Cara Membuat Link Whatsapp Menuju Chat Langsung

cara-membuat-link-whatsapp-menuju-chat-langsung

Dalam kesempatan kali ini, saya ingin berbagi informasi mengenai bagaimana sih cara membuat link WA (Whatsapp) dengan mudah.

Agar menuju chat langsung yang biasanya sering digunakan dalam melakukan optimasi toko online seperti toko online pada website, instagram, facebook, hingga platform lainnya.

Cara Membuat Link WA (Whatsapp) Langsung Menuju Chat

Maksud dari membuat link WA menuju chat langsung adalah bila ada calon pembeli yang ingin menghubungi admin melalui whatsapp, agar lebih mudah maka calon pembeli hanya langsung klik tombol atau link.

Kemudian akan secara otomatis masuk ke chat whatsapp tanpa perlu menambahkan kontak terlebih dahulu. Dengan adanya fitur ini, tentunya akan sangat memudahkan para calon pembeli untuk melakukan komunikasi dengan penjual.

Dengan seperti itu, akan dapat meningkatkan pelayanan terhadap calon pembeli yang tujuannya tentunya ingin meningkatkan omset penjualan.

Jika Anda ingin aplikasi terkunci dengan aman dan supaya tidak diusili oleh orang yang ingin mengetahui chat WhatsApp Anda. Silahkan baca mengenai tutorial Cara Mengunci Aplikasi Whatsapp.

Cara Menambahkan Text Pada Link Chat WhatsApp

Sebenarnya ada banyak cara membuat link WA. Tetapi, dalam kesempatan ini penulis ingin berbagi cara yang termudah dan paling simpel, dan tentunya sudah terbukti ampuh.

Untuk bisa membuat link WA menuju chat langsung, kita boleh memanfaatkan script url ini.

https://api.whatsapp.com/send?phone=6289613475123&text=Halo%20Admin%20Saya%20Mau%20Order%20Sepatunya

Anda boleh langsung menggunakan script url di atas, kemudian mengubah pada bagian nomor telepon (6289613475123) dengan nomor Anda atau si penjual. Selain itu, Anda juga dapat mengedit dan menambah kata-katanya sesuai keperluan Anda.

Begini cara mengubah kata-katanya dengan ketentuan di bawah ini:

  • (%20) kode ini digunakan untuk spasi.
  • (%0A) kode ini digunakan untuk baris baru.
  • (%3A) kode ini digunakan untuk titik 2 (:).
  • (%3B) kode ini digunakan untuk titik koma (;).

Selain itu, Anda juga boleh memodifikasi teks supaya terlihat lebih menarik dengan ketentuan sebagai berikut:

  • (*) kode ini membuat teks menjadi tebal (*teks*).
  • (_) kode ini membuat teks menjadi miring (_teks_).
  • (~) kode ini membuat teks menjadi strikethrough (~teks~).

Supaya lebih jelas, bisa melihat contoh di bawah ini.

https://api.whatsapp.com/send?phone=6289613475123&text=*Halo%20Admin*%0A_Saya%20Mau%20Order%20Sepatunya

Bila link di atas diklik, maka teks yang akan muncul yaitu:

*Halo Admin* _Saya Mau Order Sepatunya

Link WhatsApp Menggunakan Shortlink Agar Terlihat Lebih Profesional

Dengan melihat link WA seperti contoh di atas, pastinya akan terlihat kurang enak untuk dilihat sehingga terkesan kurang profesional. Oleh karena itu, ada baiknya Anda coba melakukan cara memendekkan link WA. Yang tentunya sangat mudah.

Anda bisa menggunakan pihak ketiga untuk dapat memendekkan link WA seperti salah satunya yaitu bitly.com yang paling umum digunakan. Setelah Anda masuk pada website tersebut, Anda langsung masukkan link WA yang akan Anda pendekkan dan akan secara otomatis link WA yang sudah Anda masukkan berhasil dipendekkan.

Meski sebetulnya bisa saja langsung menulis https://wa.me/628536006123 di Facebook dan lainnya. Namun ada beberapa kasus Anda tetap membutuhkan shortlink ini.

Caranya mudahnya, Silahkan Anda masukkan:

https://wa.me/628536006123 ke bitly.com atau goo.gl dan masalah selesai.

Nah, link WA yang telah dipendekkan tersebut adalah link WA Anda. Simpan dengan baik dan mulai bagikan ke berbagai platform yang Anda punya supaya toko online akan lebih terlihat profesional.

Sekian informasi mengenai bagaimana cara membuat link WA (Whatsapp) menuju chat langsung. Semoga info ini dapat bermanfaat dan terima kasih!

About Khairul Zein

Sang blogger Muslim yang menyukai teknologi sejak kecil dan memiliki ketertarikan dalam bidang SEO. Saat ini menjadi penulis di Nirvanaharapan.com.

View all posts by Khairul Zein →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − ten =