8 Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android Paling Mudah

cara-mempercepat-koneksi-internet-di-android-1

Koneksi yang lemot pada jaringan Telkomsel, XL, Indosat, Smartfren, dan Three pastinya akan sangat menyebalkan. Utamanya untuk Anda yang mengandalkan koneksi internet super cepat dalam membantu pekerjaan. Nah, oleh karena itu, Anda dapat coba mempraktekkan cara mempercepat koneksi internet di Android.

Di zaman yang serba gadget saat ini, kebutuhan akan internet cepat memang sangat dibutuhkan oleh setiap para pengguna smartphone Android.

Misalnya untuk membantu pekerjaan, tugas kuliah ataupun sekolah, menonton video dari Youtube, bermain game, dan hal lain sebagainya.

Selain dipengaruhi oleh operator penyedia jasa jaringan internet yang ada di Indonesia, kecepatan akan koneksi internet pada ponsel Android juga dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Maka dari itu, Anda dapat mencoba untuk melakukan beberapa langkah supaya bisa mempercepat koneksi internet ponsel Android.

Anda juga Ingin koneksi internet lebih cepat ketika menggunakan laptop dan komputer? Silahkan baca panduan terkait bagaimana cara mempercepat koneksi internet di laptop dan komputer.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android

Ada beberapa langkah yang boleh Anda coba untuk dapat memaksimalkan kecepatan sambungan internet pada smartphone android. Mari kita simak ulasan berikut ini sampai akhir ya.

1. Kunci Jaringan 4G

Bila smartphone Android Anda sudah mendukung jaringan 4G, Anda dapat mengaktifkan jaringan tersebut pada ponsel Anda. Namun, akibat sinyal dan jaringan yang buruk kadang dapat membuat sinyal 4G naik turun. Hal ini yang menyebabkan koneksi Anda menjadi lambat.

2. Hapus Cache

Aplikasi yang menyimpan cache bila terus Anda diamkan akan semakin besar dan juga memakan memori dan memberatkan performa pada smartphone Anda. Selain itu, cache yang menumpuk juga dapat membuat proses data menjadi lama.

Agar koneksi internet semakin cepat pada smartphone Android. Anda harus menghapus cache secara berkala. Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi Clean Master atau sejenisnya untuk dapat membantu menghapus cache secara berkala.

Bila malas untuk mengunduh aplikasi, Anda boleh melakukannya secara manual dengan masuk ke menu Pengaturan > Aplikasi > Cache > Hapus Cache.

Untuk setiap tipe berbeda-beda ya, namun pada intinya seperti itu.

Anda juga mengalami masalah lupa password atau kata kunci di smartphone Android? Coba membaca cara membuka pola HP disini.

3. Gunakan Jaringan 3G Only atau 4G Only

Apabila smartphone android Anda sudah support jaringan 3G dan 4G, kemudian Anda setting kecepatan jaringan dengan 2 opsi tersebut. Cara mengaktifkan jaringan 3G atau 4G sangat mudah, yakni:

Masuk ke menu Setting > More > Mobile network > Network mode > lalu pilih jaringan 3G only atau 4G only.

Anda juga bisa memakai aplikasi 3G/4G Speed Optimizer, yang fungsinya adalah untuk mempercepat koneksi Internet di android hingga 200%. Aplikasi ini cukup terbilang canggih karena bekerja dengan cara memberikan tweak khusus yang akan memberikan Anda kebebasan dalam mengatur serta memilih kecepatan koneksi Internet yang sesuai dengan kebutuhan.

Sayangnya untuk menggunakan aplikasi ini, ponsel Anda wajib di root terlebih dahulu.

4. Matikan Tethering

Tethering merupakan sebuah aktivitas yang fungsinya adalah untuk menjadikan ponsel sebagai hotspot. Pada intinya, Anda bisa menjadikan ponsel android sebagai WiFi portable dan membagikan koneksi internetnya ke orang lain.

Akan tetapi, karena jaringan internetnya terbagi-bagi, tentunya Anda harus siap berbagi bandwidth dengan perangkat lainnya. Bila Anda ingin membuat jaringan internet menjadi lebih cepat, Anda wajib mematikan fitur ini. Sehingga akan membuat jaringan internet lebih terfokus kembali pada ponsel Anda.

5. Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Menggunakan VPN

Cara mempercepat koneksi internet di android berikutnya yaitu dengan menggunakan VPN. Ada banyak sekali aplikasi VPN yang telah tersedia di Play Store dengan gratis dan ada juga yang berbayar, silahkan Anda pilih yang ratingnya paling bagus.

Selain dapat digunakan untuk mempercepat koneksi internet, VPN juga dapat membantu Anda dalam membuka beberapa website yang sudah diblokir oleh pemerintah.

6. Cara Mempercepat Koneksi Internet Android dengan Ad-Blocker

Koneksi yang lambat biasanya disebabkan oleh iklan yang menumpuk ketika Anda sedang browsing di internet. Untuk bisa memblokir iklan di browser, Anda boleh menggunakan browser yang telah dibekali Ad Blocker seperti Opera Browser ataupun UC Browser.

Bila Anda malas menggunakan keduanya, bisa juga menggunakan browser apapun, akan tetapi Anda wajib untuk mengunduh aplikasi Ad Blocker pada smartphone Anda.

5. Tutup Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Dengan tidak menutup program atau aplikasi yang telah tidak digunakan, hal ini dapat membuat performa smartphone menjadi lambat. Tidak hanya itu saja, ternyata kebiasaan tersebut bisa menyebabkan koneksi internet menjadi lemot.

Oleh karena itu, cobalah untuk selalu menutup aplikasi yang tidak lagi digunakan, supaya ponsel dan koneksi milik Anda performanya tidak mengalami penurunan.

7. Aktifkan Fitur Data Saver

Selanjutnya yang dapat digunakan untuk mempercepat koneksi internet di android adalah dengan menggunakan fitur data saver ketika browsing.

Fitur ini mempunyai beberapa fungsi yang sangat berguna, selain sebagai mempercepat koneksi internet di android, fitur ini juga mampu menghemat kuota data internet Anda loh.

Sebab ketika Anda menjelajahi suatu situs web, maka semua gambar yang ada pada situs web tersebut akan terlebih dahulu dikompres.

8. Setting User Agent

Saat ini telah banyak website yang sudah dibuat secara responsif supaya bisa dengan otomatis menyesuaikan tampilan apabila dibuka lewat perangkat mobile seperti smartphone android.

Meski begitu, kadang masih ada saja orang yang ternyata tetap memaksakan untuk menggunakan tampilan web komputer pada HP.

Justru padahal ini akan membuat koneksi internet menjadi lebih lambat. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengubah user agent pada browser menjadi mobile. Perubahan user agent ini diperuntukkan supaya data dikompres menjadi tampilan mobile.

Pada koneksi yang lemot melalui jaringan Telkomsel, Indosat, 3 (Tri), Smartfren maupun operator lainnya dapat teratasi dengan cara mempercepat koneksi internet android.

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan terkait bagaimana cara mempercepat koneksi internet di android versi Nirvanaharapan. Semoga ulasan ini dapat membantu Anda dalam mempercepat koneksi internet. Terima kasih sudah membaca hingga akhir.

About Khairul Zein

Sang blogger Muslim yang menyukai teknologi sejak kecil dan memiliki ketertarikan dalam bidang SEO. Saat ini menjadi penulis di Nirvanaharapan.com.

View all posts by Khairul Zein →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 8 =