Pengertian PC

Sudah tahukah Anda apa sih pengertian PC (Personal Computer) itu? Emang, kebanyakan orang berpikir tentang komputer, mereka akan menggambarkannya sebagai personal computer, komputer pribadi, ataupun PC.

Namun, perlu Anda ketahui, bahwa ini dirancang hanya untuk satu orang dengan digunakan sekaligus. Sebagian besar juga komputer yang Anda miliki baik itu, teman dan keluarga Anda punya juga mungkin adalah komputer pribadi (personal Computer).

Untuk istilah PC (personal computer) ini mempunyai arti yang berbeda terhadap budaya populer. Di sisi lain, ini adalah komputer apa pun yang dirancang dan untuk penggunaan pribadi saja.

Selain itu, terkadang juga digunakan untuk merujuk secara khusus pada komputer yang dengan menjalankan sistem operasi Microsoft Windows. Seperti pada kalimat “mana yang lebih baik? PC atau Mac?”

Ya, mengenai hal tersebut, dalam kesempatan kali ini Nirvanaharapan akan membahas tentang pengertian PC (personal computer) secara detail dan lengkap.

Yuk, simak ulasan berikut hingga akhir ya!

Pengertian PC

pengertian personal computer
pexels.com

Untuk pengertian PC sendiri merupakan singkatan dari Personal Computer adalah bahasa Inggris yang apabila diartikan kedalam bahasa Indonesia yang berarti Komputer Pribadi.

Sama dengan namanya PC ini diciptakan khusus untuk digunakan bagi perorangan dalam memenuhi kebutuhan seseorang pada sebuah sistem yang dapat membantu mempermudah segala pekerjaannya.

Apabila kita kembali lagi mengulas mengenai sejarah tentang komputer. Dahulu awal mula diciptakannya komputer sebenarnya tidak untuk digunakan oleh perorangan, tetapi diperuntukkan bagi perusahaan-perusahaan besar saja.

Sejarah sendiri mencatat, baru ditemukannya Personal Computer (PC) adalah 40 tahun setelah ditemukannya komputer generasi pertama saat itu.

Oleh karena itu, kita sudah mulas menemukan titik terang terkait istilah PC ini. Jadi pengertian PC (Personal Computer) adalah sebuah perangkat komputer dan biasanya hanya digunakan untuk perorangan saja.

Contohnya seperti yang sering kita temui atau kita punya di rumah sekarang ini. Personal Computer adalah jenis komputer yang paling banyak digunakan di seluruh penjuru dunia hingga ini.

Bahkan, justru sebagian besar dari kita akan merasa asing dengan bentuk komputer selain PC (Personal Computer). Hanya ada beberapa orang tertentu saja yang memakai istilah pengertian PC secara tepat.

Maka dari itu, setelah kita tahu seperti apa sebenarnya sih PC tersebut, kita sudah semestinya tidak memakai istilah PC pada komputer jenis Mainframe maupun komputer jenis Mini Computer.

Sejarah PC (Personal Computer)

Seperti yang telah disinggung pada penjelasan pengertian personal computer (PC) sebelumnya. Anda mesti tahu bahwa sebelum istilah personal computer (PC) ini ada, sebenarnya komputer dirancang bagi organisasi besar yang memasang terminal yang bisa dipakai oleh banyak pengguna ke satu komputer besar.

Dimana resource yang ada pada komputer pusat ini, untuk sumber dayanya dibagi antara semua pengguna.

Dengan hadirnya PC atau personal computer, mereka pun memecah tradisi komputasi dengan memakai terminal. Hingga akhir tahun 1980-an, sehingga kemajuan teknologi memungkinkan dalam membangun komputer kecil yang bisa dimiliki serta dipakai secara individu (perorangan).

Sehingga PC (Personal Computer) ini mulai tersebar luas di tahun tersebut. Kemudian untuk harga Komputer Pribadi yang pertama, yakni sangat mahal.

