3 Cara Hard Reset HP Samsung Untuk Semua Tipe dengan Mudah

3 Cara Hard Reset HP Samsung Untuk Semua Tipe dengan Mudah

Melalui kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai bagaimana sih cara reset HP Samsung dengan mudah. Maksud dari restart / reset disini yaitu dengan melakukan reset ulang atau factory reset pada HP Samsung yang bertujuan untuk mengembalikan sistem dan software pada seperti kondisi awal atau masih baru keluar dari pabrik.

Dalam melakukan reset HP Samsung ini biasanya dilakukan untuk bisa memperbaiki software yang mengalami error sehingga dibutuhkan untuk melakukan reset ulang supaya HP Samsung Anda kembali normal.

Baca Juga: Cara Cek IMEI Samsung Semua Tipe

Sebelum Anda melakukan reset HP Samsung. Sebaiknya Anda wajib mengetahui dulu bahwa dengan melakukan reset ulang ini nantinya akan menyebabkan semua data maupun aplikasi yang tersimpan pada memori internal HP Samsung akan terhapus semuanya.

Jadi, sebelum Anda melakukan reset HP Samsung, disarankan untuk melakukan backup terlebih dahulu supaya data penting yang tersimpan pada internal memori HP Samsung Anda tidak hilang.

DAFTAR ISI

3 Cara Restart / Reset Ulang HP Samsung

Berikut ini adalah cara restart / reset ulang HP Samsung yang paling direkomendasikan, karena ini merupakan cara yang paling mudah. Selamat mencoba!

1. Cara Reset HP Samsung Dari Pengaturan / Setting

Cara pertama ini menurut saya adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan dan cara ini akan bekerja bila Anda dapat mengakses dan masuk ke menu pengaturan/ setting pada HP Samsung Anda. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Masuk ke menu Pengaturan/ Setting.
  2. Cari ke bagian bawah, lalu klik menu Back Up & Reset.
  3. Setelah itu, Anda klik Factory Reset.
  4. Kemudian Anda centang dan klik Reset Device.
  5. Sampai disini, Anda hanya perlu menunggu hingga proses resetnya selesai. Biasanya akan memakan waktu hingga 5-15 menit tergantung dari banyaknya data yang ada pada HP Samsung Anda.
  6. Setelah proses resetnya selesai, maka akan secara otomatis HP Samsung Anda akan melakukan restart ulang dengan sendirinya dan saat HP Samsung Anda hidup, proses reset ulang sudah selesai. Selamat!

Anda juga mengalami masalah yang sama pada HP Asus? Coba baca panduan kami tentang Cara Reset HP Asus

2. Cara Reset HP Samsung dengan Recovery Mode

Cara Recovery Mode ini juga biasanya digunakan untuk Anda yang tidak bisa menghidupkan ataupun mengakses menu di ponsel Samsung Anda. Biasanya kegagalan ketika melakukan booting saat menghidupkan HP Samsung.

Untuk melakukan cara reset ulang dengan menggunakan Recovery Mode ini cukup mudah. Namun sebelum mulai melakukan Factory Reset atau Reset Ulang dengan metode ini, pastikan terlebih dahulu baterai yang Anda miliki sudah terisi penuh. Rekomendasi dari saya sih, kondisi baterai di atas 80%. Hal ini dilakukan supaya menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika melakukan proses Reset Ulang yang akan sedang berjalan nantinya. Berikut langkah mudahnya!

  1. Anda boleh mematikan HP Samsung terlebih dahulu.
  2. Kemudian tekan dan tahan Volume UP + Home + Power secara bersamaan hingga beberapa detik.
  3. Bila kombinasi ketika menekan berhasil, seharusnya Anda sudah bisa masuk ke menu Android System Recovery.
  4. Gunakan tombol Volume UP untuk memilih di menu Factory Reset / Wipe Data.
  5. Lalu klik tombol Home untuk mulai proses Reset.
  6. Berikutnya tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.
  7. Setelah itu, pilih lagi menu Reboot System Now.
  8. Selesai! Anda hanya tinggal menunggu sampai prosesnya selesai.

3. Dengan Menggunakan Kode Rahasia

Kenapa disebut sebagai kode rahasia? Ya karena memang kode yang digunakan untuk melakukan reset HP Samsung ini belum banyak diketahui kebanyakan orang pada umumnya. Menurutsaya cara ini lumayan mudah, Lantas bagaimana caranya?

kode-rahasia

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menekan *2767*3855# melalui menu dial pad. Setelah Anda menekan kode rahasia ini, maka akan secara otomatis akan masuk ke dalam menu Factory Reset. Setelah itu, Anda boleh dikombinasikan dengan cara yang pertama di atas supaya proses factory reset HP Samsung Anda berjalan dengan lancar tanpa adanya error. Semoga berhasil!

Demikianlah informasi yang dapat saya jelaskan terkait bagaimana Cara Restart / Reset HP Samsung dengan Mudah menurut versi Nirvanaharapan. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan Anda. Terima kasih.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 5 =