Cara Update Google Chrome

By

Hai Sobat, kali ini kita akan bahas cara update Google Chrome. Yups, Tentunya Anda sudah tak asing lagi dengan browser yang satu ini ya kan?

Dengan menggunakan browser rasanya sudah menjadi kebiasaan bagi kebanyakan orang saat ini. Baik itu untuk kalangan masih muda hingga ke yang lanjut usia.

Namun, tahukah Anda bahwa browser itu tidak cuman kita gunakan saja, melainkan harus kita rawat.

Maksud dari merawat browser ini adalah dengan mengupdate browser yang sering Anda gunakan supaya versinya tak ketinggalan zaman.

Pengertian Google Chrome

Google Chrome merupakan salah satu dari sekian banyak software untuk menjelajah dunia internet seperti Microsoft Edge, Mozilla Firefox maupun Opera.

Kalau Firefox dikembangkan oleh Mozilla, maka Google Chrome sendiri dibuat dan dirancang oleh Google yang merupakan perusahaan internet terbesar di dunia.

Sementara untuk proyek open source yang dipakai oleh Google ini disebut sebagai Chromium, dengan mesin rendering Webkit hingga versi 27.

Hal ini dirancang agar bekerja dengan kecepatan di atas rata-rata, namun tetap ringan dijalankan pada perangkat desktop maupun mobile.

Cara Update Google Chrome

Memang sih Google Chrome merupakan browser paling populer sekarang ini dan masih belum berhenti memanjakan para penggunanya dengan adanya fitur-fitur terbaru. Tentu saja Anda juga tak ingin ketinggalan update untuk browser yang satu ini.

Nah, pertanyaannya disini adalah, bagaimana sih cara update Google Chrome di PC?

Bagi yang masih belum mengetahui cara mengupdate browser. Kali ini Nirvanaharapan akan memberitahu Anda cara update Google Chrome versi desktop, termasuk Windows 7, Windows 8, Windows 10 maupun Linux.

  • Langkah pertama, silahkan Anda klik ikon tiga titik vertikal pada pojok kanan atas.
  • Kemudian pilih Bantuan > Tentang Google Chrome.
tentang google chrome
  • Jika tersedia update, maka Chrome akan mengunduh file yang dibutuhkan hingga kemudian memulai instalasi dengan sendirinya. Anda juga boleh membiarkannya serta melanjutkan aktivitas lainnya.
cara update google chrome 2
  • Jika sudah, maka biasanya Anda perlu melakukan restart Chrome.
  • Untuk itu, silahkan Anda klik tombol Relaunch / Luncurkan Ulang.
cara update google chrome 3

Maka kemudian Chrome secara otomatis akan membuka kembali tab browser yang sebelumnya sudah ditutup secara paksa.

Akan tetapi, apabila hal tersebut tidak terjadi, Anda boleh gunakan kombinasi CTRL+SHIFT+T supaya mengembalikan tab tersebut.

  • Nah, untuk Google Chrome yang telah diperbaharui ke versi tertinggi / terbaru, maka akan diberi tanda centang biru seperti gambar berikut.
chrome terbaru
  • Jika Google Chrome sudah di mulai ulang, maka saat Anda menggunakannya lagi nanti tentunya sudah menggunakan Google Chrome versi terbaru.
Untuk sekedar informasi terkait update, maka bisa Anda temukan di Blog Chrome Releases.

Mengapa Harus Update Google Chrome

Di bawah ini kita akan bahas beberapa alasan kenapa browser yang tengah digunakan harus diperbarui (update) ke versi terbaru :

1. Kerentanan Keamanan

Keamanan memang menjadi alasan utama saat kita melakukan update browser ke versi yang terbaru. Jika masih menggunakan browser versi lama akan beresiko terhadap serangan virus, phishing, scam, trojan dan threat meski sudah ada program antivirus.

Resiko akan menjadi besar jika Anda menggunakannya untuk melakukan transaksi online. Sehingga kemungkinan celah keamanan pada browser sudah dikenali dan bisa dipakai untuk mencuri username dan password Anda.

Dengan menggunakan browser versi terbaru ini maka akan menjamin Anda berinternet dengan sangat aman.

2. Performa

Pastinya Anda juga pernah mengalami pemuatan halaman web dengan adanya beberapa gambar terasa sangat lambat. Kadang juga Anda kerap kali mendapati browser lama karena mengalami crash.

Atas kejadian itu tentu akan sangat menjengkelkan dan seharusnya tidak terjadi.

