Cara Reset HP Asus Untuk Semua Tipe

Seiring dengan pemakaian Handphone setiap hari, bukan tidak mungkin HP Asus Anda akan mengalami lemot dan aplikasi yang ada di pada smartphone pun tidak berjalan sebagaimana mestinya. Untuk dapat mengatasi masalah tersebut, Anda dapat mengatasinya dengan cara hard reset HP Asus. Sehingga akan kami jelaskan melalui kesempatan kali ini.

Seperti yang Anda ketahui, setelah sukses pada produk laptop. Brand Asus kini mulai menargetkan pasar smartphone sebagai lini bisnis terbarunya dengan mengeluarkan produk andalannya seperti Asus Zenfone dan Rog Phone. Asus kini cukup sukses menarik banyak pembeli karena memiliki kualitas serta spesifikasi yang baik dengan harga terjangkau.

Meskipun memiliki kualitas dan spesifikasi yang bagus, seiring dengan penggunaan HP Asus yang digunakan setiap hari. Seperti yang telah dijelaskan di paragraf awal, tak menutup kemungkinan bahwa ponsel Asus akan sedikit mengalami masalah yang memungkinkan Anda untuk melakukan reset HP.

Maka dari itu, seperti janji diatas, melalui postingan ini saya akan memberikan informasi terkait bagaimana cara hard reset HP Asus untuk semua tipe. Simak ulasan ini hingga akhir.

Cara Hard Reset HP Asus Untuk Semua Tipe

Ada 2 cara dalam melakukan reset HP Asus yaitu Hard Reset dan Factory Reset HP Asus. Sebelum melakukan kedua hal tersebut, untuk baterai smartphone Anda harus terisi penuh atau minimal 50% supaya ketika melakukan reset HP Asus akan berjalan dengan lancar.

Selain itu, Anda juga harus backup semua data yang penting terlebih dahulu, supaya nantinya tidak akan hilang karena proses reset. Bila sudah melakukan 2 syarat tersebut, silahkan ikuti penjelasan berikut.

1. Cara Factory Reset HP Asus

Factory reset ini digunakan bila Anda masih bisa masuk ke menu Home screen dan uga mengakses menu setelan. Jika Anda masih menggunakan memori eksternal, silahkan untuk melepas kartu memori supaya tidak ikut terhapus ketika proses reset. Dalam melakukan Factory Reset di semua tipe HP Asus. Berikut langkah-langkah:

  • Masuk ke menu Setelan di ponsel Asus Anda.
  • Lalu cari submenu Buat Cadangan dan Setel Ulang.

cara-factory-reset-hp-asus

  • Setelah itu, pilih menu Kembalikan ke Setelan Pabrik.
  • Berikutnya Anda tap pada tombol Atur Ulang Perangkat.

factory-reset-hp-asus

  • Selanjutnya, masukkan 4 digit kode / sandi yang telah disediakan bila ponsel Anda dilindungi dan meminta untuk memasukkan kata sandi.
  • Bila sudah, kemudian akan muncul tombol Hapus Semua. Silahkan tap untuk mereset data di ponsel Anda.
  • Tunggu sampai proses reset HP Asus Anda selesai, kemudian ponsel Anda akan secara otomatis reboot.
  • Setelah selesai reboot. Selamat proses factory reset HP Asus Anda sudah selesai.

Intinya di factory reset pada HP Asus itu seperti yang sudah dijelaskan di atas. Mungkin untuk di beberapa tipe ada sedikit perbedaan, tetapi pada intinya sama saja.

Anda juga mengalami masalah yang sama pada HP Xiaomi? Coba baca panduan kami tentang Cara Reset HP Xiaomi.

2. Cara Hard Reset HP Asus

Hard Reset ini digunakan bila Anda sudah tidak dapat masuk ke menu Home screen dan juga setelan. Contohnya Anda lupa password dan tidak dapat masuk ke ponsel atau masalah kecil lainnya. Untuk dapat melakukan Hard Reset HP Asus, berikut langkah-langkahnya:

  • Matikan terlebih dahulu ponsel Asus Anda.
  • Setelah itu, tekan dan tahan Tombol Power + Volume Up secara serentak. Tunggu hingga beberapa saat sampai ponsel Asus Anda bergetar dan masuk ke mode fastboot. Lalu lepaskan kedua tombol tersebut.
  • Lalu pilih menu Recovery, gunakan tombol volume untuk navigasi dan tombol power untuk memilih Yes.
  • Selanjutnya pilih Wipe Data / Factory Reset.

cara-hard-reset-hp-asus

  • Kemudian piilih Yes – Delete All User Data.

delete-all-user-data

  • Tunggu hingga beberapa saat, ponsel Asus Anda akan melakukan proses reset Hard Reset/ Wipe Data sampai selesai.

reboot-system-now

  • Terakhir, pilih Reboot system now perangkat dan isi startup untuk mengatur bahasa, wilayah dan pengaturan dasar lainnya sampai Anda masuk menuju ke Home Screen.
  • Selesai!