Dalam sejarah mereka menunjukkan bahwasanya mempunyai pendahulunya dan khususnya sebagai mesin penghitung. Hal itu adalah pengembangan dari sistem operasi yang efektif serta antarmuka yang ramah terhadap pengguna. Dengan memberikan dorongan dalam pengembangan serta menjadikan mereka menjadi sebuah pengolah kata.

Kalau untuk istilah pengertian “PC” secara tradisional adalah dipakai dalam menggambarkan Personal Computer yang kompatibel dengan IBM dan bertentangan pada komputer Apple Macintosh.

Untuk perbedaannya adalah dari teknis dan budaya,sehingga kembali ke tahun awal personal computer (komputer pribadi), saat Apple dan IBM merupakan dua pesaing utama.

Pada awalnya, PC IBM yaitu PC dengan arsitektur mikroprosesor Intel dan dengan sistem operasi seperti DOS (Windows) dengan ditulis dalam memakai mikroprosesor tersebut.

Sedangkan untuk Apple Macintosh sendiri memakai arsitektur mikroprosesor Motorola dan sistem operasi dengan mempunyai seorang pemilik.

PC IBM ini dikaitkan dengan bisnis dan penggunaan. Sedangkan untuk Mac, yang dikenal sebagai antarmuka pengguna yang lebih intuitif, juga dikaitkan terhadap desain grafis dan desktop publishing.

Walaupun untuk perbedaannya menjadi kurang jelas di beberapa tahun terakhir. Terutama seperti pada tahun 2020 ini yang mana seluruh operasi sistem bisa di install untuk berbagai macam perangkat. Orang-orang mengkategorikannya sebagai (personal computer) hanya dengan PC atau Mac.

Pengertian Komponen PC (Personal Computer)

1. Processor

Untuk pengertian komponen pc yang satu ini juga sering disebut sebagai otak serta sebagai pusat pengendali komputer dengan didukung oleh komponen lainnya.

Processor merupakan sebuah IC yang mengontrol seluruh jalannya sistem komputer yang digunakan sebagai pusat (otak) dari komputer. Berfungsi dalam melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.

Processor terletak di socket yang sudah disediakan oleh motherboard, sehingga boleh diganti dengan processor yang lainnya, yang penting sesuai dengan socket yang terdapat pada motherboard. Salah satu pengaruh yang sangat besar terhadap kecepatan komputer ini adalah bergantung pada jenis dan kapasitas dari processor.

Prosesor yakni sebuah chip yang biasa disebut sebagai “Mikroprosesor” dan sekarang ini ukurannya telah mencapai Gigahertz (GHz). Untuk ukuran ini merupakan hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data ataupun informasi.

Untuk mengenal merk prosesor yang banyak tersebar luas di pasaran saat ini adalah seperti AMD, IBM, Cyrix VIA, Apple, IDT, dan Intel. Sedangkan untuk bagian Prosesor terpenting pada prosesor terbagi 3 yakni:

  1. ALU (Aritcmatics Logical Unit),
  2. CU (Control Unit),
  3. MU (Memory Unit).

2. Mainboard / Motherboard

Pengertian komponen PC selanjutnya adalah Motherboard atau mainboard dan merupakan papan utama yang mana memiliki komponen-komponen serta chip controller. Dimana chip ini bertugas untuk mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard.

Untuk Motherboard juga mempunyai socket untuk processor, slot-slot yang dipakai dalam pemasangan komponen kartu seperti Sound Card, VGA Card, Internal Modem, dan lainnya.

Kalau untuk secara umumnya, motherboard ini memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Komunikasi, tentunya hampir seluruh komunikasi wajib melalui motherboard.
  • Organisasi, adalah untuk mengatur dan menentukan alat (peripheral) yang dapat dipasang di
    komputer.
  • Kontrol, terdapat chipset dan program BIOS di dalam motherboard, sehingga berfungsi
    dalam mengatur data komponen komputer lain.

