Cara Membuat Bingkai di Word

cara membuat bingkai di word

Tahukan Anda bagaimana cara membuat bingkai di microsoft word? Ya, Membuat bingkai di word adalah suatu hal yang sangat mudah untuk yang telah mengerti caranya.

Akan tetapi, bagaimana dengan yang belum mengerti sama sekali? Tentunya hal tersebut akan menjadi sesuatu yang sangat membingungkan bukan. Lantas apa fungsinya kita mesti repot-repot membuat bingkai di word?

Sebetulnya alasannya cukup sederhana, yakni, supaya makalah maupun laporan yang kita buat menjadi lebih menarik.

Salah satu contoh dokumen yang selalu memakai bingkai adalah undangan. Bingkai ataupun border menjadi hal yang sudah wajib terdapat pada sebuah undangan, kalau tidak ada, jadi seperti ada yang kurang gitu sih.

Bila kita ingin belajar Microsoft Word, sebenarnya ada banyak sekali hal yang dapat digali. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, kita akan belajar bersama mengenai cara membuat bingkai di Word.

Tentunya bingkai di Word berbeda dengan bingkai pada foto, ya. Kalau bingkai di Ms. Word ini fungsinya adalah untuk membuat garis-garis di bagian samping kanan, kiri, dan atas bawah pada teks yang telah ditulis.

Untuk kegunaannya sendiri juga beragam seperti:

  1. Mempercantik tampilan teks.
  2. Membuat kartu undangan.

Dikarenakan fungsinya yaitu untuk mempercantik tampilan teks di Word, untuk itu Word menyediakan berbagai macam bentuk borders yang unik dan menarik. Anda bisa memilih berbagai borders unik ini di Word sesuai selera, kebutuhan, dan keinginan Anda masing-masing.

Ada yang berbentuk garis putus-putus dan bergerigi, sehingga inilah yang disebut sebagai Style Borders. Anda juga dapat membuat bingkai dengan gambar-gambar yang lucu serta berwarna-warni.

Contohnya Anda dapat membuat bingkai dengan gambar hati, permen, bintang, pohon cemara dan gambar lainnya. Untuk membuat bingkai ini kita dapat menggunakan fitur Arts Borders.

Jenis Bingkai Microsoft Word

Sekedar informasi, Microsoft Word memberikan 2 jenis bingkai yang dapat kita gunakan, yakni Style Borders dan Arts Borders. Apa sih perbedaan dari keduanya?

  • Dengan Style Borders, kita dapat membuat bingkai garis secara putus-putus, gerigi, maupun yang lainnya.
  • Sedangkan untuk Arts Borders, kita dapat membuat bingkai seperti pohon, bintang, maupun yang lainnya.

Agar lebih jelasnya, langsung saja kita dipraktikkan di bawah.

Cara Membuat Style Borders

Bingkai jenis ini mempunyai tampilan yang sangat sederhana, karena sebagian besar tampilannya cuma berupa garis saja. Namun jangan khawatir, tampilannya tetap bisa menarik kok, karena ada beberapa varian yang dapat dipilih.

Di contoh kali ini, Nirvanaharapan menggunakan aplikasi Microsoft Word 2016. Untuk yang menggunakan versi lainnya dapat disesuaikan saja karena kemungkinan besar langkahnya juga akan tetap sama.

Berikut ini adalah cara membuat style borders:

  • Silahkan Anda buka dokumen yang akan diberi bingkai.
  • Kemudian klik Design pada menu bar lalu pilih Page Borders.

cara membuat style borders

  • Setelah itu, Anda akan diarahkan ke pengaturan bingkai, maka pilih jenis border yang akan digunakan.

cara membuat style borders 2

  • Sekarang Anda akan melihat bingkai telah terpasang pada dokumen.

Cara Membuat Arts Borders

Apabila Anda kurang tertarik memakai bingkai dengan garis saja, Anda juga bisa memilih arts borders untuk dapat membuat bingkai yang lebih menarik.

Untuk tipe ini, Anda boleh memilih bingkai dengan desain pohon, sayuran, bunga, bintang, dan masih banyak lagi lainnya. Bingkai ini sangat cocok bagi Anda yang sedang membuat undangan.

