pengaturan AutoRecover dan preferensi bahasa.

Tampilan Dokumen dan Zooming

Microsoft Word juga mempunyai berbagai pilihan tampilan yang bisa mengubah bagaimana dokumen Anda ditampilkan. Anda bisa memilih dan melihat dokumen Anda pada mode baca (Read View, Print Layout, atau Web Layout).

Tampilan ini cukup berguna untuk berbagai macam tugas, terutama lagi bila Anda berencana untuk mencetak dokumen. Anda bisa memperbesar dan memperkecil supaya dokumen Anda menjadi lebih mudah untuk dibaca.

Mengalihkan Tampilan Dokumen Microsoft Word

Mengalihkan dokumen yang berbeda tentu sangatlah mudah. Hanya cukup cari dan pilih tampilan dokumen yang diinginkan melalui sudut kanan bawah jendela Word.

1. Read Mode: Di tampilan ini akan membuka dokumen dengan layar penuh. Tampilan ini akan sangat berguna dalam membaca teks dengan jumlah besar atau juga hanya ingin meninjau pekerjaan Anda.

read mode microsoft word
edu.gcfglobal.org

2. Print Layout: Ini merupakan tampilan default dokumen Word. Sehingga menampilkan seperti apa tampilan dokumen saat dicetak.

print layout microsoft word
edu.gcfglobal.org

3. Web Layout: Menampilkan dokumen seperti halaman web, yang bisa membantu apabila Anda mau belajar menggunakan Microsoft Word dan mempublikasikan konten secara online.

web layout microsoft word
edu.gcfglobal.org

Memperbesar dan Memperkecil

Untuk memperbesar ataupun memperkecil, Anda hanya tinggal klik dan tarik zoom control slider yang terletak di sudut kanan bawah jendela Word. Anda pun bisa memilih perintah (+) atau (-) untuk memperbesar maupun memperkecilnya secara bertahap.

Nomor di sebelah slider akan menampilkan persentase zoom untuk saat ini, dan biasa disebut zoom level.

memperbesar dan memperkecil microsoft word
edu.gcfglobal.org

Cara Menggunakan Microsoft Word

Selanjutnya panduan cara menggunakan Microsoft Word untuk para pemula yang baru belajar. Untuk Anda yang telah merasa bisa atau sudah jago dalam mengoperasikan Microsoft Word, artikel ini mungkin kurang cocok. Akan tetapi, bisa sebagai murajaah bagi yang sudah pro, hehe.

Membuat dan Membuka Dokumen

Membuat dokumen baru adalah langkah dasar yang perlu diketahui saat menggunakan Microsoft Word. Begitu pula ketika membuka dokumen, ini bakal penting sekali saat kita hendak mengedit dokumen yang sebelumnya sudah pernah dibuat.

1. Membuat Dokumen

Di Microsoft Word terbaru, Anda bakal disuguhkan tampilan dengan berbagai template saat pertama kali membukanya. Di menu tersebut, Anda dapat memilih Blank document untuk membuat dokumen yang baru.

Apabila Anda telah masuk ke halaman Microsoft Word dan ingin membuat dokumen baru. Maka Anda dapat memilih menu File > New > Blank document.

membuat dokumen microsoft word
nirvanaharapan.com

2. Membuka Dokumen

Dalam membuka dokumen Microsoft Word, berarti Anda sudah wajib berada dalam aplikasi tersebut. Langkahnya cukup mudah, Anda hanya tinggal memilih menu File > Open > Browse kemudian cari file yang mau dibuka.

Hal ini tentunya berlaku di semua versi Microsoft Word. Hanya saja yang membedakan adalah jika di versi Microsoft Word 2007 tidak ada menu Browse jadi hanya tinggal menekan Icon Ms Word (di pojok kiri atas) > Open > kemudian cari dokumen yang ingin dibuka.

membuka dokumen microsoft word
nirvanaharapan.com

Menyimpan Dokumen

Menyimpan dokumen dilakukan saat setelah kita membuat atau mengedit dokumen. Untuk menyimpan dokumen sendiri terbagi menjadi 2 yaitu: Save dan Save As. Oleh karena itu , silahkan disimak penjelasan di bawah ini supaya lebih jelas.