3. Hard Disk

Pengertian komponen PC selanjutnya adalah Harddisk yang merupakan piranti dalam penyimpanan sekunder. Dimana data akan disimpan sebagai pulsa magnetic di jaringan metal yang berputar secara terintegrasi.

Untuk data yang disimpan dalam lingkaran konsentris ini disebut sebagai track. Setiap tracknya dibagi kedalam beberapa segmen yang disebut sebagai sector. Dalam melakukan operasi baca tulis data dari dan ke piringan, harddisk ini memakai head dalam melakukannya yang terletak pada setiap piringan.

Head inilah yang kemudian bergerak dalam mencari sektor tertentu untuk dilakukan operasi terhadapnya dan waktu yang diperlukan dalam mencari sector ini dinamakan sebagai seek time.

Setelah mendapatkan sector yang diinginkan, maka selanjutnya head ini akan berputar untuk mencari track dan waktu yang diperlukan dalam mencari track ini disebut sebagai latency.

4. Memory

Pengertian komponen PC berikutnya adalah Memori komputer, yang merupakan bagian terpenting dari komponen komputer. Dengan memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang wajib diatur dan dijaga sebaik mungkin.

Memori juga dapat diartikan sebagai perangkat yang sangat penting pada sistem yang berbasis mikroprosesor, mikrokontroler, maupun PC.

Memori dipakai dalam menyimpan data, baik itu digunakan sebagai program ataupun sebagai penyimpan data yang diproses oleh CPU.

Untuk tempat penyimpanan data sendiri terbagi atas 2 bagian, yakni memori primer dan memori sekunder.

Memori primer yakni tempat kerja untuk processor, atau tempat menyimpan data yang akan diproses oleh processor, contohnya yaitu RAM dan VRAM.

Sedangkan memori sekunder yakni tempat menyimpan semua data yang bersangkutan dengan dokumen dan perangkat lunak (software). Contohnya yaitu Hard disk, Flash disk, CD, Disket, dan lain-lain.

5. CD / DVD Room

CD-ROM adalah kepanjangan dari (compact disk read only memory) yang berarti bahwa CD-ROM drive hanya dapat dipakai dalam membaca sebuah CD saja. Sehingga secara garis besarnya CD-ROM ini dapat dibedakan menjadi 2 menurut tipenya yakni: ATA/IDE dan SCSI.

Sehingga yang paling mendasar dari kedua perbedaan tersebut yaitu kecepatannya. Jika ATA mempunyai kecepatan 100-133 Mbps, maka untuk SCSI sendiri mempunyai kecepatan kira-kira 150 Mbps.

Biasanya untuk tipe SCSI ditemukan pada CR RW drive. Untuk CD ROM terdapat tulisan 56X yang berarti kemampuan dalam memberikan kecepatan transfer data hingga sebesar 56 x150 Kbps.

Biasanya tipe CD RW ini juga dibedakan berdasarkan dari kemampuan membakar dan membaca. Untuk CD RW tipe 12x8x32 mempunyai arti kemampuan dalam membakar pada CD R dengan kecepatan 12x. Kemudian membakar pada CD RW secepat 8x, dan membaca pada CD R/CD RW dengan kecepatan maksimal 32x.

DVD sendiri berasal dari kata Digital Versatile Disc, sesuai dengan namanya DVD adalah sebuah media penyimpanan digital dengan isinya yang sangat variatif.

Bentuknya pun terlihat sangat mirip dengan CD. Hanya saja bedanya kalau DVD bisa memainkan film, audio lebih baik dan data lebih banyak serta proses yang lebih cepat jika dibandingkan dengan CD. Kalau untuk DVD sendiri juga mampu menyimpan data lain, contohnya seperti foto maupun data informasi dari komputer.

6. Casing

Pengertian komponen PC selanjutnya yaitu Casing. Merupakan sebuah kotak komputer dengan berisi Processor, Motherboard dan peripheral lainnya. Ini digunakan sebagai tempat untuk melindungi komponen seperti motherboard, control board, power supply disk drive hingga komponen lainnya.