Berikut adalah cara membuat bingkai arts borders:

  • Silahkan Anda buka dokumen yang akan diberikan bingkai arts borders.
  • Kemudian lakukan hal yang sama pada langkah sebelumnya yakni dengan klik Desain pada menu bar, lalu pilih Page Borders.

cara membuat arts borders

  • Setelah itu, Anda akan diarahkan ke pengaturan bingkai, maka silahkan pilih jenis bingkai yang Anda mau. Silahkan klik di bagian Arts lalu scroll ke bawah untuk dapat melihat desain lainnya.

cara membuat arts borders 2

  • Selesai deh, dokumen Anda akan lebih cantik dengan menggunakan bingkai yang telah diterapkan.

Bagaimana, tentunya sangat mudah kan? Ya, itu adalah langkah-langkah yang lebih sederhana untuk cara membuat bingkai di Microsoft Word.

Cara Mengedit Bingkai di Word

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, cara ini merupakan langkah paling sederhana dalam membuat bingkai di Word. Oleh karena itu, supaya tampilan bingkai menjadi lebih menarik lagi, Anda dapat mengeditnya sesuai dengan keinginan.

Berikut ini adalah caranya:

  • Silahkan Anda klik Desain pada menu bar, kemudian pilih Page Borders (seperti langkah yang sebelumnya).
  • Kemudian disini Anda akan dihadapkan dengan berbagai macam menu yang dapat digunakan untuk mengedit bingkai.
  • Supaya lebih keren, Anda dapat mengubah efek bingkai menjadi box, shadow, ataupun 3D pada bagian yang saya tandai di bawah ini.

cara mengedit bingkai di word

  • Apabila masih kurang, Anda boleh mengubah warna bingkainya sesuai dengan keinginan Anda. Silahkan Anda klik Color dan pilih warna apa saja yang Anda inginkan.

cara mengedit bingkai di word 2

  • Langkah yang dapat Anda lakukan berikutnya yaitu mengubah ukuran dari bingkai. Ukuran yang dimaksud adalah ketebalan bingkai tersebut. Maka silahkan klik Width dan pilih ukuran sesuai dengan kebutuhan.

cara mengedit bingkai di word 3

  • Apabila sudah, lalu klik Ok untuk menyimpan pengaturan.

Cara Membuat Bingkai di Halaman Tertentu

Untuk Anda yang ingin menampilkan bingkai di semua halaman, maka Anda dapat langsung klik Ok di pengaturan. Maka secara default, Microsoft Word akan menampilkan bingkai di semua halaman.

Kemudian, bagaimana kalau ingin menampilkan bingkai di halaman tertentu, atau ingin menampilkan bingkainya di halaman pertama saja?

Berikut ini adalah penjelasannya:

  • Silahkan Anda klik Design pada menu bar lalu pilih Page Borders.
  • Kemudian perhatikan pada bagian Apply to yang saya tandai.

cara membuat bingkai di halaman tertentu

  1. Whole document: Untuk menampilkan bingkai pada seluruh halaman.
  2. This section: Untuk menampilkan bingkai di halaman yang sedang aktif.
  3. Opis This section – First page only: Untuk menampilkan bingkai hanya pada halaman pertama saja.
  4. This section – All except first page: Untuk menampilkan bingkai di semua halaman terkecuali halaman pertama.
  • Apabila sudah, maka silahkan klik Ok.

Cara Menambahkan Bingkai ke Teks Sederhana di Word

Anda tidak perlu membuat garis pada Microsoft Word untuk menambahkan bingkai ke teks. Karena Microsoft Word memiliki fitur sendiri untuk dapat melakukan hal tersebut.

Berikut ini adalah penjelasannya:

  • Silahkan Anda sorot teks yang ingin dikelilingi bingkai, dan sorotlah teks di dalam semua paragraf atau pada satu baris agar menghasilkan bingkai yang baik,. Jika Anda menyorot beberapa baris namun tidak seluruh paragraf, setiap baris akan mempunyai bingkainya masing-masing.

cara menambahkan bingkai ke teks sederhana

  • Lalu pilih tab Home.
  • Setelah itu, cari tombol Outside Borders di bagian Paragraph sebelah tombol Shading (icon ember cat).

cara menambahkan bingkai ke teks sederhana 2

  • Kemudian klik tombol ▼ di sebelah tombol bingkai untuk dapat melihat berbagai pilihan bingkai seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut ini.

