Cara Menyambungkan HP ke TV

Seperti sekarang ini untuk dapat menghubungkan HP ke TV di zaman yang serba canggih merupakan hal yang paling mudah untuk dilakukan oleh semua orang. Walaupun begitu, masih banyak orang di luar sana yang masih belum berhasil dalam mempraktekkannya. Maka dari itu, saya ingin memberikan buat Anda secara lengkap dan mudah terkait bagaimana cara menyambungkan HP ke TV.

Biasanya seseorang menyambungkan HP ke TV adalah untuk bermain game ataupun menonton film supaya pengalaman bermain dan menonton menjadi lebih berkesan dan seru karena layarnya yang besar. Lantas, bagaimana caranya?

Cara Menyambungkan HP ke TV

cara menghubungkan hp ke tv

Persiapan yang harus Anda lakukan untuk pertama kali menyambungkan HP ke TV yaitu dengan melihat spesifikasi smartphone dan TV Anda. Melalui kesempatan yang baik ini, saya akan menggunakan smartphone Android dalam menghubungkan HP ke TV.

HP yang dapat dijalankan minimal OS Android 4.2 Jelly Bean dan sudah dilengkapi dengan fitur Miracast bawaan dari berbagai merek seperti Samsung, Asus, Xiaomi, OPPO, Vivo, dan merek lainnya. Dan juga, beberapa diantaranya memiliki nama yang berbeda seperti yang ada pada HP Samsung Galaxy yang diberi nama All Share ataupun Samsung Link, sedangkan HP Android lainnya lebih banyak diberi nama Wireless Display.

Bila HP Android Anda telah dipastikan sudah memiliki fitur Miracast, sekarang saatnya untuk melihat dukungan fiturnya pada TV Anda. Sekarang ini telah banyak TV yang memiliki dukungan tersebut seperti TV Polytron, LG, Sharp, Samsung, dan berbagai merek lainnya.

Tetapi, bila TV Anda di rumah tidak mempunyai fitur Miracast, maka Anda hanya perlu membeli dongle tambahan.

Bila semua persiapan telah Anda lakukan, sekarang saatnya untuk cara menyambungkan HP Android ke TV. Ada 3 pilihan yang dapat Anda gunakan, silahkan Anda pilih lebih paling mudah dan bisa Anda lakukan di rumah.

Mari kita simak penjelasan ini hingga akhir ya!

Cara Menyambungkan HP ke TV Menggunakan Kabel

Dalam menghubungkan HP ke TV dengan kabel, Anda hanya perlu menggunakan aplikasi TV Out. Kemudian Anda hanya cukup menyediakan kabel HDMI micro ke HDMI ataupun Kabel MHL yang mempunyai dua konektor, Micro USB ke HDMI.

Jangan lupa juga untuk  mengecek port di HP Android Anda, yang ujungnya sesuai dengan kedua kabel di tersebut. Bila sudah, silahkan Anda ikuti beberapa langkah di berikut ini.

  • Terlebih dahulu Matikan TV dengan menekan tombol On/Off.
  • Setelah itu, hubungkan HP Android Anda dengan memasukkan kabel ke HP ataupun ke TV.
  • Aktifkan lagi TV dan pindahkan salurannya pada opsi HDMI.
  • Sekarang beralih ke HP, silahkan untuk memberi centang pada notifikasi yang bertuliskan HDMI Connection.
  • Kemudian pastikan bahwa HP Anda tidak dalam keadaan mode lock supaya lebih mudah untuk mengaturnya.
  • Sekarang sudah seharusnya tampilan layar di HP Android bisa Anda lihat melalui TV. Silahkan Anda pindahkan orientasi landscape supaya sesuai pada bidang layar TV dan tentunya supaya lebih nyaman ketika dilihat. Selesai!

Cara Menyambungkan HP ke TV Tanpa Kabel

Untuk dapat menyambungkan HP Android ke TV tanpa kabel boleh menggunakan fitur miracast yang ada pada ponsel. Seperti yang sudah dijelaskan di atas,bila ponsel Anda tidak memadai, maka seharusnya Anda membeli Miracast Dongle.

Cara menyambungkan HP ke Smart TV tentunya berbeda-beda di setiap merek, tetapi pada intinya sama saja. Berikut adalah beberapa merek HP dan TV yang dapat saya bagikan.

1. Berdasarkan Merek HP

a. HP Asus

  • Anda buka menu Settings yang ada di bagian Wireless and Network Anda boleh klik More…
  • Lalu klik Play to.
  • Akan muncul Pop-up Select Device. Terdapat nama TV Anda, silahkan Anda klik.

b. HP Xiaomi

  • Anda buka menu Settings kemudian klik More…
  • Setelah itu, pilih Wireless Display.
  • Kemudian aktifkan dengan menggeser posisi tombol virtual menjadi mode ON.
  • Anda tunggu hingga Smart TV Anda muncul. Bila sudah, silahkan klik nama Smart TV yang muncul.

c. HP Samsung

  • Anda buka menu Settings > Wireless and Network > More Settings > All Share Cast.
  • Di bagian Connect and Share, Anda boleh pilih Screen Mirroring.
  • Setelah itu, nama merk TV Anda akan muncul, silahkan untuk klik nama tersebut supaya segera terhubung.

d. HP Lenovo

  • Anda buka menu Settings di bagian Wireless and Network Anda boleh klik More…
  • Setelah itu, klik Miracast dan tunggu hingga beberapa saat sampai muncul nama Smart TV Anda, kemudian klik nama tersebut bila sudah muncul.

e. HP Advan

  • Anda buka menu Settings pada bagian Device klik Display kemudian pilih Wireless Display.
  • Setelah itu Anda klik tombol yang ada di sebelah kanan untuk dapat mengaktifkannya.
  • Tunggu hingga beberapa saat sampai muncul nama merek TV Anda pada Pairing Devices lalu klik nama tersebut.

2. Berdasarkan Merek TV

a. Samsung Smart TV

  • Di bagian remote tekan tombol source.
  • Lalu pilih Screen Mirroring.
  • Kemudian Smart TV akan melakukan scan perangkat lain untuk menghubungkan, biasanya waktu untuk menghubungkan kurang lebih sekitar 2 menit. Dan jangan lupa untuk mengaktifkan fitur Miracast pada ponsel ketika sedang scan tersebut.

b. Sony Smart TV

  • Di bagian remote tekan tombol Input.
  • Lalu gunakan tombol naik turun untuk dapat melakukan Screen Mirroring.
  • Posisi TV harusnya sedang dalam keadaan stand by dan menunggu koneksi dari HP, setelah itu, klik OK.

c. LG Smart TV

  • Di bagian remote tekan tombol Home.
  • Lalu pilih Network.
  • Kemudian aktifkan Miracast dan TV akan melakukan scan. Lalu segera aktifkan Miracast di ponsel Anda.

Cara Menyambungkan HP ke TV Tanpa Kabel Lainnya

1. All Share

cara menghubungkan hp ke tv allshare
cnet.com

Fitur All Share ataupun Samsung Link terdapat di smartphone Samsung Galaxy Series. Fitur ini akan berfungsi untuk melakukan sharing layar melalui wireless antara Smartphone Samsung dan Smart TV dengan hanya sekali klik saja. Lebih mudah untuk Anda yang pengguna Samsung Galaxy Series.

2. Chromecast

cara menghubungkan hp ke tv chromecast
somagnews.com

Chromecast merupakan salah satu alat khusus milik Google yang dapat digunakan untuk menikmati koneksi internet serta streaming konten multimedia. Cara ini dinilai sangat praktis dan modern.

Jika diperhatikan, alat ini memang agak mirip dengan Miracast. Yang disayangkan, Chromecast tidak digunakan untuk screen mirroring, dan hanya lebih fokus untuk dipakai sebagai akses internet (streaming multimedia).

Bagi Anda yang belum memiliki smart TV, Chromecast adalah salah satu alat yang harus dimiliki. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda tempuh untuk menghubungkan Chromecast ke TV:

  • Silahkan Anda download dan install aplikasi Chromecast melalui Google Play Store pada hp Android.
  • Kemudian memanfaatkan jaringan Wifi lokal dengan mengaktifkan fitur Wifi melalui HP Anda tersebut.
  • Setelah itu, pindahkan channel TV Anda ke HDMI dengan menggunakan remote control.
  • Terakhir, Anda akan diminta untuk memasukkan kode yang muncul pada layar TV lewat aplikasi Chromecast untuk melakukan proses sinkronisasi.

3. Pakai Miracast

miracast
walmartimages.com

Perangkat Miracast Dongle ini dapat Anda beli melalui toko komputer. Bila Anda telah memiliki Miracast, Anda boleh langsung mengkoneksikan perangkat ini melalui wireless dari HP ke TV. Perlu Anda ingat, HP dan TV Anda haruslah sama-sama mendukung perangkat Miracast.

4. Wi-Di

widi
youtube.com

Sama halnya seperti Miracast, Wi-Di  (Wireless Display) merupakan bentuk support Intel pada teknologi Miracast untuk perangkat laptop maupun PC. Jika Anda tidak ingin menggunakan hp Android, maka Anda dapat menggunakan laptop yang berbasis Windows dan memanfaatkan Wi-Di ini.

5. AirPlay

airplay
digitaltrends.com

Apabila Anda merupakan salah satu pengguna iPhone, boleh juga menggunakan fitur AirPlay yang merupakan wujud lain dari Miracast yang telah dijelaskan diatas. AirPlay dikhususkan terhadap produk-produk Apple dan yang berbasis Mac saja.

6. Menggunakan Kabel HDMI

kabel-hdmi
merahputih.com

Cara menyambungkan hp ke TV selanjutnya adalah dengan menggunakan kabel HDMI. Cara ini terbilang sangat mudah untuk dilakukan, karena Anda hanya perlu menyambungkan port ke port melalui kabel HDMI saja.

Namun, yang perlu diperhatikan yaitu kabelnya, gunakan kabel konektor micro HDMI ke HDMI. Micro HDMI akan dipasang pada hp Anda dan HDMI yang besar akan terpasang pada TV. Pada umumnya TV yang mempunyai port HDMI merupakan TV flat terbaru.

Bagi Anda yang juga ingin menghubungkan laptop ke TV. Silahkan baca tutorial Cara Menyambungkan Laptop ke TV.

Mengapa Memakai USB Untuk Menyambungkan HP & Tablet ke TV?

Menjadi lebih mudah dan telah banyak yang memerlukannya dalam mencerminkan (mirror) layar HP lewat nirkabel. Anda juga mungkin penasaran, kenapa Anda wajib untuk menggunakan koneksi USB ke TV pada HP miliki Anda.

Apabila Anda menghubungkan HP ke TV Anda dengan menggunakan koneksi kabel, maka Anda akan bisa memperoleh manfaat melalui sinyal latensi rendah.

Contohnya saja, apabila Anda berencana untuk melakukan mirror HP Anda ke tv untuk bermain game misalnya. Maka Anda akan memerlukan koneksi USB dibandingkan konfigurasi nirkabel dan Ini akan sangat mengurangi lag.

Kemudian ditambah lagi, apabila dalam situasi di mana Anda mempunyai sinyal nirkabel lemah ataupun kekurangan Wifi, tentunya akan memerlukan koneksi kabel. Hingga kemudian akhirnya, ada banyak alasan kenapa untuk menghubungkan HP milik Anda ke TV.

Cara Menyambungkan HP dan Tablet ke TV Menggunakan USB

Agar bisa menghubungkan HP atau tablet Anda ke TV, maka tentunya bisa menggunakan salah satu tutorial berikut ini:

  • MHL
  • SlimPort
  • kabel USB
  • Kabel Lightning (iPhone dan iPad)

Untuk opsi mana yang akan Anda pilih, itu tergantung dari spesifikasi dan sistem operasi yang digunakan. Karena untuk proses dari iPhone dan Android tentunya berbeda untuk cara menghubungkannya.

Demikian juga, cara koneksi Anda bervariasi, karena tergantung dari kebutuhan Anda. Hanya cukup melihat foto di tv yang kompatibel (cocok) akan memerlukan perangkat seluler dan kabel pengisian daya miliki Anda.

Namun, untuk pencerminan layar, maka Anda akan membutuhkan yang namanya adaptor USB.

1. Cara Menyambungkan HP Ke TV Menggunakan MHL

MHL merupakan salah satu solusi terbilang umum bagi kita untuk cara menyambungkan HP ke TV dengan menggunakan kabel USB. Melalui teknologi ini, yang singkatan dari Mobile High-Definition Link, akan memungkinkan perangkat yang kompatibel dengan MHL (cocok).

Seperti perangkat smartphone dan tablet untuk bisa terhubung ke TV dan proyektor. Anda boleh menelusuri daftar perangkat yang telah mendukung dengan MHL melalui situs resminya MHL.

Hal yang perlu Anda persiapkan:

  • Kabel listrik
  • HP yang telah mendukung MHL
  • USB to HDMI MHL adapter / kabel
  • Tampilan input HDMI
  • Kabel HDMI

Meski ini merupakan pengaturan umum, untuk kabel spesifik yang Anda butuhkan pun cukup bervariasi. Kabel Google MHL (nama perangkat Anda]) dalam menemukan daftar kabel yang kompatibel (cocok).

Agar bisa koneksi USB ke TV dengan menggunakan MHL, mala langkah awal adalah pasang HP Anda dengan adaptor MHL. Adaptor akan memerlukan daya baik dari port USB lewat kabel atau sumber eksternal.

Untuk adaptor Samsung MHL ini mempunyai port micro-USB, dan selain untuk digunakan dengan hampir semua kabel. Beberapa kabel dilengkapi juga dengan konektor untuk HP atau tablet dan sumber daya dalam satu unit.

Berikutnya adalah hubungkan HP Anda ke tv dengan menggunakan kabel MHL. Kemudian Anda akan melihat layar HP di TV Anda tersebut, dan itu adalah plug-and-play.

Maka secara keseluruhan, MHL merupakan salah satu cara terbaik untuk menghubungkan HP Android ke TV dengan kabel USB.

2. Menyambungkan HP Ke TV Menggunakan SlimPort

Selanjutnya Anda juga bisa menghubungkan HP Anda ke TV dengan menggunakan kabel SlimPort. Karena MHL dan SlimPort ini sendiri merupakan sebuah teknologi dengan menyajikan konten dari perangkat seluler. Dimana untuk ditampilkan dengan koneksi fisik, keduanya mirip atau serupa, tetapi SlimPort berbeda dalam outputnya.

Sedangkan pada MHL terbatas untuk output video HDMI, kalau SlimPort ini bisa mengirim sinyal lewat HDMI, DVI, DisplayPort, dan VGA. Oleh sebab itu, lebih cocok dalam berbagai tampilan, termasuk juga monitor lama dan TV dengan VGA, namun tidak ada input digital.

Disamping itu, catu daya lebih membedakan MHL dan SlimPort dan meski awalnya MHL memerlukan koneksi daya, MHL 2.0 membuatnya tidak penting. Akan tetapi, karena MHL memang mengambil daya dari perangkat seluler, hal itu sangat ideal dalam menyambungkan kabel daya.

Namun, SlimPort ini tidak memperoleh daya dari perangkat seluler tersebut.

Berikut ini adalah hal yang perlu Anda persiapkan untuk menghubungkan HP ke TV dengan menggunakan adaptor SlimPort:

  • HP yang sudah kompatibel dengan SlimPort
  • Kabel / adaptor SlimPort
  • Kabel video (HDMI, DVI, DisplayPort, atau VGA)
  • Tampilan dengan input HDMI, DVI, DisplayPort, ataupun VGA

Layaknya seperti menggunakan MHL, kabel SlimPort yang Anda pilih tergantung dari perangkat miliki Anda.

Langkah pertama mulailah dengan mencolokkan adaptor SlimPort ke HP Anda. Setelah itu, pasang adaptor SlimPort ke display Anda dengan menggunakan kabel yang tepat. Setelah itu, Anda kemudian bisa dapat melihat layar HP di TV. Seperti MHL, ini adalah plug-and-play.

3. Menyambungkan Tablet ke TV Menggunakan USB

Anda juga bisa menghubungkan tablet ke TV dengan menggunakan kabel USB. Lalu untuk tablet Android yang kompatibel, Anda boleh menggunakan MHL maupun SlimPort. Prosesnya pun diidentik dengan cara menghubungkan HP ke TV Anda.

Sehingga idealnya, HP dan tablet Anda akan kompatibel dengan MHL maupun SlimPort, Anda boleh menggunakan satu adaptor pada kedua perangkat tersebut.

4. Menyambungkan HP iPhone ke TV Menggunakan USB

Untuk cara menghubungkan iPhone ke TV ini juga hampir mirip dengan cara menghubungkan perangkat Android. Namun, Anda akan memerlukan kabel yang berbeda berdasarkan dari modelnya.