Berikut ini adalah fungsi dari Casing:

  • Untuk melindungi berbagai komponen yang ada di dalamnya dari panas, air, debu atau kotoran lainnya ketika bekerja.
  • Menjadi bagian terpenting karena hampir seluruh periferal macam motherboard, CD-ROM drive, harddisk, dan floppy drive memakai casing ini sebagai tempat bekerjanya sehari-hari.
  • Exhaust fan ini berfungsi sebagai pendingin ruang, dengan menggunakan casing sebagai tempat beroperasi mengatur suhu dalam CPU tersebut.
  • Sangat penting sebagai tempat dudukan pada setiap tombol-tombol dan lampu-lampu.
  • Casing ini pun memiliki tugas penting yakni sebagai “kediaman” power supply yang memberikan tenaga untuk seluruh komponennya.

7. Power Supply

Pengertian komponen PC berikutnya yakni Power Supply. Dimana merupakan perangkat keras yang berfungsi dalam menyuplai tegangan langsung ke komponen dalam casing yang memerlukan tegangan.

Misalnya seperti motherboard, hardisk, kipas, dan lain-lain. Input power supply yang berupa arus bolak-balik (AC) sehingga harus mengubah arus bolak-balik (AC) menjadi arus searah (DC).

Karena hardware komputer hanya bisa beroperasi dengan menggunakan arus searah (DC). Pada umumnya power supply berupa kotak yang diletakan pada bagian belakang atas casing.

8. Mouse

Pengertian komponen PC berikutnya adalah Mouse, dimana komponen ini merupakan salah satu perangkat keras (hardware) yang sangat diperlukan saat seseorang mau mengoperasikan komputer secara cepat dan efektif.

Mouse juga merupakan salah satu perangkat keras yang berperan untuk input data. Biasanya juga sering kita sebut sebagai pointing device, karena mouse dapat dipakai untuk menunjuk icon yang akan dipilih.

9. Monitor

Monitor merupakan output device atau alat keluaran yang fungsinya adalah untuk menampilkan gambar pada layar. Untuk gambar yang ditampilkan pun berasal dari proses grafis yang dilakukan oleh VGA Card.

Berdasarkan dari teknologi yang dipakai, monitor mempunyai 2 jenis yakni CRT (Cathode Ray Tube) dan LCD (Liquid Crystal Display).

Monitor CRT yaitu monitor yang memiliki ukuran yang besar seperti televisi. Monitor jenis ini menggunakan tabung gelas dengan layar berbentuk cembung. Selain layarnya yang cembung, jenis monitor CRT ada pula yang berlayar datar (flat).

Dimana monitor ini bekerja dengan cara menggerakan sorotan elektron secara maju dan mundur pada balik layar. Setiap sorotannya tersebut mengenai titik fosfor yang terdapat pada tabung gelas monitor hingga kemudian menerangi begitu banyak garis dari atas sampai bawah layar sehingga gambar ditampilkan.

Monitor CRT akan memberikan warna yang lebih kaya dalam spektrum penuh jika dibandingkan dengan monitor LCD. Oleh sebab itu, para pendesain grafis lebih memilih ke monitor CRT karena langsung dapat membandingkan warna pada monitor dengan yang bakal dicetak.

Monitor LCD banyak ditemui pada jam digital dan layar laptop maupun hp. LCD ini juga merupakan jenis monitor yang memakai dua lembar materi terpolarisasi dengan kristal cair yang terletak di tengahnya.

Ketika arus listrik mengalir dan melewati cairan kristal, maka kristal itu akan bergabung sehingga cahaya tidak masuk. Oleh sebab itu, kristal ini berfungsi seperti katup yang mengizinkan cahaya masuk ataupun diblokir.

Monitor LCD ini mempunyai bentuk yang ramping, ringan, dan tipis. Sehingga tidak memerlukan tempat yang begitu luas dalam meletakkannya jika dibandingkan dengan monitor CRT.

