Cara Reset HP Vivo untuk Semua Tipe

Beberapa tahun belakangan ini Vivo mulai bersinar di pasar Indonesia dengan kemampuan kamera yang luar biasa dan didukung dengan spesifikasi yang mumpuni. Meskipun begitu, tetap saja tidak menutup kemungkinan akan mengalami kendala bila digunakan setiap hari yang akan menjadikan HP mulai lemot ataupun terdapat masalah pada aplikasi yang tidak berjalan dengan semestinya. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mengatasinya dengan cara reset HP Vivo.

Biasanya masalah-masalah yang paling umum terjadi adalah akibat dari penggunaan setiap hari yang akhirnya performa menjadi lambat, mudah hang atau error, touch screen tidak responsif, bootloop, aplikasi tidak berjalan dengan semestinya, dan hal lain sebagainya.

Biasanya cara yang paling ampuh untuk mengatasi HP Vivo adalah dengan cara meresetnya ataupun mengembalikan sistem seperti semula ketika pertama kali dibeli. Reset juga dapat mengatasi lupa pola atau password pada ponsel Vivo Anda.

Perbedaan Factory Reset dan Hard Reset

Sebagian dari setiap pengguna smartphone tentunya akan mengalami berbagai masalah seperti mulai terasa lag (lemot), aplikasi dan game tidak terinstall akibat kepenuhan memory, sering timbul notifikasi error, bahkan kadang kita lupa kata sandi maupun pola yang dibuat untuk mengunci HP Vivo.

Untuk menindaklanjuti masalah tersebut, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan Factory Reset dan Hard Reset.

Factory reset merupakan metode untuk mengembalikan ke pengaturan awal/pabrik. Biasanya fitur ini terletak di menu setting/pengaturan. Anda boleh melakukan factory reset jika HP Vivo Anda masih dapat digunakan.

Sedangkan untuk Hard Reset cara kerjanya juga hampir sama, hanya saja lebih ke advanced. Karena biasanya metode ini dilakukan jika memang Anda tidak dapat masuk karena lupa password atau mengalami bootloop di logo Vivo.

Hal Yang Perlu Dipahami

Dengan kedua metode reset tersebut, memang bisa digunakan untuk semua tipe HP Vivo baik itu yang baru seperti Vivo Y12, Y15, Y17, Y19, Y71, Y81, Y91c, Y93 atau HP Vivo lama seperti V3, Y21, Y31, Y51 dan Y53.

Sebelum mencoba melakukan reset HP Vivo Anda, ada beberapa hal yang wajib Anda pahami:

  • Dengan melakukan reset akan menghapus semua data aplikasi dan game yang sudah pernah Anda install. Begitu juga dengan SMS dan Kontak.
  • Pastikan Anda masih ingat Akun Google yang terdaftar pada HP Vivo. Karena apabila lupa pasti akan terkena FRP (Factory Reset Protection) yang mana Anda tidak akan dapat menggunakan HP Vivo hingga dapat memasukan akun Google yang benar.
  • Upayakan agar baterai masih yang tersisa minimal 50%. Untuk berjaga-jaga apabila kehabisan baterai ketika proses reset.

Selanjutnya jika smartphone Vivo Anda mengalami seperti:

  • Sering mati sendiri.
  • Saat menjalankan aplikasi terasa berat.
  • Rasanya kurang responsif.
  • Aplikasi sering tiba-tiba keluar sendiri.
  • Terdapat virus pada smartphone Vivo Anda.
  • Jika Anda lupa pin layar kunci, pola ataupun kata sandi.

Maka dari itu, saya akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara hard reset HP yang bisa Anda gunakan untuk semua tipe. Berikut ulasannya.

Cara Hard Reset HP Vivo untuk Semua Tipe

Ada 2 cara reset HP Vivo yakni dengan cara Hard Reset dan Factory Reset. Sebelum Anda melakukan kedua cara tersebut, pastikan baterai ponsel Vivo Anda harus terisi penuh atau minimal 50% supaya ketika mereset HP Vivo akan berjalan dengan lancar. Selain itu, diwajibkan juga untuk membackup semua data yang penting supaya tidak hilang. Bila sudah, simak ulasan berikut ini.

1. Cara Factory Reset HP Vivo

Factory Reset biasanya digunakan bila Anda masih bisa masuk ke menu Home screen dan dapat mengakses menu setelan. Berikut langkah-langkahnya.

  • Masuk pada menu Settings / Pengaturan di ponsel Vivo Anda.
  • Lalu cari menu More Settings / Pengaturan lanjutan.

cara-factory-reset-hp-vivo

  • Kemudian Anda pilih menu Backup & Restore / Cadangkan atau Pulihkan.

backup-&-restore

  • Setelah itu, pilih Factory Data Reset / Kembalikan ke Setelan Pabrik.
  • Nanti akan ada 2 pilihan yaitu Erase All Data (hapus semua data dan settingan) dan Reset All Setting (hanya settingan yang akan direset, untuk file seperti foto tidak terhapus. Nanti pilih salah satu. Tetapi, cara terbaik supaya dapat menyelamatkan file penting adalah dengan melakukan backup terlebih dahulu sebelum melakukan factory reset.

erase-all-data

  • Selanjutnya tekan Reset Phone dan ponsel Vivo akan mereset secara otomatis.
  • Tunggu hingga prosesnya selesai dan saat dihidupkan ponsel Anda akan seperti terlahir kembali.

Pada intinya cara factory reset pada HP Vivo ini seperti yang telah diuraikan di atas. Untuk sebagian tipe mungkin ada sedikit perbedaan. Tetapi, pada intinya seperti sama seperti contoh di atas.

Anda juga mengalami masalah yang sama pada HP Advan? Coba baca panduan kami tentang Cara Hard Reset HP Advan.

2. Cara Hard Reset HP Vivo

Hard reset biasanya digunakan bila Anda sudah tidak dapat masuk ke menu Home screen dan pengaturan. Misalnya HP Vivo Anda tidak dapat dibuka karena lupa password atau masalah lainnya. Berikut langkah-langkah untuk reset HP Vivo.

  • Matikan terlebih dahulu HP Vivo Anda.
  • Kemudian tekan dan tahan tombol power + volume bawah secara bersamaan. Tunggu hingga beberapa saat sampai ponsel Vivo Anda bergetar dan tampil logo android.

cara-hard-reset-hp-vivo

  • Setelah itu, Anda akan masuk ke menu Recovery, gunakan tombol volume untuk navigasi lalu power untuk memilih.

cara-hard-reset-hp-vivo

  • Selanjutnya pilih Wipe Data / Factory Reset.
  • Lalu akan muncul tulisan Reboot System Now dan bisa Anda setujui dengan klik tombol power.

cara-hard-reset-hp-vivo

  • Tunggu beberapa saat, ponsel Vivo Anda akan mereset secara otomatis dengan dilanjutkan restart secara otomatis.
  • Bila sudah, selamat! HP vivo Anda sudah berhasil di reset dan sudah seperti baru lagi.

Begitulah cara untuk mengembalikan HP Vivo seperti saat pertama kali Anda beli. Cara ini bisa dilakukan ketika Anda ingin menjual perangkat sehingga data-data pribadi akan benar-benar terhapus. Selain itu, bisa dimanfaatkan bila HP Anda mulai lemot, error dan lain sebagainya.

Demikianlah informasi yang bisa Nirvanaharapan sampaikan terkait bagaimana cara hard reset HP Vivo. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan terima kasih sudah membaca postingan ini hingga akhir.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − ten =