Cara Share Lokasi di WhatsApp

Bagi Sobat Tekno yang ingin mengetahui bagaimana cara share lokasi di WhatsApp. Yups, tentunya Anda sudah berada di blog yang tepat. Karena dalam kesempatan kali ini Nirvanaharapan akan berbagi informasi terkait Cara share lokasi di WA dengan mudah.

Dalam melakukan share lokasi WhatsApp ini akan sangat berguna, sebab fitur ini sendiri telah terintegrasi oleh aplikasi Google Maps (peta) yang terdapat di setiap smartphone android. Oleh karena itu, orang yang menerima kiriman lokasi akan dapat langsung menggunakannya tanpa perlu adanya aplikasi tambahan.

Walaupun tingkat akurasinya masih belum mencapai 100%, namun teknologi GPS yang digunakan pada setiap smartphone sudah cukup mampu sebagai solusi yang tepat dalam menentukan lokasi.

Cara Share Lokasi di WhatsApp

Terdapat 2 fitur share lokasi di WhatsApp, yaitu :

1. Share live location (bagikan lokasi terkini)

Fungsi fitur ini adalah untuk membagikan lokasi secara real-time dan sering juga disebut sebagai fitur pelacak. Hal ini karena setiap pergerakan akan dikirim lewat sinyal oleh satelit. Selain itu, WhatsApp pun memberikan kebebasan mengenai durasi terhadap share live location ini.

2. Send your current location (kirim lokasi Anda saat ini)

Fungsi dari Fitur ini hanya mengirim lokasi Anda saja dan tidak seperti fitur diatas yang secara real time. Kemudian fitur ini hanya sekedar mengirim lokasi Anda ketika itu juga. Oleh karena itu, saat Anda berjalan atau berpindah tempat, maka lokasi yang sudah dikirim tidak bakal berubah.

Simak juga pembahasan berikutnya mengenai Cara Keluar Grup Whatsapp Tanpa Diketahui

1. Cara Share Live Location WhatsApp

Jadi, bagaimana sih cara share lokasi terkini kita di Whatsapp? Di bawah ini akan dijelaskan langkah-langkah yang dapat Anda lakukan.

  • Silahkan Anda buka aplikasi WhatsApp.
  • Kemudian buka ruang obrolan atau kontak yang mau Anda kirimi lokasi Anda.
  • Setelah itu, pilih ikon yang ditunjuk oleh tanda panah warna merah seperti gambar di bawah ini.
  • Lalu Anda pilih Location atau Lokasi.

cara share live location whatsapp

  • Apabila Anda belum mengaktifkan fitur GPS Anda pada HP Anda, maka silahkan hidupkan GPS dengan mengklik OK.
  • Kemudian aktifkan atau ON GPS Anda.
  • Setelah itu tekan back (kembali) agar menuju ke halaman sebelumnya.

cara share lokasi di whatsapp

Perlu diketahui :

Bahwa fitur GPS pada smartphone harus aktif sebelum Anda berbagi lokasi di WhatsApp.

Dilansir dari Techterms, GPS adalah sistem navigasi satelit yang dipakai dalam menentukan posisi sebuah objek pada permukaan bumi. Dimana penerima GPS akan memerlukan jalur ruang yang relatif tidak terhalang.

Sehingga teknologi GPS ini tidak ideal apabila dipakai di dalam ruangan. Namun terkecuali jika menggunakan bantuan alat lain seperti sinyal WiFi atau menara seluler terdekat.

Selanjutnya ada 2 pilihan untuk membagikan lokasi Anda. Pertama, bila Anda mau membagikan lokasi Anda secara real time, maka silahkan Anda pilih Share live location (Bagikan lokasi terkini).

  • Disini Anda bisa menentukan batas waktu dalam membagikan lokasi real time Anda, yakni mulai dari 15 menit, 1 jam dan 8 jam.
  • Maka silahkan Anda pilih waktu yang Anda inginkan.
  • Anda juga bisa menambahkan keterangan > Pilih tombol icon send atau kirim.

cara share live location wa

  • Selesai deh, kini Anda sudah berhasil melakukan share live location.

Oh iya, Anda juga boleh simak tutorial WhatsApp lainnya mengenai Cara Mengirim Aplikasi Lewat WhatsApp dengan mudah.

2. Cara Send Your Current Location WhatsApp

Pilihan berikutnya yang kedua adalah Send your current location WhatsApp. Dimana cara ini jika Anda ingin membagikan lokasi Anda saat ini saja.

Maka jangan langsung memilih Send your current location (Kirim lokasi Anda saat ini). Akan tetapi, tunggu dulu sampai akurasi lokasi Anda semakin kecil supaya lokasi yang dikirim nantinya akan semakin sesuai.

  • Nah, apabila tingkat akurasinya sudah sesuai, maka silahkan Anda pilih Send your current location (pilih lokasi yang tersedia) dan sesuai dengan lokasi Anda berada.

cara send your current location whatsapp

  • Selesai deh, kini Anda sudah berhasil mengirim current location.

Bagaimana, sangat mudah bukan cara share lokasi Anda di WhatsApp?

Anda juga bebas memilih fitur mana yang mau Anda pakai untuk membagikan lokasi Anda. Pastinya Anda pilih sesuai dengan kebutuhan saja. Tak lupa juga, pastikan koneksi internet Anda baik supaya tingkat akurasi koordinat lokasi yang dikirim stabil atau semakin baik.

Kemudian, bagaimana cara membuka lokasi yang di share oleh orang di WhatsApp Anda?

Oh, tenang, caranya cukup mudah kok, karena Anda hanya perlu tap Lihat Lokasi Terkini. Maka secara otomatis akan membuka peta kemudian langsung terlihat dimana posisi terakhir orang yang meng-share lokasi tersebut.

Selain itu juga, ketika orang yang mengirimkan berpindah lokasi, maka kita juga dapat mengetahuinya.

cara share lokasi di whatsapp

Pada intinya, fitur share lokasi di WA (WhatsApp) ini pokoknya sangat bermanfaat untuk memberitahukan dimana lokasi kita berada secara live dan realtime untuk orang lain.

Metode ini juga tetap mempunyai kelemahan tersendiri, yaitu dapat memanipulasi lokasi terkini dengan cara Fake GPS dan kita dapat mengatur lokasinya sesuai dengan keinginan kita.

Meskipun fitur ini memiliki kelemahan, namun tetap saja tak akan mengurangi manfaat yang sangat besar. Bukankah begitu sobat Nirvanaharapan?

Demikianlah informasi yang dapat Nirvanaharapan sampaikan mengenai cara share lokasi di WA dengan mudah. Semoga tutorial ini dapat bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan.

Cukup sekian dan terima kasih!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + eleven =