7 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot Paling Mudah

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot Paling Mudah

Dalam mengatasi laptop lemot ternyata sangatlah mudah, namun sebelum menjelaskan bagaimana cara mengatasi laptop atau komputer yang lemot, sebaiknya Anda mengetahui dulu apa penyebabnya.

Penyebabnya tentunya beragam yang disebabkan berbagai oleh beberapa faktor dari laptop itu sendiri, namun disini akan dijelaskan penyebab laptop lemot yang lebih sering dijumpai dan paling umum terjadi. Semoga ulasan ini dapat membuat laptop Anda semakin cepat.

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot

Untuk bisa mengatasi laptop lemot, Anda harus tahu dulu penyebabnya supaya lebih mudah untuk mencari solusinya. Tenang saja, di bawah ini akan dijelaskan secara detail mengenai penyebab utama laptop atau komputer menjadi sangat lemot dan cara mengatasinya. Lantas, apa sajakah penyebabnya?

1. Terkena Virus atau Malware

Virus memang menjadi momok menakutkan bagi laptop Anda, karena virus mampu memperlambat sekaligus  dapat merusak laptop Anda. Maka dari itu, waspadailah virus ini terutama saat melakukan transfer data baik offline (Melalui Flashdisk) ataupun online (Download).

Selain membuat lemot laptop Anda karena kerusakan sistem, virus ini juga dapat merusak data-data penting yang ada pada laptop Anda.

Cara mengatasinya:
Gunakanlah antivirus untuk dapat melindungi laptop dari ancaman virus atau malware. Bila laptop atau komputer Anda telah terinfeksi oleh virus secara luas. Disarankan untuk melakukan Install Ulang Windows Anda. Ingat! Gunakanlah yang  Windows asli untuk melakukan install ulang. Setelah itu, Anda boleh mencoba tips berikut ini untuk bisa meminimalisir terinfeksi virus.

  • Update antivirus secara berkala.
  • Waspadai saat hendak mendownload dari internet, karena internet juga merupakan salah satu penyebar virus paling cepat.
  • Waspadai juga transfer data melalui Flashdisk, sebelum melakukan transfer data ada baiknya Flashdisk di scaning dulu menggunakan antivirus.

2. RAM Kecil

RAM atau Random Acces Memory adalah sebuah memori yang digunakan untuk menyimpan data sementara pada laptop saat menjalankan sebuah program.

Pastinya semakin banyak program yang Anda jalankan di satu waktu sangat membutuhkan memori RAM yang besar. Nah, disinilah biasanya penyebab laptop atau komputer menjadi sangat lambat.

Cara Mengatasinya:
Bila laptop Anda mengalami lemot saat menjalankan program sekaligus, Anda wajib untuk  menambah kapasitas RAM pada laptop menjadi lebih besar supaya proses multitasking berjalan dengan lancar dan tanpa lemot.

Biasanya untuk harga RAM sendiri cukup bervariasi, dari harga yang murah sampai yang mahal, tergantung dari merek dan kapasitas dari RAM-nya. Silahkan Anda sesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

3. Install dan Menjalankan Program yang Berat

Salah satu penyebab laptop lemot berikutnya adalah menginstall dan menjalankan program yang berat. Tentunya hal ini sangat berpengaruh terhadap performa laptop Anda yang semakin lelet saat dijalankan.

Cara Mengatasinya:
Cara mengatasinya adalah dengan menghapus program berat yang dijalankan. Benar sekali, tidak ada jalan lain selain melakukan penghapusan aplikasi ataupun program tersebut.

4. Banyak Program yang Terinstall di Laptop

Ternyata memiliki banyak program atau aplikasi yang terinstall pada laptop berpengaruh besar untuk performa laptop loh. Terlebih jika RAM Laptop Anda kecil, sudah dapat dipastikan bahwa laptop Anda akan lemot.

Cara Mengatasinya:
Anda mulai dengan memilah mana aplikasi yang sering digunakan dan aplikasi jarang digunakan. Setelah itu Anda mulai dengan menghapusnya dari laptop Anda supaya laptop kembali ke performa awal.

5. Hard Disk Penuh

Dengan banyaknya data di laptop pastinya sangat berpengaruh terhadap performa laptop Anda. Pernah membaca di dalam sebuah artikel terkait teknologi bahwa harddisk yang penuh di atas 95% akan dapat memperlambat performa laptop sampai 50%.

Cara Mengatasinya:
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda seharusnya memilih mana aplikasi dan data yang penting atau tidak penting. Mungkin Anda membutuhkan harddisk eksternal untuk dapat menyimpan data-data tersebut.

7. Terlalu Banyak Browser Tabs yang Dibuka

Kami sangat percaya apabila terlalu banyak membuka tab di browser akan dapat menguras RAM laptop Anda. Hal sangat berdampak pada performa laptop Anda yang kian hari semakin lemot.

Cara Mengatasinya:
Untuk bisa mengatasi laptop lemot karena terlalu banyak browser tab yang dibuka yaitu dengan meminimalisir membuka tab browser.

7. Jarang Melakukan Update Windows

Pasti Anda sangat malas dalam melakukan update windows bukan? Ternyata hal ini juga bisa berdampak pada performa laptop Anda. Tidak percaya? Silahkan buktikan saja.

Cara Mengatasinya:
Cara mengatasinya adalah dengan melakukan update windows secara berkala supaya performa laptop Anda akan tetap prima. Bagi Anda pengguna Windows 10 akan lebih dimudahkan, karena akan diupdate secara otomatis.

Kesimpulan

Sebenarnya dalam mengatasi laptop lemot merupakan hal yang sangat mudah bila kita mengetahui terlebih dahulu apa penyebab-penyebab utamanya. Di atas, sudah diterangkan beberapa penyebab utama yang paling sering ditemukan pada laptop yang lemot. Silahkan Anda mulai analisis sendiri terhadap laptop Anda, termasuk ke bagian yang mana.

Demikianlah ulasan yang dapat saya bagikan terkait penyebab dan cara mengatasi laptop lemot dengan mudah. Sekian dan terima kasih.

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *