5 Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Pada Windows 7, 8, dan 10

Bluetooth merupakan salah satu fitur yang dapat dijumpai pada laptop dan berfungsi untuk proses pemindahan data-data dari perangkat satu ke perangkat lainnya. Melalui kesempatan ini saya ingin berbagi informasi terkait bagaimana cara mengaktifkan bluetooth di laptop pada Windows 7, 8, dan 10.

Dengan semakin berkembangnya teknologi, sekarang ini bluetooth juga sudah memiliki beberapa versi. Tentunya dengan semakin kesini, kegunaan bluetooth semakin baik dan juga memiliki kecepatan akses lebih tinggi dibandingkan  dengan versi yang sebelumnya.

Salah satu alasan mengapa seseorang menggunakan bluetooth pada laptop yaitu dikarenakan bluetooth lebih simpel dan sederhana bila dibandingkan dengan menggunakan kabel USB yang terkadang lebih mudah rusak.

Tetapi, meskipun memiliki fungsi yang sangat penting, masih banyak orang yang belum menggunakan Bluetooth di laptop. Entah karena belum mengetahui cara mengaktifkan atau menggunakannya. Di bawah ini akan saya share bagaimana cara mengaktifkan bluetooth di laptop.

Sebelum Anda mengaktifkan bluetooth di laptop. Anda perlu mengecek terlebih dahulu apakah laptop Anda dilengkapi dengan fitur bluetooth atau tidak. Cara mengeceknya sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Device Manager, caranya yaitu dengan mengakses menu Device Manager bisa dilakukan dengan menekan tombol Windows + X di keyboard. Setelah itu, pilih Device Manager.

cara-cek-bluetooth

  • Kemudian, Anda carilah bluetooth di daftar, lalu klik bluetooth tersebut untuk dapat mengetahui ada perangkat bluetooth yang sudah terinstall. Bila sudah terinstall biasanya akan terlihat seri bluetooth yang digunakan.

Bila Anda telah memastikan bluetooth sudah terpasang di laptop, sekarang Anda sudah boleh mengaktifkan bluetooth dengan mengikuti langkah-langkah yang akan saya jelaskan di bawah ini. Namun, bila Anda tidak menemukan adanya bluetooth terpasang di laptop, Anda dapat memasang bluetooth itu dengan menggunakan USB Bluetooth ataupun dengan membeli bluetooth adaptor yang bisa Anda dapatkan melalui toko komputer terdekat.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 7, 8, dan 10

Ada 3 cara yang dapat Anda gunakan untuk bisa mengaktifkan bluetooth di laptop. Anda bisa memilih salah satu dari ketiga cara yang paling mudah untuk dilakukan. Yuk, simak ulasan ini hingga akhir!

1. Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop dari Menu Settings

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengaktifkan bluetooth di laptop yakni dari menu setting pada sistem operasi Windows. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Settings Windows.
  • Setelah itu, Anda boleh pilih Devices.
  • Kemudian Anda pilih Bluetooth & other Devices. Lalu aktifkan bluetooth supaya On.
  • Selesai!

cara-mengaktifkan-bluetooth-di-laptop-dari-menu-settings

Di Windows 10, Anda bisa langsung search pada kolom pencarian dengan keyword Bluetooth & other Devices. Kemudian aktifkan bluetoothnya.

2. Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop dari Device Manager

Ternyata Anda juga bisa mengaktifkan bluetooth dari device manager. Untuk dapat mengaksesnya, itu sama saja seperti cara yang telah dijelaskan di atas. Pastinya masih ingat dong? Jika belum, coba lagi baca tentang bagaimana cara membuka Device Manager.

Setelah Device Manager muncul, berikutnya Anda bisa cari Bluetooth yang ada pada daftar tersebut. Setelah itu, klik kanan pada bluetooth tersebut, maka akan terlihat beberapa pilihan yang dapat Anda pilih. Langkah selanjutnya yaitu dengan memilih Enable untuk bisa mengaktifkan fitur bluetooth. Selesai.

cara-mengaktifkan-bluetooth-di-laptop-dari-device-manager

3. Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop dari Tombol Keyboard

Langkah terakhir untuk dapat mengaktifkan bluetooth di laptop yaitu dengan memanfaatkan tombol keyboard. Namun yang disayangkan tidak semua laptop tidak memiliki atau dilengkapi fitur ini. Jadi, apabila laptop Anda tidak memiliki fitur ini, Anda hanya dapat mengaktifkan bluetooth di laptop dengan kedua cara di atas.

