Frekuensi RCTI

RCTI merupakan sebuah saluran televisi yang menyiarkan siaran multi program yang dapat Anda tonton seperti film, acara hiburan, religi, sinetron, msuik, agama, FTV serta berbagai acara lainnya. Frekuensi RCTI ini telah mengudara di indonesia sejak tahun 90an sampai sekarang yang bisa dinikmati pada receiver digital / parabola.

Itu artinya, jika receiver Anda tidak dapat menampilkan gambar / video dari saluran RCTI ini, maka bisa dibilang perangkat digital Anda tidak lagi mendukung saluran frekuensi RCTI terbaru saat ini.

Walaupun bermunculan banyak pesaing baru, namun tetap saja saluran ini menjadi salah satu yang terbaik hingga saat ini. Maka tidak heran jika banyak orang yang dengan sesegera mungkin mencari kode frekuensi RCTI terbaru apabila channel ini tiba-tiba menghilang pada parabola.

Sejarah Berdirinya RCTI

sejarah rcti
mncgroup.com

Sedikit kita bicara mengenai sejarah saluran ini, RCTI (Rajawali Citra Televisi Indonesia) adalah siaran TV swasta yang pertama kali muncul di Indonesia.

Semenntara untuk pendiri RCTI sendiri adalah perusahaan Rajawali Wirabhakti Utama dan Bimantara Citra yang bekerja sama dalam membangun stasiun TV milik swasta. Sehingga kini RCTI adalah stasiun televisi yang dimiliki oleh MNC (Media Nusantara Citra).

Pada tanggal 13 November 1988, RCTI memperoleh hak siar pertamanya, dimana pada saat itu masih terhitung sebagai masa percobaan. Hingga kemudian akhirnya RCTI ini diresmikan dan bisa menyajikan program-program acaranya di tanggal 24 Agustus 1989.

Akan tetapi di awal peresmiannya hingga akhir tahun 1989, RCTI hanya bisa diakses oleh pelanggan yang memiliki decoder serta membayar iuran bulanan saja.

Lalu setelah akhir tahun, RCTI ini pun bisa diakses secara bebas sampai sekarang ini dan menjadi salah satu siaran televisi paling unggul di Indonesia.

Kini, RCTI sudah mempunyai jangkauan luas dengan memiliki 54 stasiun transmisi yang tersebar di 452 kota. Selain itu, mampu menjangkau sekitar 80% dari populasi penduduk Indonesia.

Dengan memiliki cakupan sinyal yang begitu luas dan tersebar di berbagai wilayah, menjadikan stasiun televisi ini menjadi sangat populer.

Sehingga tercatat sejak februari 2018 RCTI kini mengubah kualitas jaringannya menjadi memiliki kualitas mpeg4  H264 yang berarti dapat menampilkan gambar yang lebih bersih dan berkualitas.

Frekuensi RCTI Satelit

frekuensi rcti satelit
selular.id

Frekuensi RCTI bagi pengguna antena parabola cuma bisa Anda saksikan lewat Decoder Rekomendasi dari K-Vision / Nex Parabola. Kedua provider tersebut bersifat FTV dan untuk sementara masih bebas iuran bulanan.

Tanpa biaya bulanan itu berarti channel tersebut dapat tayang selama Anda menggunakan STB Rekom. Sehingga untuk pembayaran hanya dapat dilakukan apabila pelanggan ingin menambah channel lainnya. Untuk mengenai kebijakannya bisa berubah sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan sekalipun.

Oleh karena itu, berikut ini adalah daftar frekuensi RCTI terbaru untuk berbagai satelit diantaranya :

