26 Kode Rahasia Samsung Beserta Fungsinya Untuk Semua Tipe

Samsung adalah salah satu brand smartphone dengan tingkat penjualan terbesar di dunia dengan menggunakan sistem operasi Android. Samsung juga terkenal dengan kode rahasianya yang dapat digunakan supaya bisa menjalankan berbagai macam perintah. Kenapa disebut sebagai kode rahasia? Hal itu karena kode rahasia Samsung ini sangat jarang diketahui oleh kebanyakan orang.

Biasanya sih kode rahasia ini sering digunakan untuk mengecek kondisi HP Samsung apakah masih berjalan dengan maksimal atau malah sebaliknya. Selain itu, kode rahasia ini juga dapat Anda manfaatkan untuk membeli HP bekas atau second.

Maka dari itu, sebelum Anda membeli smartphone Samsung bekas. Anda boleh mencoba beberapa kode rahasia yang akan saya jelaskan berikut ini beserta dengan fungsi dan kegunaannya.

Apakah Anda juga ingin melakukan Hard Reset HP Samsung? Caranya cukup mudah kok, Berikut ini merupakan tutorial tentang Cara Reset HP Samsung.

Kode Rahasia Samsung Beserta Fungsinya

Kode rahasia di bawah ini saya bagikan khusus untuk Anda sebagai pengguna smartphone Samsung. Selain dari situs resmi Samsung, beberapa kode rahasia ini juga diambil dari beberapa forum maupun situs-situs terpercaya lainnya di internet.

1. Kode Cek IMEI

Untuk dapat mengecek nomor IMEI pada hp Samsung Anda boleh menggunakan kode *#06#. Silahkan Anda ketik kode tersebut melalui menu telepon. Kemudian akan secara otomatis muncul dua nomor IMEI yang merupakan IMEI pada sim card 1 dan sim card 2.

Namun, jika smartphone yang Anda punya hanya memiliki 1 slot kartu sim, maka nantinya IMEI yang keluar hanya satu.

2. Kode Cek Tipe Smartphone

Bagi yang ingin tahu model smartphone yang dimiliki, maka bisa menggunakan kode rahasia Samsung *#1234#. Kode tersebut akan menampilkan informasi mengenai model smartphone, AP, CP, dan CSC. Informasi yang diberikan sudah pasti sangat akurat, sehingga kita bisa mengetahui secara pasti model atau tipe smartphone yang dimiliki.

3. Kode Rahasia Samsung Cek Layar

Jika Anda membeli smartphone baru, maka wajib untuk mengecek bagian layarnya. Hal ini sangat penting supaya terhindar dari layar shadow (dead pixel). Cara mudah untuk mengecek layar Samsung yaitu dengan menggunakan kode *#0*#.

Maka nantinya kode rahasia Samsung tersebut akan menampilkan berbagai macam pilihan menu. Anda cukup memilih menu Red, Green, Blue dan Black. Kemudian lihat dengan seksama, apakah terdapat masalah pada layar atau tidak.

4. Kode Cek Touchscreen

Sama halnya seperti mengecek cek layar HP, kita juga dapat menggunakan kode *#0*# untuk bisa mengecek Touchscreennya. Caranya yaitu dengan memilih menu Touch, lalu kita akan masuk ke menu pengaturan Touchscreen tersebut. Di menu itu, pastikan Anda mencoba setiap sisi layar supaya tidak ada bagian yang terlewatkan.

5. Kode Cek Sensor

Ada banyak fungsi dari kode rahasia *#0*#, salah satunya yaitu untuk mengecek kelengkapan sensor pada hp Samsung. Caranya pun sangat mudah, yaitu dengan memilih menu sensor, maka akan muncul informasi sensor yang sedang bekerja. Contohnya seperti Accelerometer, Proximity, Barometer, Magnetic sampai Fingerprint Sensor.

6. Kode Cek Baterai

Untuk kode rahasia berikutnya adalah *#0228#. Fungsi kode ini yaitu untuk mengecek status baterai. Dengan menggunakan kode rahasia Samsung tersebut dapat digunakan untuk melihat perubahan voltase baterai ketika melakukan isi ulang baterai.