Nah, dengan melakukan pembaruan (update) browser ke versi tertinggi / terbaru akan membuat browser Anda bisa berjalan lebih stabil dan cepat.

3. Didukung Oleh Teknologi Situs / Web Baru

Adanya teknologi situs / web baru yang berkembang dengan begitu cepat. Contohnya seperti, HTML5 dan CSS3. Dimana secara luas sudah diadopsi oleh web designer, web developer maupun web programmer.

Dengan teknologi web baru ini tentunya membawa perubahan yang banyak terkait fitur baru ataupun tidak didukungnya lagi fitur tertentu yang sebelumnya sudah ada.

Jadi, salah satu yang menjadi kelemahan dari browser lama yaitu kurangnya dukungan pada teknologi web baru seperti ini.

4. Dukungan Plug-in / Add-on

Plugin dan add-on ini sebetulnya bisa memberikan kapabilitas serta fungsionalitas tambahan pada browser.

Dimana kebanyakan plug-in atau add-on yang ada sekarang ini dikembangkan oleh pihak ketiga (third-party software) dan juga mungkin telah memakai teknologi web terkini.

Seluruh browser modern mendukung adanya penambahan plug-in atau add-on ini. Akan tetapi, kalau untuk browser lama, maka dukungan plug-in atau add-on tidak dapat berfungsi secara maksimal dan bahkan tak berfungsi sama sekali.

5. Tampilan Website

Halaman sebuah situs sudah semestinya ditampilkan secara konsisten pada browser manapun. Dimana beberapa fitur di browser lama kini mungkin tidak lagi kompatibel.

Sehingga halaman website ditampilkan tak sesuai dengan sebagaimana mestinya.

Dimana ketidak kompatibelan ini dapat terjadi saat website telah mengadopsi atau memakai teknologi web baru sebagai pondasi situs sekarang ini.

Sekumpulan Pertanyaan Terkait

Benarkah update Google Chrome sangat penting?

Ya, tentu saja sangat penting. Sebab Google tak cuman menawarkan perbaikan serta penambahan fitur saja, melainkan juga ada peningkatan keamanan.

Apakah Google Chrome wajib di update secara manual?

Sebetulnya sih Chrome ini dirancang untuk mengunduh serta menginstal file update dengan otomatis.

Namun, apabila pengguna sedang sibuk melakukan aktivitas yang berhubungan terkait internet, maka Chrome akan menunda prosesnya supaya tak mengganggu.

Dengan begitu, kadang kita sendiri juga mesti berinisiatif untuk memerintahkan Chrome agar memulai peng update-an.

Berapa kali sih Google Chrome melakukan update?

Kalau disimpulkan secara rata-rata, Google Chrome merilis beberapa kali update minor setiap minggunya. Sedangkan untuk update mayor yang berukuran besar yaitu beberapa bulan sekali.

Saya mengalami error ketika melakukan update, solusinya?

Terjadinya error ketika melakukan update pada umumnya cuman masalah kecil. Anda hanya cukup luncurkan ulang Chrome, kemudian lakukan update kembali.

Apabila tidak berhasil, maka silahkan uninstal dan download lagi Google Chrome supaya memperoleh varian terbaru tanpa proses update.

Bagaimana sih cara mempercepat update Google Chrome?

Untuk itu, pastikan dulu Anda menggunakan jaringan internet yang kuat dan stabil.

Kemudian, mematikan background apps yang dimana ikut dalam mengonsumsi bandwidth, sehingga bisa membantu mengakselerasi proses download.

Apakah update ini dirilis untuk semua platform?

Google Chrome merilis update pada seluruh platform, termasuk Windows, Linux, Android dan Chrome OS. Namun, biasanya dirilis ini adalah secara bergiliran dan dimana Chrome OS menjadi prioritas utama.

Informasi tambahan : Untuk Windows XP dan Windows Vista tak lagi memperoleh jatah update.

Apabila Anda ingin melakukan rollback Chrome ke versi lama, silahkan simak panduannya di forum Google Chrome Help Forum.

Nah, itu dia beberapa langkah mudah untuk melakukan update Google Chrome melalui Laptop atau PC.

Supaya Anda tak ketinggalan dan browser Google Chrome yang dipakai bisa terus bekerja dengan maksimal. Jadi, pastikan untuk melakukan update secara berkala.

Sekian dulu ya 😊

Leave a Comment

16 + 10 =