1. Save (Menyimpan Dokumen Baru)

Save yaitu menu yang digunakan untuk menyimpan dokumen baru. Jadi, saat kita membuat belajar membuat dokumen baru (blank document) pada Microsoft Word, kita akan menggunakan Save untuk menyimpannya.

Untuk mengenai caranya, Anda tinggal memilih menu File > Save > kemudian cari tempat untuk menyimpannya. Disamping itu, Anda juga dapat menekan tombol Icon Save (lihat gambar di bawah). Agar lebih mudah cukup menekan tombol Ctrl+S.

menyimpan dokumen baru ms word
nirvanaharapan.com

2. Save As (Menyimpan Dokumen Lama Menggunakan Nama Baru)

Save As yaitu untuk menyimpan dokumen lama dengan nama baru. Jadi, saat Anda mengedit sebuah dokumen milik teman Anda dan mau dijadikan sebagai dokumen milik sendiri, maka Anda boleh menggunakan Save As untuk menyimpannya.

Untuk caranya, Anda boleh memilih menu File > Save As > Browse > setelah itu, pilih tempat untuk menyimpan filenya.

menyimpan dokumen lama dengan nama baru ms word
nirvanaharapan.com

Apabila Anda merasa kesulitan untuk untuk membuat tulisan bahasa arab di komputer. Yuk simak pembahasannya mengenai cara menulis arab di word.

Mengubah Jenis Font

Dalam mengubah jenis font dilakukan untuk menyesuaikan pengaturan yang telah ditentukan. Sebab biasanya, setiap kali membuat dokumen dengan Microsoft Word, ada beberapa ketentuan jenis font dan ukurannya.

Jadi untuk mengubah jenis font pada Ms Word yaitu Anda masuk ke menu Home > kemudian klik di bagian yang saya tandai Nomor 2 dan ganti tersebut font sesuai kebutuhan.

mengubah jenis font
nirvanaharapan.com

Catatan: Apabila sebelumnya Anda telah menuliskan kata dan ingin mengubah jenis fontnya, maka terlebih dahulu Anda wajib memblock semua tulisan dengan menekan tombol Ctrl+A. Karena kalau tidak, maka tidak akan ada perubahan font.

Untuk bisa mengubah ukuran font, Anda boleh mengaturnya pada angka yang ada di sebelah kanan column font. Silahkan Anda ubah ukurannya sesuai dengan kebutuhan.

Mengatur Margin

Semua versi dalam belajar Microsoft Word mempunyai cara yang sama dalam mengatur margin, baik itu dari segi menu hingga tampilan. Margin dibedakan lagi menjadi 4 yakni margin atas, bawah, kanan, dan kiri.

Misalnya, saya ingin mengatur margin dengan ukuran atas 3cm, bawah 3cm, kanan 3cm, dan kiri 4cm. Anda bisa simak caranya pada gambar di bawah ini.

  • Silahkan Anda pilih menu Layout/Page Layout > Margin > Custom Margin.
mengatur margin
nirvanaharapan.com
  • Kemudian ubah margin sesuai kebutuhan Anda. Contohnya saja top=3 cm, bottom =3 cm, right= 3 cm dan left= 4cm.
mengatur margin microsoft word 2
nirvanaharapan.com
  • Setelah itu, silahkan klik Ok.

Sebenarnya, ada cara yang lebih mudah tanpa harus klik Margin dan Custom Margin. Anda boleh klik Layout / Page Layout lalu langsung saja klik icon yang saya beri tanda. Secara otomatis Anda akan diarahkan menuju ke Page Setup untuk mengatur margin.

mengatur margin microsoft word 3
nirvanaharapan.com

Intinya kedua cara ini sama saja, yakni membuka menu Page Setup. Silahkan Anda gunakan cara yang paling mudah menurut Anda.

Mengatur Jarak Spasi

Jarak spasi di Microsoft Word terbagi menjadi 3 yakni spasi antar karakter, spasi antar kata dan spasi antar baris kalimat. Agar lebih jelas, silahkan simak penjelasan berikut ini.

1. Mengatur Spasi Antar Karakter

Spasi antar karakter yaitu jarak antar huruf di dalam satu kata. Apabila Anda telah menuliskan kata, lalu tekan Ctrl+A terlebih dahulu.

