Cara Reset HP OPPO Untuk Semua Tipe

Dalam kesempatan ini, Nirvanaharapan ingin memberikan informasi terkait bagaimana Cara Reset HP Oppo untuk semua tipe. Untuk Anda yang ingin mereset ulang HP Oppo, ada baiknya simak dengan baik tulisan ini supaya tidak terjadi kesalahan ketika melakukan reset HP Oppo.

Reset smartphone Android adalah hal yang paling umum dilakukan bagi pengguna smartphone bila terjadi masalah pada ponsel miliknya.

Masalah yang umum yang biasanya terjadi seperti performa yang mulai lemot, mudah hang maupun error, touch screen yang tidak responsif lagi, aplikasi tidak berjalan dengan semestinya, terjadinya bootloop, lupa pola ataupun password dan hal lain sebagainya.

Dengan melakukan reset ulang pada HP Oppo Anda, kemungkinan besar masalah-masalah yang saya jelaskan diatas dapat dengan mudah teratasi. Bila sudah tidak bisa diatasi, ada kemungkinan hardware pada ponsel Anda yang mengalami masalah, sehingga Anda harus membawanya ke tempat service hp untuk bisa memperbaikinya.

Sebagian orang yang melakukan reset HP juga bukan hanya karena mengalami kerusakan, ada juga sebagian pengguna smartphone yang sengaja melakukan reset hanya untuk membersihkan data pada smartphone yang nantinya akan mereka jual.

Hal ini supaya file penting dan data pribadi benar-benar sudah terhapus ketika proses jual beli.

Maka dari itu, saya akan menjelaskan secara detail dan mudah supaya informasi terkait cara reset HP Oppo untuk semua tipe ponsel dapat Anda pahami dengan baik.

Cara Hard Reset HP Oppo untuk Semua Tipe

Ada 3 cara dalam melakukan reset HP Oppo yang direkomendasikan yakni dengan cara hard reset dan factory reset. Sebelum Anda melakukan kedua cara tersebut, sebaiknya baterai ponsel Oppo Anda wajib terisi penuh atau minimal 50% supaya saat mereset nantinya akan berjalan dengan lancar.

Selain itu, sebaiknya sebelum melakukan reset, Anda sudah terlebih dahulu membackup data penting supaya tidak hilang. Bila sudah, silahkan simak ulasan ini hingga akhir!

Anda juga mengalami masalah yang sama pada HP Vivo? Yuk coba baca juga panduan lengkapnya tentang Cara Hard Reset HP Vivo

1. Cara Factory Reset HP Oppo

Factory Reset pada ponsel Oppo biasanya digunakan bila Anda masih bisa masuk ke menu Home screen dan dapat mengakses menu pengaturan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Masuk pada menu Pengaturan / Settings di ponsel Anda.
  • Kemudian pilih opsi Additional settings.
  • Setelah itu, pilih Backup and Reset.
  • Selanjutnya Anda pilih Factory Data Reset. Apabila Anda yakin ingin menghilangkan semua data, berikutnya Anda bisa pilih Erase All Content & Settings.
  • Lalu HP Oppo Anda akan restart secara otomatis dan tunggu sampai prosesnya selesai.
  • Setelah proses selesai, bila tidak ada masalah, maka Anda sudah bisa menggunakan smartphone Anda seperti biasanya. Kemudian rasakanlah perbedaanya setelah melakukan reset ulang!

Supaya lebih jelas Anda dapat melihat gambar dibawah ini:

cara-factory-reset-hp-oppo

2. Cara Hard Reset HP Oppo

Hard Reset pada ponsel Oppo biasanya digunakan saat HP Anda mengalami bootloop atau tidak dapat masuk ke menu Home screen karena terjadinya error atau karena lupa password. Berikut langkah-langkahnya:

