Cara Menggunakan Google Drive di Laptop

Cara Menggunakan Google Drive di Laptop

Tentunya untuk dapat mengupload file, membuat folder, dan membagikan file menggunakan Google Drive, Anda harus tahu dulu bagaimana cara menggunakan Google Drive. Maka dari itu kami akan jelaskan secara detail melalui tulisan kali ini.

Apa Itu Google Drive?

Bagi Anda yang belum mengetahui, Google Drive merupakan sebuah layanan yang dimiliki oleh Google yang dapat berfungsi untuk menyimpan dokumen atau file secara gratis maupun berbayar sesuai dengan jumlah kapasitas penyimpanan.

Layanan Google Drive ini dapat Anda akses kapan saja dan dimanapun karena bisa digunakan di berbagai sistem operasi. Baik itu menggunakan Windows, Mac OS, Android, dan gadget lainnya.

Bagi kalian yang menggunakan Google Drive tentunya akan mendapatkan penyimpanan sebesar 5 GB secara gratis.

Karena itu pula, Google Drive dapat menyimpan file dengan berbagai macam format sehingga dapat dimanfaatkan untuk sebagai backup data.

Perlu diketahui bahwasanya Google Drive kini menjadi satu kesatuan dalam perubahan Google Docs. Oleh sebab itu, maka akan secara otomatis diredirect ke Google Drive.

File yang akan tersimpan di dalam Google Drive dapat langsung terintegrasi dengan berbagai layanan Google lainnya. Selain itu juga, file yang tersimpan juga bisa terhubung dengan berbagai aplikasi lainnya yang telah bekerjasama dengan pihak Google. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi pengguna yang sering melakukan pengolahan data.

Selain layanan penyimpanan, Google Drive juga sengaja dibuat karena kondisi sekarang ini, banyak sekali orang-orang membutuhkan akses data dimanapun dan kapanpun.

Kehilangan file apapun pada Flashdisk atau di ponsel kini dapat diatasi dengan adanya Google Drive. Penggunaan Google Drive ini juga sangat mudah.

Dengan Google Drive Anda bisa mengakses data-data dari ponsel pribadi, baik melalui ponsel, tablet, laptop hingga media jejaring internet lainnya.

Karena Google drive ini bisa kita akses kapanpun asalkan terhubung dengan internet.

Fitur Apa saja yang tersedia di GDrive?

  • Anda bisa membuat dokumen baru, presentasi secara instan hingga spreadsheet. Dokumen yang dibuat pun dapat diedit dengan kolega di waktu yang sama.
  • Tidak perlu lagi menggunakan Gmail attachment. Link dari Google Drive.
  • Akan mendapatkan kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB free license. Sedangkan untuk penyimpanan yang lebih besar yaitu Google Drive premium memiliki kapasitas 30 GB.
  • Google Drive mempunyai fitur penerjemah dokumen karena sudah terhubung langsung dengan Google Translate. Anda dapat memasukkan file dokumen di Google drive, kemudian Anda pilih menu Tools, berikutnya Anda tinggal memilih translate document.
  • Untuk fitur lainnya yaitu convert pdf to text. Fitur ini bisa mengubah file dengan format pdf di Google drive. Anda hanya tinggal klik download As Microsoft Word.
  • Google drive terdapat juga fitur sharing & privasi hak akses. Dengan menggunakan fitur ini Anda hanya perlu memasukkan email dari orang yang ingin Anda berbagi file. Tidak hanya itu, kalian juga dapat memberikan orang yang Anda pergunakan dalam berbagi file. Hal ini diperuntukkan agar mendapatkan hak akses untuk orang lain. seperti melihat view content dan bisa juga mengedit data tersebut.
  • Selanjutnya Google drive mempunyai fitur Revision History, berfungsi untuk melihat history revisi yang sudah Anda edit. Fitur ini juga dapat melakukan dokumen restore yang sesuai dengan tanggal modifikasi.

Manfaat Menggunakan Google Drive

1. Data Tersimpan Aman

Dengan menyimpan data di Google drive akan menjadi lebih aman jika dibandingkan kita menyimpan data di komputer atau hp. karena alat seperti itu biasanya rawan mengalami kerusakan atau hilang karena pencurian.

Biarpun begitu, tetap saja kita mesti berhati-hati karena pencurian data juga bisa saja terjadi pada perangkat cloud storage semacam Google Drive ini.

2. Data Bisa Digunakan Dimanapun dan Kapanpun

Kita dapat menggunakan Google Drive kapanpun dan dimanapun sesuai keinginan kita selagi device yang dipakai terhubung ke Internet.

Nah, tentunya ini akan memudahkan kita ketika misalnya akan melakukan presentasi tiba-tiba laptop tertinggal di rumah, dikarenakan data kita ada di laptop tersebut.

Jika kita menyimpan data tersebut di Google Drive maka hanya tinggal meminjam laptop kerabat lalu masuk ke akun Google Drive, maka data pun bisa langsung kita buka dan unduh untuk digunakan sebagai bahan materi presentasi.

Cara Menggunakan Google Drive

Ada 3 hal yang wajib Anda ketahui untuk memaksimalkan layanan Google Drive yaitu upload, membuat folder, dan membagikan file. Simak ulasan kami berikut ini ya!

1. Cara Upload File di GDrive

Langkah pertama sebelum mengupload file di akun Google Drive adalah Anda wajib memiliki sebuah akun Gmail. Bila Anda belum memiliki akun Gmail Anda bisa mendaftarkannya terlebih dahulu. Untuk Anda yang telah memiliki akun Gmail, silahkan untuk mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka browser Anda (Google Chrome, Mozilla Firefox, Duckduckgo dan lain sebagainya).
  • Kemudian buka https://drive.google.com/.
  • Selanjutnya login dengan menggunakan akun Gmail.
  • Setelah Anda berhasil masuk, lalu akan muncul halaman utama Google Drive. Silahkan klik “+ Baru” untuk mengupload file ke Google Drive.

cara-upload-file-google-drive

  • Kemudian lanjutkan dengan klik Upload File.

google-drive-2

  • Lalu pilih file yang ingin Anda upload di Google Drive. Bila sudah memilih filenya, silahkan klik Open atau bisa juga langsung menekan Enter.

google-drive-3

  • Jika file tersebut telah selesai Anda Upload, maka akan muncul di akun Google Drive Anda.

2. Membuat Folder

Setelah Anda mengupload file di Google Drive, sekarang Anda dapat menyimpan file tersebut ke dalam sebuah folder supaya terlihat lebih rapi dan sehingga dapat memudahkan Anda untuk mencari file yang diinginkan. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Pastikan Anda telah berada pada halaman utama Google Drive. Setelah itu Anda boleh klik “+ Baru“.
  • Kemudian pilih Folder Baru untuk membuat folder baru.
  • Selanjutnya beri nama folder Bila sudah, Anda dapat klik tombol Buat atau Create atau bisa juga langsung tekan Enter pada keyboard.

membuat-folder-di-google-drive

  • Setelah folder baru berhasil dibuat, silahkan Anda pindahkan file-file yang telah Anda upload tadi.

3. Membagikan File di Google Drive

Setelah Anda sudah mengupload file dan membuat folder, Anda juga dapat membagikan file tersebut kepada semua orang. Membagikan file berupa link ke orang lain adalah salah satu fitur unggulan dari Google Drive. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Pastikan Anda telah berada di halaman utama Google Drive. Kemudian klik kanan pada folder atau file yang ingin dibagikan. Setelah itu Anda boleh klik Bagikan.

membagikan-file-google-drive

  • Maka akan muncul halaman notifikasi, Anda bisa langsung klik Dapatkan Link yang dapat dibagikan untuk mendapatkan link.

membagikan-file

  • Langkah terakhir untuk membagikan file berupa link adalah dengan setting siapa saja yang dapat melihat file yang dibagikan. Bahkan Jika Anda hanya ingin membagikan kepada 1 orang saja, Anda hanya perlu memasukkan alamat emailnya.

membagikan-file

Di atas telah dijelaskan bagaimana cara menggunakan Google Drive. Maka selanjutnya di bawah ini kami akan bagikan tipe-tipe file yang dapat disimpan / di upload pada Google Drive. Dibawah ini daftarnya.

Ingin membuat kuesioner, tetapi belum tahu bagaimana caranya? Yuk Anda simak cara membuat google form dari kami.

Tipe File yang Boleh disimpan di GDrive

  • File Dokumen : txt, docx, doc, xls, xlsx, ppt, dan lain sebagainya.
  • Foto dan Gambar : jpeg, jpg, gif, png, dan berbagai format gambar lainnya.
  • File Audio dan Video : mp3, mp4, 3gp, dan sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan Google Drive

Pastinya Google Drive memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Pada website profile aplikasi ini, setidaknya mereka memberikan 4 kelebihan.

1. Jumlah Penyimpanan Data Lumayan Besar (15 GB)

Dalam versi gratis, Google Drive akan memberikan memori sebesar 15 GB yang bisa kita gunakan dalam menyimpan data. Kemudian kita hanya perlu melakukan upgrade akun apabila menginginkan memori penyimpanan lebih besar.

2. Bisa Menyimpan Berbagai Data (Keep Any File)

Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya, kita bisa menyimpan data ke dalam bentuk apapun di Google Drive, baik itu teks dokumen, gambar, audio dan jenis file lainnya.

3. Bisa Berbagi File (Share What you Want)

File-file yang tersimpan juga bisa kita bagikan ke teman-teman yang dikehendaki, baik via Whatsapp, Facebook, Messenger maupun pesan teks sms.

4. Data Tersimpan Aman (Safe and Secure)

Tentunya kita tidak perlu ragu lagi terhadap developer yang bekerja di perusahaan Google. Karena mereka adalah orang-orang terbaik yang memiliki kehandalan dalam hal teknologi dan keamanannya. Meskipun dalam dunia IT terdapat filosofi “tidak ada data yang aman”.

Selanjutnya untuk mengenai kekurangan, menurut penulis sih media penyimpanan ini lebih ke cara penggunaan saja.

Karena pengguna yang akan meng-upload ataupun mengakses data wajib terkoneksi ke jaringan Internet. Walaupun sebetulnya Google Drive menyuguhkan fitur supaya data dapat digunakan secara offline.

Informasi tambahan: Google Drive memiliki dua versi yaitu gratis dan berbayar. Namun, versi gratis juga sudah lebih dari cukup karena mampu menyimpan hingga 15 GB. Lumayan besar bukan? Tetapi untuk Anda yang memerlukan kapasitas lebih besar dari itu, Anda dapat menggunakan Google Drive yang versi berbayar.

Semoga informasi cara menggunakan Google Drive di komputer dapat bermanfaat untuk Anda sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + twelve =