Frekuensi Kompas TV

By

Disini Nirvanaharapan mau update terkait frekuensi Kompas TV terbaru di semua satelit baik itu untuk C Band, Ku Band dan UHF. Siapa sih yang tidak kenal dengan channel tv yang satu ini, ini merupakan stasiun penyiaran milik swasta nasional di Indonesia.

Sejarah Berdirinya Kompas TV

sejarah kompas tv
pepnews.com

Sedikit kita bahas mengenai sejarah channel yang satu ini, Kompas TV adalah stasiun televisi milik perusahaan Kompas Gramedia dengan banyak menyajikan program acara seperti konten berita.

Stasiun televisi mempunyai slogan yaitu “Independen Terpercaya” yang berhasil didirikan pada tanggal 9 September 2011 lalu.

Setidaknya Kompas TV ini mengudara di 10 satelit yang menayangkan siaran digital dengan memiliki kualitas SD (Standard Defifitian) dan HD (High Definition). Seperti yang telah kita ketahui, bahwasanya frekuensi digital telah diakui dapat menampilkan gambar yang tajam dan jernih dengan disertai oleh keluaran suaranya yang halus.

Disamping itu, siaran Kompas TV ini juga memiliki hak untuk menyiarkan pertandingan sepak bola Bundes liga dan Serie A yang ada di Indonesia.

Kompas TV merupakan stasiun televisi yang pertama dalam menyiarkan pertandingan dari cabang olahraga E-Sports Mobile Legends Southeast Asia Cup tahun 2018.

Selain itu, Kompas TV juga ikut berpartisipasi di dalam dunia pertelevisian serta ikut meramaikan industri siaran dalam negeri. Kini Kompas TV juga tetap hadir di frekuensi UHF, ini dilakukan sebab masih ada sebagian masyarakat yang memakai antena Analog.

Oleh karena itu, agar dapat memenuhi kebutuhan pemirsa yang sedang mencari channel Kompas TV. Kali ini, Nirvanaharapan sajikan frekuensi Kompas TV terbaru yang disiarkan secara FTA (Free To Air) untuk semua satelit di wilayah Indonesia.

Frekuensi Kompas TV C Band Terbaru

frekuensi kompas tv satelit c band

Pada spektrum C Band ini mempunyai daya tahan yang baik terhadap perubahan cuaca. Dimana sinyalnya masih dapat diterima oleh perangkat antena, walaupun dalam kondisi hujan lebat. Akan tetapi, diperlukan juga dish parabola dengan memiliki ukuran yang besar.

Channel Kompas TV hadir di kanal C Band agar bisa menjangkau pemirsa yang masih menggunakan parabola besar tipe solid atau jaring. Bahkan, ada di satelit tertentu menayangkan siaran ini dengan kualitas HD (High Definition).

Berikut ini adalah frekuensi Kompas TV terbaru untuk satelit C Band :

SatelitPalapa D
JenisParabola Besar
Frekuensi4055
Koordinat113.0 E
PolaritasV
KualitasSD
TipeFree To air
Simbol Rate2900
SistemMPEG 4
SatelitTelkom 4
JenisParabola Besar
Frekuensi3720
Koordinat108.0 E
PolaritasH
KualitasMPEG 4
TipeFree To Air
Simbol Rate32727
SistemHD
SatelitChinasat 10
JenisParabola Besar
Frekuensi3560
Koordinat110.5 E
PolaritasV
KualitasSD
TipeFree To Air
Simbol Rate30000
SistemMPEG 4
SatelitTelkom 4
JenisParabola Besar
Frekuensi4020
Koordinat108.0 E
PolaritasV
KualitasMPEG 4
TipeFree To Air
Simbol Rate32727
SistemHD

Silahkan Anda lakukan tracking dengan menggunakan alat tempur yang biasanya digunakan oleh tracker sejati. Selain itu, Anda juga bisa melihat panduan untuk mencari sinyalnya lewat tutorial di YouTube.

Frekuensi Kompas TV Ku Band Terbaru

Selain diatas, frekuensi Kompas TV juga bisa pada jalur Ku Band yang memang lebih populer sekarang ini. Hal ini terjadi karena sinyal Ku Band sudah dapat diterima hanya dengan menggunakan antena parabola mini yang ukuran minimalnya adalah 45 cm.

Sehingga, untuk pemasangan dan pencarian frekuensi akan lebih mudah jika ukuran parabolanya kecil.

Dish parabola mini kini semakin digemari, meski masih terdapat kelemahan yakni lemah terhadap gangguan cuaca. Artinya sinyal Kompas TV akan hilang ketika hujan lebat atau angin kencang.

Namun, hal ini tak serta merta menjadikan penjualan parabola kecil menjadi menurun.

Berikut ini adalah frekuensi Kompas TV terbaru untuk satelit Ku Band :

SatelitThaicom 4
JenisParabola Mini
Frekuensi11684
Koordinat119.5 E
PolaritasV
KualitasSD
TipeFree To Air
Simbol Rate6666
SistemMPEG 4
SatelitMeasat 3a
JenisParabola Mini
Frekuensi12436
Koordinat91.4 E
PolaritasH
KualitasSD
TipeFree To Air
Simbol Rate31000
SistemMPEG 4
SatelitChinasat 11
JenisParabola Mini
Frekuensi12560
Koordinat98.0 E
PolaritasV
KualitasSD
TipeFree To Air
Simbol Rate43200
SistemMPEG 4

Untuk proses tracking pada jalur Ku Band dengan menggunakan perangkat parabola mini akan lebih mudah dan simpel. Jadi, siapapun pastinya bisa dalam memasang dan mencari sinyal Kompas TV.

Frekuensi Kompas TV UHF Terbaru

Saat ini masyarakat yang memakai antena konvensional UHF Analog masih terbilang banyak. Namun, padahal sinyal UHF ini tidak menjangkau untuk seluruh wilayah di Indonesia, dan biasanya hanya ada di kota-kota tertentu saja.

Akan tetapi, Kompas TV sendiri masih setia dan hadir untuk frekuensi UHF dan sepertinya akan tetap ada selama dalam masa peralihan dari TV Analog ke Digital.

Oleh karena itu, apabila channel tersebut hilang, maka silahkan Anda masukkan frekuensi terbarunya sesuai dengan kota tempat tinggal Anda berada.

Berikut ini adalah frekuensi Kompas TV terbaru untuk jalur UHF :

  • Aceh > 24 UHF
  • Ambon > 60 UHF
  • Bandung > 34 UHF
  • Bengkulu > 38 UHF
  • Balikpapan > 52 UHF
  • Banjarmasin > 46 UHF
  • Denpasar > 23 UHF
  • Gorontalo > 54 UHF
  • Jambi > 47 UHF
  • Jember > 54 UHF
  • Jakarta > 25 UHF
  • Kendari > 32 UHF
  • Kediri > 45 UHF
  • Kupang > 58 UHF
  • Lampung > 62 UHF
  • Malang > 62 UHF
  • Madiun > 22 UHF
  • Manado > 46 UHF
  • Makassar > 23 UHF
Kalau saran saya sih, mending menabung sedikit ya gan, supaya Anda bisa memasang antena parabola mini dengan harga yang terjangkau. Sebab masih lebih baik jika dibandingkan dengan siaran dari UHF ini.

Program Unggulan Kompas TV

program unggulan kompas tv

Pada umumnya Kompas TV memiliki banyak program acara yang kategorinya adalah konten berita antar daerah hingga global. Sehingga bisa menjadikan wawasan dan pengetahuan kita semakin meningkat saat menonton program acaranya.

Akan tetapi, ada juga sih beberapa rekomendasi program unggulan Kompas TV ini. Mau tahu apa saja itu?

Berikut ini diantaranya :

  • Aiman = Merupakan program Talkshow yang membahas terkait isu-isu hangat serta terjun langsung ke lokasi tersebut. Pada program ini juga tidak ragu dalam mengulas secara detail terhadap narasumber utama maupun yang terpercaya.
  • Kompas News = Untuk program acara ini sendiri memiliki banyak jam tayang diantaranya seperti di pagi, siang, petang dan malam hari. Sehingga, untuk berita yang disajikannya pun bisa tersalurkan kepada masyarakat dengan cepat serta akurat.
  • Rosi = Program acara yang membahas terkait permasalahan yang ada pada pemerintahan. Untuk program acara ini sendiri dipandu oleh Rosianna Silalahi yang bisa membuat para penontonnya tertarik mengenai pembahasannya.

Rekomendasi Program Lain

  • Berita Global = Program acaranya adalah seperti Kilas Kompas, Kompas Dunia, Kompas News, Kompas Bisnis, Breaking News, Berita Utama dan Dunia Dalam Sepekan.
  • Berita Lokal = Program acaranya adalah untuk pemberitaan didaerah tertentu saja, seperti Kompas Jabar, Jateng, Jatim, Sulsel, Kalbar, Sulut dsb.
  • Features = Memiliki program acara seperti CS File, Aiman, Bedah Peristiwa, Berkas Kompas, Jejak Kasus, Target, Dua Arah, Singkap dan Social Experiment.
  • Talk Show = Terdapat program acara seperti Sapa Indonesia, Satu Meja, Bincang Kita, Inspirasi Dari Senayan, Big Bang Show dan Rosi.
  • Variety Show = Program acaranya adalah seperti Urban Cook, Menu Lokal, A Day With, Food Story dan Kuliner Nusantara.
  • Adventure = Menyajikan program acara seperti Etalase, Ring Of Fire Adventure, Explore Indonesia, Weekend Yuk, Sejarah Nusantara, Kompas Nusantara dan Wisata Nusantara.
  • Hiburan = Terdapat program acara seperti Jalan-Jalan dan Stand Up Comedy Indonesia.
  • Olahraga = Menyajikan program acara seperti Football Inside.
  • Otomotif = Program acaranya adalah seperti Otodrive, Ring Of Fire dan Sportypedia.
  • Religi = Memiliki program acara seperti Inspirasi Ramadhan.

