Cara Melihat Cadangan Chat WhatsApp di Google Drive

Melalui kesempatan yang baik ini, sekarang Nirvanaharapan akan membahas cara melihat cadangan chat WhatsApp di Google Drive.

Untuk pengguna WhatsApp riwayat chatting itu sangat penting, apalagi untuk bagi teman-teman yang menggunakan WA sebagai sarana komunikasi untuk bisnis online.

Mulai dari melakukan orderan, informasi produk hingga testimoni dari pembeli semuanya yang menggunakan WhatsApp.

Perlu Anda ketahui bahwa keuntungan menggunakan WhatsApp adalah riwayat obrolan dapat kita simpan di Google Drive.

Seandainya android kita hilang kemudian membeli android baru, maka semua obrolan terakhir bisa kita restore atau dikembalikan.

Akan tetapi, Jika dalam satu hp hanya ada satu email akun Google tidak menjadi masalah karena otomatis backup-nya masuk ke email tersebut.

Namun yang menjadi pertanyaan sih bagaimana jika banyak akun yang ada pada hp lalu kita lupa email mana yang digunakan untuk backup?

Anda tak perlu risau, karena kita dapat mengecek email mana yang ada file backup chat WhatsApp dengan cara sederhana berikut ini :

Cara Backup Chat WhatsApp

Melakukan backup chat ini sangat penting bagi Anda terutama yang mau mengganti perangkat dan ingin history chat yang Anda punya dapat kembali lagi.

  • Langkah pertama, silahkan Anda buka aplikasi WhatsApp.
  • Kemudian klik tanda 3 titik di pojok kanan atas lalu masuk ke menu setelan.
  • Setelah itu, Anda akan masuk ke menu setelan, lalu Anda pilih opsi chat untuk masuk ke dalamnya.

cara backup chat whatsapp

  • Maka di bagian bawahnya, nanti akan ada cadangan chat, Anda boleh klik cadangan chat tersebut.
  • Selanjutnya Anda hanya tinggal klik CADANGKAN, kemudian tunggu proses backup hingga selesai.
  • Nah, jika sudah maka semua chat WhatsApp Anda telah ter-backup pada akun Google Drive milik Anda.

cara backup chat wa

By the way Anda sudah tahu nggak cara menyembunyikan chat WhatsApp?

Cara Melihat Cadangan Chat WhatsApp di Google Drive

Perlu untuk Anda ingat bahwasanya email yang digunakan untuk backup chat WhatsApp ada baiknya jangan ganti dulu, karena jika kita mengganti emailnya maka data backup sebelumnya tidak dapat diakses kembali.

Oke, untuk tutorialnya silahkan Anda simak penjelasannya hingga akhir ya!

  • Kunjungi situs Google Drive lalu masuk dengan menggunakan akun Google Anda. Bila Anda mengakses link tersebut via telepon Anda, ketuk di Tombol Menu pada sudut kiri atas kemudian pilih untuk menggunakan Desktop Version.
  • Kemudian klik pada ikon Roda gigi di kanan atas > Setelan.

cara melihat cadangan whatsapp di google drive

  • Lalu masuk ke kelola aplikasi dan carilah aplikasi WhatsApp.

cara melihat cadangan whatsapp google drive

  • Selanjutnya, gulir sampai Anda menemukan WhatsApp pada daftar diatas. Perlu diketahui bahwa kemungkinan akan memerlukan waktu beberapa menit supaya WhatsApp muncul pada daftar tersebut.
  • Nah, setelah Anda melihat WhatsApp, maka tunggu sampai “Data aplikasi tersembunyi” muncul. Sama juga seperti langkah sebelumnya, kemungkinan memerlukan waktu beberapa menit.

Apabila di tab kelola aplikasi terdapat WhatsApp Messenger itu berarti memang betul bahwasanya cadangan WhatsApp yang Anda punya telah tersimpan di akun Google Drive Anda tersebut.

Begitulah langkah sederhana dan mudah untuk mengecek email kita apakah ada cadangan chat WhatsApp atau tidak.

Jika terjadi masalah, pastikan dulu bahwa layanan google service dan google play Anda sudah versi terbaru.

Kemudian pastikan juga baterai penuh, karena di beberapa smartphone mengaktifkan mode hemat baterai yang menyebabkan tidak dapat mengakses internet.

Berikutnya pastikan pula bahwa kita terhubung ke jaringan internet yang stabil, baik itu via koneksi data maupun Wifi.

Cara Menghapus Cadangan WhatsApp

Untuk bisa menghapus cadangan chat yang kita miliki sendiri, maka Anda boleh memakai layanan Google Drive. Untuk hal ini, ada beberapa cara agar bisa menghapus cadangan chat milik Anda tersebut.

Sebab hal ini, Google Drive mempunyai beberapa tampilan, dan dimana memiliki cara dalam menghapus dan menggunakannya dengan metode yang berbeda.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara menghapus cadangan chat di WhatsApp.

