Cara Mengisi Tinta Printer Canon

Cara Mengisi Tinta Printer Canon

Tahukah Anda? Ada begitu banyak jenis-jenis printer yang tersedia sekarang ini. Mulai dari yang keluaran lama, hingga printer-printer canggih yang memiliki teknologi terbaru.

Meskipun begitu, faktanya printer dengam model system tinta juga masih cukup digemari oleh kebanyakan orang. Oke, seperti judul di atas, Nirvanaharapan ingin memberikan tutorial mengenai cara mengisi tinta printer Canon.

Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan penggunaan printer sistem tinta relative sangat mudah untuk dilakukan. Ditambah lagi printernya masih tergolong ekonomis (baik segi harga) dan mudah ditemukan dimana pun.

Sekilas Tentang Printer Canon

Canon, perusahaan yang pertama kali didirikan pada tahun 1993 dengan nama Seiki kougaku kenkyuujo atau jika diterjemahkan artinya Laboratorium Peralatan Optik Presisi.

Awalnya perusahaan ini ditujukan untuk melakukan riset pengembangan kamera berkualitas. Namun, seiring perkembangan zaman. Selain riset kamera Canon juga mulai melirik segmen pasar lainnya, dan salah satunya yaitu printer.

Salah satu yang terkenal yakni printer berteknologi Inkjet dengan menggunakan teknologi bubblejet di tahun 1985. Cara kerja printer ini memakai mekanisme penggunaan tinta khusus ketika proses mencetaknya.

Cara Mengisi Tinta Printer Canon yang Benar

Kenapa saya barusan membicarakan mengenai sejarah printer Canon? Karena di sini Nirvanaharapan bakal menjelaskan bagaimana cara mengisi tinta printer Canon yang telah habis.

Bagi Anda pengguna printer Canon dengan menggunakan sistem inkjet, sudah pasti tinta printernya wajib diganti pada beberapa waktu. Apalagi yang namanya tinta printer itu dapat cepat habis bila pemakaiannya terlampau sering.

Sehingga dengan mengganti tinta printer, maka secara tak langsung berarti Anda juga sudah merawat printer.

Di luar bayangan kepala Anda, untuk mengisi ulang tinta printer Canon sebetulnya tidaklah sulit-sulit amat. Langkah demi langkahnya pun simpel, dan dapat diterapkan oleh siapa saja.

Karena yang terpenting siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu:

  • Tinta isi ulang printer untuk Canon
  • Alat suntik untuk tinta
  • Paku atau jarum agar nantinya bisa memperbesar lubang pada cartridge
  • Tisu untuk mengelap tumpahan tinta

Tutorial ini juga bisa diterapkan di hampir semua jenis printer Canon lainnya, seperti Canon IP2770, MP287, E410, E400. Oke, Jika semuanya sudah tersedia, yuk kita ikuti langkah-langkah berikut ini hingga akhir ya!

1. Nyalakan Printer Terlebih Dulu

Langkah pertama yaitu printer wajib dalam kondisi menyala. Sambungkan printer dengan kabel power pada stop kontak, kemudian aktifkan dengan cara menekan tombol On hingga beberapa saat.

Nah, Jika sudah biarkan dulu selama beberapa saat sampai printer dalam kondisi stand-by.

2. Buka Cartridge Printer

Cartridge posisinya terletak di dalam printer. Untuk mengambilnya pun sangat mudah, silakan Anda buka cover printer tersebut, lalu cari cartridge. Ketika cartridge posisinya sedang berada di tengah, Anda dapat melepasnya.

Sebisa mungkin Anda lakukan pelan-pelan, dan jangan sampai menyentuh di bagian depan cartridge. Simpan cartridge tersebut di atas tisu atau kertas bila sudah.

3. Perbesar Lubang Pada Cartridge

Pada cartridge terdapat satu lubang yang dapat digunakan untuk mengisi tinta. Namun, pada umumnya lubang ini terlihat kecil, sehingga dapat menyulitkan kita saat ingin mengisi tinta.

Untuk letak lubangnya biasanya ada di belakang label. Apabila printer Canon Anda masih baru, coba lepas dulu label pada cartridgenya untuk bisa melihat lubang tinta.

Nah, berikutnya ambil paku maupun jarum yang sebelumnya telah dipersiapkan. Kemudian, Anda perbesar lubang tersebut secukupnya.

4. Cara Isi Ulang Tinta Printer Canon

Jika sudah, maka prosesnya boleh berlanjut ke langkah mengisi tinta. Direkomendasikan terlebih dahulu untuk memilih tinta warna hitam.

Pada langkah ini biasanya banyak orang yang kurang teliti, hingga mengalami masalah-masalah terkait pada tinta. Seperti kebocoran, hingga tinta tidak masuk ke cartridge.

Maka di sini ada sedikit langkah khusus, yakni dengan mengambil lebih dahulu sedikit tisu, kemudian tutup bagian head cartridge supaya tidak bocor nantinya.

Setelah itu, coba Anda masukkan jarum ke lubang tinta cartridge. Di dalamnya akan terasa seperti gabus atau tidak terlihat namun bisa terasa.

