Cara Reset HP Xiaomi Untuk Semua Tipe

Cara Hard Reset dan Factory Reset pada HP Xiaomi ternyata bukanlah perkara yang sulit untuk dilakukan, kedua cara tersebut akan saya rangkum melalui postingan Cara Hard Reset HP Xiaomi berikut ini.

Seperti yang telah Anda ketahui, HP Xiaomi belakangan ini sedang lagi naik daun dengan berbagai macam varian produk yang mumpuni, tetapi memberikan harga yang sangat terjangkau. Melalui strategi itu, penjualan ponsel Xiaomi sangat fantastis.

Meskipun memiliki kualitas dan spesifikasi yang mumpuni, seiring dengan penggunaan HP yang sering yang digunakan hampir setiap hari, tak menutup kemungkinan bahwa smartphone Xiaomi akan sedikit mengalami kendala yang memungkinkan Anda sebagai user ingin melakukan Hard Reset maupun Factory Reset HP Xiaomi.

Mengapa Hp Xiaomi Harus Direset?

Jika disuruh memilih, tentunya kita tidak ingin susah payah mereset segala. Karena saat Hp kita di reset, maka kita wajib melakukan pengaturan ulang dari awal. Seperti setting akun pemilik perangkat, setting keamanan, install ulang aplikasi, dan hal lainnya.

Bagaimana cukup ribet bukan kalau hal ini harus kita lakukan?

Maka, alangkah baiknya jangan terlalu sering melakukan reset. Terkecuali memang dibutuhkan. Seperti ingin melakukan backup data maupun hal lainnya.

Salah satu alasan seseorang melakukan reset selain untuk meningkatkan daya baterai, juga untuk membackup data yang diperlukan. Karena kita tidak pernah tahu kejadian apa yang bakal menimpa kita di luar prediksi.

Boleh jadi Hp tiba-tiba hilang, mati total hingga problem lainnya yang dapat mengakibatkan hilangnya data.

Oleh karenanya, untuk mengatasi masalah tersebut, kita dapat melakukan backup data lewat cara reset untuk mengembalikan ke pengaturan pabrik atau awal. Dengan seperti itu sampah-sampah file dapat terbuang, file data penting juga dapat diamankan.

Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Reset Hp Xiaomi

Memang boleh saja sih kita langsung melakukan reset tanpa perlu melakukan persiapan. Namun resikonya bisa menjadi fatal. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan reset Hp Xiaomi. Apa sajakah itu?

1. Pastikan Baterai Lebih dari 50%

Proses reset ini tentunya memerlukan waktu cukup lama. Maka Anda pastikan terlebih dahulu sebelum mereset, baterai telah terisi minimal 50%. Karena nantinya selama proses reset, tidak boleh dilakukan sambil di charge. Apabila di tengah-tengah proses reset, lalu Hp mati, maka wajib mengulangnya dari awal lagi.

2. Pastikan Sudah Melakukan backup data

Memang selalu ada kekhawatiran bahwa data-data penting pada Hp akan hilang saat proses reset dilakukan. Nah, untuk mencegah kekhawatiran tersebut, silahkan Anda melakukan backup terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mengamankan data serta menghindarkan dari resiko kehilangan data penting yang tersimpan di dalam Hp.

Maka dari itu, bagi Anda yang sedang mengalami kendala pada smartphone Xiaomi dan ingin sekali melakukan reset HP Xiaomi. Yuk kita simak ulasan ini hingga akhir ya!

Cara Hard Reset HP Xiaomi untuk Semua Tipe

Perlu Anda ingat, sebelum melakukan hard reset ataupun factory reset, bila Anda memiliki data-data penting pada ponsel Xiaomi Anda. Sebaiknya Anda backup terlebih dahulu supaya data Anda tidak hilang. Bila sudah, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Cara Hard Reset Xiaomi

Sebelum Anda benar-benar melakukan Hard Reset, pastikan baterai smartphone Xiaomi Anda harus terisi penuh atau minimal 50% supaya ketika melakukan Hard Reset akan berjalan dengan lancar. Dalam melakukan Hard Reset Xiaomi, berikut langkah-langkahnya:

  • Matikan dulu smartphone Xiaomi Anda.
  • Lalu masuk ke menu Recovery. Dengan cara tekan dan tahan tombol Power + Volume UP secara serentak hingga muncul logo Xiaomi.

