Cara Membuat Google Form di HP dan Laptop

Apakah Anda saat ini sedang mencari tutorial membuat formulir pendaftaran atau kuesioner secara online? Ya, kini Anda telah berada di situs yang tepat. Karena disini saya akan memberikan penjelasan secara detail mengenai cara membuat Google Form melalui HP dan laptop dengan sangat mudah.

Google Form sendiri merupakan layanan dari Google yang bisa memudahkan Anda untuk membuat formulir online secara gratis yang dapat digunakan dalam berbagai keperluan.

Misalnya membuat formulir data diri, formulir pendaftaran, membuat survey, membuat kuesioner hingga hal lainnya.

Untuk itu, Anda tak perlu lagi membuat formulir secara manual kemudian mencetaknya lalu membagikannya ke orang lain. Tentu saja hal tersebut akan sangat ribet dan tidak efisien.

Sebelum Anda membuat Google Form, maka Anda akan diwajibkan untuk membuat akun gmail terlebih dahulu. Jika Anda sudah memiliki, maka silahkan ikuti tutorial ini hingga akhir ya teman!.

Setelah Anda membuat akun gmail atau sudah memiliki, sekarang Anda sudah dapat membuat Google Form lewat HP Android maupun laptop.

Yuk kita simak baik-baik penjelasan agar tidak ada kesalahan. Semoga berhasil!

1. Cara Membuat Google Form di HP

Google Form dapat Anda buat via HP Android loh teman, silahkan Anda langsung download aplikasi FormsApp dari playstore.

Bila sudah mengunduhnya, yuk ikuti lagi beberapa langkah di bawah ini.

Berikut ini adalah Cara Membuat Google Form di HP Android:

  • Buka aplikasi yang sudah Anda download sebelumnya, maka nanti akan ada beberapa slide ketika pertama kali membuka aplikasi tersebut, langsung klik next
  • Kemudian login dengan menggunakan akun gmail yang telah Anda buat.
  • Untuk bisa membuat form, silahkan klik icon tambah (+) yang terletak di pojok kanan bawah.
  • Lalu pilih template yang sudah disediakan atau memilih Create Blank Form supaya lebih leluasa mengatur dan mendesainnya.
  • Saya akan mencoba membuat form dengan klik Create Blank Form, disinilah Anda akan dapat membuat formulir google dengan sangat mudah.
  • Silahkan isi judul dan deskripsi. Lalu pilih berbagai respon jawaban dari pertanyaan yang mau Anda buat yakni Short AnswerMultiple Choice, dan lain sebagainya sambil menekan icon tambah (+) pada bagian bawah.
  • Setelah proses pembuatan form selesai, lalu klik Submit yang berada pada bagian kanan atas. Maka akan muncul pop-up form setting, silahkan di centang sesuai dengan kebutuhan lalu tekan Submit.
  • Setelah itu, Anda boleh membagikan form tersebut dengan beberapa cara seperti menyalin link tautan dengan menekan tombol Copy Link atau Share via Email, Whatsapp, Facebook, Twitter dan lainnya.

Anda juga ingin menyimpan file di Google Drive? Silahkan Anda baca cara menggunakan Google Drive bagi pemula di smartphone dan laptop.

2. Cara Membuat Google Form di Laptop

Selain menggunakannya di HP Android, Anda juga bisa membuat form langsung via laptop dengan sangat mudah tanpa diharuskan untuk men-download aplikasi terlebih dahulu seperti menggunakannya di HP Android.

Berikut ini adalah Cara Membuat Google Form di Laptop:

  • Buka browser favorit Anda seperti Google Chrome, Mozilla Firefox dan lain sebagainya,
  • Kemudian kunjungi https://docs.google.com/forms/u/0/lalu pastikan juga bahwa Anda telah login dengan menggunakan akun gmail.
  • Dengan memakai link tersebut, Anda akan langsung diarahkan ke halaman template Google Form. Disinilah Anda akan dapat memilih beberapa template yang telah disediakan atau membuatnya dari awal.

membuat-google-form-di-laptop-01

  • Saya coba klik template kosong agar bisa lebih leluasa untuk mengisi atau mendesain formulir sesuka keinginan hati.

membuat-google-form-di-laptop-02

  • Anda juga dapat menambahkan beberapa pertanyaan, gambar, video, dan lain sebagainya dengan meng-klik fitur yang berada di sebelah kanan.
  • Bila telah selesai, untuk bisa membagikan form tersebut silahkan klik opsi Kirim / Send yang terletak di pojok kanan atas.
  • Setelah itu, pilih opsi pengiriman baik itu melalui email, membagikan link, dan membagikannya via Facebook dan Twitter. Berikutnya klik Kirim.

membuat-google-form-di-laptop-03

  • Bagi Anda yang mau melihat tanggapan dari formulir yang sudah Anda bagikan tersebut. Silahkan meng-klik opsi Tanggapan.

membuat-google-form-di-laptop-04

  • Maka akan muncul semua tanggapan dari formulir yang sudah Anda buat. Selesai deh! Sangat mudah bukan membuat google form itu?

Bagaimana Cara Memperpendek Link Google Form?

cara membuat link google form menjadi bitly
eztekno.com

Pada umumnya link yang dihasilkan dari google form akan memberikan URL yang sangat panjang. Untuk dapat memendekkannya, Anda wajib mencentang kotak opsi Perpendek URL. Akan tetapi, jika Anda merasa bahwa link google form tersebut masih panjang, maka Anda boleh menggunakan layanan pemendek URL salah satunya yaitu Bitly.

