Theme Windows 11: Pilihan, Panduan, dan Aplikasi

theme windows 11
inet.detik.com

Theme windows 11 merupakan sistem operasi dari Microsoft terbaru dengan tampilan yang benar-benar segar. Hal ini tidak seperti  tampilan windows-windows sebelumnya yang membawa ciri khas dari sistem operasi dari Microsoft. Bagian yang mengejutkan adalah adanya fasilitas theme windows 11 yang memungkinkan pengguna untuk mengganti temanya.

Anda akan mendapatkan sebuah taskbar dengan tampilan shortcut menu yang terletak di sisi tengah alih-alih berada di kiri seperti sebelumnya. Tampilan taskbar ini tentu sangat mirip dengan sistem operasi dari MacOS. Tetapi tentu saja, Microsoft tetap mempertahankan menu taskbarnya dengan tile horizontal yang khas. 

Pilihan Default

Anda tentu semakin penasaran dengan tema-tema windows 11 yang bisa Anda nikmati, bukan? Maka, sebelum itu Anda bisa menyimak terlebih dahulu tema-tema yang tersedia itu seperti apa saja. Sehingga Ketika akan menggantinya Anda tidak bingung lagi menentukan tema windows 11 yang akan Anda gunakan. 

Setidaknya windows 11 dibekali tema default yang bisa langsung diterapkan dengan mudah oleh penggunanya. Berikut ini adalah beberapa tema dan ulasan singkat terkait tema tersebut untuk memberikan gambaran kepada Anda. 

1. Light Theme 

Tema default yang pertama kali akan Anda dapatkan adalah light theme. Seperti Namanya tema ini memiliki warna tema yang cenderung terang. Pada wallpapernya saja Anda akan mendapatkan gambar dengan warna biru muda yang berpadu dengan palet warna biru lainnya. 

Tone warna dari theme windows 11 ini cocok untuk penggunaan siang hari karena tone warnanya bisa terlihat jelas meski terkena sinar matahari. Bila Anda menyukai tone warna terang dan banyak menggunakan laptop di siang hari, maka Anda bisa memilih tema ini saja. 

2. Dark Theme 

Windows 11 juga menyediakan tema gelap yang akhir-akhir ini populer di kalangan masyarakat. Sebenarnya tone warna dari tema gelap ini tidak jauh berbeda dari tema terang karena tetap menggunakan tone warna biru. Tetapi pada tema gelap ini tone birunya menggunakan warna biru gelap. 

Untuk penggunaan wallpaper dari dark theme windows 11 ini juga sama, namun kali ini warnanya lebih gelap. Warna-warna gelap bisa membuat mata lebih nyaman Ketika penggunaan pada malam hari. 

3. Glow Theme 

tema kustom windows 11 3
www.108themes.com

Tema seperti ini merupakan tema yang sangat mencolok untuk mata karena tone warnanya menggunakan warna ungu, biru, dan merah secara bersamaan. Efek bersinarnya memang bisa memberikan ketenangan bagi pengguna tema kustom

Warna di glow theme Microsoft ini juga memberikan efek tema dua-tiga warna pada tampilannya. Anda yang bosan dengan satu warna saja pada satu jendela atau program bisa mencoba paket tema yang satu ini. 

Di sini Anda akan menikmati theme windows 11 dengan gradasi warna yang indah dari ungu, biru, dan merah. 

4. Captured Motion Theme

Tema yang satu ini merupakan tema yang juga mengangkat warna-warna gelap sebagai warna dasarnya. Bila dark theme di atas menggunakan warna tone dasar biru, maka tema captured motion ini menggunakan warna dasar hitam. 

Sehingga tema ini benar-benar menghadirkan kesan dark yang kuat. Tema seperti ini sangat cocok untuk penggunaan laptop di ruangan yang relatif gelap karena warnanya tidak menusuk di mata. 

Panduan Mengganti Tema  

Nah, berikut ini adalah ulasan terkait cara untuk mengganti theme windows 11 yang sekarang berjalan di sistem operasi Anda. Caranya sangatlah udah sehingga Anda tidak perlu bingung bila merasa asing dengan pengaturan sistem operasi Microsoft. 