Untuk tintanya boleh memasukkan 20-20ml. Isilah tinta secukupnya, jangan sampai berlebihan, apalagi hingga tumpah dari lubang cartridgenya.

Cara Mengisi Tinta Warna di Printer Canon

Kurang lebih sih sebenarnya, cara mengisi printer warna di printer Canon tidaklah jauh berbeda dengan cara yang telah dijelaskan sebelumnya.

Hanya saja, prosesnya harus lebih teliti dan harus perlu hati-hati supaya nantinya tidak terjadi masalah pada printer.

Langsung saja, coba Anda lepas cartridge warna printernya. Maka di sana bakal terlihat 3 warna dasar, yaitu merah, biru dan kuning. Silakan Anda ingat-ingat dulu posisi warnanya dengan baik atau foto saja sekalian bila perlu.

Untuk cara mengisi tinta warnanya seperti ini:

  • Sama seperti yang sebelumnya, ketika cartridge printer telah diambil, silakan diperbesar dulu lubang printernya.
  • Kemudian ambil tisu, letakkan di head cartridge.
  • Jika sudah, isi tinta dengan menggunakan suntik kira-kira sebanyak 5-10 ml. Lakukanlah secara perlahan-lahan, supaya tidak ada warna yang tumpah. Hati-hati pula jangan sampai salah memasukkan warnanya.
  • Bila sudah, bersihkan head cartridge dan pasang kembali cartridge di tempatnya seperti semula.
  • Anda tutup cover printer yang telah dibuka sebelumnya, lalu tunggu hingga beberapa saat sampai printer masuk ke mode stand-by.

Note: Untuk kapasitas cartridge warna pada printer lebih sedikit dibandingkan dengan cartridge hitam. Untuk itu, disarankan agar lebih berhati-hati. Apabila sampai tumpah, maka bisa saja tinta malah bercampur dengan warna lainnya.

Untuk lebih memperjelas Anda bisa melihat video referensi berikut ini:

Hal-hal yang Wajib Diperhatikan Saat Mengisi Ulang Tinta

Adapun beberapa poin yang perlu Anda perhatikan ketika sedang mengisi tinta printer. Poin-poin ini bertujuan agar nantinya ketika proses ataupun setelah pengisian selesai, printer dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Poin-poin tersebut diantaranya yaitu:

  • Lepaskan kabel USB yang tersambung ke komputer, supaya komputer tidak mendeteksi printer yang mau diisi ulang tintanya. Ini sangat penting, karena di beberapa kondisi tertentu bisa membuat printer mengalami masalah seperti cancel printing.
  • Ingat kembali untuk menutup cover printer setelah melakukan pengisian tinta. Tujuannya agar mencegah benda-benda asing masuk saat printer sedang aktif. Karena hal ini dapat membuat printer tidak bisa menarik kertas.
  • Tinta 10-20 ml kurang lebih 5 hingga 8 tetes. Namun boleh lebih asal disesuaikan dengan kebutuhan, jika ingin lebih banyak bisa. Asalkan jangan sampai berlebihan.
  • Jika tinta terlanjur keluar berlebihan, biarkan saja keluar dengan sendirinya. Jangan di lap menggunakan tisu, karena bila terlanjur kering, bisa membuat cartridge menjadi macet.
  • Lakukanlah pengetesan printdokumen dari Microsoft Word atau aplikasi sejenis lainnya. Untuk mengatasi adanya masalah yang akan barangkali muncul secepatnya.
  • Optional. Lakukan cleaning printer untuk membuat printer menjadi lebih optimal setelah melakukan isi ulang tinta.
  • Poin terakhir, pastikan pula kedepannya jangan mengisi ulang tinta hanya di saat cartridge sudah benar-benar tidak dapat digunakan atau kering. Karena dalam jangka waktu tertentu, bisa membuat karat dan adanya gangguan pada cartridge.

Bagaimana Jika Tidak Berani Bongkar?

Untuk mengisi ulang tinta printer, otomatis wajib bongkar juga. Akan tetapi, bagaimana jika kita tidak berani bongkar? Karena bila dipikir-pikir, membongkar printer pastinya masih tetap ada resikonya tidak?

Solusinya mudah dan sederhananya yaitu cukup bawa saja printernya ke tempat service printer Canon. Karena di sana biasanya menyediakan jasa pengisian ulang tinta.

Tenang saja, untuk harga biasanya tidak mahal kok. Kecuali jika Anda memang mau sekalian membeli tintanya di sana, kemungkinan ada sedikit biaya tambahan.

Seperti yang sudah dijelaskan, cara ini pada dasarnya bisa untuk banyak printer Canon yang menggunakan jenis sistem model tinta (ink-jet). Misalnya pada Canon IP2770, IP 1110 dan lainnya.

Sekianlah yang dapat Nirvanaharapan jelaskan mengenai cara mengisi tinta printer Canon. Semoga bisa membantu Anda dalam memecahkan masalah serta dapat menambah wawasan. Terima kasih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × one =