Cara Reset Printer Epson L120, L130, L220, L310, L360, L365

Cara Reset Printer Epson L120, L130, L220, L310, L360, L365

Aktivitas harian di kantor atau di rumah, tentunya tak terlepas dari penggunaan printer. Contohnya untuk melakukan printing dokumen, foto dan hal lain sebagainya. Seperti yang kita ketahui, ada lumayan banyak jenis printer yang dapat ditemui, salah satunya yaitu Epson. Di sini saya akan memberikan tutorial mengenai cara reset Printer Epson L120, L130, L220, L310, L360, L365 secara otomatis.

Epson adalah merk printer yang boleh dibilang sudah senior. Telah banyak produk-produk baru mereka rilis, dan sudah digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Daftar Isi

Sekilas Sejarah Epson

Bila berbicara tentang Epson, maka tak terlepas pula dari negara Jepang. Karena Epson sendiri memang berasal dari sana. Daiwa Kogyo, didirikan pertama kali oleh Hisao Yamazaki di tahun 1942 yang awalnya lebih menekankan terhadap produksi jam tangan, yang disebut sebagai produk Seiko. Jam tangan Seiko terkenal akan keunggulannya yakni terletak pada presisi kinetik.

Seiko terus mengalami perkembangan menjadi bisnis usaha hingga sebelum tahun 70-an. Ketika itu, presiden Epson sekarang bernama Minoru Usui dengan 80 insinyur teknik yang dipilih ketat menemukan sebuah teknologi baru, yaitu Micro Piezo yang masih menggunakan teknik kerja mengenai jam Seiko.

Di tahun 1968, maka lahirlah sebuah printer EP-101. Printer pertama Epson yang dikenal semuanya berasal dari produk ini. Termasuk juga Epson L120 yang telah kita kenal.

Namun, dengan begitu banyaknya produk printer Epson, ada satu yang lumayan terkenal, yaitu Yakni Epson seri L120. Epson L120 adalah printer seri InkJet, yang memiliki ukuran ringkas dan ringan. Printer ini banyak sekali digunakan oleh orang-orang dikarenakan harganya murah.

Penyebab Error Epson L120

Layaknya seperti printer biasa pada umumnya, Epson L120 juga dapat muncul sebuah error tertentu. Contohnya saja seperti:

1. Printer Tidak Bisa Menarik Kertas

Bagaimana cara memasukkan kertas ke printer? Mudah kok. Cukup masukkan kertas ke printer lalu biarkan printer bekerja dengan sendirinya. Nanti akan secara otomatis kertas tertarik sebelum akhirnya proses cetak dimulai.

Masalah printer yang tidak bisa menarik kertas terkadang juga mau terjadi. Biasanya penyebabnya dikarenakan roller printer yang bermasalah sampai ada komponen lain yang rusak.

Pada printer Epson L120 masalah ini juga dapat terjadi. Kertas printer tidak dapat tertarik ke dalam dan proses cetak tidak bisa berjalan.

Masalah printer lampu berkedip ini bisa dikarenakan ada salah satu komponen rusak, bisa juga dari driver yang bermasalah (entah kurang cocok atau sejenisnya).

2. Tidak Bisa Mencetak

Tidak bisa mencetak, kertas tidak bisa tertarik, ataupun hasil lembarnya kosong (blank) dan hal lain sejenisnya. Boleh dibilang Universal. Bahkan ada pula yang kertasnya malah tersangkut di dalam printer tersebut.

Kebanyakan penyebabnya ada di roller atau software printer. Tak jarang hal itu bisa dari komponen lainnya.

3. Lampu Berkedip

Printer yang tidak merespon dengan disertai lampu led yang berkedip-kedip. Ini pun lumayan sering terjadi.

4. Not Responding

Not responding berarti tidak merespon. Maksudnya yaitu sistem yang tidak merespon dari sistem. Masalah ini terjadi kebanyakan sumbernya dari printer yang mengalami error penghantaran data saat mencetak.

Cirinya yakni, ketika muncul jendela print akan maka muncul pesan not responding, di mana jendela tersebut tak dapat diapa-apakan.

Apakah Anda juga ingin membersihkan printer? Yuk silahkan pelajari cara cleaning printer Epson.

Cara Reset Printer Epson L120

Terkhusus bagi yang belum mengetahui, semua masalah tersebut dapat diatasi hanya dengan satu solusi saja. Yakni dengan melakukan reset.

Reset merupakan sebuah metode yang digunakan untuk mengembalikan pengaturan printer. Dari yang sudah kita atur sendiri sebelumnya hingga ke pengaturan bawaan.