Namun, bagaimana caranya? Pertama-tama Anda bisa mencari logo bluetooth pada tombol keyboard. Untuk bisa mengaktifkannya, Anda hanya perlu menekan tombol tersebut. Biasanya tombol tersebut berada pada salah satu tombol F1 hingga F12. Kemudian, fitur bluetooth di laptop Anda akan aktif secara otomatis.

3. Instal Driver Bluetooth

Jika saat Anda menghidupkan bluetooth, baik itu menggunakan tombol Fn maupun dengan menggunakan dongle USB bluetooth dan belum dapat digunakan. Maka ada kemungkinan sistem operasi Anda pada laptop belum dipasang driver bluetooth.

Agar bisa menjalankan bluetooth, untuk itu pasanglah terlebih dahulu driver bluetooth. Pemasangan dapat dilakukan dengan membawa cd driver dari bawaan. Apabila tidak ada, dapat mendownload driver bluetooth dari internet yang sesuai dengan tipenya pada bluetooth built-in atau usb dongle Anda.

4. Menggunakan Dongle USB Bluetooth

Tidak semua tipe laptop mempunyai bluetooth built-in. Apabila laptop Anda tidak mendukung bluetooth dan tidak memiliki ikon di salah satu tombol mulai dari F1 hingga F12. Maka Anda perlu untuk memasang bluetooth dengan cara yang lain. Cara mengaktifkan bluetooth di laptop yang tidak ada bluetoothnya dengan mudah yaitu dengan menggunakan dongle USB Bluetooth.

Sesuai namanya, bluetooth USB Dongle ini dicolok ke port USB yang terdapat pada laptop. Bentuk bluetooth ini hampir mirip seperti flashdisk namun mempunyai antena receiver. Anda hanya tinggal pasang ke port USB pada laptop maupun komputer desktop untuk bisa mengaktifkan bluetooth.

5. Instalasi Driver Bluetooth Melalui CD

Untuk laptop dengan dukungan bluetooth internal, biasanya telah menyediakan driver untuk download lewat website resminya. Untuk dongle yang mempunyai CD driver, install terlebih dahulu. Cara instalasinya yakni sebagai berikut:

  • Silahkan Anda akses Device Manager.
  • Kemudian klik other devices di tampilan system manager dan klik kanan di ikon Bluetooth peripheral device.
  • Setelah itu, klik update driver software.
  • Selanjutnya pilih opsi browse my computer for driver software, kemudian klik let me pick from a list of device drivers on my computer.
  • Berikutnya pilih button bluetooth radios.
  • Dari list manufacturer, Anda pilih microsoft corporation. Kemudian melalui list model, silahkan pilih windows Mobile-based device support.
  • Apabila muncul pesan yang menyatakan konfirmasi verifikasi signature driver, maka abaikan saja dengan klik Yes.
  • Setelah proses instalasinya selesai, kembali lagi ke device manager, Di situ Anda klik kanan ikon komputer pada node device teratas, lalu klik scan for hardware changes.
  • Terakhir, klik pada node bluetooth radios, apabila muncul list device radio dengan tanda seru kuning yang telah menghilang. Itu berarti instalasinya sudah berhasil.

Di artikel sebelumnya, saya juga sudah pernah membahas mengenai bagaimana cara mengaktifkan Windows Defender pada Windows 7, 8, dan 10.

Manfaat Lain dari Bluetooth

Setelah Anda mengetahui bagaimana cara mengaktifkan Bluetooth di laptop, maka selanjutnya yuk kita cari tahu apa saja manfaat dari menggunakan Bluetooth ini. Simak penjelasannya lengkapnya di bawah ini!

1. Terhubung ke Printer

Mesin pencetak (printer) jaman sekarang umumnya dapat menjalankan fungsinya tanpa perlu menggunakan kabel ke komputer maupun laptop. Untuk printer yang mendukung fitur ini yaitu printer wireless (printer tanpa kabel).  Printer wireless ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang memerlukan printer praktis dan mudah dalam penggunaannya.

Cara terhubung supaya dengan printer wireless adalah dengan memakai bluetooth. Misalnya, apabila Anda ingin mencetak sebuah foto atau dokumen, Anda tidak perlu memindahkan datanya ke komputer. Hanya cukup dengan menghubungkan bluetooth di HP dengan bluetooth di printer.

Cara ini pastinya lebih praktis serta mudah. Maka tidak ada lagi cerita susah untuk nge-print karena kabel printer rusak atau tidak dapat terhubung dengan baik.

2. Terhubung ke Speaker atau Headset Wireless

Kemudian masalah yang sering muncul saat menggunakan headset (earphone) adalah kabel yang terlilit. Masalah lain juga timbul ketika memakai headset saat di perjalanan karena bisa saja kabel tertarik karena disebabkan oleh pergerakan kita sebagai pemakainya.

Masalah yang tak begitu jauh berbeda terjadi pada speaker. Mungkin sebagian dari Anda juga ingin memasang speaker jauh dari sumber suaranya namun karena jarak kabelnya yang terlalu pendek hal itu tidak jadi dilakukan.

Dengan kehadiran bluetooth pada perangkat audio akan menjawab masalah-masalah Anda tersebut. Menggunakan headset bluetooth akan menjawab persoalan kabel yang terlilit serta pergerakan bebas ketika mendengarkan lagu di perjalanan.

Kemudian speaker bluetooth menjawab masalah Anda dalam penempatan posisi speaker yang bisa lebih jauh dari sumber suara itu sendiri.

Oleh karena itu, fungsi bluetooth sebagai pendengar suara adalah salah satu hal terbaik yang ada di dunia teknologi audio saat ini.

3. Berfungsi Sebagai Hotspot

Tidak banyak orang mengetahui jika bluetooth mempunyai fungsi lainnya yang tidak hanya menjadi pengantar data atau penghubung dua device. Bluetooth juga memiliki fungsi sebagai modem untuk dapat terhubung dengan internet.

Fungsi ini biasanya dapat ditemui pada perangkat smartphone. Bagi Anda yang penasaran dengan fungsi ini, dapat mengaktifkannya pada bagian “Tethering”. Ada 3 pilihan pada bagian ini yaitu; Wifi Hotspot, USB Tethering, dan Bluetooth Tethering. Silahkan Anda hidupkan atau nyalakan bluetooth tethering di HP kemudian sambungkan perangkat lainnya ke HP Anda agar bisa terhubung ke internet.

4. Menggunakan Mouse dan Keyboard Wireless

Bluetooth juga dapat berfungsi untuk menghubungkan mouse dan printer tanpa memakai kabel (wireless). Untuk penggunaan mouse dan keyboard wireless ini pada umumnya menggunakan USB dongle bluetooth supaya terhubung. Untuk itu, USB dongle dimasukkan ke port USB laptop atau komputer supaya terhubung dengan keyboard maupun mouse wireless.

Dengan penggunaan mouse dan keyboard wireless pastinya akan menjadi lebih praktis. Bahkan Anda dapat menavigasi komputer melalui jarak yang lebih jauh. Tidak seperti kabel yang penggunaannya terbatas karena hanya berdasarkan panjang kabel mouse atau keyboardnya. Sehingga tidak ada lagi cerita jika mouse dan keyboard tidak dapat dipakai hanya karena disebabkan kabelnya rusak.

5. Terhubung dengan Proyektor

Pada proyektor terbaru juga telah memiliki teknologi wireless. Tidak perlu lagi ribet dengan kabel penghubung antara proyektor dengan laptop hanya untuk sekedar nonton film maupun kebutuhan presentasi. Cukup dengan menghidupkan bluetooth wireless pada printer Anda akan terhubung dengan mudah di berbagai perangkat.

Bagi Anda yang sering melakukan presentasi atau senang menonton film melalui proyektor maka akan terbantu dengan kehadiran jenis proyektor wireless yang satu ini.

Demikianlah informasi yang bisa saya sampaikan terkait bagaimana cara mengaktifkan bluetooth di laptop pada Windows 7, 8, dan 10 serta manfaat lain dari Bluetooth. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda semuanya. Sekian dan terima kasih!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + 9 =