  • Langkah pertama, pilih menu Home > kemudian pilih icon peluncur Font seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. Alternatifnya, Anda boleh tekan tombol Ctrl+D di keyboard.
mengatur spasi antar karakter microsoft word
nirvanaharapan.com
  • Setelah itu, pindah ke tab Advanced. Di bagian Spacing, silahkan diubah sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda memilih Expanded, maka spasinya akan diperluas. Sedangkan memilih Condensed, maka spasi akan dirapatkan.
mengatur spasi antar karakter microsoft word 2
nirvanaharapan.com
  • Jika telah, Anda klik Ok.

2. Mengatur Spasi Antar Kata

Spasi antar kata yaitu jarak antar kata di dalam kalimat. Apabila Anda telah menuliskan kata, silahkan tekan Ctrl+A terlebih dahulu.

  • Langkah pertama, silahkan pilih menu Home > kemudian pilih icon peluncur Font seperti pada gambar di bawah ini. Untuk alternatifnya, silahkan Anda tekan tombol Ctrl+D di keyboard.
mengatur spasi antar kata microsoft word
nirvanaharapan.com
  • Kemudian, pilih tab Advanced. Pada bagian Scale silahkan diubah sesuai dengan kebutuhan.
mengatur spasi antar kata microsoft word 2
nirvanaharapan.com
  • Jika semakin besar nilainya, tentunya akan semakin renggang jaraknya.
  • Silahkan klik Ok untuk menyimpannya.

3. Mengatur Spasi Antar Baris Kalimat (dalam paragraf)

Pada langkah ini digunakan untuk mengatur jarak antar baris dalam satu paragraf. Apabila Anda telah menuliskan kata, silahkan Anda tekan Ctrl+A terlebih dahulu.

  • Langkah pertama, silahkan pilih Home > kemudian pilih icon peluncur Paragraph seperti pada gambar di bawah ini.
mengatur spasi antar baris kalimat microsoft word
nirvanaharapan.com
  • Setelah itu, di bagian Line Spacing silahkan Anda ubah sesuai dengan kebutuhan.
mengatur spasi antar baris kalimat microsoft word 2
nirvanaharapan.com
  • Apabila sudah, klik OK untuk menyimpan pengaturan.

Mengubah Ukuran Kertas

Mengatur ukuran kertas digunakan saat akan mencetak dokumen. Dengan mengatur ukuran kertasnya, maka tampilan dokumen dan hasil saat dicetak akan sama.

Karena jika pengaturan pada Ms Word menggunakan kertas A4, sedangkan kertas print yakni A3, maka untuk kertas A3 tidak akan penuh.

Untuk cara mengubah ukurannya, silahkan Anda pilih menu Layout / Page Layout > Size lalu pilih ukuran yang diinginkan.

mengubah ukuran kertas dokumen word
nirvanaharapan.com

Catatan: Tak semua ukuran kertas yang tertera pada menu size. Untuk mengubah sesuai keinginan kita. Oleh karena itu, silahkan pilih More Paper Sizes dan masukkan ukuran yang diinginkan melalui kolom Width (lebar) dan Height (tinggi).

mengubah ukuran kertas
nirvanaharapan.com

Mengatur Orientasi Kertas

Ada 2 macam orientasi kertas di Microsoft Word yakni Potrait dan Landscape. Portrait merupakan tampilan kertas dengan posisi berdiri. Sedangkan landscape merupakan tampilan kertas dengan posisi yang persegi panjang.

Dalam mengubah orientasi kertas di Ms Word, silahkan Anda pilih menu Layout / Page Layout > Orientation > kemudian pilih orientasi sesuai dengan kebutuhan.

mengatur orientasi kertas
nirvanaharapan.com

Jika sudah memilih diantara kedua opsi tersebut, maka posisi kertas Anda akan berubah sesuai dengan orientasi yang dipilih.

Membuat Border Keren

Border di Microsoft Word fungsinya untuk mempercantik tampilan halaman. Akan tetapi, saat ini menu ini telah jarang digunakan. Alangkah lebih baik kalau kita tetap mengetahui caranya.

Langkah pertama, silahkan pilih menu Design > Page Borders.

membuat border keren microsoft word
nirvanaharapan.com

Kemudian ubah pengaturan sesuai dengan kebutuhan. Agar lebih jelas, silahkan simak penjelasan berikut ini.

membuat border keren microsoft word 2
nirvanaharapan.com

1. Setting yakni tampilan border yang akan ditampilkan, apakah dalam bentuk box, 3d bayangan, Atau bisa juga di kustomisasi sesuai keinginan.