1. Masuk ke Setting Windows 11 

Sesuai dengan tujuan Anda, yaitu mengganti tema kustom windows 11, maka silahkan memilih Theme atau Tema di bilah sisi kiri opsi
nesabamedia.com

Pertama-tama, untuk mengganti tema ini perlu masuk menu setting terlebih dahulu. Karena opsi untuk mengganti tema Windows ada pada menu tersebut lengkap dengan pilihan tema yang Anda inginkan. 

Setelah Anda membuka menu, maka Anda akan masuk ke jendela menu setting dengan banyak sekali pilihan untuk pengaturannya. Sesuai dengan tujuan Anda, yaitu mengganti tema kustom windows 11, maka silahkan memilih Theme atau Tema di bilah sisi kiri opsi. 

2. Memilih Tema

Setelah Anda masuk ke opsi menu, Anda akan mendapatkan tile-tile preview dari tema Windows 11. Preview ini memudahkan Anda untuk mengetahui seperti apa tampilan penggunaan tema tersebut di laptop Anda. Untuk mencoba tema kustom windows 11, Anda hanya perlu mengklik pada tile tema yang Anda suka. 

Berikutnya silahkan melihat seperti apa perubahan dari penerapan tema Windows 11 tersebut. Bila Anda sudah merasa cocok, maka Anda bisa menutup menu Settings dan melakukan pekerjaan seperti biasanya. 

Tetapi Anda juga bisa menerapkan beberapa pengaturan yang Anda inginkan pada tema yang sudah Anda pilih tersebut. Seperti mengganti gambar latar belakang, suara notifikasi, bentuk kursor, hingga warna tone dari tema tersebut. 

Aplikasi Rainmeter

Tema default windows 11 memang pada dasarnya tidak mengganti sebagian besar dari tampilan. Tentu hal tersebut tidak cocok dengan Anda yang menginginkan tema kustom yang bisa menyesuaikan semuanya secara keseluruhan. 

Anda tidak perlu khawatir tentang hal itu karena ada cara untuk mengubah tampilan Windows 11 secara drastis. Nah, berikut ini adalah ulasan yang bisa Anda ikuti untuk mengubah tampilan Anda menjadi lebih menarik dan modern. 

1. Menginstal Rainmeter 

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk memasang tema baru windows 11 adalah menginstal aplikasi bernama Rainmeter di laptop Anda. Aplikasi ini bisa Anda unduh secara gratis melalui link Rainmeter, desktop customization tool. Unduhlah versi terbaru dari Rainmeter agar fasilitasnya lengkap dan tidak mudah lagging. 

2. Menginstal Tema Kustom

Berikutnya Anda hanya perlu mencari tema yang bisa Anda gunakan untuk Rainmeter tersebut. Paket tema ini namanya adalah skin atau Rainmeter Skin. Anda bisa mengunduh paket tema tersebut dari situs manapun yang memiliki tema Rainmeter yang Anda suka. 

Tetapi situs yang paling banyak memiliki Rainmeter Skin paling bagus adalah DevianArt. Oleh karena itu, silahkan Anda menuju ke situs tersebut untuk mencari skin yang menarik. Jangan lupa untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu karena Anda tidak bisa mendownload tanpa mendaftar. 

Setelah proses download selesai, maka Anda bisa segera menginstalnya untuk menerapkan tema tersebut. Anda hanya perlu mengikuti petunjuk yang ada pada file skin tersebut dan menyesuaikan dengan selera Anda. 

Dengan aplikasi Rainmeter ini Anda bisa melakukan perubahan yang cukup signifikan dari tampilan dasar Windows 11. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan widget yang keren untuk mendukung produktivitas Anda. 

Demikianlah ulasan terkait perubahan theme windows 11 yang bisa Anda simak. Silakan menerapkan cara-cara di atas untuk mendapatkan tampilan yang lebih fresh dan keren. 

Leave a Reply

10 + seventeen =