Kode Remote TV Toshiba

Kode remote TV Toshiba adalah salah satu kode yang mesti Anda masukkan untuk bisa mengontrol TV Toshiba Anda miliki menggunakan remot. Hal itulah yang menjadi penyebab kenapa remote TV tidak bisa digunakan karena mempunyai kode khusus. Nah, untuk itu Anda wajib tahu kodenya cara untuk memasukkan kode tersebut.

Sekilas Tentang TV Toshiba

sekilas tentang tv toshiba

Brand TV Toshiba kini menjadi salah satu merk TV yang sangat terkenal di Indonesia dan merupakan produk dari perusahaan yang berpusat di kota Tokyo, Jepang.

Toshiba juga dikenal sebagai sebuah perusahaan elektronik terbesar di dunia saat ini. Dengan berbagai macam produk yang diproduksi oleh Toshiba ini yakni mulai dari barang elektronik sampai perabotan rumah tangga. Kalau di Indonesia sendiri, untuk produk Toshiba ini diproduksi oleh Toshiba Asia Pacific.

Sehingga salah satu yang menjadi produk Toshiba terlaris yaitu Televisi. Dimana merk TV Toshiba ini memang mempunyai jaminan kualitas bagus serta awet. Selain itu, ada pula merk TV Toshiba LCD dan bisa dibeli dimana saja, baik melalui toko elektronik di sekitar maupun via online shop.

Solusi Remot TV Rusak Atau Hilang

Namun, salah satu masalah yang bisa dialami oleh pemilik TV yaitu saat remot TV rusak / hilang. Seperti yang kita ketahui, jarang ada produsen TV yang hanya menjual remot saja, termasuk pula merk Toshiba.

Jadi, bagaimana kalau ternyata remot TV Toshiba yang asli sudah rusak?

Solusinya adalah kita boleh membeli dengan remot TV universal / joker yang dapat digunakan untuk semua merk TV yang tersedia, termasuk TV Toshiba.

Maka agar bisa menggunakannya di Toshiba, terdapat setting dan kode remot khusus yang mesti terlebih dahulu Anda masukkan. Dimana kode remot TV joker ini bisa digunakan untuk semua merk TV.

Akan tetapi, biasanya kode remot TV universal adalah angka yang terdiri dari 3 digit. Dimana setiap TV dapat mempunyai banyak kode yang sesuai, sebab kita hanya tinggal mencoba mana saja yang bekerja dan yang tidak.

Cara setting remot TV Samsug ini juga perlu diperhatikan supaya remot TV joker ini dapat bekerja dengan baik pada TV kita.

Jadi tak perlu khawatir karena langsung saja Nirvanaharapan akan jelaskan untuk Anda tentang kode remote TV Toshiba beserta cara melakukan settingannya dengan benar.

Di bawah ini adalah inti dari pembahasan kita kali ini.

Kode Remote TV Toshiba & Cara Settingannya

kode remote tv toshiba lcd

Terdapat 2 kode rahasia yaitu dengan menghubungkan remote multi membuka factory TV Toshiba. Akan tetapi disarankan apabila tidak terlalu mengerti dengan cara menu factory ini, maka jangan Anda mencobanya untuk mengganti pengaturan default.

Karena ini hanya sebagai pengetahuan tambahan saja, terkecuali memang Anda paham.

Langsung saja, pertama yang akan dibahas terlebih dahulu yakni kode remote. Hal ini akan sangat Anda butuhkan nantinya saat menggunakan remote universal. Yang artinya dapat berfungsi untuk ke semua merk TV yakni caranya dengan mengubah kode susuai pada merknya.

Setiap TV memang mempunyai kode yang berbeda-beda, oleh sebab itu, khusus untuk TV Toshiba berikut akan dicantumkan daftarnya dibawah ini :

Kode Remot TV Toshiba Tabung

Bagi Anda yang memang masih menggunakan TV jenis tabung, berikut ini adalah kode rahasia yang fungsinya adalah untuk menghubungkan remote universal / joker supaya bisa berfungsi.

 089 ⁕ 090 ⁕ 128 ⁕ 014 ⁕ 016 ⁕ 027 ⁕ 053

Kode Remot TV Toshiba LED

Meski mereknya tetap sama namun untuk 3 digit angkanya berbeda pada versi tabung dan LCD, kalau untuk TV LCD berikut ini kodenya :

 128 ⁕ 089

Untuk kode diatas boleh Anda pakai untuk remote muti, seperti merk joker. Jadi bagi yang baru pertama kali beli, maka tidak akan bisa langsung berfungsi, itulah yang menjadi salah satu manfaat untuk Anda membaca artikel ini.

