Frekuensi Metro TV

Kini frekuensi Metro TV kerap kali menjadi bahan buruan bagi para tracker yang menginginkan saluran berita yang berkualitas, aktual dan terpercaya.

Selain itu Metro TV juga di gadang mempunyai tujuan dalam menyebarkan informasi dalam negeri hingga mancanegara. Untuk berita yang ditayangkan adalah seperti kemajuan teknologi, pengetahuan umum, kesehatan, seni dan budaya.

Disamping itu, Metro TV ini juga melakukan kerjasama dengan media TV asing sebagai pertukaran informasi, pengembangan tenaga kerja dan terkait hal lainnya. Maka tak heran, kalau Channel Metro TV mempunyai banyak pemirsa setia di seluruh Tanah Air.

Sejarah Berdirinya Metro TV

sejarah metro tv
qerja.com

Metro TV adalah sebuah stasiun televisi swasta yang didirikan oleh perusahaan PT Media Televisi Indonesia yang sekaligus anak perusahaan dari Media Group yang ketuanya adalah Surya Paloh.

Stasiun Metro TV memperoleh hak izin siarannya di Indonesia pada tanggal 25 oktober 1999. Akan tetapi, Metro TV baru mencoba siaran pertamanya pada tanggal 25 november 2000, dimana hal ini masih dalam status uji coba.

Metro TV menjadi stasiun televisi yang pertama kali menyiarkan program acaranya selama 24 jam pada tanggal 1 April 2001.

Dalam program acaranya, Metro TV memiliki tujuan untuk menciptakan stasiun televisi yang berfokus dengan menyajikan berita-berita lokal maupun mancanegara.

Nah, agar bisa mendapatkan channel tersebut, maka kita perlu mengetahui frekuensi Metro TV terbaru. Dimana sebagian diantaranya bersifat Free To Air dan sisanya hanya dapat disaksikan secara Free To View / berlangganan.

Oke, tunggu apa lagi, yuk langsung saja kita simak penjelasan lengkapnya!

Frekuensi Metro TV C Band

Untuk frekuensi Metro TV HD pada jalur C Band mengudara di 4 satelit. Dimana 3 diantaranya bersifat Free To Air yang dapat Anda nikmati secara free (gratis). Seperti yang sudah kita ketahui, pada C-Band ini lebih dominan menggunakan antena parabola besar yang bisa lebih tahan pada gangguan cuaca.

Sedangkan untuk decodernya sendiri bebas menggunakan merk apapun, pokoknya sudah MPEG 4.

Berikut ini adalah frekuensinya pada jalur C-Band :

SatelitPalapa D
JenisParabola Besar
Frekuensi3880
Koordinat110.3 E
PolaritasH
KualitasSD
TipeFree To Air
Simbol Rate29900
SistemMPEG 2 & 4
SatelitChinasat 10
JenisParabola Besar
Frekuensi3560
Koordinat110.5 E
PolaritasV
KualitasSD
TipeFree To Air
Simbol Rate30000
SistemMPEG 4
SatelitTelkom 4
JenisParabola Besar
Frekuensi4020
Koordinat108.0 E
PolaritasV
KualitasHD
TipeFree To Air
Simbol Rate32727
SistemMPEG 4
SatelitPalapa D
JenisParabola Besar
Frekuensi4080
Koordinat110.3 E
PolaritasH
KualitasHD
TipeFree To Air
Simbol Rate28125
SistemMPEG 4
SatelitTelkom 4
JenisParabola Besar
Frekuensi3720
Koordinat108.0 E
PolaritasH
KualitasHD
TipeFree To Air
Simbol Rate32727
SistemMPEG 4

Agar bisa mendapatkan kualitas gambar yang jernih, ada baiknya Anda locking channel Metro TV HD saja. Sedangkan untuk yang SD (Standard Definition) bisa dilewati, kan lumayan sudah ada HD yang gratis.

