Frekuensi TV One

Dalam mencari frekuensi TV One memang terbilang susah jika kita tidak mengetahui bagaimana cara melakukan tracking sinyal satelit secara efisien. Sebetulnya hal itu mudah sekali hanya dengan sedikit trik khusus yang biasanya dilakukan oleh tracker sejati.

TV One menjadi salah satu stasiun televisi yang lebih dominan dengan menyiarkan program acara berita nasional dan internasional. Selain itu, kadang juga menayangkan live olahraga seperti sepak bola dan tinju. Inilah yang menjadikan channel ini sering kali diburu oleh para penggemar olahraga di tanah air.

Tahukah Anda bahwa TV One memiliki misi agar menjadi stasiun televisi berita dan olahraga nomor satu di Indonesia. Lumayan lah, bisa menjadi salah satu channel alternatif yang boleh kita tonton di rumah.

Sejarah Berdirinya TV One

sejarah tv one
foursquare.com

tvOne atau sebelumnya bernama Lativi ini merupakan sebuah stasiun TV nasional di Tanah Air. Berawal dari nama Lativi, untuk stasiun televisi ini sendiri didirikan oleh Abdul Latief dan dimiliki oleh ALatief Corporation pada tanggal 30 Juli 2002 pukul 16:00 WIB.

Ketika itu, untuk konsep penyusunan acaranya sendiri adalah banyak menonjolkan masalah terkait klenik, erotisme, berita kriminalitas dan adapun beberapa hiburan ringan lainnya. Sebagian sahamnya pun dimiliki oleh Grup Bakrie yang juga mempunyai stasiun televisi ANTV sejak tahun 2006.

Pada pukul 19.30 WIB tanggal 14 Februari 2008 silam, adalah hari yang bersejarah, sebab pada saat itu Lativi secara resmi sudah berganti nama menjadi tvOne.

Ketika peresmiannya tersebut dilakukan langsung oleh Presiden RI waktu itu, yaitu Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Pada masa itu, TV One menjadi stasiun TV pertama di Indonesia, yang secara langsung diresmikan oleh Presiden RI.

Secara progresif TV One menjadi inspirasi bagi masyarakat di Indonesia, terutama bagi kalangan usia di atas 15 tahun. Hal ini supaya bisa berpikiran lebih maju dan dapat melakukan perbaikan-perbaikan. Baik itu buat diri sendiri, maupun kepada masyarakat sekitar, agar dapat bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

Ada berbagai jenis program yang terdapat di TV One ini, baik itu dalam skala nasional maupun Internasional. Sedangkan untuk komposisi siarannya adalah 70% berita, dan sisanya diisi oleh program olahraga dan hiburan.

TV One sendiri mempunyai tag line “MEMANG BEDA,” yaitu karena TV One memberikan informasi-informasi yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia dengan cara yang berbeda dan belum pernah terpikirkan sebelumnya. Sehingga sangat menarik untuk ditonton.

Frekuensi TV One C-Band

Untuk frekuensi TVOne melalui jalur spektrum C-Band. Dimana ini disiarkan secara Free To Air mengudara di 3 satelit, yakni Palapa D, Telkom 4 dan Nusantara Satu. Pada jenis frekuensi C Band ini memang lebih tahan dari gangguan cuaca, sehingga kita dapat menyaksikan semua tayangan non stop selama 24 jam.

Akan tetapi, jalur C Band hanya dapat diperoleh dengan memakai parabola Besar baik itu tipe jaring ataupun solid. Langsung saja, berikut ini adalah frekuensi TV One terbaru untuk semua satelit C Band :

SatelitPalapa D
JenisParabola Besar
TipeFree To Air
Frekuensi3786
Koordinat113.0 E
PolaritasH
KualitasSD
Simbol Rate5632
SistemMPEG 2
SatelitTelkom 4
JenisParabola Besar
TipeFree To Air
Frekuensi4020
Koordinat108.0 E
PolaritasV
KualitasSD
Simbol Rate32727
SistemMPEG 4
SatelitTelkom 4
JenisParabola Besar
TipeFree To Air
Frekuensi3720
Koordinat108.0 E
PolaritasH
KualitasSD
Simbol Rate32727
SistemMPEG 4
SatelitNusantara Satu
JenisParabola Besar
TipeFree To Air
Frekuensi4010
Koordinat146.0 E
PolaritasH
KualitasSD
Simbol Rate9000
SistemMPEG 2

TV One ini sendiri menjadi stasiun televisi pertama yang kali mengudara pada satelit Nusantara Satu yang masih tergolong baru menempati Orbit Bumi. Untuk kedepannya, diharapkan siaran lain juga bisa ikut menyusul dalam mengisi slot kosong di Nusantara Satu ini.

