Kode Remote TV LG

Hai Sobat Nirvanaharapan, kali ini saya mau membahas mengenai kode remote TV LG hingga cara melakukan settingannya. Oleh karena itu, pernah Anda mendengar seputar kode remot TV?

Nah, biasanya kode remote TV ini diperlukan disaat kita mau mengatur / setting remot supaya agar dapat digunakan pada televisi secara normal. Umumnya kode remot ini digunakan ketika remote yang bawaannya telah rusak.

Tentang Merk TV LG

merk tv lg
amazon.com

Merk TV LG kini memang dikenal sebagai salah satu merk TV terbaik dengan memiliki kualitas yang bagus dan juga awet. TV LG ini adalah sebuah produk yang berasal dari perusahaan elektronik multinasional negara Korea Selatan.

Sedangkan untuk letak kantor berpusat di kota Seoul, Korea Selatan, sementara terhadap pasar Indonesia diurus oleh LG Electronics Indonesia.

Ada banyak gadget maupun produk elektronik yang telah dihasilkan oleh LG ini. Misalnya seperti smartphone, komputer, AC, peralatan rumah tangga, kulkas, mesin cuci, hingga TV.

Sementara untuk merk TV LG tersedia dengan banyak varian, yakni mulai dari TV tabung, TV LCD, TV LED dan TV slim.

Nah, kali ini akan dibahas terkait kode remote TV LG, baik itu berupa tabung, LCD, LED maupun slim hingga cara melakukan setting remot TV LG dengan benar.

Namun, terkadang yang sering menjadi salah satu masalah yang dialami oleh pemilik TV yaitu saat remot TV telah rusak ataupun hilang. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa jarang ada produsen TV yang hanya menjual remot saja, termasuk pula LG.

Jadi, bagaimana apabila remote TV LG yang aslinya sudah rusak?

Untuk solusinya kita boleh membeli remot TV universal / joker yang mana ini dapat dipakai untuk semua merk TV yang tersedia.

Agar bisa nantinya digunakan di LG, maka perlu untuk melakukan setting dan kode remot khusus yang wajib dimasukkan. Kode remot joker ini tersedia pada semua merk TV, termasuk merk LG.

Sehingga, biasanya kode remot joker TV LG memiliki 3 digit angka. Dimana setiap TV bisa mempunyai banyak kode yang sesuai, dan Anda hanya tinggal mencoba mana yang bekerja maupun yang tidak.

Selain itu, cara setting remot TV juga wajib diperhatikan supaya remot TV joker ini dapat bekerja dengan baik pada TV kita.

Kode Remote TV LG Tabung Beserta Cara Settingnya

kode remote tv lg tabung
continentelec.co.uk

Televisi di era sekarang ini, kini menjadi kebutuhan pokok yang tentunya ada di setiap rumah-rumah. TV ini juga bukanlah benda mahal atau mewah untuk setiap orang karena berbeda saat tahun 1900an karena di saat itu TV menjadi barang yang langka dan mewah, yang memang tak semua orang bisa memilikinya.

Belakangan ini TV terbaru telah menggunakan teknologi flat dan jenis Televisi ini kemudian banyak dipakai oleh masyarakat. Akan tetapi, TV jenis ini terbilang masih cukup mahal. Disamping itu, perawatannya pun kian lebih sulit daripada TV tabung.

Akan tetapi, untuk golongan menengah ke bawah, TV jenis tabung justru masih menjadi hiburan yang lebih menarik saat di rumah. Karena TV jenis ini terbilang kuat dan tidak mudah rusak. Meskipun terdapat kerusakan, hanya dengan membawanya tempat reparasi terdekat, maka akan bagus kembali.

Tetapi biasanya, untuk perangkat TV tabung seperti remot lebih gampang rusaknya.

Kini banyak orang kemudian menggantinya dengan remot universal yang dapat dengan mudah diperoleh di mana saja. Disamping itu, alat ini juga bisa diperoleh dengan harga lebih murah yakni 20 ribuan. Jelas memang sangat terjangkau daripada mesti membeli remot yang asli / TV baru.

Untuk lebih jelas, berikut ini adalah kode remote TV LG tabung untuk alat elektronik di rumah Anda :

Kode Remot TV LG Tabung

024 ⁕ 040 ⁕ 043 ⁕ 103 ⁕ 140 ⁕ 259 ⁕ 260 ⁕ 261

Kode Remot TV LG LCD

024 ⁕ 140

Dari kode diatas Anda boleh memasukkannya pada remote universal / joker yang sudah dibeli sebelumnya. Terdapat beberapa kode yang berlaku untuk TV LG jenis tabung maupun LCD. Tak perlu khawatir, sebab jika salah dalam memasukkan kode, maka tidak akan mengakibatkan kerusakan apapun.

Namun, jika Anda salah dalam menggunakan kode remot TV LG tabung, biasanya TV Anda tidak akan merespon sesuai dengan perintah yang kita berikan.

Jika demikian, maka silahkan Anda beralih ke kode remot TV LG tabung yang lainnya.

Cara Setting Kode Remot TV LG

Dengan adanya kerusakan terhadap remot TV tabung, inilah yang menjadikan peluang bagi para produsen pembuat remot tv universal dalam membuat remote terhadap berbagai macam merk TV. Maka, dengan begitu pemilik TV tidak bingung lagi mencari model remot yang sama dengan merk TV miliknya.

Biasanya remote TV universal ini hanya perlu beberapa langkah saja untuk melakukan setting dan memasukkan kode remote TV LG supaya dapat digunakan untuk televisi Anda.