Frekuensi Metro TV Ku Band

Kalau untuk jalur Ku Band sendiri tidak ada yang bisa ditayangkan dengan kualitas HD (High Definition). Akan tetapi, ketajaman gambar juga masih tetap jernih dan nyaman saat menonton. Untuk stasiun televisi ini mengudara di 3 satelit dengan menawarkan tayangan Free To Air seperti Chinasat 11, Telkom 4, dan Measat 3a.

Berikut ini adalah frekuensinya pada jalur Ku Band :

SatelitChinasat 11
JenisParabola Mini
Frekuensi12560
Koordinat98.0 E
PolaritasV
KualitasSD
TipeFree To Air
Simbol Rate43200
SistemMPEG 4
SatelitThaicom 4
JenisParabola Mini
Frekuensi11686
Koordinat119.5 E
PolaritasV
KualitasSD
TipeFree To Air
Simbol Rate6666
SistemMPEG 4
SatelitMeasat 3a
JenisParabola Mini
Frekuensi12436
Koordinat91.4 E
PolaritasH
KualitasSD
TipeFree To Air
Simbol Rate31000
SistemMPEG 4

Mengenai soal kepentingan berita, Metro TV juga masih tetap memberikan layanan Free To Air bagi semua pemirsa setianya.

Frekuensi Metro TV UHF

Bagi Anda yang belum memiliki antena parabola, juga masih boleh kok menyaksikan channel Metro TV di rumah. Akan tetapi, pastikan dulu bahwa daerah tempat tinggal Anda memang telah terjangkau sinyal UHF / digital terestrial DVB-T2.

Berikut ini adalah frekuensinya untuk kanal UHF di beberapa wilayah :

  • Aceh > 32 UHF
  • Batam > 25 UHF
  • Balikpapan > 54 UHF
  • Bandung > 56 UHF
  • Bengkulu > 42 UHF
  • Banjarmasin > 24 UHF
  • Bukit Tinggi > 52 UHF
  • Denpasar > 37 UHF
  • Gorontalo > 42 UHF
  • Jambi > 37 UHF
  • Jakarta > 57 UHF
  • Jayapura > 28 UHF
  • Kediri > 39 UHF
  • Kendari > 42 UHF
  • Kuningan > 35 UHF
  • Lampung > 36 UHF
  • Madiun > 26 UHF
  • Malang > 56 UHF
  • Manado > 42 UHF
  • Makassar > 39 UHF

Untuk TV digital terestrial DVB-T2 Metro TV sendiri baru hadir di kota besar saja seperti Jakarta dan Bandung. Sedangkan untuk wilayah lainnya cuma bisa menangkap siaran analog yang mempunyai banyak kelemahan seperti gambar kurang jernih karena banyak noise dan suaranya yang kurang bagus.

Program Unggulan Metro TV

program unggulan metro tv
metrotvnews.com

Seperti yang kita tahu, bahwa Metro TV mempunyai banyak program acara yang tergolong sebagai News / berita lokal maupun mancanegara. Sehingga ini menjadi salah satu stasiun televisi yang memiliki ciri khasnya tersendiri.

Oleh karena itu, apa saja sih program unggulan Metro TV?

Kick Andy = Program acara talkshow yang dipandu oleh Andy F. Noya dengan mempunyai beragam tema unik dan menarik. Dimana program ini sangat memberikan pesan positif, karena sering kali menampilkan narasumber dari tempat terpencil, tetapi mempunyai karya yang bisa menginspirasi.

Q&A = Salah satu program acara talkshow yang membahas terkait isu-isu hangat dengan mengundang narasumber utamanya secara langsung. Untuk acara ini sendiri dipandu oleh Andini Effendi dan merupakan seorang jurnalis senior dari Metro TV.

Melawan Lupa = Program dokumenter dengan mengulas berbagai peristiwa bersejarah yang ada di Indonesia. Dengan kita menyaksikan acara ini, sehingga kita bisa mengetahui dan melestarikan sejarah yang ada di Tanah Air.

