7 Rekomendasi Website Animasi Gratis Untuk Tugas Kuliah

Video animasi bisa jadi solusi jitu untuk selesaikan tugas kuliah yang menuntut kreativitas dalam membuat konten. Kini mengerjakan animasi bukan lagi perkara susah. Sebab ada banyak sekali website animasi gratis yang bisa kita manfaatkan.

Kemunculan website animasi tentunya tidak terlepas dari kecanggihan dari teknologi. Keseluruhan aspek kegiatan manusia semakin mudah, dan juga ringkas akibatnya.

Selain menyelesaikan tugas kuliah, animasi juga bermanfaat untuk banyak hal. Contohnya saja konten media sosial, konten digital marketing, dan masih banyak lainnya.

Beberapa waktu lalu, animasi menjadi tantangan tersendiri. Karena proses pembuatannya yang rumit, butuh waktu lama serta menuntut kemampuan atau skill teknis yang khusus. Seperti menggambar.

Namun kini, siapa saja bisa berkreasi dan menciptakan animasinya sendiri dengan mudah. Berikut adalah rekomendasi website membuat animasi yang bisa Anda jajal secara gratis. Catat baik-baik informasinya, ya!

Pilihan Website Animasi Gratis Untuk Konten Kreatif

Video atau konten animasi menjadi kebutuhan di era serba digital seperti sekarang ini. Animasi yang interaktif dengan cepat menjadi populer. Hal ini juga dipengaruhi oleh rasa bosan seseorang menikmati konten yang itu-itu saja.

Khusus untuk tugas kuliah, menyajikannya dalam konten animasi bisa jadi nilai tambah, lho! Dalam lingkup perkuliahan, biasanya animasi dibutuhkan sebagai alat bantu presentasi.

Kalau kita bandingkan dengan PowerPoint yang statis, tentunya animasi interaktif jauh lebih menarik bukan? Untuk Anda yang ingin membuat animasi dengan berbagai keperluan konten.

Berikut kami sajikan pilihan website animasi gratis yang bisa Anda coba.

1. Powtoon

website animasi gratis
kaltim.tribunnews.com

Pertama sekali, ada website bernama Powtoon. Ini adalah situs online yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat animasi. Powtoon menyediakan begitu banyak template untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Ada template untuk bisnis, pemasaran, infografik, presentasi dan juga template untuk konten iklan. Setiap template ini tersedia secara gratis, Anda bisa mengeditnya sesuai kebutuhan.

Menambahkan teks, menambahkan gambar, memasukkan suara, atau menambahkan karakter untuk mendukung konten animasi. Hasil videonya bisa Anda bagikan langsung ke channel YouTube, atau media sosial lainnya.

Sayangnya, Powtoon versi gratis tidak mengizinkan Anda mengunduh video. Apabila menginginkan videonya tersimpan di perangkat, Anda harus berlangganan terlebih dahulu.

2. Biteable

Pilihan website animasi gratis yang kedua adalah Biteable. Konsep dan mekanisme kerjanya tak jauh berbeda dengan Powtoon. Ada banyak sekali template yang tersedia dengan kategorinya masing-masing.

Template bisnis, edukasi, atau konten untuk YouTube. Masing-masingnya tersedia gratis, cukup klik template dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Super simple dan ringkas!

3. Motionden

website animasi gratis
editorsdepot.com

Pilihan lainnya adalah Motionden. Sebelum menggunakan situs animasi online satu ini, Anda harus sign up dengan akun Google terlebih dahulu. Motionden sedikit berbeda daripada Powtoon atau juga Biteable.

Kedua situs tadi fokus untuk membuat konten, sedangkan Motionden lebih fokus untuk pembuatan intro YouTube, atau company profile, animasi logo dan kebutuhan opening video yang lainnya.

Website ini juga menyediakan template gratis. Ada banyak sekali pilihan yang tersedia. Meskipun gratis, kualitas kontennya tidak bisa Anda ragukan.

Outputnya keren dan juga menarik. Dijamin intro video atau company profile Anda berada pada level berbeda setelah menggunakan Motionden.

4. Video Scribe

Video animasi seringkali dihindari karena proses pembuatannya yang lama dan butuh kesabaran. Selain itu, biaya pembuatannya juga mahal. Makanya video animasi belum sepopuler seperti sekarang dalam beberapa tahun belakangan.

Konten-konten animasi hanya dipergunakan oleh perusahaan-perusahaan besar, yang memang memiliki dana cukup untuk proses produksinya. Kabar baiknya sekarang ini, membuat konten animasi bukan lagi perkara sulit.

Selain Motionden atau Powtoon, situs animasi online berikutnya yang bisa Anda coba adalah Videoscribe. Situs ini lebih cocok untuk membuat konten-konten bisnis dan promosi. Ada banyak fitur menarik yang tersedia gratis.

Hasil video atau outputnya bisa Anda simpan pada penyimpanan cloud. Tak cuma gratis dan simple, website ini juga menghemat penyimpanan.

5. Animaker

Urutan kelima ada website Animaker. Dari namanya saja, sudah jelas sekali apa kegunaan situs yang satu ini ya.
animaker.com

Urutan kelima ada website Animaker. Dari namanya saja, sudah jelas sekali apa kegunaan situs yang satu ini ya.

Untuk mahasiswa, atau tenaga pendidik yang membutuhkan konten animasi untuk alat bantu pembelajaran, Animaker adalah pilihan paling tepat daripada website-website tadi.

Beberapa keunggulan yang ada pada Animaker adalah, tampilan interface ramah terhadap anak-anak. Proses pembuatan animasi cepat dan praktis. Selain itu, situs ini telah menyediakan lebih dari 1000 template menarik.

Sayangnya, untuk menikmati berbagai fitur menarik yang terdapat pada Animaker, kita harus membayar dan berlangganan terlebih dahulu. Namun jangan khawatir, sebab biayanya tergolong murah. Mulai dari 15 ribu saja.

Uniknya lagi, bukan cuma konten yang bisa Anda sesuaikan, tetapi juga tersedia fitur untuk request harga. Keren sekali kan?

6. Visme.co

Rekomendasi website animasi gratis berikutnya adalah Visme.co. Situs pembuat animasi online ini punya sejumlah fitur, antaranya adalah template beragam serta fitur untuk bekerja bersama tim.

Dari sekian banyak website yang tersedia, Visme.co terbilang paling aman dalam menjaga data-data pengguna. Tak heran apabila situs ini digunakan oleh organisasi-organisasi skala internasional.

Proses pengoperasiannya tak kalah mudah daripada Animaker. Output animasinya juga terkonsep dengan baik dan menarik. Ini bukan pilihan yang buruk untuk menjawab kebutuhan Anda terhadap konten animasi.

7. Animoto

Terakhir, Anda bisa menggunakan website Animoto. Kualitasnya tak kalah keren daripada website sebelumnya.
softwarehow.com

Terakhir, Anda bisa menggunakan website Animoto. Kualitasnya tak kalah keren daripada website sebelumnya. Ada perpustakaan musik yang mengizinkan Anda memilih musik atau efek suara sesuka hati.

Sayangnya, website ini tidak ramah terhadap pemula. Sehingga butuh kesabaran dan proses secara perlahan agar bisa mengoperasikannya dengan maksimal.

Meskipun begitu, Animoto tetap jadi rekomendasi yang menarik.

Salah satu keunggulan yang tidak bisa Anda dapatkan dari situs lainnya adalah kemampuan untuk membuat konten-konten saintis.

Sehingga website ini sangat mendukung pembuatan video pembelajaran Biologi, Fisika, Kimia, Matematika bahkan Sejarah.

Tips Membuat Konten Animasi

Setelah tahu apa saja pilihan website animasi gratis, kini waktunya Anda untuk menuangkan kreativitas dan melahirkan karya yang bagus. Seputar konten animasi, ada beberapa tips yang bisa Anda jadikan panduan untuk membuatnya.

Pertama, tentukan dahulu apa tujuan dari konten yang Anda kerjakan. Selanjutnya, susun storyboard yang sesuai dengan tujuan dari konten.

Storyboard merupakan skrip atau alur cerita yang disertai dengan gambar. Fungsi storyboard adalah menggambarkan keseluruhan alur cerita, serta menjadi pedoman dalam pembuatan animasi.

Setelah storyboard selesai, Anda bisa memulai mengerjakan animasi menggunakan salah satu dari beberapa rekomendasi situs online tadi. Supaya video lebih menarik, tambahkan teks berisi penjelasan untuk mendukung konten.

Lalu tambahkan juga karakter atau ikon yang mendukung. Dengan begini, konten animasi Anda akan terkonsep dengan baik, sehingga hasil akhirnya akan sangat memuaskan.

Demikianlah rekomendasi website animasi gratis yang bisa kami bagikan. Semoga ini membantu ya!

Leave a Reply

ten + seven =