Kode Remote TV Sharp

Hai Sobat Nirvanaharapan, kali ini kita akan bahas mengenai kode remote TV Sharp beserta cara memasukkannya dengan baik dan benar. Simak ya artikel ini hingga akhir!

Televisi kini merupakan salah satu alat elektronik yang bisa menampilkan siaran hiburan teruntuk keluarga Anda ketika berada di rumah. Sebab TV saat ini tidak lagi menjadi barang mewah seperti di era 90 an, dimana yang mempunyai TV hanyalah orang-orang tertentu saja.

Dulu saya masih ingat sekali ketika kecil, sebab saya lahir di tahun 1990 an dan masih merasakan kelangkaan TV di masa tersebut. Dimana TV ketika itu lebih banyak dimiliki oleh masyarakat tertentu saja yakni TV jadul hitam putih.

Sementara untuk menghidupkannya saja TV hitam putih tersebut masih memakai tenaga Aki truk. Hal ini dikarenakan pada masa itu masih belum ada listrik di kampung saya. Karena biasanya TV itu dinyalakan hanyalah ketika ada film-film favorit saja. Contoh filmnya di zaman itu adalah film, Wiro Sableng 212, Rhoma Irama, Susana dan lainnya.

Kini perkembangan teknologi telah menjadi semakin maju dan pesat dengan menghadirkan berbagai produk elektronik yang canggih dan beraneka ragam. Dari segi TV saja telah mempunyai banyak perubahan, dimana dulunya TV tabung hitam putih dan saat ini sudah masuk ke smart TV yang bisa jadi multi fungsi.

Nah, tanpa perlu basa basi lagi yuk kita simak kode remote TV Sharp berikut ini :

Kode Remote TV Sharp & Cara Settingannya

kode remot tv sharp tabung
bukalapak.com

Terdapat beberapa kombinasi kode remot TV Sharp, baik itu pada TV Sharp tabung dan juga Sharp LCD yang dapat Anda pakai. Beberapa kode mungkin cocok dan dapat digunakan, akan tetapi boleh saja ada kode yang nantinya tidak berfungsi.

Untuk itu silahkan Anda pilih kode TV Sharp di bawah ini.

Kode Remot TV Sharp Tabung

Untuk Anda yang masih setia dengan TV jenis tabung dengan memakai remot multi, tentunya Anda mesti memasukan salah satu kode berikut ini :

003 ⁕ 016 ⁕ 018 ⁕ 025 ⁕ 135 ⁕ 136 ⁕ 137 ⁕ 371

Kode Remot TV Sharp LCD

Meskipun sama-sama terdiri dari 3 digit angka dan juga masih dengan bermerk yang sama, tetap saja untuk kode remote nya akan berbeda-beda. Oleh karena itu, jangan sampai salah atau tertukar saat Anda memasukannya nanti.

135 ⁕ 003 ⁕ 136 ⁕ 137 ⁕ 018

Apabila Anda telah mencoba dari salah satu kode diatas, tapi masih saja TV tidak merespon remot, amak ada kemungkinan Anda salah memasukan kode tersebut.

Cara Setting Kode Remote TV Sharp

  • Silahkan Anda tekan tombol Set di remot, tahan tombol set (jangan dilepas).
  • Kemudian tekan tombol Power, dan tunggu hingga lampu indikator berwarna merah pada remot menyala.
  • Jika lampu remot sudah menyala, maka lepaskan kedua tombol tersebut.
  • Setelah itu, tekan kode remote Sharp yang sesuai kode yang tertera di atas. Contohnya untuk memasukkan kode 135, maka Anda tekan tombol 1, tombol 3 dan tombol 5 dengan berurutan.
  • Apabila kode selesai Anda tekan, maka lampu yang menyala tadi akan mati dan remote TV Sharp akan dapat digunakan sesuai fungsinya.
  • Selesai deh!

Oh ya, untuk informasi tambahan. Berikut ini adalah sekilas sejarah tentang TV Sharp di Indonesia.