Kemudian selain itu, jenis monitor LCD lebih hemat, karena mengkonsumsi daya listrik yang jauh lebih rendah daripada monitor CRT.

10. Keyboard

Keyboard boleh diartikan sebagai sekumpulan tombol yang tersusun di satu tempat seperti mesin ketik. Pada umumnya memiliki 85 hingga 120 tombol dengan terdiri dari huruf (A,a, B,b, C,c, …..Z,z) angka (0,1,2,…9), symbol atau biasanya dinamakan sebagai karakter khusus (@#$%….. dan sebagainya).

Serta tombol-tombol F1,F2,F3, tetapi untuk keperluan khusus keyboard hanya mempunyai beberapa tombol saja. Jumlah tombol yang terdapat di PC berbeda-beda tergantung dari PC yang digunakan.

Kalau untuk PC desktop memiliki 101, 104, 110 atau 118 tombol. Sedangkan untuk notebook atau laptop, jumlah tombolnya boleh semakin sedikit karena memiliki ruang yang cukup kecil.

Dalam penekanan tombol di keyboard dapat dilakukan dengan sendiri-sendiri atau per tombol. Maupun beberapa sekaligus dalam menunjukan maksud tertentu, misalnya CTRL + ALT + DEL, +1 huruf tertentu CTRL + Break dan lain sebagainya.

Hati-hati juga dalam menggunakan penekanan tombol khusus, karena bisa saja memberikan akibat terhadap hal-hal yang tidak diinginkan pada komputer. Ketahuilah dengan seksama dari masing-masing fungsi yang ada.

Sudah tahukah Anda siapa yang pertama kali menciptakan Komputer? Yuk, simak pembahasan selanjutnya mengenai tokoh penemu komputer.

Komponen Utama Komputer: Hardware, Software, dan Brainware

Sebenarnya sudah kita ketahui bersama, bahwasanya dengan adanya komputer ini menjadikan sarana yang sangat memudahkan manusia dalam setiap menyelesaikan pekerjaannya.

Sebuah komputer bisa berjalan dengan baik tentunya karena mempunyai dasar maupun pondasi dalam membangunnya. Sehubungan hal ini, pondasi dari sebuah komputer terbagi menjadi 3 komponen utama yakni:

  1. Hardware,
  2. Software,
  3. Brainware.

Dari ketiganya tentunya mempunyai peranan yang berbeda dan sesuai dengan tugasnya masing-masing. Dengan saling bekerja sama, maka pondasi tersebut akan sanggup menopang mekanisme kerja dari komputer tersebut sehingga dapat berjalan dengan semestinya.

Berikut ini adalah penjelasan dari ketiga komponen utama tersebut antara lain:

1. Hardware

hardware perangkat keras pengertian pc
pixabay.com

Hardware (perangkat keras) merupakan komponen komputer yang bisa kita sentuh atau raba secara langsung, dengan kata lain mempunyai wujud atau bentuknya secara fisik.

Perangkat keras ini sendiri mempunyai beragam fungsi dalam mendukung sistem komputer supaya bisa berjalan dengan semestinya.

Untuk kemampuan lain dari hardware (perangkat keras) sering disebut sebagai instruction set. Dimana berarti sebuah perangkat keras bisa bekerja berdasarkan oleh perintah yang sudah ditentukan oleh user.

Dikarenakan perangkat keras mengerti bahasa perintah tersebut, maka hardware ini bisa melakukan berbagai aktivitas sesuai dengan apa yang sudah diperintahkan oleh si pemakainya.

Dimana perintah-perintah tersebut tentunya tidak berjalan begitu saja, karena ada yang mengontrol dan memoderator sebuah komputer supaya dapat bekerja sesuai dengan mekanisme yang ada.

Adapun yang menjadi otak dari sebuah komputer yakni CPU (Central Processing Unit) atau sering kita namakan sebagai Processor.

Sehingga CPU ini akan menjadi pusat pengolahan data, pengontrol kerja komputer, dan memegang peran penting pada sistem komputer. Tanpa adanya processor (CPU), maka komputer tidak akan dapat bekerja, oleh sebab itu kinerja komputer tergantung dari CPU tersebut.