cara-reset-hp-xiaomi

  • Berikutnya, Anda akan masuk menuju ke menu Mi Recovery.
  • Kemudian akan muncul pilihan bahasa, Anda boleh pilih Bahasa Inggris/English.

pilihan-bahasa

  • Setelah itu, Anda pilih Wipe Cache, kemudian konfirmasi dengan memilih tombol YES, setelah Wipe Cache Complete lalu pilih Back.

cara-reset-hp-xiaomi

  • Selanjutnya Anda lakukan Hard Reset (Wipe Data). Dengan cara seperti diatas silahkan pilih Wipe Data / Factory Reset, lalu Wipe All Data, kemudian konfirmasi pilihan dengan klik YES.
  • Setelah itu, tunggu proses Hard Reset / Wipe Data. Bila sudah selesai, silahkan untuk melakukan reboot pada HP Xiaomi Anda.

Melakukan Hard Reset Xiaomi sangat berguna pada waktu Anda lupa pola atau mengalami masalah kecil lainnya. Selain itu, bisa juga Anda gunakan untuk keperluan lain, misalnya bila ponsel Anda mulai lemot dan sering hang. Anda juga dapat memanfaatkan Hard Reset ini supaya ponsel Xiaomi Anda kembali fresh lagi.

Anda juga mengalami masalah yang sama pada HP Samsung? Yuk kita simak penjelasannya mengenai Cara Hard Reset HP Samsung.

2. Cara Factory Reset Xiaomi

Cara ini dapat dilakukan bila smartphone Anda masih bisa masuk ke menu Home screen untuk mengakses menu Setelan. Untuk dapat melakukan Factory Reset Xiaomi, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Setelan pada smartphone Xiaomi Anda.
  • Kemudian pilih Setelan Tambahan.
  • Setelah itu, Anda boleh pilih menu Cadangkan & Setel Ulang.

factory-reset-xiaomi

  • Lalu pilih Kembalikan ke Setelan Pabrik.
  • Berikutnya pilih Setel Ulang Telepon lalu konfirmasi dengan memilih Hapus.
  • Tunggu sampai proses Factory Reset Xiaomi Setelah itu, HP Xiaomi akan secara otomatis reboot.
  • Tunggu sampai proses reboot selesai. Bagaimana, cukup mudah bukan?

3. Cara Reset Xiaomi Melalui Mi Cloud

Cara ketiga ini cukup terbilang jarang dilakukan oleh pengguna Xiaomi. Boleh jadi dikarenakan belum familiar dengan metode ini, atau boleh juga karena merasa lebih mudah melakukan resetnya melalui Hp.

Agar dapat melakukan reset lewat Mi Cloud, maka yang perlu Anda butuhkan hanyalah dengan mengakses situs Mi Cloud dari laptop. Pastinya juga Anda wajib login dengan menggunakan akun Mi.

Maka, Anda harus memastikan akun Mi yang digunakan sama dengan yang dipakai di Hp yang akan dilakukan reset.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Silahkan Anda buka browser dengan menggunakan laptop. Ketik: us.i.mi.com dan tekan enter. Boleh dengan mengklik link berikut: Situs Mi Cloud.
  • Kemudian klik Sign in with Mi Account. Silakan Anda masukkan email atau nomor handphone yang dipakai di akun Mi. Setelah itu, masukkan password dan klik Sign in.
  • Selanjutnya pilih Find device di deretan menu yang ada setelah berhasil masuk ke halaman Mi Cloud.
  • Tunggu hingga beberapa saat sampai muncul type Xiaomi yang terdeteksi oleh Mi Cloud. Biasanya akan ditampilkan di pojok kanan atas halaman Mi Cloud.
  • Setelah itu, klik Wipe device yang terletak pada deretan 4 menu di bawah. Karena di sini kita akan melakukan hard reset.
  • Terakhir, akan muncul halaman baru yang menampilkan beberapa data yang bakal terhapus. Apabila Anda sudah yakin, silahkan Anda klik Wipe.

Berikutnya proses reset ini akan berjalan dan secara otomatis Smartphone Anda akan reboot setelah proses reset selesai.

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan terkait bagaimana Cara Hard Reset HP Xiaomi untuk semua tipe. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda. Sekian dan terima kasih!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two − 1 =