Kode Factory Reset TV Toshiba

Sedangkan untuk membuka menu factory reset atau biasa lebih dikenal dengan sebutan Service Mode. Ini mempunyai cara rahasia serta tidak sengaja disediakan tombol dalam mengaksesnya. Hal ini biasanya dengan memakai variasi tombol, maka tak sembarang orang yang bisa membukanya, sebab hanya yang mengerti saja, contohnya yaitu seorang teknisi.

Untuk bisa membuka service mode, maka yang Anda perlukan adalah remote, sebab tanpa alat ini mungkin Anda akan kesulitan untuk membukanya, terkhusus pada TV tabung.

Sebelum mulai melakukan proses setting, maka pastikan remot telah terisi oleh baterai dan TV sudah tersambung dengan power listrik.

Terdapat 2 cara yang boleh Anda lakukan pada proses setting remot universal untuk TV Toshiba ini. Yakni setting dengan cara otomatis dan manual dengan memasukkan kodenya.

Cara Setting Remot Toshiba Secara Otomatis

  • Silahkan Anda hidupkan TV Toshiba.
  • Kemudian arahkan remot universal tersebut ke TV dengan menekan tombol Set.
  • Setelah itu, tekan tombol volume + hingga beberapa kali hingga muncul tanda volume bertambah.
  • Lalu coba tekan tombol volume – hingga beberapa kali sampai Anda melihat tanda volumenya berkurang melalui layar TV.
  • Selanjutnya tekan kembali tombol Set tersebut untuk mematikan lampu indikatornya.
  • Kemudian dilanjutkan dengan menekan tombol yang lain. Hal ini untuk menguji apakah remot sudah dapat berfungsi.
  • Selesai deh!

Cara otomatis ini kemungkinan dapat berhasil untuk tipe TV Toshiba tanpa harus memasukkan kode remot. Akan tetapi bila Anda telah mencobanya dan tetap saja tidak berhasil. Maka silahkan coba cara kedua selanjutnya.

Cara Setting Remot Toshiba Secara Manual

  • Selangkan terlebih dahulu Anda hidupkan TV.
  • Kemudian Anda arahkan remot ke TV dengan menekan dan tahan tombol Set.
  • Setelah itu, tombol power hingga lampu indikator berwarna menyala.
  • Apabila lampu indikatornya sudah menyala, maka silahkan Anda lepaskan kedua tombol tersebut.
  • Selanjutnya masukkan 3 digit kode remote TV Toshiba yang telah dijelaskan diatas sesuai dengan tipe TV Anda.
  • Contohnya untuk TV Toshiba LCD masukkan kode 128 silahkan tekan angka 1 lalu 2 dan 8.
  • Nantinya lampu indikator akan padam yang artinya remot universal sudah berhasil mengenali TV Anda.
  • Selesai deh, remot sudah bisa digunakan!

Apabila ketika proses setting Anda belum berhasil dengan menggunakan satu kode, maka silahkan Anda coba dengan kode beberapa lainnya hingga remot tersebut dapat berfungsi sebagaimana perannya.

Nah, kalau Anda memang telah menggunakan seluruh kode yang ada dan tak kunjung berhasil. Boleh jadi kemungkinan besar remot universal tidak sesuai untuk tipe TV Anda. Jadi mau tak mau Anda mesti mencari remot yang aslinya (original).

Harga Remot TV Toshiba

harga remot tv toshiba
Harga Remot TV Toshiba di Tokopedia

Kalau untuk remot TV Toshiba ini cukup terbilang bervariasi, ada yang mulai dari harga kisaran 13 ribu hingga 120 ribuan (di Online Shop tanpa ongkir). Maka tak heran jika ada beberapa toko menjual dengan harga mahal, karena biasanya jika harga remot nya mahal itu berarti original (asli).

Demikianlah pembahasan kita kali ini yang dapat Nirvanaharapan.com bagikan untuk Anda terkait kode remot TV Toshiba tabung dan LCD dan semoga bisa bermanfaat,

Anda juga boleh membaca artikel terkait lainnya mengenai kode remote TV Sharp beserta cara settingannya. terimakasih sudah mau berkunjung di blog sederhana ini serta jangan lupa juga untuk memberikan kritik dan saran melalui kolom komentar dibawah supaya blog ini bisa terus berkembang.

Cukup sekian!

Leave a Reply

three × one =