Rekomendasi Program Lain

  • News = Terdapat program acara seperti Headline News, Zona Bisnis, Selamat Pagi Indonesia, Metro Xin Wen, Newsline, Primetime News dan Election Update.
  • Features = Program acaranya adalah seperti Channel Japan, Gaya Hidup Masa Depan, Dunia Kita, Miss Grand Indonesia, Techno Lounge dan Wonderful Living.
  • Talkshow = Terdapat program acara seperti News Story Insight, Kick Andy, Economic Challenges, 360, Prime Talk, Realitas, Q&A, Opsi dan Opini ON.
  • Knowledge = Untuk program acaranya adalah seperti Brain Games.
  • Investigasi = Memiliki program acara seperti Target Operasi.
  • Dokumenter = Terdapat program acara seperti Eagle Documentary Series, 1000 Meter, Cendekia, Melawan Lupa, Ulama Nusantara dan Wow Viral.
  • Sport = Program acaranya adalah seperti Metro Sport, Spirit Football, Sportline, Sportmagz dan Zona Lima.
  • Komedi = Program acaranya yaitu Marlo Marco The Loco Brothers.
  • Religi = Terdapat program acara seperti Sirah Nabawiyah Kisah Teladan Rasul, Liputan Haji dan Khazanah Islam.
  • Siaran Lokal (Luar Jabodetabek) = Memiliki program acara seperti Berita Sepekan, Pesona, Buletin Daerah, Titik Tengah dan Special Dialogue.

Cara Mencari Frekuensi Metro TV

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, masih ada banyak satelit yang bisa menangkap siaran Metro TV. Akan tetapi, agar Metro TV dapat tampil di televisi kita ada caranya lagi nih, pengen tahu?

Berikut ini adalah cara simpelnya :

  • Langkah awal, tentukan dulu satelit mana yang mau digunakan untuk mencari siaran Metro TV. Sebagai contoh, kita akan memakai satelit Palapa D pada Metro TV HD.
  • Setelah itu, kita arahkan remot TV dengan menekan tombol Menu > Pilih Buat Saluran.
  • Kemudian pada kolom Frekuensi TP kita Masukkan Nilai 4080.
  • Selanjutnya untuk kolom Simbol Nilai kita Masukkan Nilai 28125.
  • Berikutnya untuk kolom Polaritas kita Pilih Vertikal atau V.
  • Lalu kita periksa kembali datanya kemudian diarahkan ke kolom Cari > Semua > Tekan OK.
  • Selesai deh, kini saatnya TV Anda sudah mempunyai channel Metro TV.

Seputar Tanya Jawab

Satelit apa saja sih yang menayangkan siaran Metro TV HD?

Untuk channel Metro TV dengan memiliki kualitas HD (High Definition) ini hadir di beberapa satelit yang dapat Anda nikmati secara FTA (Free To Air). Sebab frekuensinya hanya terdapat pada jalur C-Band saja. Sedangkan untuk antena parabola mini pada jalur ku band masih belum ada yang memiliki kualitas HD, sebab semuanya SD (Standard Definition).

Lalu kota Mana saja sih yang sudah tercover sinyal DVB-T2 Metro TV?

Untuk sinyal digital terestrial DVB-T2 hanya hadir untuk kota besar saja. Sekarang ini siaran Metro TV digital cuma bisa Anda tangkap di kota Jakarta dan Bandung.

Kenapa sinyal Metro TV bisa hilang?

Apabila Anda mempunyai masalah, dimana sinyal Metro TV tiba-tiba saja menghilang. Untuk itu, hal ini boleh saja terjadi dikarenakan oleh perubahan frekuensi dari pihak providernya sendiri. Selain itu gangguan cuaca atau adanya kerusakan di salah satu perangkat antena yang ada di rumah.

Maka dari itu, lakukan upaya dalam pengamatan terhadap frekuensi terbaru dan cuaca diluar, kemudian cek juga perangkat antena siapa tahu memang ada yang rusak.

Oh iya, selain itu Anda juga bisa simak artikel terkait lainnya mengenai :

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai daftar frekuensi Metro TV di Semua Satelit. Semoga artikel kali ini bisa menjadi referensi dan bermanfaat buat Anda pembaca setia Niravanaharapan.com.

Selamat mencoba tracking!

Leave a Comment

ten + 3 =