7. Melihat Informasi Wifi

Untuk dapat mengetahui informasi Wifi yang sedang digunakan Anda boleh menggunakan kode rahasia Samsung *#1111#. Ketika mengakses kode tersebut, maka Anda akan masuk ke menu service mode.

Melalui menu service mode, silahkan Anda klik tombol tiga titik di pojok kanan atas, dan pilih Wi-Fi. Setelah memilih menu tersebut, kemudian akan muncul informasi terkait nama Wifi, MAC Address, Speed dan lainnya.

Selain kode rahasia diatas, masih ada banyak kode rahasia Samsung lainnya untuk bisa melihat seluruh fitur tersembunyi dari hp Samsung. Akan tetapi, tidak semua kode dapat diakses pada semua tipe hp Samsung.

Jadi jangan heran jika ada beberapa kode yang tidak dapat Anda akses. Untuk dapat menggunakan kode rahasia di bawah ini caranya sangat mudah dan sederhana, Anda hanya perlu menuliskan kode-kode di bawah ini seperti Anda ingin menelepon atau cek pulsa. Mudah bukan?

Tabel Kode Rahasia Samsung

Bila sudah mengerti, mari kita simak penjelasan ini hingga akhir.

NoKodeFungsi Kode Rahasia
1*#0001#Untuk memeriksa nomor seri pada smartphone Samsung.
2#*5376#Untuk menghapus semua pesan yang ada.
3*#0*#Untuk memeriksa seluruh fitur android. Contohnya seperti memeriksa kondisi warna layar, cek layar sentuh, cek sensor, dan lainnya.
4*#1234#Untuk mengecek jenis dan juga versi dari firmware yang digunakan oleh smartphone Anda.
5*#8999*782#Untuk mengetahui ham dan tanggal ketika itu juga.
6*#06#Untuk mengetahui ataupun memeriksa IMEI (International Mobile Equipment Identity).
7*#0228# / #8999*228#Untuk mengetahui informasi terkait baterai yang Anda gunakan.
8*#1111#Untuk menampilkan S/W.
9*#8999*778#Untuk  memeriksa kartu SIM Card yang terpasang.
10*#8999*837#Untuk mengetahui versi hardware di smartphone Anda.
11*#9998*523#Sebagai LCD Contrast ponsel Anda.
12*#8999*638#Untuk melihat informasi dari jaringan seluler di ponsel.
13*#8999*289#Memiliki fungsi memeriksa nada alarm HP Samsung Anda.
14*2767*3855#Memiliki fungsi untuk melakukan reset HP Samsung Anda.
15*#8999*636#Memiliki fungsi untuk mengetahui kapasitas memori internal ponsel Anda.
16#*2562#Memiliki fungsi untuk melakukan restart HP Samsung Anda.
17*#92782#Memiliki fungsi untuk melihat model atau tipe HP Samsung.
18*#2255#Memiliki fungsi untuk menampilkan informasi list telepon.
19*#2286#Memiliki fungsi untuk melihat data pada baterai HP Samsung yang sedang Anda pakai.
20*#0000#Memiliki fungsi untuk reset bahasa.
21*2767*226372#Memiliki fungsi untuk melakukan proses reset terhadap pengaturan kamera.
22*2767*2878#Memiliki fungsi untuk melakukan custom reset pada HP Samsung.
23*#8999*377#Memiliki fungsi untuk melihat log error di menu.
24*#*#197328640#*#Digunakan oleh teknisi untuk memperbaiki HP Samsung, seperti factory test, backup, debug info, restore, dan lain sebagainya.
25*#232337#Memiliki fungsi untuk menampilkan MAC Address Bluetooth HP Samsung.
26#*2474#Memiliki fungsi untuk menampilkan informasi saat durasi charging.

Penutup

Silahkan Anda coba sendiri kode rahasia diatas. Anda boleh menggunakannya untuk melihat fitur tersembunyi maupun mengecek kondisi hp Samsung kesayangan Anda.

Sekianlah daftar 26 kode rahasia smartphone Samsung beserta fungsi yang perlu Anda ketahui. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat untuk Anda dan terima kasih sudah mengunjungi blog Nirvanaharapan.

Leave a Comment

two × 3 =