Sekilas Sejarah TV Sharp di Indonesia

sejarah tv sharp
ecroaker.com

Awal berdirinya, Sharp Indonesia adalah bernama PT Yasonta. Dimana PT Yasonta ini didirikan pada tahun 1969 oleh Martua R. Panggabean dan Jauw Tjong Kie. Kemudian Sharp Corporation mulai melakukan penandatanganan perjanjian kolaborasi dengan PT Yasonta di tahun 1970an. Tujuannya adalah untuk menjadi agen pemasaran dan pabrik perakitan terkait produk Sharp Corporation, yaitu TV maupun audio di Indonesia.

Sharp Indonesia menghasilkan produksi pertama yakni produk Sharp yang dirakit di Indonesia pada tanggal 11 Maret 1971, dimana Produk tersebut adalah TV hitam putih.

Seiring dengan berjalannya waktu, kini produk Sharp sudah menjadi bagian dari gaya hayati di kalangan masyarakat Indonesia. Hal itu ditunjukkan dengan adanya pemberian gelar sebagai market leader terhadap produk jenis lemari es di Indonesia. Ya, di tahun 1993, produk lemari es dari Sharp ini menjadi market leader atau menjadi pemimpin pasar dari produk yang sama dengan kompetitor lainnya.

Dengan kemajuan Sharp Indonesia menjadikan produk-produk yang dihasilkannya membanjiri pasar elektronik di Indonesia. Selain itu, juga kemajuan ini akhirnya membawa Sharp Indonesia memperoleh beberapa penghargaan bergengsi.

Jangan lupa juga baca artikel terkait dibawah ini :

Penyebab Remot TV Sharp Tidak Berfungsi

Apabila di pertengahan Anda mengalami remot TV sharp tidak berfungsi, yakni tidak dapat tersambung ke TV, boleh jadi hal ini bisa diakibatkan karena adanya beberapa masalah seperti berikut ini :

1. Baterai Remot Habis

Boleh jadi hal ini disebabkan karena baterai yang sudah lemah atau bahkan habis. Untuk bisa memastikannya Anda boleh mencoba menggunakan baterai lain, atau juga mengeceknya dengan menggunakan kamera ponsel.

Lah, bagaimana caranya? Silahkan Anda ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  • Langkah awal, silahkan Anda buka kamera pada ponsel.
  • Setelah itu, arahkan sensor TV ke kamera.
  • Lalu tekan salah satu tombol pada remot televisi (sambil tetap mengarahkan sensornya ke kamera).
  • Apabila remot masih berfungsi, maka akan terlihat muncul cahaya putih yang terpancar dari sensor remot jika dilihat melalui kamera ponsel.

2. Kode Remot Salah

Masalah yang kedua ini boleh jadi dikarenakan kode yang Anda input salah atau tidak cocok. Sebab pada umumnya setiap tipe TV Sharp mempunyai kode yang berbeda-beda. Untuk itu, silahkan dicoba dengan kode lainnya yang telah tertera diatas.

3. Besi Penghubung Baterai Berkarat

Penyebab selanjutnya yaitu bisa jadi ini dikarenakan besi pada kotak baterai remot yang telah berkarat. Hal inilah yang mengakibatkan arus listrik dari baterai tidak mengalir dengan sempurna. Oleh karena itu, Anda pastikan untuk membersihkan karatnya dengan memakai cairan tiner.

Harga Remot TV Sharp

harga remot tv sharp
Harga remot tv Sharp di Lazada

Kalau bicara mengenai harga, tentunya ini sangat bervariasi, yakni mulai dari yang murah antara kisaran 15 ribu sampai dengan 140 ribuan. Maka tak heran jika ada beberapa yang menjual dengan harga mahal, dan biasanya remot itu adalah original (asli).

Untuk itu wajar saja apabila dijual dengan harga yang cukup mahal. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkannya di toko elektronik online (seperti Tokopedia, Lazada, Shopee) maupun offline (toko elektronik terdekat).

Oke itulah beberapa penjelasan terkait kode TV Sharp beserta cara settingannya di TV merk Sharp secara lengkap versi Nirvanaharapan. Temukan juga kode remot untuk merk TV lainnya hanya di Nirvanaharapan.com.

Selamat mencoba!

Leave a Comment

8 + two =