Anda juga bisa melihat bagaimana pratinjau bingkai tersebut ketika menempatkan kursor pada setiap opsi. Jika Anda hanya ingin menggunakan bingkai teks sederhana, Anda cukup pada langkah ini.

Tetapi jika ingin membuat bingkai teks yang lebih bergaya, maka simak pembahasan selanjutnya.

Cara Menambahkan Bingkai ke Teks Bergaya di Word

  • Lanjut Anda pilih “Borders and Shading” untuk membuat bingkai, pada setelan biasa, bingkai yang dibuat hanya akan berupa garis lurus sederhana. Jendela “Borders and Shading” akan memungkinkan Anda untuk dapat mengatur tampilan bingkai.

cara menambahkan bingkai ke teks sederhana 3-bingkai-ke-teks-sederhana-3

  • Berikutnya pilih jenis bingkai yang Anda mau.

cara menambahkan bingkai ke teks sederhana 4

Untuk pilihannya yaitu:

  1. Bingkai Box (kotak)
  2. Shadow (bayangan), atau
  3. 3D (tiga dimensi).

Melalui jendela “Borders and Shading” kita dapat menemukan pilihan-pilihan tersebut.

  • Silahkan Anda pilih gaya untuk garis bingkai. Kemudian pada menu “Style” di tengah jendela akan menampilkan gaya-gaya bingkai yang telah tersedia. Gunakan menu drop-down “Color” untuk mengganti warna garis. Lalu gunakan menu drop-down “Width” untuk  bisa mengganti ukuran garis bingkai tersebut.
  • Setelah itu, aktifkan sisi-sisi bingkai. Untuk setelan bawaannya, tunggu sampai bingkai membentuk kotak sempurna. Anda bisa menekan tombol pada sekeliling pratinjau.
  • Jika Anda ingin bingkai lebih dekat atau jauh dari teks, maka silahkan klik tombol “Options”. Anda bisa mengatur jarak terpisah di setiap sisi bingkai.
  • Terakhir klik “OK” untuk memunculkan bingkai tersebut. Maka bingkai yang telah diatur akan mengelilingi teks yang Anda sorot sebelumnya.

Cara Membuat Bingkai pada Halaman Pertama Saja

  • Apabila document Word Anda telah memiliki section, maka klik pada halaman section yang akan diberi bingkainya. Namun, bila dokumen Word Anda tidak memiliki section, maka langsung saja ke langkah berikutnya.
  • Silahkan Anda klik “Page Borders” pada bagian “Page Background” di tab Page Layout, .
  • Kemudian pada tab “Page Border”, tepatnya pada bagian “Setting”, Anda klik Box dan Pilih “This section – First page only” di pilihan Apply to, klik OK.

Cara ini bisa digunakan di document Word yang memiliki section ataupun tidak.

Apabila Anda ingin membagi document ke dalam berbagai section, maka buatlah section break terlebih dahulu. Caranya: di bagian Page Setup pada tab “Page Layout”, silahkan Anda klik Breaks > “Section Breaks – Next Page”.

Cara Membuat Bingkai dengan Gambar

Anda bisa juga memasukkan gambar Anda sendiri ke dalam bingkai document apabila ingin memakai gambar untuk dijadikan sebagai bingkai jika tidak ingin memakai gambar clip art bawaan dari Microsoft Word.

Anda juga dapat memakai gambar yang terpisah pada setiap sisi bingkai, atau masukkan gambar bingkai lengkap. Ada beberapa cara untuk melakukannya, yakni:

  • Pertama silahkan Anda klik tab “Insert” lalu pilih “Pictures”.
  • Kemudian pilih gambar yang ingin Anda gunakan dalam bingkai.
  • Setelah itu, klik dan geser gambar ke dalam document untuk memasukkan gambar.
  • Apabila gambar telah muncul, maka pilih gambar dan klik tab “Format”.
  • Kemudian klik pilihan “Wrap Text” lalu pilih “Behind Text”. Pilihan ini nantinya akan memastikan seluruh teks tampil di atas berkas gambar, bila Anda menggunakan gambar bingkai halaman penuh. Anda menjadi bisa memindahkan gambar tanpa perlu khawatir teks menjadi tergeser, dan tentunya ini sangat berguna.
  • Anda bisa mengklik dan menggeser gambar hingga berada pada lokasi yang pas. Untuk mengatur ukuran gambar dengan klik dan geser kotak-kotak pada sudut gambar.
  • Bila Anda bikin bingkai dari beberapa berkas gambar, maka ulangi prosesnya dari awal hingga semua gambar berada pada tempat yang benar. Kemudian jika Anda membutuhkan bagian bingkai di sisi yang berlawanan, klik “Rotate” dalam tab “Format” dan lalu pilih “Flip Horizontal or Vertical”.

