Cara Mengirim Aplikasi Lewat WhatsApp

Dalam artikel kali ini Nirvanaharapan akan memberikan kepada Anda bagaimana cara mengirim aplikasi lewat WhatsApp. Ini merupakan tips terbaru yang akan Nirvanaharapan tunjukkan dalam artikel ini, untuk itu silahkan baca artikel ini hingga akhir ya!

Platform Whatsapp menjadi salah satu aplikasi pesan yang kini paling cepat berkembang. Kebanyakan orang menggunakan aplikasi WhatsApp adalah untuk berbagi pesan, video maupun gambar.

Selain itu, pembaruan terbaru dari aplikasi WhatsApp ini akan memungkinkan bagi Anda untuk mengirim file dokumen seperti file pdf, file teks, dokumen dan lain sebagainya.

Mengirim aplikasi android dengan menggunakan WhatsApp merupakan sebuah trik dasar Hp yang cenderung diabaikan oleh kebanyakan pengguna.

Untuk mengirimkan teman Anda aplikasi yang tidak dimiliki oleh mereka di Hp lewat Whatsapp akan menjadi sangat mudah. Oleh karena itu, Anda hanya akan mengharuskan untuk menyiapkan Hp dan melakukan beberapa tutorial yang telah disediakan berikut ini.

Cara Mengirim Aplikasi Lewat Whatsapp Terbaru Dengan Mudah

Dengan mengirim aplikasi terinstall mungkin saja Anda berpikir, bahwa hanya dapat dilakukan lewat aplikasi ShareIT saja. Namun tidak dengan itu saja, melainkan bisa juga melalui aplikasi WhatsApp.

Dimana hal ini akan memungkinkan Anda untuk mengirim file aplikasi dengan memiliki format .apk. Setidaknya ada 4 cara yang dapat Anda lakukan untuk mengirim aplikasi lewat WA yang telah Admin rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Di bawah ini adalah langkah-langkah mengirim aplikasi melalui WA (WhatsApp) secara detail, diantaranya :

1. Menggunakan Aplikasi ES File Explorer

aplikasi es file explorer

Dalam mengirim aplikasi lewat WhatsApp, Anda akan masih memerlukan bantuan aplikasi tambahan. Untuk itu, salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan di sini adalah ES File Explorer.

Sejatinya aplikasi ES File Explorer ini memiliki fungsi untuk mengelola file di dalam memori internal HP. Akan tetapi, ternyata di dalamnya juga telah disediakan fitur dalam mengirimkan jenis aplikasi tertentu ke HP android lainnya dengan menggunakan WhatsApp.

Di bawah ini adalah langkah-langkah mengirim aplikasi lewat WhatsApp dengan menggunakan ES File Explorer, yaitu :

  • Langkah awal yang mestinya Anda lakukan adalah dengan harus terlebih dahulu mengunduh dan menginstall aplikasi ES File Explorer. Aplikasi buatan oleh ES App Group ini juga bisa diinstall secara gratis lewat Google Play Store maupun situs penyedia aplikasi android lainnya.
  • Apabila sudah, saatnya Anda langsung membuka aplikasi ES File Explorer tersebut.
  • Dalam tampilan utama aplikasi, silahkan Anda masuk ke menu APP. Kemudian nantinya akan ditampilkan list aplikasi android yang telah terinstall pada HP android Anda.
  • Dari beberapa daftar aplikasi tersebut, silahkan Anda cari aplikasi mana yang mau dikirimkan melalui WhatsApp. Bila sudah ketemu, sekarang tekan dan tahan di aplikasi yang ingin dipilih tersebut sampai nantinya muncul tanda centang pada bagian bawahnya.
  • Tidak hanya satu aplikasi, di sini juga Anda dapat mengirimkan beberapa aplikasi dengan menambahkan tanda centang.
  • Jika sudah, berikutnya perhatikan di tab yang ada pada bagian bawah layar. Kemudian untuk mulai mengirimkan aplikasinya, silahkan Anda klik tombol Share.
  • Sebab kita akan mengirim aplikasi lewat WhatsApp, maka klik di opsi WhatsApp.
  • Berikutnya Anda cari nomor WhatsApp yang mau dikirimkan aplikasi tersebut. Kalau ketemu, lalu klik tombol Send. Otomatis aplikasi tersebut akan langsung dikirimkan ke nomor WhatsApp tujuan.