Cara membuat link google form menjadi bit.ly:

  • Langkah pertama, silahkan Anda buka formulir google form.
  • Setelah itu, ambil link google form tersebut.
  • Kemudian kunjungi situs web Bitly.com
  • Anda Paste link google form tersebut ke kolom yang telah disediakan.
  • Lalu klik tombol Shorten.
  • Nah, sekarang link google form Anda sudah berubah menjadi bitly.

Bagaimana Cara Melihat Hasil Google Form?

Cara Melihat Hasil Google Form
eztekno.com

Anda juga dapat memantau jawaban dari orang-orang yang sudah menjawab google form tersebut pada bagian tab menu Tanggapan ataupun Responses. Anda hanya cukup kunjungi link google form yang sudah Anda miliki, lalu klik pada bagian menu tersebut.

Maka kemudian Anda akan melihat hasil google form secara detail mulai dari ringkasan keseluruhan jawaban sampai jawaban yang rinci dari satu orang yang mengisi google form tersebut.


Bagaimana Cara Menambahkan Pertanyaan Pada Google Forms?

Bagaimana Cara Membuat Google Forms
sepulsa.com
  • Silahkan Anda klik Untitled question dan masukkan pertanyaan Anda. Anda memperoleh saran berdasarkan dari jenis pertanyaan Anda sendiri.
  • Untuk mengubah jenis pertanyaan, Anda klik panah ke bawah (Opsional).
  • Kemudian tambahkan opsi respons (bila berlaku untuk jenis pertanyaan Anda).
  • Selanjutnya untuk menentukan apakah orang harus menjawab pertanyaan, klik Required (Opsional).

Untuk bisa menambahkan lebih banyak pertanyaan, silahkan pilih satu opsi:

Cara Menambahkan Pertanyaan
sepulsa.com
  • Kemudian untuk menambahkan pertanyaan baru, Anda klik ‘Add Question’.
  • Selanjutnya untuk menambahkan salinan pertanyaan yang ada, Anda klik ‘Duplicate’.

Catatan: Untuk perubahan akan tersimpan secara otomatis. Kemudian untuk melihat pratinjau perubahan Anda kapan saja, maka di kanan atas, klik ‘Pratinjau’.

Google Forms memiliki 12 jenis fitur: 9 jenis pertanyaan, bidang teks, foto, dan video. Cukup klik ikon + pada sidebar kanan untuk dapat menambahkan pertanyaan baru. Atau klik ikon teks, foto, atau video untuk menambahkan media menuju ke formulir Anda.

Cara Menambahkan Pertanyaan
sepulsa.com

Setiap fitur tersebut mencakup tombol salin untuk menduplikat cepat. Dengan cara sederhana dalam menambahkan pertanyaan yang serupa ke formulir Anda. Ada pula tombol hapus, opsi untuk membuat lapangan dibutuhkan, dan menu dengan opsi tambahan pada sisi kanan.

Anda bisa mengubah jenis pertanyaan kapan saja. Meskipun, perhatikan bahwa pengaturan lapangan dan pertanyaan Anda akan diatur ulang apabila Anda beralih dari pilihan ganda, kotak centang maupun menu ke jenis pertanyaan lainnya.

Untuk bisa cepat dalam mengisi pertanyaan pada kolom,. Anda cukup tekan enter untuk mulai menambahkan yang lainnya.

Tips Cepat: Apakah Anda tidak sengaja menghapus elemen formulir atau menambahkannya terlalu banyak? Anda hanya cukup ketuk CMD + Z atau Ctrl + Z untuk membatalkan. Sama seperti yang Anda lakukan dalam dokumen lainnya.


Bagaimana Cara Mengirimkan Google Forms Yang Telah Dibuat?

Mengirimkan Google Forms
sepulsa.com

Jika Anda siap untuk mengirimkan Forms Anda, maka bisa mengirimkannya lewat email, menyalin dan menempelkan link dalam pesan chat atau email dan menempatkannya pada situs web, ataupun berbagi link (tautan) ke media sosial.

Cara Mengirim Forms Anda:

  • Di kanan atas, silahkan Anda klik Kirim.
  • (Opsional) Untuk mengumpulkan alamat email: bila pendengar formulir terbatas pada organisasi Anda, maka periksa secara otomatis kumpulkan alamat email organisasi responden Anda. Namun, Jika Anda mendistribusikan formulir secara eksternal, maka periksa Kumpulkan alamat email Anda.
  • Setelah itu, pilih bagaimana Anda ingin mengirim formulir.
  • Kemudian masukkan alamat email pada kolom Kepada. Anda bisa menyesuaikan konten subjek dan pesan.
  • Klik link ‘insert link’. Anda boleh mempersingkat URL Google form. Maka klik Salin dan tempel link ke obrolan, percakapan maupun email.
  • Konten situs web-Klik kode Embed. Anda juga dapat menentukan dimensi pada bingkai sebaris. Silahkan Anda klik Copy dan paste HTML ke dalam website maupun blog Anda.
  • Untuk bisa mengirimkan Forms Anda ke sosial media yang Anda punya, Anda tinggal klik salah satu ikon media sosial.

Selesai deh teman! Bagaimana sangat mudah bukan membuat form google itu? Dan juga di atas saya hanya menjelaskan fitur Google Form yang standar saja dan yang paling umum digunakan kebanyakan orang.

Bila Anda suka bereksperimen atau coba-coba, silahkan eksplor terus fitur-fitur yang tersedia di Google Form tersebut karena terdapat banyak sekali fitur yang dapat Anda peroleh secara gratis.

Sekianlah informasi yang dapat saya sampaikan terkait bagaimana cara membuat google form dengan sangat mudah.

Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk Anda dan terima kasih kepada pembaca setia Nirvanaharapan yang sudah membaca tulisan ini hingga akhir.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × five =