Frekuensi TV One Ku Band

frekuensi tv one ku band

Frekuensi TVOne pada jalur Ku Band kini memang tengah populer dan banyak diburu oleh masyarakat di Tanah Air. Hal tersebut didukung karena model spektrum Ku Band sudah dapat ditangkap hanya dengan menggunakan antena parabola mini dengan ukuran minimal 45 cm.

Karena simpel, banyak orang lebih menyukai parabola mini. Nah, bagaimana dengan Anda?

Berikut ini adalah daftar frekuensi TV One pada jalur Ku Band :

SatelitJCSAT 4B
JenisParabola Mini
TipeFree To Air
Frekuensi12490
Koordinat124.0 E
PolaritasH
KualitasSD
Simbol Rate30000
SistemMPEG 4
SatelitChinasat 11
JenisParabola Mini
TipeFree To Air
Frekuensi12560
Koordinat98.0 E
PolaritasV
KualitasSD
Simbol Rate43200
SistemMPEG 4
SatelitThaicom 4
JenisParabola Mini
TipeFree To Air
Frekuensi11686
Koordinat119.5 E
PolaritasV
KualitasSD
Simbol Rate6666
SistemMPEG 4
SatelitMeasat 3a
JenisParabola Mini
TipeFree To Air
Frekuensi12436
Koordinat91.4 E
PolaritasH
KualitasSD
Simbol Rate31000
SistemMPEG 4

Untuk satelit di atas menayangkan TV One secara Free To Air, memang ada pula beberapa satelit lainnya yang bundling dengan STB Rekomendasi.

Oleh sebab itu, Channel TV One ini hanya dapat ditonton dengan Decoder dari provider. Jadi, disini tidak akan kita bahas lebih lanjut.

Frekuensi TV One Jalur UHF

Selain itu, TV One juga hadir di jalur UHF Analog dengan menjangkau beberapa kota besar di Indonesia. Hal tersebut bertujuan agar tetap mendukung masyarakat kecil yang belum memiliki dana untuk beralih ke Digital.

Seperti yang kita ketahui, sinyal UHF mempunyai banyak kelemahan seperti gambar yang tidak jelas sebab noise dan suaranya pun kurang bagus.

Nah, berikut ini adalah frekuensi TV One terbaru di kanal UHF :

  • Ambon > 22 UHF
  • Aceh > 44 UHF
  • Batam > 23 UHF
  • Bandung > 48 UHF
  • Bengkulu > 44 UHF
  • Banjarmasin > 26 UHF
  • Cirebon > 52 UHF
  • Denpasar > 41 UHF
  • Gorontalo > 46 UHF
  • Garut > 48 UHF
  • Jambi > 39 UHF
  • Jakarta > 53 UHF
  • Jayapura > 53 UHF
  • Kendari > 51 UHF
  • Kediri > 52 UHF
  • Kolaka > 53 UHF
  • Kuningan > 53 UHF
  • Lampung > 55 UHF
  • Makassar > 47 UHF
  • Majalengka > 54 UHF

Disarankan ada baiknya Anda menabung sedikit untuk bisa membeli antena parabola mini yang relatif terjangkau. Sehingga dengan begitu keluarga di rumah dapat menonton TV dengan lebih leluasa lewat tayangan yang super jernih.

Program Unggulan TV One

program unggulan tv one
dara.co.id

Tentunya setiap stasiun TV mempunyai program-program tersendiri, termasuk juga TV One. Dengan adanya jutaan penonton setiap hari, ada berbagai program menarik yang dapat ditemukan yakni mulai dari berita hingga olahraga.

Contohnya seperti Kabar Terkini, Kabar Pagi, Kabar Pasar, Kabar Siang, Kabar Petang dan Kabar Malam.

Siaran tvOne terkenal dengan program acara Indonesia Lawyers Club yang dipandu oleh Karni Ilyas. Dimana program talkshow ini membahas topik hangat di masyarakat dengan berbagai sudut pandang.

Sedangkan untuk tamunya paling sering adalah dari kalangan-kalangan penting. Misalnya ahli, pengusaha sampai politisi terkenal. Namun sepertinya baru TV One di Indonesia yang mempunyai jenis acara seperti ini.

Selain itu, stasiun TV ini juga menjadi favorit bagi para pecinta olahraga beladiri berkat program MMA (One Pride Mixed Martial) dan World Boxing.

Kemudian TV One juga sering menayangkan pertandingan sepak bola seperti dalam maupun luar negeri. Maka tak heran apabila siaran tvOne hilang di parabola, pastinya banyak yang mencari frekuensi dan biss key terbaru.

