WiFi Sering Dibobol? 3+ Cara Ganti Password WiFi (Indihome, Tp-Link, ZTE, Huawei)

WiFi Sering Dibobol? 3+ Cara Ganti Password WiFi (Indihome, Tp-Link, ZTE, Huawei)

Cara Ganti Password WiFi – WiFi Speedy Indihome biasanya menggunakan 3 jenis modem yaitu Tp- Link, ZTE dan Huawei. Cara ganti  password wifi pun berbeda-beda tergantung dari jenis modem yang digunakan.

Telkom Speedy adalah salah satu diantara penyedia ISP yang terbesar di Indonesia. Telkom menyediakan jaringan WiFi dengan menggunakan perangkat modem sehingga kita bisa mengakses internet dengan lebih cepat dan mudah dari berbagai macam perangkat yang kita miliki.

Seperti yang kita ketahui, WiFi juga merupakan salah satu jaringan yang sangat rawan di hack atau diretas. Bila WiFi sudah di hack maka kemungkinan besar data pribadi kita akan dicuri. Selain itu, bisa juga disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Maka untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan cara mengubah password WiFi secara berkala. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini Nirvanaharapan ingin memberikan beberapa tips dan trik bagaimana cara ganti Password WiFi dengan berbagai jenis modem Telkom Speedy seperti Tp-Link, ZTE, dan Huawei.

Cara Ganti Password WiFi

Oke, untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan ini hingga akhir ya! Ataupun Anda bisa sambil mempraktekkannya bila Anda saat ini sedang ingin mengganti Password Wifi.

Modem Speedy TP-Link

Ada banyak jenis tipe dari modem TP-link yang sering digunakan oleh pihak Telkom Speedy. Akan tetapi, setiap modem tersebut tentunya memiliki cara setting yang sama.

Cara mengganti Nama dan Password modem Tp-Link :

  • Terlebih dahulu Anda lihat IP Address modem Speedy Telkom. Anda bisa menemukannya pada bagian bawah modem tersebut.
  • Kemudian hubungkanlah PC dengan WiFi tersebut.
  • Buka web browser (disarankan untuk menggunakan Google Chrome). Setelah itu, ketik IP Address yang ada pada address bar lalu tekan Enter. Umumnya modem Indihome memiliki IP Address 192.168.1.1 ataupun 192.168.0.1.
  • Setelah itu, akan muncul pop up window dimana diharuskan untuk memasukkan User ID dan juga Password. Bila Anda belum pernah mengubahnya maka isi kolom username menjadi “admin” dan kolom password menjadi “admin” juga. Setelah itu, klik Login.
  • Setelah berhasil Login dan masuk pada tampilan pengaturan modem TP-Link. Berikutnya klik tab Interface Setup. Kemudian pilihlah opsi Wireless.
  • Setelah terbuka, gulir ke bawah sampai Anda menemukan WPA2-PSK. Isi atau ganti kolom Pre-Shared-Key dengan sandi yang baru. Password tersebut akan menjadi password baru WiFi Anda.

modem-speedy-tp-link

  • Untuk mengganti nama jaringan WiFi tersebut. Ganti atau isi kolom SSID dengan nama yang Anda inginkan. Nama itulah yang akan menjadi nama jaringan WiFi baru di rumah Anda.
  • Jika sudah selesai kemudian Save pengaturan tersebut.

Sekarang nama dan juga password WiFi dirumah Anda sudah berhasil diubah. Secara otomatis semua perangkat sudah terhubung dengan WiFi akan terputus. Maka hubungkan kembali dengan menggunakan password baru.

Apabila Anda tidak bisa masuk ke pengaturan seperti hal di atas. Padahal IP Address yang sudah Anda masukkan benar. Restart laptop dan juga modem TP-Link Anda terlebih dahulu. Lalu cobalah untuk mengulangi langkah-langkah di atas.

Modem Speedy ZTE

Jenis modem berikutnya yang sering digunakan oleh Telkom yaitu ZTE. Untuk dapat melakukan pengaturan modem ZTE caranya juga hampir sama dengan melakukan pengaturan pada modem TP-Link.

Cara ganti password WiFi modem ZTE :

  • Anda lihat IP Address modem di bagian bawah modem tersebut.
  • Kemudian hubungkanlah komputer dengan WiFi Speedy Indihome.
  • Setelah itu, buka Web browser. Lalu masukkan IP Address modem ZTE yang sudah Anda lihat sebelumnya. Umumnya Modem ZTE memiliki IP Address 192.168.0.1 ataupun 192.168.1.1.
  • Berikutnya masukkan username dan password. Bila Anda belum pernah mengubahnya, masukkan username dan juga password dengan “user” ataupun “admin“.
  • Setelah Anda berhasil masuk. Pilih menu Network. Setelah itu, pilih opsi WLAN lalu pilih tab Security.
  • Untuk dapat mengubah password. Masukkan password baru pada kolom WPA Passphrase. Setelah itu, simpan dengan cara klik Submit.

modem-speedy-zte

  • Setelah itu, apabila Anda ingin mengganti nama dari WiFi tersebut . Pilih menu SSID Settings. Lalu ganti nama SSID pada kolom SSID Name.

Modem Speedy Huawei

Selain menggunakan modem TP-Link dan juga ZTE. Telkom Speedy juga biasanya menggunakan modem Huawei. Modem Huawei yang sering sekali digunakan memiliki beberapa tipe, yang lebih umum digunakan yaitu jenis tipe Huawei hg8245h.

Dalam pengaturan modem Huawei agak sedikit berbeda dengan modem Tp Link. Berikut ini cara ganti password WiFi Speedy huawei untuk semua tipe.

Cara ganti Password WiFi Huawei :

  • Anda lihat IP Address modem tersebut yang biasanya terdapat di bagian bawah maupun belakang modem Huawei. Modem Huawei biasanya menggunakan IP Address 192.168.1.254.
  • Setelah itu, hubungkanlah PC ataupun HP Android Anda dengan jaringan WiFi tersebut.
  • Lalu jalankanlah Web browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox dan juga Opera. Lalu masukkan IP Address Modem Huawei pada address bar. Kemudian tekan Enter.
  • Maka dashboard pengaturan modem tersebut akan terbuka. Kemudian masukkan username dan password. Bila Anda belum pernah mengubahnya maka isilah username dengan “admin” lalu password juga dengan “admin“. Bila Anda pernah mengubahnya maka masukkan Username dan juga Password sesuai dengan yang sudah Anda ubah.
  • Setelah Anda berhasil masuk ke menu pengaturan modem Huawei. Dilanjutkan dengan memilih opsi WLAN.
  • Lalu masukkan password baru WiFi Anda pada kolom WPA pre-shared-key.

modem-speedy-huawei

  • Bila Anda ingin mengubah nama dari WiFi. Masukkan nama WiFi yang baru di kolom SSID.
  • Kemudian simpan pengaturan tersebut dengan klik tombol Submit.
  • Setelah itu, hubungkan kembali semua perangkat dengan menggunakan password yang baru.

Itulah beberapa penjelasan terkait bagaimana cara mengganti password WiFi Speedy Indihome pada modem Tp-Link, ZTE, dan juga Huawei. Supaya lebih aman buatlah password yang unik seperti menggunakan kombinasi huruf, angka, dan karakter.

Jangan membuat password WiFi dengan sesuatu yang mudah ditebak seperti menggunakan nama, tanggal lahir dan sebagainya. Dan satu hal lagi, jangan lupa untuk mencatat password baru yang menurut Anda sulit.

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *