9 Cara Optimalkan Penggunaan Fitur Whatsapp Business

Fitur whatsapp business
bisnis.com

Fitur whatsapp business apa saja yang sudah Anda ketahui dan aplikasikan dalam menjalankan bisnis Anda selama ini?

Mempunyai jumlah pengguna aktif yang sangat besar, aplikasi besutan perusahaan yang kini bernama Meta ini terus melakukan pengembangan dan inovasi. Terutama pada aplikasi whatsapp yang berhasil menjadi aplikasi chatting paling besar di dunia. 

Hal tersebut dikarenakan beberapa faktor yang mendukung seperti kemudahan dalam penggunaan serta kecepatannya dalam mengirim pesan. Dari segi ukuran aplikasi, whatsapp tergolong aplikasi chatting yang berukuran cukup kecil jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Kemudian dilengkapi lagi dengan adanya sistem enkripsi pesan.

Dilihat dari faktor yang tertera di atas maka tak heran sebanyak 87,7 % penduduk di Indonesia merupakan pengguna whatsapp untuk media komunikasi (berdasarkan data statista.com di tahun 2020).

Whatsapp kemudian mengalami perkembangan dengan meluncurkan aplikasi Whatsapp Business di tahun 2017. Jadi kini tidak hanya menjadi penggunaan pribadi namun menjadi salah satu media yang memfasilitasi fitur-fitur pendukung bagi para pebisnis.

Khususnya para pelaku bisnis yang menjalankan usaha secara online, sangat direkomendasikan untuk menggunakan aplikasi whatsapp business sebagai salah satu cara dalam menambah tingkat penjualan produknya.

Karena seperti namanya, pengembang membuat whatsapp business dengan tujuan membantu produsen atau penjual dengan konsumen atau pelanggan untuk terhubung langsung. Proses promosi pun dapat sekaligus di lakukan di sana karena penjual dapat menjelaskan lebih detail tentang produknya.

Tentunya kita perlu mengetahui fitur-fitur apa saja yang aplikasi tawarkan whatsapp business agar kita dapat memaksimalkan penggunaannya untuk peningkatan bisnis dan promosi.

Tips Optimalkan Fitur Whatsapp Business 

Ingin tahu apa saja fitur bisnis yang terdapat pada whatsapp business ini? Inilah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui dan mengoptimalkan penggunaan dari setiap fitur yang ada.

  • Dua Akun di dalam Satu handphone

Fitur whatsapp business
suara.com

Adanya whatsapp business ini memungkinkan kita memiliki dua akun whatsapp di dalam satu handphone. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika ingin memiliki ruang chat pribadi yang terpisah dengan para customer.

  • Username Otomatis

Apakah Anda sudah pernah chat dengan akun bisnis di whatsapp? Apakah Anda menyadari ketika Anda memulai chat, username sudah terpampang nyata? Padahal Anda merasa belum menyimpan kontak tersebut, inilah ciri-ciri wa bisnis.

Yap, inilah salah satu fitur whatsapp business yang memberikan username secara otomatis ketika nomor Anda daftarkan ke akun bisnis. Jadi siapapun yang chat dengan nomor Anda di akun whatsapp business, mereka akan langsung tau username Anda tanpa menyimpan nomor sekaligus.

  • Balas Cepat Chat

Sebagai akun bisnis yang melayani chat dengan konsumen tentu membutuhkan waktu yang relatif lama untuk membalas satu persatu secara cepat. Apalagi jika jumlah customer Anda cukup banyak. 

Membuat pelanggan menunggu balasan pun akan kurang bagus, maka ada fitur yang mempermudah Anda dalam membalas chat ini. Quick reply, adalah fitur yang akan membalas cepat secara otomatis pada chat-chat yang masuk. 

Isi pesan tergantung dari apa yang Anda setting. Untuk pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan bisa langsung terjawab. Jadi pengirim pesan tahu kapan pesannya akan di respon, kapan pula jam operasional toko online Anda melayani chat sehingga tidak perlu menunggu balasan terlalu lama.. 