Bagi Anda yang mempunyai printer Epson L120 dan caranya pun hampir sama dengan yang seri L130, L220, L310, L360, L365, untuk itu Nirvanaharapan akan menjelaskan langkah demi langkah. Mari kita simak hingga akhir ya!

1. Cara Reset Epson L120 Secara Manual (Tanpa Software)

Langkah pertama bisa Anda lakukan dengan cara manual, dalam artian kita tidak memerlukan aplikasi tambahan. Berikut adalah caranya:

  • Pertama, silahkan cabut terlebih dahulu kabel power selama kurang lebih 5 menit.
  • Setelah itu, pasang kembali.
  • Kemudian coba Anda tekan tombol power, lalu tekan pula tombol resume(logo tinta) pada printer Epson L120.
  • Tahan tombolnya hingga 5 detik, kemudian lepas bila sudah.
  • Selanjutnya tekan dan tahan lagi tombol yang sama selama 3 detik, kemudian lepaskan.
  • Biarkan printer selama beberapa waktu, jika proses reset sukses, maka nantinya masalah pada printer akan normal kembali.

Cara manual ini sendiri sudah berdasarkan buku panduan resmi. Dari situs dalam maupun luar negeri juga telah merekomendasikan tutorialnya. Oh ya, sedikit gambaran. Pada printer Epson L120 memiliki dua tombol utama:

cara-reset-printer-epson-l120-01

Dari 2 tombol yang Anda lihat di atas lihat memiliki fungsinya masing-masing:

Tombol Kiri berfungsi untuk menyalakan dan mematikan printer. Saat lampu tombol tersebut menyala, ketika berkedip maksudnya printer sedang menerima data, menge-print dan sedang membersihkan head printer.

Tombol Kanan berfungsi untuk meneruskan proses print yang sedang terhenti. Saat lampunya berkedip, ada kemungkinan sebuah error tertentu. Tombol ini pun memiliki fungsi cancelation pada paper yang sedang dicetak.

2. Cara Reset Printer Epson L120 Secara Otomatis (Resetter)

cara-reset-printer-epson-l120-02
bukalapak.com

Jika masih belum berhasil, silahkan ikuti langkah selanjutnya dengan menggunakan software.

Software (aplikasi) untuk reset printer disebut sebagai resetter. Aplikasi ini didesain khusus untuk mengatur ulang semua pengaturan printer, baik itu yang bawaan ataupun yang diatur user.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama, download dulu resetternya : Resetter Printer Epson| Alternative.
  • Setelah aplikasi telah di simpan, silahkan ekstrak kemudian Anda jalankan aplikasinya.
  • Maka akan muncul sebuah jendela dialog. Di kolom model name, pilih printer yang sesuai. Untuk contoh disini kita pilih Epson L120.
  • Berikutnya pada kolom adjust, akan muncul fungsi-fungsi aplikasi yang dapat dipilih untuk menjalankan perintah tertentu di printer. Geser hingga masuk ke kolom maintenance kemudian pilih Waste Ink Pad Counter.
cara-reset-printer-epson-l120-03
icttechtips.wordpress.com
  • Setelah itu, klik OK untuk melanjutkan.
  • Selanjutnya akan muncul halaman Waste Ink Pad Counter. Silahkan Anda centang Main Pad Counter. Bila sudah, klik checkuntuk melanjutkan.
  • Tunggu hingga beberapa saat, aplikasi sementara akan menghitung jumlah total penggunaan printer.
  • Setelah muncul jumlahnya, silahkan Anda centang kembali di menu Main Pad Counterlalu klik Initialization.
  • Tunggu deh beberapa waktu, bila sudah berhasil, nantinya akan muncul notifikasi bahwa Anda wajib mematikan printer.
cara-reset-printer-epson-l120-04
icttechtips.wordpress.com

Jika sudah selesai, matikan saja printer seperti biasa kemudian nyalakan kembali. Maka dengan begitu posisi printer sekarang telah tereset. Demikian Anda hanya tinggal tes-tes lagi deh, masalah-masalah sebelumnya apakah sudah normal atau belum.

Note: Pada langkah 3, Anda dapat menyesuaikan sendiri seperti apa perintah yang ingin dipilih dalam metode reset printernya. Untuk yang dipilih sebelumnya adalah metode reset tinta*

Sekianlah yang dapat saya sampaikan mengenai bagaimana cara reset Printer Epson L120. Mudah-mudahan dengan adanya informasi ini bisa bermanfaat untuk para pembaca setia Nirvana Harapan. Terima kasih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × two =