SatelitPalapa D
JenisParabola Besar
SpektrumC Band
Frekuensi3600
Koordinat113.0 E
PolaritasV
ProviderK Vision
KualitasSD
Simbol Rate31000
TipeFree To View
SistemMPEG 4
SatelitPalapa D
JenisParabola Besar
SpektrumC Band
Frekuensi4140
Koordinat113.0 E
PolaritasV
ProviderNex Parabola
KualitasSD
Simbol Rate29900
TipeFree To View
SistemMPEG 4
SatelitMeasat 3a
JenisParabola Mini
SpektrumKu Band
Frekuensi12396
Koordinat91.4 E
PolaritasH
ProviderK Vision
KualitasHD
Simbol Rate31000
TipeFree To View
SistemMPEG 4
SatelitSes 9
JenisParabola Mini
SpektrumKu Band
Frekuensi11921
Koordinat108.2 E
PolaritasV
Providernex Parabola
KualitasSD
Simbol Rate45000
TipeFree To View
SistemMPEG 4

Frekuensi RCTI UHF

Frekuensi RCTI ini juga ditransmisikan lewat kanal UHF analog dan digital di beberapa kota, wilayah Indonesia. Untuk penyebaran sinyal terestrial ini memang tidak merata sampai ke pelosok-pelosok. Melainkan frekuensi UHF ini masih banyak dicari sebagai alternatif untuk tontonan gratis.

Apabila di daerah tempat tinggal Anda sudah tercover sinyal digital terestrial, ada baiknya untuk memasang perangkat Set Top Box DVB-T2 agar bisa menikmati tayangan yang jernih dan terbebas dari noise.

Oleh sebab itu, berikut ini adalah frekuensi RCTI terbaru melalui kanal UHF :

  • Aceh > 28 UHF
  • Bandung > 50 UHF
  • Balikpapan > 30 UHF
  • Batam > 43 UHF
  • Batu Sangkar > 31 UHF
  • Bengkulu > 30 UHF
  • Bukit Tinggi > 58 UHF
  • Banjarmasin > 30 UHF
  • Bengkulu > 30 UHF
  • Cirebon > 38 UHF
  • Denpasar > 35 UHF
  • Gorontalo > 58 UHD
  • Garut > 34 UHF
  • Jambi > 33 UHF
  • Jakarta > 43 UHF
  • Jayapura > 24 UHF
  • Jember > 58 UHF
  • Kendari > 26 UHF
  • Kediri > 57 UHF
  • Lampung > 32 UHF

Simak artikel terkait lainnya mengenai Frekuensi Trans TV.

Program Unggulan RCTI

program unggulan rcti
twitter.com

Stasiun TV RCTI memang mempunyai beragam acara yang bermutu. Dimana ini identik dengan kartun Doraemon yang biasanya tayang pada hari Minggu.

Untuk itu siapa sih yang tidak kenal dengan nama Doraemon / robot kucing imut ini? Tentunya sudah hampir semua kalangan mengetahuinya, mulai dari anak-anak sampai orang tua dan memang sudah kenal betul dengan program acara tersebut.

Berikut ini adalah beberapa acara unggulan pada channel RCTI :

  • Kartun = Menyajikan program acara seperti Doraemon, Kiko, Captain Tsubasa dan Zak Storm.
  • Seputar iNews = Program ini adalah acara televisi yang menyajikan informasi, baik itu berita lokal maupun internasional. Selain itu, di tahun 2019 Seputar iNews berhasil memperoleh penghargaan Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia terbaik dan tentu saja membuatnya sebagai salah satu program unggulan RCTI.
  • Tukang Ojek Pengkolan = Program ini adalah acara televisi yang menampilkan drama sinetron Indonesia terkait kehidupan seorang tukang ojek.
  • Master Chef Indonesia = Program ini merupakan acara televisi dengan menampilkan ajang pencarian bakat agar bisa menjadi seorang Chef.
  • Silet = Program acara ini menyajikan berita terkait informasi dan gosip hangat seputar selebritis.
  • Hafiz Indonesia = Program acara yang menampilkan ajang pencarian bakat untuk menjadi seorang Da’I cilik yang pandai dalam berdakwah. Dimana acara ini merupakan salah satu unggulan RCTI dan favorit bagi masyarakat Indonesia setiap mulai datangnya bulan suci Ramadhan.
  • Sinetron = Program acara seperti Dunia Terbalik, Gober, Tukang Ojek Pengkolan, Ojolali dan Kasih Sepanjang Masa.
  • Entertainment = Program acara seperti Silet, Go Spot dan Dagelan OK.
  • Ajang Pencarian Bakat = Program acara seperti Master Chef Indonesia, Hafiz Indonesia dan Indonesian Idol.
  • Religi = Program acara seperti Mukjizat Itu Nyata.
  • Sports = Program acara seperti ASEAN Games, Piala Dunia dan Liga Internasional lainnya.