  • Pesan Sambutan Selamat Datang

Pesan ini biasanya akan muncul ketika Anda mengklik link whatsapp business untuk memulai chat.
userlike.com

Pesan ini biasanya akan muncul ketika Anda mengklik link whatsapp business untuk memulai chat. Setelah muncul halaman chat whatsapp di layar anda, tak lama kemudian akan muncul pesan singkat.

Biasanya pesan ini berisi ucapan selamat dating dan perkenalan dari toko yang akan Anda chat. Pesan ini muncul ketika terdapat nomor baru yang hendak mengirim pesan.

Jika sebelumnya nomor tersebut sudah pernah melakukan chatting dengan toko online tersebut atau bukan nomor baru, maka tidak akan muncul pesan selamat datang ini.

Fitur whatsapp business ini dapat membuat bisnis Anda terlihat kredibel dan terpercaya serta terkesan ramah. 

  • Profil Bisnis

Pada akun bisnis Anda di whatsapp business, bisa Anda tambahkan informasi mengenai bisnis Anda sebagai profil bisnis. 

Seperti biasa, tambahkan foto profil yang sesuai dengan bisnis ada. Jangan gunakan foto pribadi Anda tentunya, karena ini ada akun bisnis bukan akun pribadi anda.

Selanjutnya Anda bisa tambahkan gambar-gambar produk yang Anda jual ataupun jasa yang Anda tawarkan. Layanan apa saja yang akan konsumen terima. Deskripsikan dengan baik, lengkap namun tetap mudah di pahami. 

Lalu jangan lupa untuk mencantumkan harga produk anda. Promo-promo yang berlaku maupun event apa yang akan diadakan mendatang. Informasi harga ini sangat penting bagi konsumen.

Anda juga dapat menambahkan informasi lainnya yang Anda rasa perlu untuk di cantumkan. 

  • Informasi Latar Belakang Bisnis

Istimewanya lagi pada fitur whatsapp business terdapat space untuk menambahkan  informasi tentang latar belakang dari bisnis Anda atau background bisnis anda.

Pada bagian ini dapat Anda tambahkan informasi mengenai alamat toko offline Anda berada. Informasi mengenai apa saja kategori produk maupun layanan yang Anda tawarkan. Begitu pula dengan info jam operasional toko dan juga alamat email bisnis untuk kerjasama yang lebih mendalam.

  • Informasi Statistik

Fitur whatsapp business
dailysocial.id

Data mengenai informasi statistik perlu bagi sebuah bisnis. Karena data tersebut berfungsi sebagai informasi yang akan menjadi referensi Anda mengenai bagaimana perkembangan dari bisnis anda. Informasi statistik ini bisa Anda lihat setiap minggunya.

Dalam data statistik yang disajikan diantaranya informasi mengenai berapa jumlah orang yang berkirim pesan. Anda juga bisa mengetahui berapa jumlah yang membalas maupun yang hanya membacanya saja dan informasi lainnya.

  • Label Pada Chat

Fitur chat label ini memudahkan Anda untuk membedakan chat sesuai dengan kategorinya. Karena setiap chat akan terdapat label sebagai tanda tertentu sesuai kategori yang Anda buat.

Contohnya, kita bisa membuat label “new customer” untuk menandai bahwa ini chat dari pelanggan baru. Bisa juga kita buat label “loyal cust” untuk kategori pelanggan lama anda. Buat saja label sesuai dengan kebutuhan anda.

  • Fitur End to end encryption

Ini adalah salah satu fitur penting yang dimiliki whatsapp business, yaitu tingkat keamanan pesan kita. Tak perlu khawatir lagi karena hanya kita saja atau pihak yang bersangkutan saja yang dapat akses terhadap chat.

Hal ini disebut dengan sistem end-to-end encryption. Maka dari itu walaupun bersifat professional, jangan khawatir chat Anda mudah di akses orang dan jadi tidak ada privasi. Nope.

Dengan menggunakan fitur tersembunyi WA business, bisnis Anda akan terlihat dan terkesan lebih proper, terpercaya dan profesional.  

Itulah beberapa fitur whatsapp business yang perlu Anda tahu agar bisnis kamu bisa lebih berkembang dengan mengoptimalkan seluruh fasilitas yang disediakan di dalamnya. Selamat berbisnis!

Leave a Reply

2 × one =