2. Style yakni jenis border yang akan ditampilkan.

3. Color yakni warna border.

4. Width yakni lebar border.

5. Art yakni jenis border mengandung gambar.

Membuat Tabel Sederhana

Tabel pada Microsoft Word fungsinya adalah untuk mengatur jenis konten. Tabel banyak digunakan di dokumen dengan tampilan data numerik sehingga mudah untuk dipahami.

Untuk tabel di Ms Word dapat diubah menjadi lebih keren. Akan tetapi, kali ini saya hanya memberikan tutorial membuat tabel sederhananya saja.

Dalam membuat tabel sederhana, silahkan Anda pilih menu Insert > Table > dan pilih jumlah kolom yang diinginkan.

membuat tabel sederhana
nirvanaharapan.com

Untuk mengatur jumlah baris dan kolom silahkan disesuaikan dengan keinginan. Caranya Anda pilih Insert Table yang saya tandai kemudian masukkan jumlah yang diinginkan.

membuat tabel sederhana
nirvanaharapan.com

Menambahkan Gambar pada Dokumen

Gambar yang terdapat di dokumen Microsoft Word biasanya hanya digunakan untuk memperjelas maksud dan memberikan gambaran secara visual agar mudah dipahami. Anda boleh menambahkan gambar dalam bentuk format png, jpg, bmp, hingga gif sekalipun.

Untuk menambahkan gambarnya, silahkan pilih menu Insert > Pictures > kemudian pilih gambar yang bakal digunakan.

menambahkan gambar pada dokumen
nirvanaharapan.com

Saran saya, gunakanlah gambar dengan resolusi tinggi supaya ketika dokumen dicetak atau diprint gambarnya tidak akan pecah. Hal ini karena banyak kasus gambar print pecah akibat resolusi gambar yang rendah.

Membuat Header dan Footer MS Word

Biasanya, header dan footer dibuat untuk penomoran halaman ataupun hak cipta dalam sebuah karya. Disamping itu, header juga sering dipakai untuk membuat kop surat. Header dan footer akan selalu tampil di semua halaman.

Cara membuat header dan footer sangatlah mudah. Silahkan Anda klik Insert > lalu pilih Header atau Footer (tergantung Anda mau buat apa). Saya contohkan saja membuat Footer.

membuat header dan footer
nirvanaharapan.com

Keterangan gambar diatas: Bagian yang saya tandai nomor 3 yaitu gaya dari footer yang akan dibuat.

Nah, setelah footer munculnya di bagian bawah, silahkan diedit sesuai kebutuhan. Misalnya ingin membuat hak cipta dari dokumen tersebut atau lainnya.

membuat header dan footer
nirvanaharapan.com

Bicara mengenai Header dan Footer, biasanya ada masalah yang terjadi yaitu footer tidak tercetak ketika di print. Namun, hal itu bukanlah masalah besar, karena cara mengatasinya juga tidak terlalu sulit.

Shortcut Microsoft Word

Shortcut adalah pintasan keyboard yang akan dapat mempercepat Anda dalam mengoperasikan Microsoft Word. Berikut ini beberapa shortcut yang sering dipakai.

FungsiTombol
MembukaCtrl+O
MenyimpanCtrl+S
MenutupCtrl+W
MemotongCtrl+X
MenyalinCtrl+C
TempelCtrl+V
Memilih semuaCtrl+A
TebalCtrl+B
MiringCtrl+I
Garis bawahCtrl+U
Memperkecil ukuran font 1 poinCtrl+[
Memperbesar ukuran font 1 poinCtrl+]
Menengahkan teksCtrl+E
Meratakan teks ke kiriCtrl+L
Meratakan teks ke kananCtrl+R
BatalEsc
MembatalkanCtrl+Z
MengulangiCtrl+Y
MemperbesarALT+W, Q, lalu tab pada kotak dialog
Zoom
ke nilai yang Anda inginkan.

Sebenarnya masih ada banyak lagi shortcut lainnya, namun disini saya hanya menuliskan yang paling umum digunakan saja.

Bagaimana cukup mudahkan panduan belajar Microsoft Word ini?

Mungkin cukup sekian tutorial lengkap mengenai belajar Microsoft Word untuk pemula. Terima kasih sudah mengunjungi blog Nirvanaharapan. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

20 − 1 =