4 Cara Mengunci Aplikasi Whatsapp Paling Mudah

Di sini Nirvanaharapan akan membahas mengenai tutorial bagaimana cara mengunci aplikasi WhatsApp (WA). Pasti Anda memiliki teman yang suka usil dan kepo yang sering mengintip chat WA Anda bukan? Biarpun itu hanya sekedar kepo ataupun juga membajak status di WA.

Pada satu momen biasanya ditanggapi dengan santai, tetapi pada satu momen yang lain dapat membuat Anda menjadi kesal bukan? Terlebih lagi bila teman Anda itu kepo dan mengintip chat WA yang memang benar-benar privasi untuk Anda. Tentunya sangat menyebalkan bukan?

Daripada timbulnya pertengkaran yang hebat antar sesama teman, kan gak seru. Yuk mari kita mending cegah dengan cara kunci aplikasi whatsApp. Caranya juga sangat mudah, simak hingga akhir postingan ini ya.

Cara Mengunci Aplikasi WhatsApp

Ada 2 cara untuk bisa mengunci aplikasi tersebut, karena ada beberapa di smartphone android yang wajib menggunakan aplikasi tambahan. Nanti akan saya rekomendasikan beberapa aplikasi terbaik yang boleh Anda coba lakukan.

1. Cara Mengunci Aplikasi WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, cara ini hanya dapat digunakan untuk beberapa smartphone android saja. Kebetulan, untuk sekarang ini kami menggunakan ponsel Xiaomi untuk bisa mengunci aplikasi WhatsApp tersebut, bagi Anda yang berbeda merek juga boleh Anda dicoba ya. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka Pengaturan Pada smartphone Anda.
  • Lalu masuk ke menu Setelan Aplikasi.
  • Berikutnya yaitu Anda tap Kunci Aplikasi.
  • Setelah Anda masuk ke menu Kunci Aplikasi, cari aplikasi WhatsApp. Setelah itu, Anda aktifkan fitur kunci aplikasi. Bila sudah, Anda boleh mencoba membuka aplikasi Whatsapp di smartphone Anda. Semoga berhasil ya sobat!
  • Sebenernya cara ini juga bisa Anda gunakan untuk mengunci semua aplikasi yang terdapat pada smartphone Anda.

cara-mengunci-aplikasi-whatsapp-tanpa-aplikasi-tambahan

2. Cara Mengunci Aplikasi WhatsApp dengan Aplikasi Applock

Cara berikutnya untuk mengunci WhatsApp yaitu dengan menggunakan aplikasi yang sudah tersedia di Google Play Store. Jadi, bila ponsel Anda tidak bisa menggunakan cara pertama diatas, Anda dapat mengunduh aplikasi untuk bisa mengunci WhatsApp di playstore.

Bagi Anda yang tidak bisa log out Wa, bisa membaca panduan lengkapnya mengenai Cara Log Out WA dengan sangat mudah.

Salah satu aplikasi yang saya rekomendasi yaitu Applock – Kunci Aplikasi. Aplikasi Applock saat ini sudah terunduh sebanyak 10 juta kali dengan nilai 4,8 dan memiliki 131 ribu ulasan. Silahkan Anda download terlebih dahulu, kemudian ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka Aplikasi Applock pada smartphone Anda.
  • Maka Anda akan masuk ke menu Pengunci Aplikasi.
  • Berikutnya Anda hanya perlu mencari Aplikasi Whatsapp untuk menguncinya. Bila sudah ketemu Anda langsung mengaktifkan kunci aplikasi dengan klik 

cara-mengunci-aplikasi-whatsapp-dengan-aplikasi

  • Setelah Anda mengklik Kunci, lalu akan muncul verifikasi password. Anda dapat langsung membuat password dengan pola yang mudah untuk diingat.
  • Setelah Anda membuat password, selanjutnya Anda akan masuk ke pertanyaan keamanan. Anda boleh melewati langkah ini jika tidak ingin menjawab pertanyaan yang tersedia.
  • Setelah itu, ada peringatan izin untuk mengaktifkan App Locker. Langsung klik Aktifkan dan Anda akan langsung diarahkan ke menu perizinan pada smartphone Anda.

cara-mengunci-aplikasi-whatsapp-dengan-aplikasi

  • Kemudian izinkan aplikasi App Locker.
  • Bila sudah mengizinkannya, Anda dapat coba membuka aplikasi WhatsApp di smartphone. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

3. Aplikasi WhatsLock

Metode selanjutnya adalah dengan memakai aplikasi pihak ketiga bernama WhatsLock.

Aplikasi ini menawarkan berbagai macam fitur mulai dari menyembunyikan ikon aplikasi, folder dan gambar. Kemudian yang paling penting adalah fitur proteksi dengan menggunakan password dan kunci berupa pola atau pattern.

Berikut cara mengunci WhatsApp dengan Aplikasi WhatsLock:

  • Download dan instal aplikasi Lock for apps (WhatsLock).
  • Kemudian buka aplikasinya dan silahkan temukan bagian Pattern Lock.
  • Silahkan Anda aktifkan opsi tersebut.
  • Langkah terakhir, atur pola maupun sandi Anda.

4. Aplikasi ChatLock+

Berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi yang biasa dikenal sebagai sebutan ChatLock+.

Aplikasi ini boleh digunakan untuk mengunci semua aplikasi messenger pada perangkat Anda seperti Facebook Messenger, Hangouts, Line, Viber, Telegram, Twitter dan lain sebagainya.

  • Silahkan Anda download dan instal aplikasi Messenger and Chat Lock (ChatLock).
  • Kemudian buka aplikasinya. Ketika pertama kali membuka aplikasi ChatLock+, maka Anda akan diminta untuk mengatur PIN.
  • Setelah Anda mengatur PIN dan masuk ke halaman utama. Aktifkan tombol untuk aplikasi WhatsApp menjadi On, Selesai deh!

Manfaat Mengunci Aplikasi WhatsApp

Dengan adanya beberapa aplikasi pengunci, tentunya akan dapat menghadirkan banyak manfaat.

1. Menjaga Privasi

Tentunya dengan aplikasi pengunci akan menjaga privasi history chat whatsapp Anda. Maka tidak akan ada yang dapat melihat history chat whatsapp Anda. Terkecuali jika mereka mengetahui kombinasi angka dari aplikasi pengunci yang sudah Anda buat.

2. Menjaga Kerahasiaan File-File Dokumen

Untuk Anda yang mempunyai data file-file dokumen, gambar, foto maupun video milik perusahaan pastinya dengan adanya aplikasi ini akan terjaga dari orang-orang yang ingin mengetahuinya dan pikah yang tak bertanggung jawab.

3. Menjaga Setting Aplikasi

Selain dengan menjaga privasi dan keamanan data, adanya aplikasi pengunci ini akan mengamankan settingan ponsel Anda dari orang-orang yang meminjam ponsel Anda.

Terutama bila ponsel Anda sering dimainkan anak-anak yang masih belum paham mengenai ponsel. Sering kali setelah dipinjam oleh anak-anak ada beberapa aplikasi sering berjalan tidak normal, hal itu mungkin karena tidak sengaja sudah di utak-atik oleh anak-anak.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan terkait bagaimana cara mengunci aplikasi WhatsApp menurut versi Nirvanaharapan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan terima kasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − 11 =