Pengertian RAM dan ROM, Beserta Jenis-jenis dan Fungsinya Pada Komputer

Pengertian RAM dan ROM, Beserta Jenis-jenis dan Fungsinya Pada Komputer

Pengertian RAM dan ROM – Bila Anda sering menggunakan gadget di dalam keseharian, setidaknya Anda juga pernah mendengar kata RAM dan ROM. Nah,untuk itu melalui tulisan ini akan jelaskan informasi untuk Anda semuanya terkait apa saja sih sebenarnya pengertian RAM dan ROM, jenis-jenis, dan fungsinya pada komputer.

Pengertian RAM dan ROM

Istilah RAM dan ROM memang sangat sering dipakai dalam dunia teknologi sebagai media penyimpanan data komputer. Meskipun begitu, ternyata kedua dari istilah tersebut tentunya memiliki perbedaan. Untuk itu mari kita membahasnya dalam blog teknologi ini supaya semakin banyak yang mengetahuinya.

√ Pengertian RAM

pengertian-ram

RAM (Random Access Memory) merupakan sebuah hardware komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data komputer yang bersifat instruksi program.

Biasanya data akan dapat diakses secara acak atau tidak, tergantung pada tata letaknya. Uniknya, data dalam komputer akan hilang bila komputer dinonaktifkan atau daya listrik dicabut dari perangkat komputer.

Hal yang Anda harus pahami mengenai RAM adalah kapasitas RAM di dalam suatu perangkat komputer sangat berpengaruh melalui tingkat kecepatan proses data atau loading di dalam komputer. Maka, untuk Anda yang hendak membeli sebuah komputer / laptop sebaiknya untuk memperhatikan hal ini supaya proses penyimpanan data, membuka data, menjalankan program akan semakin cepat sesuai dengan kapasitas RAM komputer / laptop Anda.

√ Fungsi RAM

Dengan melihat penjelasan di atas, sebenarnya Anda sudah dapat menangkap gambaran fungsi dari RAM tersebut. Bukankah begitu, sobat? Tetapi, untuk lebih jelasnya Anda dapat melihatnya di bawah ini.

  • Membaca Data

Semua data yang tersimpan dalam Harddisk komputer Anda dapat dibuka lebih cepat karena adanya RAM. Saat program / file dibuka, maka data akan dibaca dan disimpan dalam RAM untuk sementara waktu sehingga proses membuka program / file akan bisa lebih cepat.

  • Penyimpanan Data Sementara

RAM juga memiliki fungsi sebagai media penyimpanan sementara saat menjalankan program pada komputer. Misalnya Anda sedang mengerjakan tugas kuliah dengan menggunakan Microsoft Word, meskipun komputer telah menyimpan data sementara tugas kuliah Anda, akan tetapi Anda wajib menyimpan secara permanen supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti listrik padam yang mengakibatkan komputer Anda mati saat seketika, dan bila sudah begitu data tugas kuliah jika tidak disimpan secara permanen akan hilang ketika komputer mati.

√ Jenis-jenis RAM

Ada 5 jenis RAM yang akan dijelaskan di bawah ini. Berikut ini penjelasannya!

  • Dynamic RAM (D Ram)

Dynamic RAM adalah RAM yang dapat disegarkan (refresh) oleh CPU secara berkala supaya data yang ada di dalamnya tidak akan hilang.

  • S RAM

S RAM (Static Random Access Memory) adalah RAM yang dapat menyimpan data tanpa harus melakukan penyegaran (refresh) oleh CPU. Dengan seperti itu proses kerjanya menjadi lebih cepat.

  • SD RAM

SD RAM (Sychronous Dynamic Random Access Memory) adalah RAM lanjutan dari D RAM, akan tetapi telah mengalami sinkronisasi oleh sistem. Biasanya lebih cepat proses kerjanya dibandingkan D RAM.

  • DDR RAM

DDR RAM (Double Date Rate Random Access Memory) adalah RAM lanjutan dari SD RAM. Saat ini DDR RAM memiliki generasi terbaru yakni DDR2 dan DDR3 dan kemungkinan generasi terbaru akan terus berlanjut dengan berkembangnya teknologi  sekarang ini.

  • RDR RAM

RDR RAM (Rambus Dynamic Random Access Memory) adalah RAM yang dari segi harga lebih mahal daripada SD RAM, tetapi memiliki kecepatan yang lebih unggul.

√ Pengertian ROM

pengertian-rom

ROM (Ready Only Memory) merupakan media penyimpanan data di dalam komputer yang sifatnya permanen, yang berarti program / data yang disimpan di dalam ROM tidak akan mudah hilang atau berubah walaupun aliran listrik dalam keadaan mati.

Dari pengertian ROM di atas, akan sangat terlihat jelas sekali perbedaan RAM dan ROM. Jika RAM bersifat sementara, sedangkan ROM bersifat permanen.

√ Fungsi ROM

ROM termasuk dalam hardware komputer berupa chip memori semi konduktor. ROM sendiri berisi program-program default dari pabrik sehingga biasanya hanya akan digunakan untuk menyimpan firmware berupa perangkat lunak atau software. Perangkat lunak yang biasa mengisi ROM adalah BIOS (Basic Input Out System).

√ Jenis-Jenis ROM

Karena sifatnya yang permanen, maka sistem penyimpanan ROM sering dijadikan sebagai alternatif oleh kebanyakan orang dalam menyimpan dokumen penting. Berikut jenis-jenis ROM yang umum digunakan yaitu:

  • Stock ROM

Stock ROM adalah bawaan dari sistem operasi dan belum mendapatkan modifikasi. Stock ROM berisi tampilan yang masih standar pabrik dan belum banyak mengalami pengembangan.

  • Custom ROM

Untuk Custom ROM sangat cocok dalam menyimpan data-data penting perusahaan karena dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan.

Demikianlah ulasan yang dapat saya sampaikan terkait Pengertian RAM dan ROM, Beserta Jenis-jenis, dan fungsinya pada komputer. Semoga informasi ini dapat menambahkan pemahaman sobat bermanfaat dan terima kasih juga sudah bersedia membaca tulisan ini sampai akhir.

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *