Cara Cleaning Printer – Canon, Epson dan Brother

Cara Cleaning Printer – Canon, Epson dan Brother

Terkadang ketika kita mengoperasikan printer hasil yang diberikan kurang memuaskan, biasanya hasilnya akan terlihat bergaris maupun tidak rata, Bila ada masalah seperti ini mungkin saja ada yang salah pada printer Anda.

Hal yang biasanya dilakukan saat printer bermasalah adalah dengan melakukan cleaning printer, dan wajib Anda ketahui bila cara cleaning printer sendiri berbeda-beda untuk setiap merek printer.

Oleh karena itu, saya ingin memberikan informasi mengenai cara cleaning printer mulai dari merek Canon, Epson dan Brother. Simak ulasan ini hingga akhir ya teman!

1. Cara Cleaning Printer Canon

Jika printer Epson Anda mengalami masalah seperti tinta printer yang tidak keluar dengan lancar, maka Anda boleh melakukan cleaning printer dengan cara berikut ini:

  • Pertama yaitu dengan memastikan jika printer telah dalam keadaan hidup kemudian masuk ke menu Devices and Printer.
  • Pilih printer yang ingin Anda cleaning dan klik kanan lalu klik di bagian Printer Properties.
  • Pilih pada bagian Maintenance > Cleaning atau Deep Cleaning lalu Anda bisa memilih sesuai dengan kondisi pada printer.
  • Jika hasil cetak dari printer yang Anda gunakan ini erorr maka tidak terlalu parah sehingga pilihlah menu Cleaning saja. Namun bila sudah sangat parah dan padahal Anda sendiri telah melakukan cleaning maka silahkan Anda lakukan langkah Deep Cleaning untuk mengatasinya.
  • Di sini Anda dapat memilih semua warna atau hanya warna hitam saja yang bakal dicleaning.
  • Bila proses cleaning telah selesai maka klik Print Check Pattern untuk mengetahui hasil warna apakah telah sempurna atau masih bergaris dan mengalami masalah.
  • Jika memang sudah sempurna selanjutnya klik close atau cancel.

Apakah Anda juga ingin menggunakan kamera drone dengan dihubungkan dengan hp android? Silahkan simak ulasannya di Cara Menghubungkan Kamera Drone ke Hp Android.

2. Cara Cleaning Printer Epson

Untuk cara cleaning printer Canon sendiri sebetulnya tidak jauh berbeda dengan printer di Canon hanya ada beberapa menu yang terdapat di dalamnya yang agak sedikit berbeda. Berikut ini adalah tutorialnya:

  • Pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan Klik menu Windows > pilih menu Devices and Printer > Klik kanan di printer yang akan di cleaning > Printing preferences > pilih tab Maintenance > klik Head Cleaning.
  • Dilanjutkan dengan cara Klik start kemudian tunggu hingga proses cleaning selesai.
  • Wajib diingat bila pada saat Anda sedang melakukan cleaning printer maka jangan sampai Anda mematikan power printer dikarenakan akan dapat menyebabkan kerusakan secara permanen.
  • Bila printer telah selesai melakukan cleaning maka akan muncul menu Print Nozzle Check Pattern dan Finish. Saran dari saya, sebaiknya klik Print Nozzle untuk mengecek apakah semua tinta sudah keluar dengan sempurna atau belum.
  • Jika hasilnya masih bergaris maka Anda boleh melakukan cleaning lagi. Namun bila sudah sempurna maka Anda bisa klik finish untuk mengakhiri prosesnya.

3. Cara Cleaning Pinter Brother

Wajib Anda pahami tidak semua jenis printer harus terhubung dengan komputer ketika melakukan proses cleaning, contohnya saja seperti printer brother ini. Karena printer ini mempunyai tombol rahasia untuk dapat melakukan head cleaning yang tidak seperti printer lainnya.

Di bawah ini adalah tombol rahasia printer brother dan cara melakukan head cleaning.

  • Pertama yaitu dengan menekan tombol Menu, pilih mono lalu tekan tombol atas sebanyak 4 kali.
  • Berikutnya untuk cleaning printer tekan kode 76 untuk cleaning all atau kode 768 bila cleaning sebagian atau yang dipilih saja.
  • Selanjutnya jika printer sudah selesai cleaning, Anda dapat menekan tombol 09 untuk mengecek hasil cetakan.
  • Bila hasil cetakan sudah tidak bergaris atau pun telah sempurna seperti semula maka masukkan kode 99 untuk keluar.
  • Jika masih bergaris Anda boleh mengulangi langkah di atas maksimal 5 kali, karena jika Anda sudah mengulanginya hingga 5 kali, namun masih belum membuahkan hasil, sebaiknya hubungi service center terdekat Anda, daripada printer Anda tambah makin rusak.

Sekianlah cara cleaning printer yang sudah Nirvanaharapan rangkum khusus untuk Anda, bagaimana, mudah bukan? Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 − three =