Cara Mencari Kompas TV yang Menghilang

Namun, terkadang seringkali siaran Kompas TV hilang pada parabola tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya. Na, hal pertama yang mesti dilakukan yakni dengan memastikan apakah problem ini terjadi untuk semua orang atau hanya Anda sendiri saja.

Tetapi kalau memang banyak orang yang mengalami, itu berarti mungkin karena ada gangguan pada siaran satelit, ganti frekuensi, maintenance, teracak maupun berhenti siaran.

Namun, jika sebaliknya kalau hanya Anda saja berarti alat tempur bermasalah.

1. Berhenti Siaran

Boleh saja suatu saat Kompas TV menghentikan siarannya untuk satelit tertentu. Jika memang hal ini yang terjadi, maka solusinya adalah dengan mencari alternatif yang masih FTA.

Anda bisa menggunakan tabel frekuensi Kompas TV terbaru yang sudah tertera di atas sebagai pertimbangan Anda untuk memilih yang mana. Tapi kalau untuk C-band jelas yaitu Palapa D, sedangkan kalau untuk Ku-band yaitu pilih Ninmedia, Gramedia ataupun BiG TV.

2. Siaran Teracak

Tak menutup kemungkinan juga apabila di masa depan Kompas TV akan kembali lagi menyiarkan pertandingan olahraga dunia. Tentunya siaran akan teracak, jika memang terdapat live sports.

Untuk acakan yang dipakai adalah XCrypt. Sebab, tidak ada yang dapat dilakukan selain pasrah karena acakan maut tersebut sulit untuk dibobol oleh para tracker.

Pada channel satu ini memang jarang sekali mengalami masalah dan menghilang pada parabola. Namun, jika ada gangguan siaran ada baiknya untuk mencari informasi dan berita terupdate (terbaru) di grup maupun fanspage facebook.

Apabila terjadi hilang secara berjamaah, pastinya akan ada banyak pengguna parabola yang membicarakannya terkait hal itu.

Beberapa artikel terkait lainnya :

Kesimpulan

Siaran Kompas TV adalah sebagai salah satu stasiun televisi milik swasta nasional dan lebih dominan dalam menyiarkan program acara berita tanah air hingga mancanegara. Oleh karena itu, kita bisa menyaksikan channel ini lewat televisi satelit ataupun antena UHF biasa.

Kalau untuk jalur digital sendiri, setidaknya Kompas TV mengudara di 10 satelit dan sebagian diantaranya dapat dinikmati secara gratis dengan memiliki kualitas tayangan HD (High Definition).

Sehingga Anda cuma perlu memasang antena parabola serta melakukan tracking pada satelit yang ingin dituju.

Namun, kalau saya sih lebih merekomendasikan antena parabola mini, sebab harganya yang jauh lebih murah dan pemasangannya pun simpel.

Berikut ini adalah beberapa provider TV satelit yang terkenal tanpa ada biaya bulanan :

  • K Vision (tanpa ada iuran dengan jumlah channel lengkap dan terdapat juga beberapa channel Free To View gratis.)
  • Nex Parabola (tanpa ada iuran dan jumlah channelnya pun lengkap, selain itu gambarnya pun jernih dengan disertai oleh siaran Free To View gratis.)
  • Ninmedia (tanpa biaya bulanan, bila menggunakan Decoder Rekomendasi, maka akan mendapatkan channel FTV secara gratis, kurang channel MNC Group.)
  • Matrix Garuda (bebas biaya bulanan dan memiliki jumlah channel lokal kurang lengkap.)
  • Nusantara HD (untuk channel lokal lengkap tanpa iuran bulanan dengan mempunyai kualitas gambar yang tajam.
  • Transvision (khusus untuk televisi berlangganan / pay tv).
  • Mnc Vision (khusus untuk televisi berlangganan / pay tv.)

Selain itu, kita juga bisa menggunakan STB Rekomendasi / Non Rekomendasi, sehingga kita hanya tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan masing-masing.

Tetapi, apabila Anda menginginkan jumlah siaran yang lengkap tanpa ada biaya bulanan, maka ada baiknya membeli Decoder Rekom dari provider, sehingga siaran Kompas TV bisa juga Anda tonton.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai Frekuensi Kompas TV Terbaru di Semua Satelit. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi dan bermanfaat untuk semua sahabat Nirvanaharapan.

Selamat melakukan tracking sinyal!

Leave a Comment

20 − thirteen =