Tentunya hampir setiap orang mempunyai perangkat iOS modern dengan dilengkapi oleh konektor Lightning. Anda akan memerlukan yang namanya adaptor AV digital digital Lightning pada output HDMI, ataupun adaptor Lightning to VGA bila Anda membutuhkan koneksi VGA.

Untuk perangkat iOS dan port 30-pin yang lama sebagai gantinya adalah dengan menggunakan adaptor VGA 30-pin.

Kemudian setelah Anda terhubung ke adaptor, maka sambungkan output video ke tampilan Anda. Setelah itu, layar HP Anda akan bercermin (mirror). Untuk adaptor Lightning resmi Apple ini sendiri berisi port Lightning tambahan dalam pengisian daya ketika melihat konten pada layar kedua.

5. Menyambungkan iPad ke TV Menggunakan USB

Layaknya seperti menghubungkan iPhone ke TV dengan menggunakan USB, Anda juga bisa menghubungkan iPad ke TV Anda dengan cara yang sama.

Sekali lagi, akan ada kemungkinan besar Anda memerlukan kabel Petir untuk hal ini. Hanya Smartphone iPad 3 dan sebelumnya yang menggunakan kabel 30-pin. Seluruh iPad lainnya, termasuk pada setiap iPad Mini dan iPad Pro, adalah dengan menggunakan kabel Lightning.

Disamping itu, Anda akan memilih adaptor AV digital, dimana yang Anda pilih tergantung dari input tampilan Anda.

6. Menghubungkan Sebagai Perangkat Penyimpanan

Sementara untuk kasus penggunaan yang lebih umum untuk cara menyambungkan HP ke TV adalah dengan menggunakan USB adalah untuk mirroring layar.

Ada opsi lainnya yang alih-alih sebagai mirroring layar, Anda juga dapat melihat file seperti gambar di TV. Akan tetapi, Anda tentunya akan memerlukan monitor, TV, maupun proyektor yang memang kompatibel.

Dengan berbagai cara koneksi USB ke TV, tutorial ini adalah yang paling mudah. Hal ini karena hanya membutuhkan HP, kabel USB, dan TV dengan input USB, dan pastinya ini mudah untuk dipersiapkan.

Untuk kabel spesifik yang Anda perlukan tergantung dari HP Anda.

Untuk HP iPhone ataupun iPad, Anda akan memakai kabel Lightning (30-pin untuk perangkat yang sudah lebih tua). Alternatifnya, para pengguna Android memerlukan kabel micro-USB ataupun USB-C. Kemudian kabel USB yang menyertai HP maupun tablet Anda setidaknya berfungsi dengan baik.

7. Menghubungkan Untuk Melihat Foto

Hal ini mengasumsikan bahwa TV maupun monitor Anda menggunakan input USB yang sanggup menampilkan file lewat perangkat penyimpanan yang terhubung.

Langkah pertama, adalah Anda sambungkan kabel ke HP. Kemudian, hubungkan HP Anda ke TV dengan ditancapkan ujung USB standar kabel menuju port pada TV atau monitor Anda.

Setelah itu, Anda ubah input pada TV ke USB sehingga Anda akan bisa melihatnya.

Kalau untuk Android, kemungkinan Anda akan perlu mengubah pengaturan USB dalam mentransfer file ataupun mentransfer foto.

Untuk bisa melakukan ini, maka seret pemberitahuan Anda dari atas layar hingga ke bawah ketika terhubung. Lalu ketuk USB yang mengisi pemberitahuan (notifikasi) perangkat untuk mengubahnya.

Maka Anda hanya dapat melihat foto dengan menggunakan PTP pada kedua TV maupun proyektor. Kalau untuk perangkat Android modern tidak mendukung protokol penyimpanan massal USB.

Sehingga TV Anda tidak akan dapat melihat perangkat Anda sebagai drive eksternal dengan sebenarnya.

Cara Menyambungkan HP Samsung Ke DeX TV Connectivity

Diantara perangkat Android yang paling populer saat ini, Anda akan mendapatkan handset andalan miliki Samsung. Ini merupakan fitur konektivitas dengan tv dan monitor. Untuk melakukan mirroring layar murni, Anda akan memerlukan kabel USB-C ke HDMI.

Untuk bisa menghubungkan Samsung Galaxy S8, S8 +, Note 8, S9, S9 +, dan Note 9 ke TV Anda, maka cukup dengan menyambungkan adaptor USB-C ke HDMI.

Setelah itu, colokkan USB-C male ke port USB-C charging di perangkat Samsung Galaxy miliki Anda. Silahkan Anda jalankan kabel HDMI ke TV.

Akan tetapi, untuk perangkat Samsung Galaxy S8, S9, dan Note 8/9 juga termasuk sebagai DeX. Dengan menjembatani kesenjangan antara HP dan desktop, untuk DeX ini sendiri menawarkan pengalaman desktop yang dijalankan oleh HP Anda.

Karena ini merupakan teknologi eksklusif, dan untuk menghubungkan HP Samsung Anda dengan menjalankan DeX ke TV, tentunya berbeda dengan pemasangan standar.

Untuk semua jajaran Galaxy S8 dan Note 8, S9 dan S9 +, maka Anda membutuhkan dok untuk menggunakan DeX ini. Kalau untuk Note 9 sendiri tidak memerlukan dok.

Kemudian sebaliknya, Note 9 memasuki mode DeX hanya dengan kabel USB-C ke HDMI. Itu pun jauh lebih berguna dibandingkan dengan dermaga khusus.

Begitu juga, Samsung Galaxy Tab S4 bisa menggunakan mode desktop DeX hanya dengan menggunakan kabel USB-C ke HDMI.

Kaitkan HP Samsung Dengan Menjalankan DeX ke TV

Bagi pemilik perangkat Samsung yang tidak diberkati oleh Note 9 atau Galaxy Tab S4, maka Anda akan membutuhkan beberapa item agar bisa menghubungkan HP Android Anda ke TV. Berikut ini diantaranya:

  • Perangkat Samsung yang sudah kompatibel
  • Dok dek
  • Kabel HDMI
  • TV atau monitor, juga bisa proyektor dengan input HDMI

Untuk pilihan Anda pada stasiun docking dan kabel DeX ini pun bervariasi. Terdapat DeX Station asli yang mana merupakan perangkat bundar dengan menampilkan output HDMI, port Ethernet, 2 port USB 2.0, dan pengisian USB-C.

Kalau untuk Samsung DeX Pad ini sendiri mencakup pengisian cepat dan faktor bentuk tempat HP bisa tetap rata. Hal itu berarti Anda bisa memakai layar sentuh HP Anda sebagai touchpad.

Untuk pabrikan pihak ketiga seperti Rocketek pun menawarkan DeX Docks. Setelah itu, Anda akan mendapatkan kabel sederhana untuk DeX dengan menghindari jejak dok yang besar.

Apapun pilihan yang Anda gunakan, maka menghubungkan perangkat Samsung ke TV untuk digunakan dengan DeX beroperasi dengan cara yang hampir serupa.

Langkah pertama, adalah Anda sambungkan HP atau tablet ke dok atau kabel lewat USB-C. Kemudian jalankan kabel HDMI dari dock ke layar Anda.

Anda juga akan memerlukan kabel daya untuk memberikan daya pada dock, kemudian mengisi daya perangkat Anda.

Sementara untuk koneksi USB ke TV berbeda-beda karena berdasarkan pada perangkat, tipe koneksi, dan input tampilan, sehingga untungnya tidak terlalu sulit dalam mengaturnya.

Akan tetapi, jangan lupa bahwa biasanya casting nirkabel lebih nyaman. Sehingga terlepas dari apakah Anda memakai perangkat Android, iPhone, ataupun Samsung dengan menjalankan DeX.

Karena ada cara untuk menyambungkan HP atau tablet Anda ke TV untuk dapat dilihat pada layar yang lebih besar.

Menjadi Lebih Puas dengan Layar Besar

Salah satu kekurangan dengan melihat tampilan melalui smartphone adalah karena ukurannya yang kecil. Sehingga pada beberapa aktivitas seperti menonton video, maka akan dibutuhkan layar lebih besar supaya dapat disaksikan lebih besar.

Dengan menyambungkan hp ke tv di atas, Anda menjadi bisa melihat tampilan hp menjadi lebih besar dengan cepat dan tentunya mudah.

Demikianlah informasi yang dapat saya bagikan terkait bagaimana cara menyambungkan HP ke TV menurut Nirvanaharapan. Semoga info ini dapat bermanfaat bagi Anda yang semuanya yang membaca tulisan ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Leave a Comment

twenty − sixteen =