3 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop dengan Mudah

Kehilangan file penting di laptop pastinya akan membuat Anda menjadi panik. Entah itu karena terhapus oleh virus atau tanpa sengaja menghapusnya. Namun Anda harus tetap tenang, karena di bawah ini saya akan memberikan beberapa tips terkait bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus di laptop dengan mudah.

Mengembalikan file yang terhapus sekarang ini memang bukanlah sesuatu hal yang sulit. Hal ini disebabkan dengan semakin berkembangnya dunia teknologi informasi dalam beberapa tahun ini.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop

Sebenarnya ada banyak sekali cara mengembalikan data yang sudah terhapus, tetapi kami akan memberikan informasi kepada Anda yang paling mudah. Setelah itu, Anda dapat memilih cara yang termudah yang dapat Anda coba praktekkan pada laptop Anda. Yuk kita simak penjelasannya hingga akhir.

1. Cara Mengembalikan File yang Terhapus Melalui Folder Recycle Bin

Anda harus tahu, ketika Anda menghapus data pada Windows, sebetulnya data tersebut tidak benar-benar dihapus atau hanya dihapus untuk sementara di tempat penampungan yang bernama Recycle Bin. Folder Recycle Bin adalah fitur bawaan dari Windows yang secara otomatis berfungsi sebagai tempat untuk menampung file-file sementara yang sudah terhapus.

Maka dari itu, bila Anda tanpa sengaja menghapus file yang penting, Anda dapat mencarinya melalui Folder Recycle Bin. Lantas bagaimanakah caranya? Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka Folder Recycle Bin.
  • Setelah itu, cari nama file penting yang Anda hapus tanpa sengaja di folder tersebut.

reciycle-bin

  • Bila sudah jumpa, Anda boleh klik Restore, secara otomatis file tersebut akan kembali ke tempat awal sebelum terhapus.
  • Gampang bukan?

Apakah laptop Anda kini sedang diserang oleh virus? Begini Cara Menghilangkan Virus di Laptop Paling Ampuh!

2. Melalui Fitur Restore Previous Versions

Bila Anda telah memeriksa Folder Recycle Bin dan belum menemukan file penting yang terhapus. Anda dapat mencobanya dengan menggunakan fitur Restore Previous Versions untuk mengembalikan data yang terhapus.

Sama halnya seperti cara pertama di atas, cara kedua ini cukup mudah dan Anda hanya diharuskan untuk mengaktifkan Restore Point yang terdapat pada laptop Anda. Berikut langkah-langkahnya!

  • Buka folder yang tadinya untuk menyimpan file penting yang terhapus.
  • Setelah itu, klik kanan dan lalu pilih Restore Previous Versions.
  • Selanjutnya Anda pilih Previous Versions.
  • Berikutnya pilih folder yang ingin Anda Restore.
  • Gampang bukan?

3. Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop dengan Software Recovery

Bila Anda telah menggunakan kedua cara di atas tetapi masih juga belum berhasil menemukan file penting itu. Sebaiknya Anda mencoba beberapa software recovery yang dapat Anda download dari situs penyedia software.

Sementara, apabila file tidak ditemukan di Recycle Bin, boleh saja file tersebut telah terhapus secara permanen. Untuk kasus ini ada beberapa hal yang dapat menyebabkan file terhapus secara permanen.

Selain karena file sudah sangat lama berada di Recycle Bin, kita juga memang dapat menghapus file secara permanen dengan menekan tombol DEL + Shift. Atau bisa juga dengan melakukan format ulang atau install ulang boleh jadi penyebabnya.

Khusus untuk masalah ini, kita akan memerlukan bantuan dari aplikasi pihak ketiga untuk dapat memulihkannya. Sangat direkomendasikan beberapa software yang sering dipakai untuk mengembalikan file yang terhapus di laptop, diantaranya yaitu

  • Recuva
  • Minitool Partition Recovery
  • PC Inspector File Recovery
  • dan lainnya.

Silahkan Anda coba beberapa software tersebut. Supaya lebih jelas Anda bisa menggunakan salah satu aplikasi dari beberapa aplikasi recovery terbaik yang sudah ada.

Dengan catatan, meski beberapa data dapat dikembalikan, namun tak jarang sebagian lainnya tidak bisa dikembalikan, jika pun bisa maka tidak dapat kembali dengan sempurna. Oleh karena itu, sebaiknya kita membuat data cadangan dengan memanfaatkan media cloud yang telah banyak tersedia di pasaran.

Semoga setelah menggunakan software tersebut, file Anda dapat kembali dengan selamat. Aamiin.

Demikianlah informasi mengenai bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus di laptop. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda semuanya. Sekian dan terima kasih!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 + fifteen =