Cara Menggunakan Google Drive Untuk Pemula di Laptop dan Smartphone

Cara Menggunakan Google Drive Untuk Pemula di Laptop dan Smartphone

Tentunya untuk dapat mengupload file, membuat folder, dan membagikan file menggunakan Google Drive, Anda harus tahu dulu bagaimana cara menggunakan Google Drive. Maka dari itu kami akan jelaskan secara detail melalui tulisan kali ini.

Bagi Anda yang belum mengetahui, Google Drive merupakan sebuah layanan yang dimiliki oleh Google yang dapat berfungsi untuk menyimpan dokumen atau file secara gratis ataupun berbayar sesuai dengan jumlah kapasitas penyimpanan.

Layanan Google Drive ini dapat Anda akses kapan saja dan dimana pun karena bisa digunakan di berbagai sistem operasi. Baik itu menggunakan Windows, Mac OS, Android, dan gadget lainnya.

Karena itu pula, Google Drive dapat menyimpan file dengan berbagai macam format sehingga dapatr dimanfaatkan untuk sebagai backup data. Terlebih juga, beberapa penyimpanan local disk komputer, flashdisk, harddisk dan tidak jarang mengalami corrupt terhadap data.

File yang akan tersimpan di dalam Google Drive dapat langsung terintegrasi dengan berbagai layanan Google lainnya. Selain itu juga, file yang tersimpan juga bisa terhubung dengan berbagai aplikasi lainnya yang telah bekerjasama dengan pihak Google. Hal ini tentu saja sangat menguntungan bagi pengguna yang sering melakukan pengolahan data.

DAFTAR ISI

Cara Menggunakan Google Drive

Ada 3 hal yang wajib anda ketahui untuk memaksimalkan layanan Google Drive yaitu upload, membuat folder, dan membagikan file. Simak ulasan kami berikut ini ya.

1. Upload File

Langkah pertama sebelum mengupload file di akun Google Drive adalah Anda wajib memiliki sebuah akun Gmail. Bila Anda belum memiliki akun Gmail Anda bisa mendaftarkannya terlebih dahulu. Untuk Anda yang telah memiliki akun Gmail, silahkan untuk mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka browser Anda (Google Chrome, Mozila Firefox, Duckduckgo dan lain sebagainya)
  • Kemudian buka https://drive.google.com/
  • Selanjutnya login dengan menggunakan akun Gmail
  • Setelah Anda berhasil masuk, lalu akan muncul halaman utama Google Drive. Silahkan klik “+ Baru” untuk mengupload file ke Google Drive

google-drive-1

  • Kemudian lanjutkan dengan klik Upload File

google-drive-2

  • Lalu pilih file yang ingin Anda upload di Google Drive. Bila sudah memilih filenya, silahkan klik Open atau bisa juga langsung menekan Enter.

google-drive-3

  • Jika file tersebut telah selesai Anda Upload, maka akan muncul di akun Google Drive Anda.

2. Membuat Folder

Setelah Anda mengupload file di Google Drive, sekarang Anda dapat menyimpan file tersebut ke dalam sebuah folder supaya terlihat lebih rapi dan sehingga dapat memudahkan Anda untuk mencari file yang diinginkan. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Pastikan Anda telah berada pada halaman utama Google Drive. Setelah itu Anda boleh klik “+ Baru
  • Kemudian pilih Folder Baruuntuk membuat folder baru.
  • Selanjutnya beri nama folder Bila sudah, Anda dapat klik tombol Buat atau Create atau bisa juga langsung tekan Enter pada keyboard.

google-drive-4

  • Setelah folder baru berhasil dibuat, silahkan Anda pindahkan file-file yang telah Anda upload tadi.

3. Membagikan File

Setelah Anda sudah mengupload file dan membuat folder, Anda juga dapat membagikan file tersebut kepada semua orang. Membagikan file berupa link ke orang lain adalah salah satu fitur unggulan dari Google Drive. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Pastikan Anda telah berada di halaman utama Google Drive. Kemudian klik kanan pada folder atau file yang ingin dibagikan. Setelah itu Anda boleh klik Bagikan.

google-drive-5

  • Maka akan muncul halaman notifikasi, Anda bisa langsung klik Dapatkan Link yang dapat dibagikan untuk mendapatkan link.

google-drive-6

  • Langkah terakhir untuk membagikan file berupa link adalah dengan setting siapa saja yang dapat melihat file yang dibagikan. Bahkan Jika Anda hanya ingin membagikan kepada 1 orang saja, Anda hanya perlu memasukkan alamat emailnya.

google-drive-7

Di atas telah dijelaskan bagaimana cara menggunakan Google Drive. Maka selanjutnya di bawah ini kami akan bagikan tipe-tipe file yang dapat disimpan / diupload pada Google Drive. Dibawah ini daftarnya.

  • File Dokumen : txt, docx, doc, xls, xlsx, ppt, dan lain sebagainya.
  • File Foto dan Gambar : jpeg, jpg, gif, png, da berbagai format gambar lain.
  • File Audio dan Video : mp3, mp4, 3gp, dan lain sebagainya.

Informasi tambahan: Google Drive memiliki dua versi yaitu gratis dan berbayar. Namun, versi gratis juga sudah lebih dari cukup karena mampu menyimpan hingga 15 GB. Lumayan besar bukan? Tetapi untuk Anda yang memerlukan kapasitas lebih besar dari itu, Anda dapat menggunakan Google Drive yang versi berbayar.

Semoga informasi yang saya sampaikan bisa bermanfaat untuk Anda dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 − seven =