Cara Mencari TV One yang Menghilang

Terkadang juga sering kali siaran TV One tiba-tiba gelap tanpa ada sebab yang jelas. Sehingga banyak bertanya kenapa TV One bisa menghilang di parabola?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, Nirvanaharapan akan bahas satu persatu masalah yang mungkin menjadi penyebabnya. Sehingga tidak perlu terburu-buru dalam mengotak atik arah parabola ataupun pengaturan decoder.

Untuk itu silahkan Anda tanyakan dulu ke tetangga yang menargetkan satelit yang sama, apakah TV One milik mereka juga hilang. Kalau jawabannya tidak, maka itu berarti peralatan Anda yang tengah bermasalah. Tapi kalau jawabannya sebaliknya yakni iya, maka itu berarti TV One hilang berjamaah di seluruh Indonesia.

Ada kemungkinan hal tersebut dikarenakan beberapa hal di bawah ini :

1. Ganti Frekuensi dan Pindah Satelit

Seperti yang sudah terjadi di bulan Juni 2020 lalu, banyak siaran yang migrasi dari satelit Palapa D ke satelit Telkom 4, termasuk salah satunya adalah TV One. Oleh sebab itu, kita wajib lakukan tracking ulang, mengarahkan parabola dari satelit Palapa D ke satelit Telkom 4. Anda dapat memasukkan frekuensi TV One diatas atau dengan pindai buta Telkom 4.

2. Siaran Teracak

Seperti dari kebanyakan channel TV lainnya, TV One pasti akan gelap ketika menayangkan turnamen olahraga sepak bola maupun tinju.

Alasannya utamanya adalah karena Hak Siar, Sebab TV One hanya boleh menyiarkan lewat antena UHF, dan inilah kenapa layanan melalui satelit maupun TV streaming pasti teracak.

Kalau di parabola untuk membuka siarannya kembali, maka kita wajib melihat dulu jenis acakan yang dipakai. Jika hanya BISS itu berarti boleh dibuka dengan bisskey terbaru, dan bisa di cari melalui grup forum satelit.

Sedangkan kalau XCrypt ya pasrah, sebab tracker menyebutnya sebagai acakan maut karena belum bisa dibobol.

3. Berhenti Siaran

TV One termasuk sebagai channel yang adem ayem, yakni jarang ganti frekuensi atau tutup tirai. Walaupun begitu tak menutup kemungkinan bahwa suatu saat akan berhenti siaran melalui satelit tertentu. Katakanlah beberapa bulan yang lalu siaran TV One hilang pada satelit SES 9 transponder 11024 V.

Maka solusi terbaik dalam mengatasi masalah tersebut adalah dengan lock satelit lain yang masih menyiarkan TV One FTA. Untuk itu silahkan Anda lihat pada tabel frekuensi TVOne terbaru diatas sebagai bahan pertimbangan.

Kalau untuk C Band masih Telkom 4, sedangkan pada Ku Band di Chinasat 11, Thaicom 4 dan Measat 3a.

Kesimpulan

TV One adalah sebuah stasiun televisi yang banyak dicari oleh pemirsa yang pengguna parabola. Untuk penggemar channel ini sendiri tergolong banyak, sebab ditunjang oleh adanya program acara olahraga yang ditayangkan oleh pihak provider.

Frekuensi TV One mengudara melalui jalur satelit C Band, Ku Band dan kanal UHF. Sekarang ini sinyal satelit lebih banyak diminati oleh pemirsa. Hal itu karena kualitas gambar yang sangat jernih dan jangkauan yang mencakup seluruh wilayah di Indonesia.

Namun, kadang masih ada saja sebagian orang yang masih ragu untuk beralih ke parabola mini. Padahal untuk kualitas siaran digital sendiri sudah begitu baik, apalagi ditambah dengan tidak adanya biaya bulanan (gratis).

Agar lebih jelas, berikut ini adalah gambaran singkat biaya pembelian parabola mini untuk menangkap frekuensi TVOne :

  • Satu set parabola mini lengkap sekitar Rp 12.000,- yang boleh dicari melalui toko online.
  • Decoder non rekomendasi / rekomendasi, pilih saja yang sesuai dengan harga Rp 150.000,- hingga Rp 350.000,-.

Untuk decoder biasa memang murah namun channelnya tidak lengkap, sedangkan kalau STB Rekomendasi bisa menangkap siaran lebih banyak dan lengkap, tetapi harganya juga sedikit lebih mahal. Adapun beberapa Receiver Rekom yang banyak diminati adalah seperti K Vision, Nex Parabola dan Nusantara HD.

Oh ya, jangan lupa juga simak artikel terkait lainnya mengenai :

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai frekuensi TV One terbaru untuk semua satelit versi Nirvanaharapan. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi dan bermanfaat buat Anda semua.

Selamat melakukan tracking ya!

Leave a Comment

twelve − 3 =