Cara Melihat Cadangan Chat WhatsApp di Google Drive

Cara Melihat Cadangan Chat WhatsApp di Google Drive

Melalui kesempatan yang baik ini, sekarang Nirvanaharapan akan membahas cara melihat cadangan chat WhatsApp di Google Drive. Untuk pengguna WhatsApp riwayat chatting itu sangat penting, apalagi untuk bagi teman-teman yang menggunakan WA sebagai sarana komunikasi untuk bisnis online. Mulai dari melakukan orderan, informasi produk hingga testimoni dari pembeli semuanya yang menggunakan WhatsApp.

Perlu Anda ketahui bahwa keuntungan menggunakan WhatsApp adalah riwayat obrolan dapat kita simpan di Google Drive. Seandainya android kita hilang kemudian membeli android baru, maka semua obrolan terakhir bisa kita restore atau dikembalikan.

Akan tetapi, Jika dalam satu hp hanya ada satu email akun Google tidak menjadi masalah karena otomatis backupnya masuk ke email tersebut. Namun yang menjadi pertanyaan sih bagaimana jika banyak akun yang ada pada hp lalu kita lupa email mana yang digunakan untuk backup?

Anda tak perlu risau, karena kita dapat mengecek email mana yang ada file backup chat whatsapp dengan cara sederhana berikut ini:

Cara Melihat Cadangan Chat Whatsapp di Google Drive

Perlu untuk Anda ingat bahwasanya email yang digunakan untuk backup chat whatsapp ada baiknya jangan ganti dulu, karena jika kita mengganti emailnya maka data backup sebelumnya tidak dapat di akses kembali. Oke, untuk tutorialnya silahkan Anda simak penjelasannya hingga akhir ya!

Oh iya, bagi Anda yang masih belum mengerti bagaimana menggunakan Google Drive. Anda bisa mempelajarinya melalui postingan saya sebelumnya terkait cara menggunakan Google Drive untuk pemula.

  • Kunjungi situs Google Drive lalu masuk dengan menggunakan akun Google Anda. Bila Anda mengakses link tersebut via telepon Anda, ketuk di Tombol Menu pada sudut kiri atas kemudian pilih untuk menggunakan Desktop Version.
  • Kemudian klik pada ikon Roda gigi di kanan atas > Setelan > Kelola Aplikasi.
  • Setelah itu, gulir hingga Anda menemukan WhatsApp di daftar. Perlu diperhatikan bahwa mungkin memerlukan waktu beberapa menit untuk WhatsApp agar ditampilkan di daftar.
  • Setelah Anda melihat WhatsApp, tunggu sampai “Data aplikasi tersembunyi” muncul. Sama juga seperti langkah sebelumnya, kemungkinan memerlukan waktu beberapa menit.

cara-melihat-backup-wa-di-google-drive

Begitulah langkah sederhana dan mudah untuk mengecek email kita apakah ada cadangan chat WhatsApp atau tidak. Apabbila terjadi masalah, pastikan dulu bahwa layanan google service dan google play Anda sudah versi terbaru.

Kemudian pastikan juga baterai penuh, karena di beberapa smartphone mengaktifkan mode hemat baterai yang menyebabkan tidak dapat mengakses internet. Berikutnya pastikan pula bahwa kita terhubung ke jaringan internet yang stabil, baik itu via koneksi data maupun Wifi.

Sekianlah yang dapat saya sampaikan mengenai bagaimana cara melihat backup WA di Google Drive versi Nirvanaharapan. Anda dapat mengaksesnya melalui pc maupun android.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × three =