Cara Melihat RAM Laptop

Cara Melihat RAM Laptop

Tidak hanya mengetahui spesifikasi saja yang penting, namun juga penting untuk mengetahui RAM pada laptop Anda. Hal tersebut dikarenakan dengan mengetahui besarnya RAM yang dimiliki, Anda akan dapat menentukan perangkat lunak (software) apa saja yang boleh digunakan atau tidak di laptop kesayangan Anda.

Karena bila RAM laptop yang tidak terlalu besar namun dipaksa untuk menggunakan perangkat lunak (software) dengan ukuran yang lumayan besar maka bisa membuat laptop Anda mengalami hank. Sudah pastinya Anda tidak mau hal ini terjadi.

Oleh karena itu, Nirvanaharapan hadir dalam memberikan solusi terkait bagaimana cara melihat RAM laptop dengan sangat mudah tentunya.

Cara Melihat Ram Laptop

Terdapat 6 cara melihat RAM Laptop yang sudah saya sediakan untuk Anda dan tentu saja cara ini terbilang cukup mudah dan dapat Anda coba sendiri di rumah.

1. Cek Stiker Pada Laptop

Cara melihat RAM laptop yang pertama dan yang paling mudah tanpa harus menyalakan laptop terlebih dahulu dan juga tanpa harus membongkarnya adalah dengan melihat stiker yang melekat pada laptop, stiker ini akan berisikan informasi mengenai kapasitas dan jenis RAM sehingga biasanya terletak di dekat keyboard. Namun, informasi tersebut juga dianggap kurang akurat karena boleh saja informasi mengenai kapasitas RAM yang ada di stiker ini salah dikarenakan laptop sudah mengalami upgrade ataupun downgrade.

2. Cek BIOS

Cara kedua yaitu dengan menggunakan BIOS, caranya adalah dengan menyalakan laptop lalu tekan tombol khusus, tombol ini sendiri tergantung dari jenis BIOS-nya, AMI BIOS biasanya bisa diakses dengan menekan tombol Del, sementara InsydeH2O boleh diakses dengan cara menekan tombol F2.

Di BIOS sendiri akan tertera informasi dasar mengenai sistem di laptop, termasuk juga dengan kapasitas RAM, informasi ini lumayan akurat dikarenakan sesuai dengan kapasitas RAM yang telah terpasang di motherboard laptop.

3. Cek Stiker Pada RAM

Untuk bisa mengetahui RAM yang ada pada laptop, terdapat beberapa jenis laptop yang dapat diakses dengan mudah caranya hanya cukup dengan membuka panel khusus pada bagian bawah laptop. Namun, tidak semuanya begitu dikarenakan ada pula beberapa jenis laptop yang mengharuskan Anda untuk membuka seluruh bagian casing laptop untuk dapat mengakses RAM yang ada di dalamnya.

Di RAM laptop terdapat stiker yang mencantumkan informasi mengenai jenis, kapasitas hingga merek RAM. Stiker tersebut biasanya menyatu dengan segel garansi yang menempel pada chip RAM.

Anda juga bisa mengetahui Cara Cek Spesifikasi Laptop atau Pc untuk lebih detailnya.

4. Cek Computer Properties atau System Information

Bila laptop yang Anda miliki sudah terinstall sistem operasi Windows maka untuk dapat memeriksa RAM yang dipasang caranya cukup mudah yakni hanya dengan cara menekan tombol Win + Pause untuk membuka sistemnya.

Apabila laptop Anda sudah terinstall sistem operasi Windows maka untuk bisa memeriksa RAM yang terpasang caranya hanya cukup menekan tombol Win + Pause untuk membuka System Information, di jendela System Informastion ini terdapat informasi mengenai kapasitas RAM dan kapasitas yang dapat digunakan.

5. Cek DirectX Diagnostic Tool

Cara selanjutnya yang boleh Anda gunakan untuk mengetahui RAM juga bisa digunakan untuk mengetahui DirectX Diagnostic Tool. Untuk menggunakan cara ini Anda dapat mengaksesnya dengan menekan tombol Win + R untuk menjalankan aplikasi RUN lalu ketik “dxdiag” kemudian tekan OK atau Anda bisa mencarinya dengan cara mengetik “dxdiag” pada Start Menu.

6. Gunakan perangkat lunak CPU-Z

Cara terakhir untuk dapat mengetahui RAM laptop yaitu dengan menggunakan perangkat lunak CPU-Z. Ternyata perangkat lunak ini tidak hanya bisa menampilkan informasi mengenai RAM saja namun juga beberapa informasi tentang processor, graphic dan lainnya.

Di bagian memory atau RAM perangkat lunak ini akan menampilkan informasi terkait kapasitas, jenis hingga merek dari RAM laptop Anda. CPU-Z dapat Anda download secara gratis. Tetapi bagi Anda yang tidak ingin menginstallnya juga bisa menggunakan versi portable yang telah disediakan oleh developer yang tidak didownload dan diinstall untuk menggunakannya.

Sekianlah yang dapat saya sampaikan melalui postingan kali ini. Bagaimana sudah tahu kan, cara melihat RAM laptop? Tentunya cara di atas sangat mudah untuk dicoba, semoga berhasil. Terima kasih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − twelve =