9 Cara Mempercepat Windows 10 yang Perlu Anda Ketahui

9 Cara Mempercepat Windows 10 yang Perlu Anda Ketahui

Apakah Anda sedang mengalami masalah pada Windows 10 seperti performa yang semakin lambat? Bila jawabannya adalah iya, Anda wajib membaca tulisan ini sampai selesai, karena dalam tulisan ini akan memberikan solusinya untuk Anda dengan cara mempercepat Windows 10.

Performa pada Windows 10 yang terasa lambat bisa terjadi karena adanya beberapa faktor, mulai dari Human Error atau sistem Windows 10 itu sendiri. Maka dari itu diperlukan langkah yang tepat supaya Windows 10 yang berjalan pada laptop / komputer Anda semakin cepat dan anti lemot.

Cara Mempercepat Windows 10

Ada beberapa cara yang perlu Anda perhatikan untuk mempercepat Windows di laptop / komputer Anda. Mari kita simak penjelasan hingga akhir.

1. Memenuhi Standar Kebutuhan Sistem

Hal yang perlu dipertimbangkan oleh pengguna sebelum menggunakan Windows 10 supaya performa laptop / komputer Anda baik yaitu dengan melihat spesifikasi dari laptop tersebut. Dikutip melalui situs resmi Microsoft, berikut ini merupakan standar hardware yang diperlukan untuk menginstall Windows 10 yakni :

  • Processor : 1 GHz.
  • RAM : 2 GB untuk 64-bit dan 1 GB untuk 32-bit.
  • Hard Disk Space : 20 GB untuk 64-bit dan 16 GB untuk 32-bit.
  • Graphics Card : Kompatibel dengan DirectX 9 atau lebih baru dengan driver WDDM 1.0.
  • Display : 800×600.

Bagi Anda yang awalnya menggunakan Windows 7 atau 8 dan akan mengupgradenya ke Windows 10. Sebaiknya lihat dulu spesifikasi laptop Anda supaya mendapatkan performa terbaik.

Meski dari beberapa kasus, Windows 10 dapat berjalan di bawah standar yang ditentukan. Tetapi, untuk mendapatkan performa terbaik dalam menggunakan Windows 10, ada baiknya penuhi standar di atas agar bisa berjalan dengan lancar.

2. Upgrade Hardware

Bila Anda telah mengetahui standar yang ditentukan untuk performa terbaik pada Windows 10 dan laptop / komputer. Namun, Anda tidak memenuhi standar tersebut. Maka sebaiknya Anda melakukan upgarde hardware. Anda boleh mengupgarde Procesor, RAM, VGA, ataupun Harddisk Untuk performa yang lebih baik, direkomendasikan untuk Anda supaya menggunakan SSD.

3. Matikan Background Apps

Aplikasi yang berjalan pada background / belakang tentu saja memakan resource RAM, baik itu Dekstop Apps maupun Modern Apps. Untuk Dekstop Apps, Anda boleh mematikan melalui Task Manager dan untuk Modern Apps Anda dapat mematikan melalui halaman di setting.

Perlu juga Anda ketahui bahwa rata-rata Modern Apps Windows 10 dapat memakan bandwidth secara diam-diam dan tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu. Dengan mematikan Modern Apps, pastinya Anda akan dapat menghemat bandwidth internet.

4. Matikan Visual Effect

Bila Anda lebih mementingkan performa dibandingkan dengan tampilan pada Windows 10,  Anda boleh mematikan Visual Effect. Dengan cara begitu Anda akan dapat meningkatkan performa dan kecepatan di Windows 10.

Caranya yakni buka Windows + Run (Winkey + R) > Lalu ketikkan System Properties Advanced > Setelah itu, pilih menu Perfomance > Settings.

5. Uninstall Aplikasi yang Tidak Terpakai

Salah satu cara untuk dapat menghemat penyimpanan data dan sekaligus meningkatkan performa Windows 10 yaitu dengan menguninstall atau menghapus aplikasi yang tidak terpakai. Terlebih jika Anda pengguna laptop / komputer OEM yang biasanya terdapat banyak software bawaan dari pabrik.

6. Non-aktifkan Aplikasi Startup

Ada beberapa aplikasi yang berjalan secara otomatis ketika laptop / komputer Anda baru saja dinyalakan. Hal itu akan cukup berpengaruh terhadap kecepatan sistem dalam melakukan booting.

Mka dari itu, Anda boleh mencoba solusi yang akan kami berikan yaitu dengan menonaktifkan aplikasi startup yang memang tidak diperlukan. Caranya yakni Anda bisa masuk ke Task Manager > Lalu navigasikan ke tab Startup > Eksekusi.

7. Mengaktifkan Disk Write Caching

Anda dapat mempercepat Windows 10 dengan cara mengaktifkan Disk Write Caching. Cara ini dapat memanfaatkan RAM sebagai penyimpan data untuk sementara / cache sebelum akhirnya di kirim menuju Disk. Sehingga dalam melakukan management RAM akan lebih efisien.

Sebenarnya untuk mengaktifkannya sangatlah mudah. Langkah pertama Anda boleh buka Device Manager > Disk Drives > Setelah itu, klik kanan Properties > Lalu navigasikan ke tab Policies > Centang opsi Enable write caching on this device > Selanjutnya klik OK.

8. Scan Antivirus dan Malware Secara Rutin

Dengan adanya virus ataupun malware pada sistem juga merupakan salah satu penyebab utama menurunnya performa sistem Windows 10. Karena itu pastikan Anda selalu memeriksanya dengan Antivirus secara rutin. Ada banyak sekali antivirus yang dapat Anda gunakan, mulai dari yang gratis sampai yang berbayar. Atau Anda boleh juga memanfaatkan antivirus bawaan yakni Windows Defender.

9. Update Windows 10 dan Driver

Cara mempercepat Windows 10 yang terakhir adalah dengan melakukan update sistem Windows 10 dan driver. Dengan Anda melakukan update Windows 10 dan driver secara rutin, tentunya akan sangat bermanfaat dalam meningkatkan performa laptop Anda sekaligus juga menutup celah bug dan menjadikan sistem uptodate.

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan terkait bagaimana cara mempercepat Windows 10 yang perlu Anda ketahui supaya performa laptop / komputer Anda akan semakin baik. Sekian dan terima kasih.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five + twelve =