Perbedaan Factory Reset dan Hard Reset

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jika menu “recovery mode” adalah opsi untuk melakukan hard reset. Jadi, apa sebetulnya perbedaan dari hard reset dengan factory reset? Apakah keduanya mempunyai peranan yang sama atau berbeda?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita simak penjelasan tentang Factory Reset dan Hard Reset berikut.

1. Factory reset

Factory reset merupakan salah satu cara supaya HP Anda dapat diubah pengaturannya ke setelan pabrik atau diubah kondisi software yang terletak di dalamnya sehingga sama seperti saat pertama kali membeli ponsel baru.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, cara untuk melakukan factory reset yaitu dengan masuk ke setelan. Opsi itu tidak hanya berlaku pada HP Asus saja. Untuk HP lainnya juga sama caranya.

Biasanya masuk ke menu settings atau setelan, lalu memilih backup & reset. Kemudian memilih factory data reset > reset phone dan pilih erase everything.

Opsi erase everything adalah untuk menghapus semua data yang ada pada ponsel Anda. Artinya, ponsel Anda akan menghapus seluruh aplikasi pihak ketiga atau aplikasi yang Anda install. Maka ponsel akan kembali menjadi kondisi saat pertama kali ponsel dinyalakan.

Setelah Anda melakukan factory reset, maka tidak akan ada lagi data seperti foto dan video dan tidak ada data lagu (mp3) yang tersimpan. Kemudian tidak ada lagi data kontak, terkecuali apabila kontak telah Anda masukan ke akun Google. Oleh sebab itu, sangat penting untuk backup data sebelum melakukan factory reset.

Factory reset ini juga dapat dilakukan saat HP Anda masih bisa dioperasikan. Itu artinya, Anda masih dapat masuk ke sistem operasi dengan baik. Namun, mungkin saja karena performa HP Anda menjadi lemot atau ada banyak virus menyerang yang sistem.

Itulah mengapa factory reset merupakan opsi terbaik supaya HP Anda bisa pulih seperti semula.

2. Hard reset

Hard reset merupakan cara untuk mengembalikan setelah ponsel ke setelan pabrik, hampir mirip dengan factory reset. Hanya saja yang membedakan yaitu, untuk melakukan hard reset, Anda wajib menggunakan kombinasi tombol.

Seperti pada HP Asus dan HP Android lain pada umumnya, kombinasi tombol untuk hard reset yakni dengan masuk ke menu recovery mode dan memilih opsi hard reset. Akan tetapi, tak sedikit pula opsi untuk masuk ke recovery mode ini menggunakan tombol lainnya, seperti kombinasi antara tombol power dan volume atas.

Ada juga yang memakai tombol home untuk masuk ke menu recovery mode.

Sama seperti melakukan factory reset, hard reset juga memberikan efek yaitu dengan hilangnya data yang ada di ponsel. Oleh karenanya, sama seperti sebelum melakukan factory reset, hard reset juga mewajibkan Anda untuk back up data terlebih dahulu.

Hard reset adalah opsi saat Anda tidak dapat melakukan factory reset. Biasanya hard reset dilakukan apabila Anda lupa kata sandi ponsel. Atau paling parah, seperti HP Anda mengalami bootloop sehingga pilihan satu-satunya supaya HP Anda kembali hidup seperti semula adalah dengan melakukan hard reset.

Dari pengertian diatas, bisa disimpulkan bila hard reset dan factory reset pada umumnya memiliki persamaan, yaitu mengembalikan kondisi ponsel menjadi kondisi seperti semula atau ketika pertama kali membeli HP baru.

Jadi perbedaannya, hard reset dilakukan saat ponsel sudah tidak dapat melakukan cara factory reset.

Demikianlah informasi yang dapat Nirvanaharapan sampaikan mengenai bagaimana cara reset HP Asus untuk semua tipe HP yang telah diuraikan menjadi 2 yaitu Factory Reset dan Hard Reset.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan saya ucapkan terima kasih sudah membaca tulisan ini hingga akhir.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 − 3 =