Bagaimana, sangat mudah tidak cara mengirim aplikasi melalui aplikasi WhatsApp di atas? Nantinya si penerima hanya perlu klik aplikasi yang diterima tadi, kemudian memilih Install.

2. Menggunakan Aplikasi ShareCloud

aplikasi sharecloud

Selain Anda menggunakan aplikasi ES File Explorer diatas, ada pula jenis aplikasi lainnya yang dapat Anda pakai untuk mengirim aplikasi melalui WhatsApp.

Pada poin kedua ini Anda bisa menggunakan aplikasi bernama ShareCloud. Cara menggunakannya pun hampir sama dan mudah seperti cara di atas. Dimana aplikasi ini dikembangkan oleh seorang developer bernama For2ww dan juga telah banyak digunakan.

Di bawah ini adalah cara menggunakan aplikasi ShareCloud untuk mengirimkan aplikasi lewat WhatsApp, yaitu :

  • Langkah awal pastinya Anda terlebih dahulu menginstall aplikasi ShareCloud. Namun, sayangnya aplikasi ini telah dihapus dari Google Play Store. Jangan khawatir, Anda bisa mengunduh aplikasi ShareCloud ini melalui Link ini > APK ShareCloud <.
  • Kalau sudah, silahkan langsung Anda jalankan aplikasi tersebut.
  • Di halaman utama aplikasi, berikutnya Anda masuk ke menu App yang terdapat pada bagian baris teratas. Maka nantinya akan ditampilkan daftar aplikasi yang telah terinstall di HP android Anda.
  • Kemudian Anda cari aplikasi mana yang mau dikirimkan ke nomor WhatsApp teman maupun orang lain. Apabila sudah ketemu, maka tekan dan tahan di aplikasi terpilih tersebut hingga nantinya tampil tanda centang di sebelahnya.
  • Selanjutnya di bagian tab baru yang muncul pada bagian bawah tampilan, Anda pilih tombol Share. Sebab di sini kita akan mengirim file apk melalui WhatsApp, untuk itu pilih opsi WhatsApp.
  • Setelah itu, Anda cari kontak WhatsApp yang mau Anda kirim file apk aplikasi tertentu. Nah, bila telah ketemu, maka berikutnya klik tombol Send.
  • Selesai deh, nantinya aplikasi akan otomatis dikirim ke nomor WhatsApp yang sudah dipilih tadi.

Hampir sama seperti cara sesudahnya, dimana si penerima hanya perlu klik di file APK yang diterimanya. Kemudian lakukanlah penginstalan aplikasi seperti umumnya.

Simak juga pembahasan selanjutnya mengenai cara menyembunyikan chat WhatsApp

3. Menggunakan Aplikasi Extractor

apk extractor

Selanjutnya pada poin ketiga ini adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi APK Extractor. APK Extractor ini merupakan aplikasi yang mampu mengambil file mentah APK yang telah terinstal pada HP Android.

Bahkan bagusnya aplikasi ini dapat digunakan meskipun HP Anda dalam keadaan no root sekalipun.

Di bawah ini adalah cara mengirim aplikasi mentah APK lewat WhatsApp, yaitu :

  • Langkah pertama yakni Instal terlebih dahulu aplikasi bernama Apk Extractor melalui playstore.
  • Kemudian Anda buka aplikasi tersebut.
  • Setelah itu, tekan tahan pada aplikasi yang Anda mau lalu pilih opsi Share.
  • Selanjutnya pilih share lewat Whatsapp.
  • Maka Anda tentukan kontak mana yang mau dikirim.