Cara Mencari Frekuensi RCTI

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, RCTI merupakan stasiun televisi punya swasta yang tertua dan cukup populer dibandingkan dengan yang lainnya.

kalau begitu bagaimana sih cara mencari frekuensi RCTI?

  • Oke, langkah pertama yakni kita mesti masuk dulu ke menu saluran agar bisa menambahkan channel RCTI. Caranya, yaitu dengan menekan tombol Menu > Pilih Buat Saluran.
  • Kemudian kita akan menuju ke menu pop up, lalu pilih OK.
  • Jadi, pastikan dulu satelit apa yang ingin mau digunakan untuk mencari channel RCTI. Dalam tutorial ini, kita coba memilih dengan menggunakan satelit Telkom.
  • Setelah itu, masuk ke menu Frekuensi TP dan Masukkan Nilai 3924.
  • Kalau sudah, lalu arahkan ke bawah dan pilih menu Simbol Nilai dengan Nilai 7500.
  • Selanjutnya arahkan ke menu Polaritas, dan pilih H atau Horizontal.
  • Lalu cek kembali, apabila frekuensi memang sudah benar diarahkan ke menu Cari > Semua atau Bebas > tekan OK.
  • Selesai deh, sekarang Channel RCTI sudah bisa kita nikmati pada setiap program acaranya.

Cara Mengatasi Sinyal RCTI Yang Hilang

Penyebab hilangnya siaran RCTI pada frekuensi satelit adalah berawal dari keputusan MNC Group. Dimana mereka mengubah kebijakan bisnis televisi menjadi TV berbayar, dan tidak lagi gratis seperti yang sebelumnya. Dengan begitu, siaran yang dipancarkan pun akan ter-enkripsi, teracak dan gelap apabila tidak memakai Set Top Box Khusus.

Kondisi di atas merupakan salah satu penyebab sinyal channel TV yang menghilang. Akan tetapi, kita masih bisa kok mengatasinya dengan cara berikut :

1. Ganti Set Top Box

Telah menjadi kewajiban bagi pemirsa untuk membeli Decoder rekomendasi yang terdapat dipasaran. Sekarang ini ada beberapa provider seperti K Vision, Trans Vision, MNC Vision dan Next Parabola.

Untuk itu lebih disarankan untuk memilih K-Vision / Nex Parabola saja, supaya Anda dapat menyaksikan TV Satelit bebas tagihan bulanan.

2. Scan Ulang STB (Set Top Box)

Fitur scan ulang pada Set Top Box adalah cara termudah dalam melakukan pencarian otomatis pada semua channel di satelit. Jadi, yang harus kita lakukan cuma memasukkan nomor transponder satelit dengan benar. Selanjutnya kita tinggal biarkan perangkat mencari semua channel yang tersedia.

Kalau sinyal RCTI di tempat Anda terganggu, maka cobalah untuk menghapus seluruh siaran dan lakukan scan ulang. Bagaimana, cukup mudah bukan!

3. Putar Dish Parabola

Pada umumnya memutar dish parabola dilakukan pada saat kita mencari sinyal satelit tertentu atau memperbaiki pergeseran dish. Namun terkadang kondisi angin kencang atau hujan deras dapat membuat posisi dish bergeser.

Maka cara mengatasinya adalah dengan menggerakan antena parabola kembali ke posisi awal atau ke arah satelit tertentu untuk mencari sinyal RCTI.

Demikian penjelasan mengenai frekuensi RCTI secara lengkap, semoga artikel ini bisa membantu dan memberi manfaat untuk para pembaca setia Nirvanaharapan. Jika Anda memiliki saran untuk frekuensi lainnya, silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar dan akan kita bahas bersama.

Cukup sekian dan terima kasih!

Leave a Comment

nine + five =