Cara Melacak HP OPPO yang Hilang dengan Email dalam kondisi Mati

cara-melacak-hp-oppo--yang-hilang-dengan-email

Apakah Anda baru saja mengalami kehilangan HP OPPO? Entah pun itu karena dicuri, ketinggalan atau terjatuh, atau bisa juga lupa menaruhnya dimana. Mungkin dengan tulisan ini dapat membantu Anda dalam menyelesaikan masalah tersebut dengan melakukan cara melacak HP OPPO yang hilang.

Dalam melacak HP OPPO yang hilang cukup terbilang mudah sih. OPPO sendiri juga memiliki fitur untuk melacak HP yang diberi nama NearMe Find Phone yang dapat Anda akses melalui layanan O Cloud. Fitur ini mempunyai fungsi dalam mencari dan melacak HP OPPO yang hilang.

Tetapi, untuk dapat menggunakan fitur ini HP OPPO Anda harus menggunakan Color OS versi 2.0 ke bawah. Karena, pada fitur tersebut sudah tidak ditemukan lagi di layanan O Cloud. Sayang sekali bukan!

Tenang saja, Anda tidak perlu khawatir karena masih ada lagi beberapa cara yang boleh Anda lakukan. Misalnya dengan menggunakan Email serta bantuan dari Google Maps. Bahkan, Anda dapat melacak HP OPPO yang hilang dalam keadaan mati. Lumayan keren bukan!

Cara Melacak HP OPPO yang Hilang

Ada 2 cara yang dapat Anda manfaatkan untuk bias melacak HP OPPO yang hilang, Anda boleh pilih salah satu cara yang lebih mudah yang dapat Anda gunakan. Semoga berhasil ya dalam menemukan HP OPPO kesayangan Anda!

1. Melacak HP OPPO yang Hilang dengan Email

Cara pertama yang boleh Anda gunakan untuk dapat melacak HP OPPO yang hilang yaitu dengan memanfaatkan email (Gmail). Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka smartphone lain untuk dapat melacak HP OPPO yang hilang.
  • Setelah itu, buka browser favorit Anda (boleh Google Chrome atau Mozilla Firefox).
  • Buka situs Find My Device / Google Temukan Perangkat Saya.

temukan-perangkat-saya

  • Kemudian login dengan menggunakan akun gmail Anda. Oh iya, akun gmail ini harus sudah terhubung atau masih login pada HP OPPO yang hilang tersebut.
  • Tunggu hingga beberapa menit sampai prosesnya muncul dan akan secara otomatis sistem menampilkan peta dan lokasi yang lengkap dengan disertai informasi perangkat yang terhubung.
  • Selesai, Anda boleh langsung mencarinya ke lokasi yang sudah ditampilkan.
aplikasi-find-my-device
Aplikasi Find My Device

Fitur yang terdapat pada Find My Device untuk melacak HP OPPO yang hilang cukup lengkap. Misalnya Fitur Putar Suara yang berfungsi HP OPPO nantinya akan berdering selama 5 menit dan sangat berguna bila Anda sudah berada dekat pada lokasi HP.

Kemudian ada Fitur Amankan Perangkat yang berfungsi bila HP sudah tidak bisa ditemukan, Anda dapat menguncinya supaya orang lain tidak bisa membukanya.

Berikutnya ada Fitur Hapus Perangkat yang berfungsi untuk menghapus semua data di HP OPPO yang hilang. Fitur ini dapat Anda gunakan bila tidak ingin data-data penting akan disalahgunakan orang yang tidak bertanggung jawab.

Apakah Anda juga Ingin membeli HP OPPO bekas tapi takut ditipu oleh barang palsu? Coba baca tutorial berikut ini mengenai cara cek HP OPPO asli atau palsu.

2. Cara Melacak HP OPPO yang Hilang dalam Kondisi Mati

Meskipun HP OPPO yang hilang sudah matot alias mati total, Anda masih bisa kok untuk melacaknya. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka akun Gmail yang sudah terhubung dengan HP OPPO yang hilang pada smartphone lain.
  • Setelah masuk akun Gmail, silahkan untuk buka Google Maps.
  • Setelah itu, Anda boleh pilih menu Lini Masa. Perlu Anda ingat, bahwa Lini Masa ini berfungsi untuk dapat melihat histori lokasi dari ponsel OPPO yang hilang. Jadi, Lini Masa akan merekam lokasi terakhir ketika ponsel masih dalam keadaan hidup. Jadi, meskipun telah mati Anda masih bisa melacaknya di lokasi terakhir.

temukan-perangkat-saya-2

  • Kemudian Anda klik Lini Masa, Anda dapat melihat informasi mengenai lokasi terakhir sebelum HP OPPO Anda sudah mati total.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara Melacak Hp yang Hilang
pexels.com

Seperti poin yang pertama Find My Device sebetulnya adalah sebuah aplikasi buatan Google yang dapat Anda manfaatkan. Akan tetapi, selain itu, jika hp Anda hilang, tenang saja karena ada banyak aplikasi lain yang bisa digunakan untuk menemukan hp Anda.

Apa sajakah aplikasi tersebut? Berikut ini diantaranya:

Hidden Eye

Aplikasi pelacak hp hilang pada smartphone yang pertama adalah Hidden Eye. Yang menarik perhatian dari aplikasi ini adalah sanggup menangkap foto objek yang dicurigai sebagai pencuri hp bila dia salah dalam membuka kunci password yang telah Anda atur sendiri.

Kemudian, aplikasi ini juga dapat menghidupkan alarm apabila si pencuri hp salah memasukkan password hingga lebih dari tiga kali.

Family Locator

Aplikasi Family Locator ini merupakan aplikasi pelacak hp Android yang akan menampilkan dan mencium keberadaan ponsel yang dicuri dengan menggunakan fitur GPS. Menariknya lagi, aplikasi ini, para anggota keluarga juga dapat ikut melacak keberadaan ponsel Anda.

Maka, untuk proses pencarian hp akan dapat berjalan lebih mudah. Namun sayangnya, aplikasi pelacak hp hilang ini belum bisa berfungsi dalam memfoto si tersangka.

Third Eye

Dengan aplikasi pelacak hp hilang Android ini akan membuat pencuri hp mati kutu. Karena Third Eye akan mengambil foto saat seseorang salah memasukkan kode kunci hp baik itu berupa PIN, Pattern maupun Password.

Selain itu juga, Anda akan mendapatkan pemberitahuan yang isinya menyebutkan jika seseorang telah berusaha membuka kunci hp secara paksa.

Friend Locator

Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan, karena kita hanya butuh registrasi nomor HP saja. Selanjutnya Friend Locator akan melakukan pelacakan pada hp yang hilang berdasarkan nomor yang diregistrasi pada aplikasi tersebut.

Para pemakai juga akan selalu diberitahukan mengenai lokasi terbaru hp yang hilang. Selain itu, juga ada fitur history sehingga Anda dapat mengetahui kemana saja hp tersebut dibawa oleh si pencuri.

Cerberus

Aplikasi Cerberus merupakan aplikasi pelacak hp Android dengan melakukan tracking serta mencari tahu siapa pencuri yang mengambil hp Anda. Cerberus juga dibekali dengan beberapa fitur pendukung seperti yakni alarm yang akan berbunyi kencang walaupun hp Anda dalam mode silent.

Anda juga bisa melakukan pelacakan via SMS. Jika ternyata hp dicuri, maka akan secara otomatis Cerberus melakukan lock pada setiap aplikasi dan segala file yang dianggap sangat penting.

Sekianlah informasi yang dapat saya bagikan terkait bagaimana cara melacak HP OPPO yang hilang versi Nirvanaharapan. Bagi Anda yang saat ini menggunakan HP OPPO maupun ponsel Android lainnya, sebaiknya untuk mulai koneksikan akun gmail pada smartphone Anda. Karena bila suatu ketika terjadi kehilangan, Anda akan lebih mudah untuk melacaknya. Terima kasih!

About Khairul Zein

Sang blogger Muslim yang menyukai teknologi sejak kecil dan memiliki ketertarikan dalam bidang SEO. Saat ini menjadi penulis di Nirvanaharapan.com.

View all posts by Khairul Zein →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 − one =