Begini Cara Menghilangkan Virus di Laptop Paling Ampuh!

Begini Cara Menghilangkan Virus di Laptop Paling Ampuh!

Terkena virus pada perangkat laptop adalah sebuah mimpi buruk yang menjadi kenyataan. Justru hal ini dikarenakan, virus dapat merusak sistem kerja laptop, dapat menghapus data-data penting pada laptop, dan juga masalah-masalah lainnya. Maka dari itu, melalui kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi terkait bagaimana cara menghilangkan virus di laptop paling ampuh.

Penyebab infeksi virus lebih umum terjadi yakni saat Anda sedang browsing di internet atau pasang cabut flashdisk dengan sembarangan. Biasanya hal inilah yang menjadi lalu lintas virus yang dapat menginfeksi laptop Anda.

Sampai saat ini, ada beberapa jenis virus yang ditemukan dan yang paling sering menginfeksi laptop, yakni:

  1. Spyware

Spyware adalah virus yang dapat menginstall dirinya sendiri melalui perangkat laptop tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu. Program ini bisa melakukan tindakan untuk mengubah konfigurasi laptop maupun mengumpulkan data-data pribadi. Sungguh berbahaya bukan?

  1. Worm

Worm adalah virus yang bisa menyebar dengan cepat tanpa adanya memerlukan interaksi dari pengguna. Dalam beberapa kasus, kebanyakan jenis virus ini berawal dari infeksi yang berasal melalui kiriman lampiran email yang diterima dari seseorang. Saat file lampiran itu dijalankan, maka pada posisi itu pula virus Worm dapat menyebar dengan cepat.

  1. Trojan

Virus ini mungkin sangat familiar bagi pengguna laptop atau komputer, karena biasanya virus ini memang lumayan eksis. Virus Trojan adalah virus yang memiliki kemampuan khusus dalam menyembunyikan dirinya di dalam program lain yang dapat ditemukan di perangkat laptop. Sama seperti kedua virus sebelumnya, virus ini memiliki kemampuan untuk menginfeksi adanya tanpa pemberitahuan dan interaksi penuh terhadap pengguna.

Setelah Anda mengetahui beberapa jenis virus yang lebih umum ditemui dan paling sering menginfesi pada perangkat laptop atau komputer. Berikut ini saya akan jelaskan secara detail terkait bagaimana cara membersihkan virus di laptop. Yuuk kita simak penjelasannya hingga akhir.

Apakah Anda sedang mengalami File terhapus tanpa disengaja? Begini Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop dengan Mudah!

Cara Menghilangkan Virus di Laptop

Bila Anda sudah mengetahui langkah yang tepat untuk menghilangkan dan juga sekaligus membersihkan virus pada laptop. Seharusnya hal ini bukanlah perkara yang sulit untuk dapat dilakukan. Berikut langkah-langkah:

1. Cara Menghilangkan Virus di Laptop Menggunakan Antivirus

Mungkin untuk semua pengguna laptop juga mengetahui bahwa cara menghapus infeksi virus pada laptop paling mudah yaitu dengan adanya bantuan antivirus. Karena Anda hanya perlu menginstall software anvirus, kemudian Anda dapat langsung menggunakannya untuk membersihkan virus-virus jahat yang sudah menginfeksi laptop kesayangan Anda.

Sekarang ini, ada berbagai macam antivirus yang ada di pasaran. Pada intinya antivirus itu sama-sama baik dan juga memiliki berbagai kelebihan dan kelemahan dari setiap merek tersebut. Salah satu merek antivirus yang lebih sering kita jumpai yaitu Windows Defender, Smadav, AVG, Avira, Avast, dan lain sebagainya.

Ada baiknya ketika Anda sudah menginstall antivirus. Saat virus menyusup dan mulai menyerang laptop Anda, biasanya antivirus akan dengan cepat mendeteksinya. Dengan begitu akan lebih meminimalisir adanya kerusakan yang terjadi akibat virus tersebut.

Apakah Anda ingin mengaktifkan antivirus bawaan laptop? Jika memang Anda dapat mencoba untuk membaca panduan ini.  Oh iya,bila Anda malas untuk menginstall antivirus dengan berbagai alasan. Mungkin Anda dapat mencoba cara di bawah ini dengan menghilangkan virus tanpa aplikasi tambahan.

2. Gunakan Command Prompt

Ternyata Command Prompt juga bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan virus di laptop. Berikut langkah-langkah:

  • Langkah pertama yaitu dengan klik Startdan ketik cmd. Lalu klik kanan untuk menjalankan sebagai administrator yaitu dengan klik Run as administrator.

cara-menghilangkan-virus

  • Sebagai contoh yang Anda tuju yaitu driveE, maka ketik dir E: -s -h /s /d kemudian tekan enter. Bila Anda ingin memerika drive selain E, Anda tinggal ganti guruf E tadi dengan lokasi yang ingin Anda tuju.

cara-menghilangkan-virus-1

  • Setelah itu, maka Command Prompt akan mengecek driveyang dipilih dan memuat semua file pada drive. Jika belum bisa, perhatikan lagi yang Anda ketikkan itu, baik itu tanda baca maupun spasi.

cara-menghilangkan-virus-2

  • Lalu, Anda bisa mencari file yang menurut Anda asing karena Anda tidak pernah menginstall sebelumnya dengan format EXE. Bila sudah ketemu, silahkan hapus file tersebut.

cara-menghilangkan-virus-3

  • Bila tidak bisa dihapus, Anda bisa search melalui REGEDIT. Caranya klik Start > Run > Regedit > Edit > Find >lalu masukkan nama file virus yang Anda temukan di Command Prompt dan hapus semua registy yang ada.

3. Matikan Layanan Mencurigakan Melalui Task Manager

Langkah ketiga yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan virus di laptop yaitu dengan memanfaatkan Task Manager. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Task Manager dengan cara menekan tombol CTRL + SHIFT + ESCAPE, lihat baik-baik, bila terdapat layanan yang mencurigakan, langsung matikan saja.

cara-menghilangkan-virus-4

  • Setelah itu, jalankan Msconfig.

cara-menghilangkan-virus-5

  • Setelah Anda masuk ke menu System Configuration, Anda boleh masuk ke menu opsi Service. Anda harus menghapus semua tanda centang yang mencurigakan.

cara-menghilangkan-virus-6

  • Langkah berikutnya adalah masuk ke opsi Start Up. Disini Anda boleh melihat file yang mencurigakan sebelumnya. Anda boleh menandai file yang menurigakan tersebut.
  • Langkah terakhir yaitu dengan masuk ke Command Prompt, kemudian cari nama file yang telah Anda tandai sebagai file yang mencurigakan. Lalu hapus di Command Prompt, cara menghapusnya sama seperti yang telah saya jelaskan di atas.

4. Format Partisi

Langkah berikutnya untuk membersihkan laptop di Windows 7, 8, dan 10 yaitu dengan melakukan Format Partisi yang sudah Anda yakini terinfeksi oleh virus. Cara yang satu ini tergolong cukup beresiko dan tidak bisa menjamin karena dapat menghapus semua data yang ada dan kemungkinan analisis Anda bahwa partisi telah terinfeksi oleh virus

Namun, cara ini boleh Anda coba dengan catatan virus yang Anda alami bersembunyi pada Flashdisk, memory card maupun harddisk eksternal.

5. Install Ulang

Langkah terakhir yang paling saya rekomendasikan untuk bisa menghapus virus di laptop adalah dengan melakukan Install Ulang. Yups, Install Ulang bisa Anda lakukan bila infeksi pada laptop Anda sudah sangat parah sehingga cara yang telah dijelaskan di atas tidak sanggup mengatasi dengan baik.

Sebelum melakukan install ulang, pastikan dulu bahwasanya Anda telah membackup file atau data-data penting terlebih dahulu supaya ketika proses install ulang, tidak ada file atau data-data penting yang akan hilang.

Demikianlah informasi terkait bagaimana cara menghilangkan virus di laptop versi Nirvanaharapan. Anda boleh mencoba beberapa cara yang sudah dijelaskan di atas dan semoga virus yang menginfeksi laptop Anda akan segera hilang sampai ke akar-akarnya. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *