Langkah Download Aplikasi Zoom Meeting Serta Informasi Terkait

Download Aplikasi Zoom
suatekno.id

Semenjak masa pandemic, akses sangatlah terbatas. Banyak orang yang melangsungkan aktivitasnya via online. Satu diantaranya melalui Zoom Meeting. Download aplikasi Zoom Meeting bisa Anda lakukan secara mudah. Pasalnya, tersedia di berbagai Apk Store. 

Kehadiran Zoom Meeting menjadi solusi untuk setiap orang yang terbatas akses untuk saling berkomunikasi. Banyak fitur yang tersedia dan bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan. Hal ini tentunya akan Anda nikmati, jika mengunduh aplikasi tersebut. Berikut ini langkah pengunduhan yang bisa  Anda terapkan!

Sekilas Tentang Zoom Meeting Apk

Pertama-tama, mari berkenalan dengan Zoom Meeting Apk. Sejenis aplikasi yang memfasilitasi penggunanya untuk melakukan komunikasi via video. Menjalin komunikasi secara maksimal melalui perangkat apapun, baik via desktop ataupun ponsel. 

Aplikasi Zoom Meeting bisa Anda gunakan untuk melakukan tatap muka via jarak jauh. Umumnya bisa menggabungkan banyak peserta dalam jumlah yang banyak. Aplikasi Zoom merupakan buah pikiran dari seorang jenius bernama Eric Yuan. 

Ide tersebut muncul ketika dirinya berada dalam hubungan jarak jauh. Jalinan kasih yang terhubung terpisahkan lokasi yang memiliki jarak tempuh sekitar 10 jam via kereta. Selanjutnya, sang pencetus ide bekerja di sebuah perusahaan yang menjajaki bidang video. 

Alhasil, dirinya menemukan ide untuk membuat aplikasi khusus video conference. Namun, idenya dihempas oleh petinggi. Dirinya memilih untuk mengundurkan diri dan meresmikan aplikasinya secara mandiri. Tahun 2011, dirinya berhasil meluncurkan Zoom dan hingga saat ini banyak digunakan dalam berbagai konferensi. 

Apa Saja Fitur Zoom Meeting?

Berbekal fitur beragam, Zoom Meeting berhasil memfasilitasi para penggunanya. Tidak heran banyak orang yang melakukan download aplikasi Zoom Meeting guna kelancaran dalam aktivitasnya. Fitur yang tersedia sangatlah menunjang kenyamanan pengguna.

Banyak fitur yang bisa Anda coba ketika mengaplikasikan Zoom Meeting. Aplikasi ini akan sangat berguna untuk proses konferensi yang berlangsung. Di antara fitur tersebut yakni sebagai berikut:

1. Audio & Video HD

Pertama, pengguna bisa menikmati Audio dan Video beresolusi HD. Kualitas gambarnya pun sangatlah bagus. Begitu pun dengan suara yang akan Anda dengar akan lebih jelas dan halus. Hal inilah yang mendukung aktivitas konferensi semakin lancar Anda lakukan. 

2. Obrolan 

Berikutnya, terdapat fitur obrolan yang memungkinkan Anda untuk mengobrol dengan sesama anggota Zoom Meeting. Hal ini akan menjadi momen yang asyik dan mengesankan. Cara unik untuk tetap bisa berkomunikasi dengan teman lain. Tidak hanya itu, fitur ini juga akan menyajikan riwayat obrolan yang telah dilakukan. 

3. Alat Kolaborasi

Selain itu, fitur lainnya dari Zoom Meeting untuk pengguna adalah alat kolaborasi. Sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk bisa berbagi layar dan menulis hasil rapat secara bersamaan. Alat kolaborasi ini akan membuat pengguna lebih berinteraksi secara maksimal.

4. Keamanan

Selanjutnya, Anda juga bisa menikmati fitur keamanan yang membuat akses Anda terlindungi secara end-to-end. Keamanan ini akan berguna untuk berbagai jenis konferensi yang Anda lakukan. Selain itu, terdapat keamanan lainnya berupa kata sandi yang hanya akan bisa diketahui Anda saja. 

5. Rekaman

Tersedia pula fitur rekaman yang memudahkan pengguna untuk melakukan perekaman ketika rapat. Hasil rekaman pun bisa Anda simpan pada perangkat yang digunakan secara mudah. Alhasil, Anda bisa membukanya kembali ketika membutuhkannya. 

6. Penjadwalan

Fitur penjadwalan pun tidak kalah penting dan membuat pengguna lebih nyaman. Dengan adanya fitur ini, Anda dapat menjadwalkan konferensi sesuai waktu luang yang tersedia. Penjadwalan yang tepat pun akan membuat Anda tidak mudah lupa dengan konferensi yang akan Anda laksanakan.

Kelebihan Aplikasi Zoom Meeting

Banyak kelebihan yang akan Anda nikmati dengan melakukan download aplikasi Zoom Meeting. Aplikasi ini akan membantu pengguna mendapatkan pengalaman konferensi yang nyaman. Kelebihan lainnya yang akan pengguna peroleh adalah sebagai berikut:

  • Kualitas videonya beresolusi HD menghasilkan gambar yang bagus dan jelas.
  • Kapasitas penampungan yang banyak, bisa mencapai 100 lebih.
  • Menikmati breakout rooms & waiting room sebagai alternatif untuk melakukan pembagian kelompok secara acak.
  • Virtual background yang memungkinkan pengguna untuk menutupi ruangan yang berantakan. 
  • Kemudahan akses dalam berbagai perangkat yang mendukung. 

Langkah Download Aplikasi Zoom Meeting

Tertarikkah Anda untuk download aplikasi Zoom Meeting. Jika iya, maka pastikan untuk memperhatikan ketentuan berikut. Sebelum melangsungkan proses pengunduhan, Anda harus memenuhi ketentuan di bawah ini:

  • Memiliki koneksi internet dengan kecepatan minimal 3G.
  • Bandwidth minimalnya 600 Kbps – 1.d Mbps.
  • Mendukung OS Windows 7.
  • Untuk MacOS , minimalnya versi 10.10.
  • Jnis perangkan Apple/ iPad, minimalnya menggunakan iPadOS 13+ dan Hp dengan iOS 8+.

Jika Anda sudah memenuhi ketentuan di atas, maka bisa melangsungkan proses pengunduhan. Proses download bisa Anda lakukan melalui beberapa alternatif. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Via Laptop

Pertama-tama, Anda bisa melakukan pengunduhan via laptop. Cara ini cukup mudah untuk Anda lakukan. Terdiri dari beberapa langkah mudah yang bisa Anda coba. Langkah tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Siapkan perangkat laptop yang akan Anda gunakan.
  • Pilihlah browser untuk mengunjungi laman khusus aplikasi Zoom.
  • Berikutnya, Anda bisa memilih ‘Zoom Client for Meetings’.
  • Klik ‘Download’ untuk memulai pengunduhan. 
  • Tunggu prosesnya hingga selesai dan berhasil terpasang di perangkat. 
Download aplikasi Zoom Meeting 2
kapanlagi.com

2. Melalui Android

Anda juga bisa download aplikasi Zoom Meeting melalui Android. Tidak jauh berbeda dengan via laptop, Anda juga bisa melakukan pengunduhan melalui beberapa langkah. Anda bisa mengikuti langkah berikut ini:

  • Bukalah Play Store di perangkat masing-masing.
  • Ketikkan kata kunci ‘Zoom’ di menu pencarian.
  • Berikutnya, klik Zoom Cloud Meeting dan pilih menu ‘Install’.
  • Tunggu prosesnya hingga selesai.
Download aplikasi Zoom Meeting
dewaweb.com

3. Menggunakan iPhone

Untuk pengguna iPhone juga bisa melangsungkan proses pengunduhan secara mudah. Melalui iPhone juga Anda harus melakukannya melalui beberapa langkah. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Bukalah App Store pada iPhone masing-masing.
  • Pilihlah menu ‘Search’ dan ketikkan ‘Zoom’ 🡪 ‘Zoom Cloud Meeting’.
  • Berikutnya, pilihlah opsi ‘Get’ dan tunggu prosesnya.
  • Setelah pemasangan aplikasi berhasil, Anda bisa langsung membuka aplikasi dan join meeting tertentu. 
Download aplikasi Zoom Meeting 1
lx.uts.edu.au

Bagaimana Cara Menggunakan Zoom Meeting?

Setelah berhasil mengunduh, Anda bisa menggunakan secara maksimal dengan memperhatikan beberapa ketentuan. Setiap ketentuan di bawah ini penting untuk Anda pahami sebaik mungkin. Di antara hal yang mesti Anda perhatikan yakni:

  • Mendukung aplikasi dengan koneksi internet yang stabil. 
  • Menggunakannya sesuai syarat dari Zoom Meeting.
  • Mempersiapkan microphone serta speaker yang bagus.
  • Menggunakan Webcam agar tampilan konferensi lebih luas dan maksimal. 
  • Lakukan pengecekan pada perangkat, guna menunjang kelancaran dalam menggunakan aplikasi. 

Demikianlah ulasan terkait download aplikasi Zoom Meeting yang bisa Anda pahami. Dengan pemahaman di atas, maka Anda pun akan lebih mudah melakukan pengunduhan serta lebih mengenal aplikasi Zoom Meeting. Selamat mencoba dan perhatikan ketentuannya!

Leave a Reply

2 × 1 =