Agar bekerja secara optimal, maka CPU juga memerlukan alat. Dimana alat itu berupa alat masukkan dan alat keluaran. Yakni alat masukkan untuk memberi perintah dan alat keluaran untuk menampilkan hasil pemrosesan suatu instruksi.

Biasanya hasil keluaran tersebut berupa informasi atau data yang bisa juga disimpan lewat media penyimpanan.

Berikut adalah beberapa contoh Hardware:

  • Input device (alat masukkan),
  • Alat pemrosesan,
  • Output device (alat keluaran),
  • Storage device (media penyimpanan data),
  • Peripheral (perangkat tambahan).

2. Software

software perangkat lunak pengertian pc
pexels.com

Software (perangkat lunak) merupakan sebuah perangkat yang terdiri dari intruksi-intruksi ataupun program-program komputer yang gunanya adalah untuk menjalankan pekerjaan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh user.

Dengan demikian, software juga bisa berarti suatu data yang ada pada komputer yang mempunyai format tertentu, kemudian disimpan secara digital ke dalam komputer.

Berbeda halnya dengan hardware yang bisa dilihat, dipegang ataupun disentuh secara fisik, justru software tidak demikian. Dikarenakan bentuknya digital, maka seseorang hanya bisa melihatnya dan tidak dapat menyentuhnya secara fisik seperti hardware.

Sekadar tambahan, program, data dan instruksi dalam software yang tersimpan dalam komputer yakni berbentuk angka-angka (biner) dan bahasa pemrograman lain yang hanya dapat dimengerti oleh komputer. Kemudian diterjemahkan ke dalam bentuk yang lebih kompleks sehingga dapat dimengerti oleh manusia.

Bagaimana software (perangkat lunak) dibuat?

Dalam menciptakan sebuah software, tentunya seseorang wajib mampu menguasai bahasa pemrograman. Maka dengan bahasa pemrograman inilah, sehingga kemudian dibentuk berdasarkan pada algoritma, logika, ide, dan instruksi dari si developernya.

Setelah membuat ragam instruksi (umumnya ditulis), maka langkah berikutnya adalah dikompilasi dengan menggunakan aplikasi kompiler, sehingga menjadi kode yang dapat dimengerti oleh hardware.

Berikut adalah beberapa contoh Software:

  • Sistem Operasi (Operation System),
  • Program aplikasi,
  • Sistem pengolah,
  • Software Development Too (SDT),
  • Pengendali perangkat Keras (hardware),
  • Software menetap (firmware),
  • Software gratis,
  • Program bantu (utility),
  • Software perusak,
  • Software uji coba.

3. Brainware

brainware pengertian pc
pixabay.com

Brainware (perangkat manusia) merupakan seseorang yang mengendalikan / mengoperasikan hardware dan software untuk saling bekerja sama satu sama lainnya.

Intinya adalah seseorang yang mengoperasikan atau mengatur sistem di dalam komputer biasanya disebut sebagai brainware. Sehingga brainware juga bisa diartikan sebagai perangkat intelektual, dimana dapat mengeksploitasi kinerja dari hardware dan software.

Tanpa adanya brainware, maka tentunya komputer juga tidak akan dapat bekerja. Demikian pula halnya dengan hardware yang memerlukan software, software memerlukan brainware, dan brainware memerlukan hardware dan software.

Pada intinya komponen utama dalam sistem komputer ini saling berhubungan dan bekerja sama.

Berikut adalah contoh Brainware:

  • User/pengguna,
  • Administrator,
  • Programmer,
  • Sistem Analis,
  • Teknisi.

Jenis-Jenis PC (Personal Computer)

Terlepas dari beberapa hal di atas, terkait dengan penggunaannya pada saat di rumah. Biasanya paling populer digunakan adalah untuk bermain game bukan?