  • Matikan terlebih dahulu HP Oppo Anda.
  • Berikutnya tekan dan tahan tombol power + volume bawah secara bersamaan. Tunggu hingga beberapa detik sampai muncul logo android.
  • Setelah itu, Anda akan masuk ke Mode Recovery. Anda bisa menggunakan tombol volume untuk navigasi dan power untuk memilih.
  • Pilihlah bahasa English.
  • Di Mode Recovery, Anda boleh pilih Wipe Data and Cache.
  • Pilih Wipe Data and Cache untuk kedua kalinya, lalu pilih Yes bila Anda benar-benar ingin melakukan hard reset.

cara-hard-reset-hp-oppo

  • Berikutnya pilih Reboot dan tunggu sampai prosesnya selesai.

cara-hard-reset-hp-oppo

  • Bila sudah selesai prosesnya, maka sekarang Anda sudah dapat menggunakan ponsel Oppo Anda.

Dari kedua diatas, mana yang mau Anda pilih, apakah ingin melakukan Factory Reset lewat menu pengaturan atau Hard Reset lewat Recovery Mode. Sebetulnya hasilnya sama saja, yaitu mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik atau ke posisi awal.

Sedangkan untuk Hard Reset sendiri, opsi ini dilakukan diluar sistem, kalau Factory Reset melalui sistem Android. Berarti, saat Anda mempunyai masalah di Sistem Android, sehingga tidak memungkinkan untuk masuk ke Pengaturan, untuk itu reset tetap bisa dilakukan melalui menu Recovery Mode.

Tidak Semua Problem Selesai Hanya dengan Reset

Sedikit membahas tentang masalah di smartphone OPPO, perlu juga Anda perhatikan bahwa tidak semua masalah error bisa teratasi dengan melakukan Hard Reset saja. Mungkin jika masalahnya ada pada sistem android (ColorOS) masih dapat diatasi.

Namun kadang ada beberapa pengguna yang setelah melakukan reset rupanya blank atau booting hingga logo saja.

Problem seperti ini kemungkinan ada pada Hardwarenya, yakni salah satunya Chipset. Namun ini masih bersifat tidak pasti, solusi terbaik yang wajib dengan melakukan pengecekan oleh teknisi smartphone.

Jika mau, Anda boleh membawanya ke tempat Service Center yang nantinya pasti akan mendapat penanganan lebih baik.

Lupa Pola Kunci Tidak Teratasi dengan Reset

Masalah lain yang sering dialami oleh pengguna Android, termasuk OPPO sendiri yaitu lupa pola kunci layar. Sebetulnya masalah ini terlihat agak sepele sih, namun ini bukanlah masalah yang sepele.

Karena penanganan lupa pola kunci ini juga cukup rumit, tidak seperti dulu yang hanya dengan melakukan reset semuanya selesai.

Perlu Anda ketahui juga untuk sistem android dan smartphone OPPO keluaran terbaru sekarang ini sudah dilakukan peningkatan keamanannya demi menjaga privasi dan data setiap pengguna.

Vendor smartphone berusaha supaya hanya penggunanya saja yang bisa mengakses pola kunci tersebut, dan tidak untuk orang lain.

Pikirkan juga ketika smartphone kita dicuri orang lain dalam kondisi terkunci, maka pencuri tetap tidak dapat membuka pola kunci karena dia bukanlah pemilik aslinya, meski dilakukan reset.

Nah, kalau sekarang ini untuk membuka pola kunci smartphone keluaran terbaru hanya dapat dilakukan lewat Service Center. Atau juga melakukan verifikasi ulang data diri Anda ke email maupun akun yang terkait.

Untuk yang mengerti tentang masalah ini, biasanya ada itu metode bypass yang mana pengguna mencoba membuka pola kunci dengan menembus tingkat keamanan smartphone. Hal ini dapat juga dilakukan, Anda bisa mengunjungi forum maupun tutorial tertentu untuk melakukannya.

Kemudian biasanya Anda tentunya membutuhkan tools tambahan untuk melakukannya.

Demikianlah informasi terkait bagaimana cara reset HP Oppo untuk semua tipe. Intinya cara factory reset dan hard reset pada HP Oppo ini seperti yang telah saya jelaskan diatas, mungkin pada beberapa tipe HP ada sedikit perbedaan. Namun pada intinya hampir sama seperti yang telah dijelaskan di atas.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 4 =