Menghapus Cadangan Chat WhatsApp di Google Drive Melalui Desktop

  • Silahkan Anda situs Google Drive pada browser, dengan akun google yang Anda miliki sebelumnya.
  • Kemudian login untuk masuk ke akun Google yang Anda punya tadi, namun pastikan bahwasanya Anda memang telah terhubung dengan akun WA yang Anda miliki.
  • Hal ini akan membantu proses dalam menghapus cadangan chat yang dimiliki oleh WhatsApp Anda agar berjalan dengan lancar.
  • Setelah itu, nantinya Anda akan melihat bentuk ikon berlambang gerigi. Dimana ikon tersebut terletak pada bagian kanan paling atas lalu Anda pilih menu Setelan.

cara melihat cadangan whatsapp di google drive

  • Nah, nantinya pada jendela settings akan muncul opsi kelola aplikasi manage apps.
  • Selanjutnya Anda dapat memilih kelola aplikasi / manage apps kemudian geser ke bagian bawah, lalu cari aplikasi bernama WhatsApp Messenger.
  • Terakhir, silahkan Anda klik opsi dan pilih putuskan dari drive.

putuskan dari drive untuk menghapus cadangan ahatsapp

Metode ini dapat Anda lakukan untuk menghapus backup data WhatsApp pada google drive, namun dengan menggunakan desktop.

Menghapus Cadangan Chat WhatsApp di Google Drive Melalui Mobile

Bagi Anda yang menggunakan Google Drive dalam tampilan mobile, caranya terbilang sangatlah mudah.

Simak langkah-langkah berikut ini :

  • Langkah pertama yang mesti Anda lakukan yaitu dengan memastikan bahwa Google Drive Anda telah terinstall / terpasang dengan benar.
  • Bagi Anda yang belum mempunyai aplikasi Google Drive, jangan khawatir karena Anda boleh menginstalnya dengan mudah tanpa dikenakan biaya sepeserpun untuk memperoleh aplikasi Google Drive ini.
  • Setelah Anda selesai melakukan install Google Drive dengan benar, kemudian Anda boleh membukanya dan mulai menjalankan aplikasi tersebut.
  • Aplikasi ini mempunyai ikon tiga garis, dan ini bisa ditemukan ketika membuka aplikasi tersebut.
  • Silahkan Anda pilih menu tersebut, lalu pilih menu cadangan / backup.

cara menghapus cadangan whatsapp

  • Jika sudah selesai, maka Anda akan menemukan daftar file backup yang tersedia, maka pilih judul WhatsApp yang ada dengan disertai oleh nomor telepon.
  • Hal ini akan menunjukkan, bahwa file tersebut merupakan cadangan dari chat WhatsApp yang sudah Anda simpan sebelumnya.
  • Selanjutnya Anda boleh memilih dengan tap 3 ikon garis, dan pilih menu hapus cadangan.

cara menghapus cadangan wa

Nah, untuk hal ini, maka data cadangan chat / backup chat yang Anda punya pada WhatsApp akan terhapus secara langsung. Bahkan, Anda juga bisa memilih secara bebas dalam menonaktifkan fitur yang banyak dipakai oleh user WA, yakni backup.

Sehingga hal ini akan menjadikan seluruh chat WhatsApp yang Anda miliki, tidak akan tersimpan lagi.

Seputar Pertanyaan Terkait

Dimana cadangan chat WhatsApp tersimpan?

Sebetulnya dalam mencadangkan chat WhatsApp ini dapat dilakukan melalui sistem pengaturan (setting) chat pada aplikasi WhatsApp. Akan tetapi, WA juga menyebutkan kita juga boleh melakukan backup data WhatsApp dengan menggunakan Google Drive.

Biasanya untuk cadangan lokal, maka akan dibuat secara otomatis di pukul 02.00 kemudian disimpan sebagai file di HP. Ketika menggunakan WhatsApp ada baiknya terlebih dahulu kita melakukan back up semua data WA di Google Drive.

Sebetulnya cara ini, biasanya sudah otomatis dapat dilakukan saat berada di halaman WhatsApp.

Dengan maksud lain, apabila kita wajib mengganti ponsel baru / terjadi masalah di aplikasi WhatsApp, sehingga menjadikan data chatting hilang seluruhnya, maka nantinya otomatis isi chat tersebut bisa dikembalikan lagi.

Oleh sebab itu, makanya kita juga perlu mengaktifkan fitur backup pada WhatsApp ke dalam Google Drive.

Bagaimana cara memulihkan chat WhatsApp pada hp baru?

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, bahwa apabila ingin mengembalikan chat WhatsApp pada ponsel baru, maka Anda boleh menggunakan cara melihat cadangan chat WhatsApp di google drive di atas. Dengan maksud, hal ini dapat dilakukan melalui bantuan Google Drive.

Mengapa chat WhatsApp tidak bisa dicadangkan?

Ada alasan kenapa pesan WhatsApp tidak bisa untuk dicadangkan, hal tersebut bisa jadi dikarenakan oleh koneksi internet pada HP yang tidak stabil. Jika kita tidak dapat memulihkan data melalui jaringan seluler, maka ada baiknya untuk menghubungkan ponsel ke jaringan Wifi.

Nah, apabila WhatsApp tidak dapat mendeteksi dengan adanya proses backup ini. Maka kemungkinan hal ini disebabkan karena tidak terhubung ke akun Google / Gmail yang sama.

Bagaimana, gampang bukan?

Oh ya! Simak juga tutorial berikutnya mengenai Cara Keluar Grup WhatsApp Tanpa Diketahui dengan mudah.

Sekianlah yang dapat saya sampaikan mengenai bagaimana cara melihat cadangan chat / backup WhatsApp di Google Drive versi Nirvanaharapan. Dimana Anda dapat mengaksesnya melalui pc maupun android.

Selamat mencoba!

Leave a Comment

2 × two =