Ya! Setelah kita mengetahui pengertian, sejarah dan komponen dari PC (personal computer) atau boleh juga disebut sebagai komputer pribadi. Selanjutnya Nirvanaharapan juga akan membahas jenis-jenis PC secara umum.

1. Komputer Desktop

komputer desktop
pexels.com

Jenis yang pertama yaitu komputer desktop, Ini dirancang untuk dipakai di meja dan jarang dipindahkan. Untuk

Computer desktop sendiri terdiri dari sebuah kotak besar atau biasa disebut sebagai unit sistem dengan berisi sebagian besar komponen terpenting.

Komponen monitor, keyboard, dan mouse semuanya ditancapkan ke dalamnya dengan memakai kabel, untuk di beberapa kasus, juga menggunakan teknologi nirkabel.

Desktop juga menawarkan banyak daya komputasi dan kinerja untuk harga dan fleksibel karena bisa menyambungkan monitor, keyboard, dan mouse apapun yang Anda inginkan.

2. Laptop dan Notebook

laptop
pixabay.com

Sama seperti namanya, laptop dan notebook merupakan komputer portabel dengan dirancang bisa dilipat seperti notebook dan bisa dibawa maupun disimpan. Pada penutupnya sendiri terbuka dalam menampilkan layar, keyboard, serta perangkat penunjuk bawaan, sebagai penggantinya mouse.

Notebook ini bisa menjalankan sebagian besar perangkat lunak (software) yang sama seperti desktop, dan serupa juga dalam hal kinerjanya.

Beberapa orang juga sering menyebutnya sebagai laptop. Notebook juga dapat memungkinkan kita membawa komputer ke manapun.

Akan tetapi, harganya lebih mahal jika dibandingkan desktop dengan tingkat kinerja yang sama, dan tidak bisa disesuaikan maupun ditingkatkan.

3. Netbook

netbook
pixabay.com

Perangkat ini merupakan singkatan dari internet notebook, netbook ini sebenarnya adalah komputer notebook yang ukurannya lebih kecil dan kurang kuat, terutama dirancang untuk mengakses Internet.

Biasanya harga netbook ini lebih murah jika dibandingkan dengan notebook atau komputer desktop. Sehingga lebih ringan dan nyaman untuk dibawa kemana-mana.

Namun, tetap saja tidak memiliki cukup memori dan prosesor yang kuat dalam menjalankan seluruh aplikasi desktop.

4. Tablet

tablet
pexels.com

Sebuah tablet ini juga sebetulnya merupakan komputer portabel yang terdiri dari layar peka sentuhan dengan dipasang pada bingkai plastik dan ukuran tablet dengan komputer kecil di dalamnya.

Tidak memiliki keyboard maupun pointer (alat penunjuk), karena keyboardnya berbasis perangkat lunak yang tampil di layar ketika diperlukan. Kemudian jari Anda yang meluncur pada layar berfungsi sebagai alat penunjuk.

Tablet ini sangat portabel dan nyaman, namun biasanya tidak dapat menjalankan aplikasi komputer desktop dan mempunyai yang memori terbatas.

5. Smartphone

smartphone
pixabay.com

Ini Merupakan sebuah ponsel pintar, yang dinamakan sebagai smartphone dan merupakan ponsel yang bisa menjalankan aplikasi dan mempunyai kemampuan internet.

Biasanya ponsel pintar ini mempunyai layar sentuh yang sensitif. Kemudian banyak yang mempunyai beragam aplikasi yang sadar lokasi. Contohnya seperti Global Positioning System (GPS) dan program pemetaan dan panduan bisnis lokal.

Smartphone atau ponsel pintar ini mempunyai banyak kesamaan dengan komputer, namun mereka tidak mempunyai kekuatan dan fleksibilitas perangkat komputasi yang lebih besar.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian PC, sejarah dan komponen utama yang dapat Nirvanaharapan sampaikan. Semoga adanya artikel ini dapat menambah wawasan pengetahuan Anda.

Cukup sekian dan terima kasih!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − four =