Pada dasarnya aplikasi ini juga berfungsi untuk mengambil file mentah APK lewat aplikasi yang telah terinstal pada HP Android. Dimana file APK ini akan di ekstrak ke dalam penyimpanan HP Android Anda.

Jika Anda memakai Kartu SD pada HP, maka nantinya hasil ekstrak aplikasi ini akan terletak di /sdcard/ExtractedApks/. Akan tetapi, bila Anda tidak menggunakan Kartu SD, maka otomatis foldernya akan ada pada penyimpanan internal.

4. Menggunakan Aplikasi Export

cara mengirim aplikasi lewat whatsapp apk export

Berikutnya adalah APK Export, dimana aplikasi ini bisa mengirim aplikasi yang telah terpasang pada HP Android ke teman Anda dengan melalui WhatsApp. Aplikasi ini juga gratis, tanpa root, dan tanpa iklan serta mempunyai ukuran yang sangat kecil.

Di bawah ini adalah cara mengirim aplikasi lewat WA (WhatsApp) tanpa root hp android, yakni :

  • Silahkan Anda cari dan pasang aplikasi APK Export melalui playstore.
  • Apabila sudah terpasang, kemudian buka aplikasinya.
  • Setelah itu, tunggu beberapa detik sampai proses pemuatan aplikasinya selesai.
  • Lalu tap tahan pada aplikasi yang mau dikirim.
  • Selanjutnya Anda tap ikon Share yang terletak pada bagian atas.
  • Pilih share melalui WhatsApp.
  • Langkah terakhir, pilih kontak atau grup WA (WhatsApp) yang Anda inginkan.

Aplikasi ini akan memudahkan Anda dalam berbagi aplikasi hanya dengan menggunakan chatting WhatsApp saja. Anda juga boleh memakai aplikasi ini untuk mengirim aplikasi sebanyak yang Anda inginkan.

Pengen keluar grup WhatsApp tanpa diketahui oleh anggota lain? Yuk! Simak cara keluar grup WhatsApp tanpa diketahui.

Cara Mengirim Aplikasi Lewat Whatsapp Tanpa Aplikasi

cara mengirim aplikasi lewat whatsapp tanpa aplikasi

Selain cara dengan menggunakan aplikasi, maka Anda pun bisa mengirimkan file apk melalui WhatsApp tanpa menggunakan aplikasi tambahan apapun. Akan tetapi, dalam metode ini Anda harus menggunakan HP Android yang sudah di root.

Di bawah ini adalah cara mengirim APK lewat WhatsApp tanpa aplikasi tambahan, yakni :

  • Silahkan Anda buka aplikasi Root Explorer di HP Anda.
  • Kemudian pergi menuju folder data > app.
  • Setelah itu, Anda akan melihat seluruh aplikasi yang terinstal.
  • Tap tahan pada ikon aplikasi yang mau dikirimkan.
  • Lalu pilih opsi Send untuk mengirim apk.
  • Berikutnya pilih Send melalui Whatsapp.
  • Sekarang silahkan pilih chat atau grup yang Anda mau.

Folder /data/app ini adalah penyimpanan seluruh file mentah APK dari aplikasi yang sudah terpasang pada HP android. Jika Anda mau mengambil file APK melalui aplikasi bawaan android, maka Anda boleh mencarinya dalam folder /system/app.

Semua cara di atas bisa Anda coba lakukan di semua tipe / merk HP Android. Anda juga boleh mencobanya pada HP Android seperti Samsung, Asus, Vivo, Xiaomi, Oppo, Realme dan lain sebagainya.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai cara mengirim aplikasi lewat WhatsApp untuk saling share file mentah apk melalui WA dengan mudah. Siulahkan Anda gunakan metode mana yang memang menurut Anda paling mudah dan efektif untuk dilakukan.

Cukup sekian dan terima kasih!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 + two =