8+ Cara Mengatasi Whatsapp Pending dan Error dengan Mudah

8+ Cara Mengatasi Whatsapp Pending dan Error dengan Mudah

Walaupun terkenal sebagai aplikasi pesan instan dan populer di dunia, namun tetap saja Whatsapp tak lepas dari yang namanya masalah. Salah satu masalah yang sering muncul yaitu pesan Whatsapp yang pending dan hingga akhirnya tidak terkirim dengan segera. Lantas, bagaimana cara mengatasi Whatsapp pending?

Sekarang ini, Anda tak perlu khawatir ketika mengalami WA Pending, karena kami telah mempunyai solusi yang tepat dari masalah tersebut dengan cepat dan mudah. Ada faktor internal dan eksternal yang menjadi penyebab whatsapp pending tersebut. Selengkapnya akan saya share di bawah ini.

8 Cara Mengatasi Whatsapp Pending dengan Mudah

Ada 8 tips dan trik dalam mengatasi Whatsapp pending, Anda boleh mengkombinasikan semuanya supaya Whatsapp Anda benar-benar lancar. Mari kita simak penjelasannya hingga akhir ya, bro!

1. Periksa Koneksi Internet

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memeriksa koneksi internet pada smartphone Anda. Pastikan Anda berada di jaringan yang baik supaya bisa mencegah whatsapp yang pending.

Untuk memastikan jaringan Anda stabil, Anda boleh mencoba mengunci jaringan 4G. Dengan seperti itu, Anda akan tetap berada di jaringan 4G dengan kecepatan internet yang tinggi meskipun di daerah tempat tinggal Anda minim sinyal 4G LTE.

2. Hapus Cache Whatsapp

Anda mungkin telah mengetahuinya, bila aplikasi yang berjalan di android akan menyimpan file berupa cache. Karena Whatsapp merupakan salah satu aplikasi yang paling sering digunakan, tentu saja memiliki file cache yang banyak.

Maka dari itu diperlukan untuk membersihkan cache Whatsapp secara berkala agar dapat meminimalisir terjadinya error pada aplikasi Whatsapp, salah satunya yaitu Whatsapp yang mudah pending.

Caranya sangat mudah yaitu Anda hanya masuk ke menu Pengaturan / Settings > Aplikasi Terinstall > Whatsapp > Bersihkan Cache.

3. Hapus Data Whatsapp

Setelah selesai menghapus cache, Anda juga boleh langsung membersihkan data di aplikasi Whatsapp tersebut. Hal ini dimaksudkan supaya mengatasi aplikasi Whatsapp yang sering pending.

Akan tetapi, apabila sebagian besar chat Whatsapp Anda penting. Sebaiknya Anda backup data terlebih dahulu. Setelah itu, Anda boleh langsung menghapus semua data Whatsapp.

Caranya sangat mudah, Anda masuk menu Pengaturan / Settings > Aplikasi Terinstall > Whatsapp > Bersihkan Data.

4. Aktifkan Mode Pesawat

Anda dapat menyalakan dan mematikan mode pesawat (airplane mode) di pengaturan android ponsel milik Anda. Dengan melakukan cara ini sama halnya Anda dengan melakukan restart pada semua jaringan yang terhubung pada ponsel Anda.

Baca Juga: Cara Membuka Whatsapp yang Diblokir Teman

Cara ini terbilang sangat ampuh untuk melakukan refresh semua jaringan yang terhubung pada ponsel Anda. Maka Anda akan bisa mengatasi Whatsapp yang pending tadi.

5. Restart HP

Cara selanjutnya untuk mengatasi WA pending yaitu dengan restart HP Anda. Kenapa saya menyarankan melakukan restart HP ini? Dengan melakukan hal tersebut, ponsel Anda akan kembali segar dan dapat menjalankan aplikasi dengan sebagaimana mestinya.

Oleh karena itu, melakukan restart HP boleh Anda lakukan sebagai pertolongan pertama bila HP Anda mengalami error atau sejenisnya.

6. Cara Mengatasi Whatsapp Pending dengan Mematikan Fitur Penghemat Daya

Fitur penghemat daya pada smartphone android akan secara otomatis aktif ketika smartphone kehabisan baterai. Jika fitur ini menyala, biasanya akan berdampak pada notifikasi pesan yang tidak masuk / pending. Hal ini dilakukan supaya penggunaan daya baterai akan menjadi lebih hemat dan bisa bertahan lebih lama.

Untuk menonaktifkan fitur tersebut, Anda hanya perlu masuk ke menu Pengaturan / Settings dan masuk menuju menu Pengaturan Baterai. Lalu matikan fitur penghemat daya tersebut.

7. Hindari Aplikasi Pembersih RAM

Aplikasi pembersih RAM banyak dipercaya untuk menjaga kestabilan dan performa smartphone Anda, bahkan di beberapa aplikasi mengklaim dapat menjaga performa kecepatan smartphone supaya tidak sering lag.

Tetapi, sistem kerja dari aplikasi pembersih RAM ini adalah aplikasi pembersih yang bekerja di latar belakang pada smartphone Anda. Boleh saja, aplikasi Whatsapp yang sedang berjalan tiba-tiba dibersihkan tanpa adanya pemberitahuan. Sehingga Whatsapp mengalami masalah.

Maka dari itu, saya sarankan supaya menghindari atau tidak menggunakan aplikasi pembersih RAM agar Whatsapp dapat bekerja dengan optimal.

8. Cara Mengatasi Whatsapp Pending dengan Update / Intsall Ulang Whatsapp

Apabila ketujuh cara di atas sudah Anda lakukan namun masih saja belum membuahkan hasil dalam mengatasi Whatsapp pending. Sebaiknya Anda coba melakukan Update / Install Ulang aplikasi Whatsapp. Bisa saja Whatsapp error dan pending tersebut karena aplikasi Whatsapp yang Anda gunakan sudah ketinggalan sehingga tidak lagi kompatibel dengan smartphone android yang Anda gunakan. Cara terbaik tentu saja dengan mengupdate aplikasi whatsapp ke versi yang terbaru.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai bagaimana cara mengatasi Whatsapp pending menurut versi Nirvanaharapan. Semoga postingan ini bisa membantu Anda yang lagi kesulitan mengatasi masalah Whatsapp yang error. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − 3 =