Cara Menambahkan Bingkai ke Halaman

Biasanya bingkai halaman akan dipasang pada setiap halaman document. Jika Anda ingin memasang bingkai pada halaman-halaman tertentu, atau bingkai yang berbeda di halaman yang berbeda. Maka document perlu dipisah menjadi bagian atau “Section”.

Berikut ini adalah pembahasannya:

  • Pertama silahkan Anda tempatkan kursor teks di akhir halaman sebelum awal halaman bagian baru.
  • Kemudian buka tab “Layout” dan klik “Breaks”. Anda akan menemukannya pada bagian “Page Setup”.
  • Setelah itu, pilih “Next Page” dalam bagian Section Breaks. Dengan begitu, bagian selanjutnya akan dimulai di halaman berikutnya.
  • Lalu Anda klik label “Design”.
  • Kemudian klik tombol Page Borders yang terletak di ujung kanan tab “Design”, di dalam bagian Page Background.
  • Berikutnya, tunggu hingga jendela Page Borders muncul.
  • Silahkan sesuaikan gaya bingkai halaman Anda.
  1. Gunakanlah pemilih “Style” untuk menemukan gaya garis pada bingkai yang ingin Anda gunakan.
  2. Menu drop-down “Color” akan memungkinkan Anda untuk mengganti warna garis.
  3. Pada menu drop-down “Width” akan memungkinkan Anda untuk mengganti ketebalan garis.
  4. Menu drop-down “Art” akan memungkinkan Anda untuk memilih dari berbagai variasi gambar clip art yang tersedia, lalu gambar tersebut akan dibentuk sebagai bingkai.
  • Kemudian aktifkan sisi-sisi bingkai. Di settingan bawaannya, bingkai akan membentuk kotak sempurna. Anda bisa menekan tombol di sekeliling pratinjau untuk menampilkan maupun menghilangkan sisi-sisi bingkai.
  • Setelah itu, pilih halaman yang mau diberikan bingkai. Pada menu drop-down “Apply to” ini akan memungkinkan Anda untuk memilih antara “Whole document” ataupun “This section.” Apabila Anda membagi document menjadi beberapa bagian atau section terpisah pada langkah pertama. Anda dapat memakainya untuk memberikan beberapa bingkai di section-section yang berbeda.
  • Terakhir klik “OK” untuk memasang bingkai pada halaman Anda. Bingkai yang sudah Anda atur akan langsung tampil di halaman document Anda.

Apabila Anda merasa kesulitan untuk untuk membuat tulisan bahasa arab di komputer. Yuk simak pembahasannya mengenai cara menulis arab di word.

Cara Menghapus Bingkai di Word

Sebagai pelengkap di artikel ini, tidak ada salahnya kalau Nirvanaharapan tambahkan lagi mengenai cara menghapus bingkai pada Microsoft Word. Untuk menghapus bingkai tersebut, tentunya tidaklah serumit untuk membuatnya.

Oke, langsung saja, berikut ini adalah cara menghapus bingkai Word:

  • Silahkan Anda klik Desain di menu bar, lalu klik Page Borders.
  • Setelah pengaturan bingkai terbuka, kemudian klik None yang saya tandai.

cara menghapus bingkai di word

  • Langkah terakhir, klik Ok untuk menerapkan pengaturannya.

Demikianlah cara membuat bingkai di Microsoft Word beserta dengan gambarnya. Semoga artikel kali bisa menjadi solusi untuk masalah Anda dan juga dapat menambah wawasan pengetahuan Anda.

Cukup sekian dan terima kasih!

About Khairul Zein

Sang blogger Muslim yang menyukai teknologi sejak kecil dan memiliki ketertarikan dalam bidang SEO. Saat ini menjadi penulis di Nirvanaharapan.com.

View all posts by Khairul Zein →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − three =