Sebetulnya cara setting remote tv universal ini sangatlah mudah dan simpel banget, karena biasanya saat sudah membeli remot akan ada kertas panduan yang biasa Anda pakai untuk melakukan setting tv sesuai merknya. Selain itu, tidak butuh waktu lama dalam memahami panduan di kertas tersebut.

Akan tetapi, jika sudah tidak lagi menyimpan kertas panduan dari TV milik Anda, berikut ini adalah panduan cara setting kode remote TV LG tabung yang dapat Anda coba lakukan :

  • Silahkan Anda cari kode remote LG, lalu siapkan 3 digit kodenya.
  • Sesuai buku panduan yang ada yaitu : 024 ⁕ 040 ⁕ 043 ⁕ 103 ⁕ 140 ⁕ 259 ⁕ 260 ⁕ 261.
  • Kemudian tekan tombol set (tahan dan jangan dilepas).
  • Setelah itu, tekan tombol power dan tunggu hingga lampu menyala.
  • Nah, setelah lampu menyala, maka lepaskan jari dari kedua tombol tersebut.
  • Mulailah dengan menekan kode remote LG misalnya 260, tekan tombol angka 2, angka 6, dan angka 0.
  • Jika sudah selesai ditekan, maka biasanya lampu akan mati dan remot TV sudah dapat digunakan.
  • Selesai deh!

Cara Setting Remote TV Secara Otomatis Menggunakan Tombol Volume

Cara yang satu ini adalah metode alternatif dalam melakukan setting remote tv tanpa perlu memasukkan kode remote. Hal ini bisa efektif selagi Anda sabar dalam melakukannya hingga remot Anda betul-betul tersinkronisasi dengan Televisi.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya, mari kita simak dengan seksama :

  • Langkah pertama adalah Anda mulai menyalakan TV.
  • Kemudian dekatkan remote pada indikator lampu di TV.
  • Lalu tekan tombol Set, dan tunggu sampai lampu indikator remote tersebut menyala.
  • Setelah itu, tekan tombol Vol + secara berulang kali sampai muncul indikator volume di layar TV.
  • Selanjutnya Anda tekan tombol Vol –, apabila volume indikator TV berkurang, itu artinya sudah berhasil di setting. Namun jika belum, maka ulangi lagi langkah-langkah diatas.
  • Nah, apabila sudah selesai, silahkan tekan tombol Set hingga lampu indikator remote nya mati.

Kedua cara diatas dapat Anda lakukan untuk mensetting remote TV LG kesayangan Anda. Kode remote TV LG tabung diatas sebetulnya telah dirilis sejak awal dari pabrikannya. Akan tetapi, kemudian remot jenis universal ini juga memungkinkan kode tersebut dapat berlaku pada sistemnya.

Nah, sudah jelaskan?

Anda nggak perlu lagi bingung karena tidak bisa menonton sinetron / TV series favorit Anda tanpa menggunakan remot. Sebab hanya dengan memasukkan kode yang tepat, maka Anda akan bisa tetap menonton TV sambil rebahan hanya dengan adanya remote di genggaman tangan.

Penyebab Remot TV LG Tidak Bisa Berfungsi

Maksud dari tidak berfungsi disini yaitu saat Anda telah memasukan kode remot diatas, namun tidak ada respon / tidak berfungsi. Di bawah ini adalah penyebab beserta cara mengatasinya :

1. Kode Remote Tidak Cocok

Salah satu penyebab umum yang kerap terjadi yakni karena kode remote itu sendiri tidak cocok. Diatas sudah diberikan beberapa kode remot dengan masing-masing terdiri dari 3 digit angka. Jadi Anda boleh mencoba memasukan kode remote lain yang lebih tepat.

2. Sensor Remote Rusak

Meski hal ini sangat jarang terjadi, tidak berarti bahwa sensor remot tidak akan rusak. Anda bisa mengetahui tanda kerusakan pada sensor remot tersebut yakni dengan membaca artikel yang telah disediakan ini terkait penyebab tv tidak merespon remote.

3. Baterai Remot Habis

Terkadang hal ini seringkali tidak kita sadari, maka tak jarang remot tidak berfungsi karena disebabkan baterainya yang telah habis atau bisa jadi karena longgar. Untuk itu Anda boleh coba ganti baterai remot dengan yang baru, dan Anda juga dapat mengganjal baterai tersebut apabila memang ada yang longgar.

Harga Remot TV LG Terbaru

harga remote lg asli
Harga remote LG asli di Tokopedia

1. Remot TV LG LED

Untuk sekarang ini, harga remote tv LED LG dijual dengan harga yang cukup bervariasi. Harganya pun mulai dari yang termurah sekitar 15 ribuan hingga 80 ribuan. Anda dapat membelinya lewat toko offline (toko elektronik sekitar) ataupun online (yang memang belum termasuk ongkir).

2. Remot TV LG Tabung

Sementara untuk versi yang tabungnya dijual dengan harga yang lebih murah daripada yang LED maupun LCD, yakni mulai dari 10 ribuan hingga 20 ribuan. Anda bisa temukan di toko online (belum termasuk ongkir) maupun offline (toko elektronik sekitar rumah Anda). Sedangkan harga tergantung pada kualitas dan tempat Anda membelinya.

Sekianlah pembahasan kita terkait kode remote TV LG yang dapat Nirvanaharapan sampaikan dalam postingan kali ini. Bagaimana sangat gampang bukan? Mulai dari TV tabung hingga TV LCD / LED rilis terbaru. Untuk Anda yang pengguna TV merk LG diatas, kode remotnya boleh coba di tes.

Oh ya, untuk remot juga ada lebih dari satu kode remot TV, yang berarti jika salah satu dari kode diatas tidak bisa, maka Anda mesti mencoba kode yang lainnya. Oke, cukup sekian semoga remotnya bisa aktif ya!

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

three × 5 =