Cara Ganti Password Instagram

Cara Ganti Password Instagram

Mengganti password instagram secara berkala sangatlah dianjurkan sebagai langkah konkret yang berguna untuk keamanan akun Anda. Namun, masih ada saja pengguna yang masih belum mengetahui akan hal tersebut dikarenakan tidak tahu bagaimana cara ganti password instagram.

Maka dari itu, melalui kesempatan yang baik ini Nirvanaharapan akan berbagi informasi mengenai cara ganti password instagram dengan mudah.

Sebagai salah satu media sosial yang banyak dikenal dan terbesar di dunia, Instagram sangat rentan terhadap hacker yang ingin mencuri akun Anda, terutama bagi akun Anda yang memiliki banyak followers. Walaupun keamanan Instagram selalu saja ditingkatkan setiap harinya, akan tetapi tetap saja mengganti password merupakan salah satu pencegahan paling efektif yang dapat Anda lakukan.

2 Cara Ganti Password Instagram di Android

Di bawah ini akan kami bagikan 2 cara mengganti password / kata sandi Instagram. Silahkan Anda bisa memilih salah satunya yang menurut Anda lebih mudah untuk dilakukan.

1. Cara Ganti Password Instagram Melalui Aplikasi

Cara pertama ini dapat Anda lakukan bila Anda telah mendownload aplikasi instagram melalui Google Play Store. Bila sudah mendownloadnya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka aplikasi Instagram melalui smartphone.
  • Berikutnya masuk ke Menu Profil.
  • Kemudian buka menu dengan cara tap tiga strip yang berada di pojok kanan atas, lalu Anda pilih menu Setting / Pengaturan.

cara-ganti-password-instagram-melalui-aplikasi

  • Lalu Anda pilih Privasi dan Keamanan/ Privacy and Security. Setelah itu pada bagian Keamanan / Security Anda dapat pilih Kata Sandi / Password.
  • Berikutnya Anda masukkan Kata sandi saat ini/ Current Password. Lalu mengisi password baru di kolom Kata sandi baru / New password. Setelah itu masukkan kembali password baru di kolom Kata sandi baru sekali lagi / New password again.

cara-ganti-password-instagram-melalui-aplikasi-1

  • Langkah terakhir yaitu dengan menekan Centang yang ada pada pojok kanan atas di smartphone Anda.

2. Cara Ganti Password Instagram Melalui Browser

Bagi Anda yang belum mendownload aplikasi Instagram namun ingin mengganti kata sandinya. Anda dapat mencobanya melalui browser di HP atau Laptop. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka browser Anda.
  • Setelah itu buka situs Instagram.com.
  • Kemudian login dengan menggunakan username dan password akun Instagram Anda.
  • Setelah masuk, Anda BOLEH buka halaman Profil. Berikutnya buka menu dengan cara tap roda gerigi yang berada di pojok kiri atas.
  • Setelah itu buka tab Ubah Kata SandiChange Password.
  • Selanjutnya masukkan password instagram Anda yang lama pada kolom Kata Sandi LamaOld Password. Kemudian masukkan password baru pada kolom Kata Sandi Baru / New Password. Lalu, masukkan kembali password baru pada kolom Konfirmasi Kata Sandi Baru / Confirm New Password.

cara-ganti-password-instagram-melalui-browser

  • Langkah terakhir yaitu dengan menekan Ubah Kata SandiChange Password. Selesai!

Ternyata tidak begitu sulit untuk mengubah kata sandi / Password Instagram bukan? Dengan kedua cara di atas sebenarnya sama saja. Hanya yang membedakan pada platformnya saja. Jadi, pilihlah cara yang lebih mudah menurut Anda.

Anda ingin mendapatkan banyak like setiap Anda posting foto dan video di Instagram? Yuk simak pembahasan selanjutnya di Cara Mendapatkan Banyak Like di Instagram.

Tips Memilih Password / Kata Sandi yang Aman

Sedikit tambahan informasi, di bawah ini akan saya bagikan juga tips memilih password / kata sandi yang aman.

  1. Gunakan Kombinasi Huruf dan Angka
    Tips yang pertama yang harus Anda coba yaitu dengan mengkombinasikan antara huruf dan angka. cara ini dinilai sangat ampuh sebagai sarana untuk melindungi akun instagram Anda.
  2. Gunakan Kombinasi Huruf Besar dan Kecil
    Tips yang kedua yaitu dengan mengkombinasikan antara huruf besar dan kecil. Saran saya sih jangan terlalu banyak mengkombinasikannya, karena ini nantinya akan dapat menyulitkan Anda juga saat ingin login.
  3. Buat Password yang Cukup Panjang
    Tips yang ketiga yaitu dengan membuat password yang lumayan panjang. Pastinya semakin panjang akan semakin baik, namun akan menyulitkan Anda juga saat akan login. Jadi gunakanlah sewajarnya saja.
  4. Jangan Gunakan Nama Anda
    Tips yang terakhir yaitu untuk jangan menggunakan nama Anda sebagai password. Karena dengan menggunakan nama Anda, pastinya akan sangat mudah untuk ditebak. Jadi jangan menggunakan nama Anda sebagai password.

Manfaat Mengganti Password Instagram secara Berkala

Alangkah baiknya bila Anda mengetahui beberapa manfaat dari cara ganti sandi akun IG Anda. Sebab, dengan mengganti password Instagram secara berkala akan membuat hacker menjadi kebingungan. Tentunya Anda tidak boleh melakukannya terlalu sering ya, namun berkala!

Alasan utama mengapa wajib mengganti password IG secara berkala yaitu untuk menghindari para hacker yang jahil dan setiap kali ingin menerobos ke akun IG Anda. Biasanya para hacker akan menargetkan akun-akun besar. Misalnya akun selebgram yang memiliki followers hingga jutaan.

Nah, supaya membuat bingung hacker, Anda dapat mengatur ulang password akun Instagram secara berkala. Akan tetapi, pastikan untuk mengganti password yang agak sulit untuk ditebak. Misalnya, password pertama Anda adalah “otakemas” lalu selanjutnya Anda bisa menggantinya dengan password “payahbilang” Anda wajib mengganti password yang berbeda jauh dari password yang pertama.

Oleh karena itu, bila Anda mengganti kata sandi akun IG secara berkala boleh dikatakan sebagai (mengelabui hacker). Sehingga buatlah password yang benar-benar tidak dapat ditebak oleh orang lain dan hanya Anda saja yang tahu asal-usul dari password tersebut.

Mengganti password Instagram secara berkala jangan terlalu sering, ya. Contohnya, Anda menggantinya sebulan sekali atau dua bulan sekali sudah cukup. Jangan menggantinya setiap hari. Karena, jika mengganti password IG setiap waktu dengan terus menerus maka akan mempermudah hacker membobol akun Instagram Anda juga lho. 

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai cara ganti password / kata sandi Instagram. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda semuanya. Terima kasih!

Yuk, Baca Artikel Selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + eleven =