Cara Melihat dan Scan Kode QR Whatsapp Paling Mudah

Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan mengenai kode QR WhatsApp. Whatsapp (WA) selalu memberikan kemudahan bagi setiap penggunanya, salah satunya yaitu pengguna boleh menggunakan Whatsapp secara langsung dari komputer / laptop kesayangan Anda.

Sejak bulan Mei 2016 Whatsapp sudah dapat digunakan melalui komputer, baik menggunakan browser ataupun aplikasi yang berbasis Windows dan Mac.

Intinya, sejak Mei 2016 Anda sudah bisa chattingan Whatsapp via komputer / laptop yang telah tersinkronisasi dengan history chat yang ada pada HP Anda.

Akan tetapi, sebelum menggunakannya, Anda wajib mengetahui terlebih dahulu Kode Batang atau Kode QR ataupun Kode Barcode pada akun Whatsapp Anda. Kode QR WA dibutuhkan untuk verifikasi ketika di scan melalui WA di HP Android Anda.

Kode QR WhatsApp ini berisi login verifikasi yang digunakan untuk bisa mengakses Whatsapp Web. Untuk Kode QR WA sangat unik dan berbeda-beda pada setiap akun Whatsapp.

Selain itu, Kode QR WA akan selalu berubah ketika setelah di scan di Whatsapp Web.

Fungsi Kode QR di WA

Kode batang (QR Code), dulu waktu masih masa-masanya BBM (Blackberry Messenger). Biasanya ini digunakan untuk melakukan scanning kode pin. Agar tidak perlu repot-repot lagi memasukkan pin satu per satu.

Serta biasa juga digunakan oleh pihak lain untuk tujuan tertentu. Karena kemampuannya yang mampu menyimpan data-data seperti nomor telepon, URL, teks dan lainnya.

Oleh karena itu, dengan memindai kode batang tersebut, maka kita akan dibawa menuju halaman website tertentu.

Apa fungsi kode QR ini di WhatsApp?

Fungsi scanning kode ini adalah untuk membuka akun WA kita melalui WhatsApp Web pada laptop atau komputer.

Dengan kode QR tersebut, Anda dapat memakai WhatsApp tanpa ada menyentuh HP sekalipun. Karena, Anda dapat mengakses akunnya lewat laptop atau komputer.

Tentunya hal ini sangat bermanfaat dalam berbagai macam situasi. Misalnya, saat baterai HP sudah mau habis. Sedangkan HP tersebut dicas, maka Anda akan tetap boleh membuka WA via laptop/komputer, dan dapat melakukan obrolan seperti biasanya.

Sejauh ini yang baru saya tahu, dan tidak menutup kemungkinan juga adanya fungsi lain mengenai kode QR di WhatsApp.

Cara Melihat Kode QR Whatsapp

Cara melihat Kode QR WA itu sangatlah mudah. Berikut akan saya jelaskan beberapa cara yang bisa Anda gunakan. Pilihlah yang lebih mudah menurut Anda.

Cara Melihat Kode QR WA Melalui Browser Laptop atau Komputer

  • Siapkan komputer/ laptop yang telah terkoneksi dengan internet.
  • Buka browser yang Anda miliki, boleh menggunakan Google Chrome dan Mozila Firefox.
  • Berikutnya adalah buka website https://web.whatsapp.com/ yang sudah Anda buka sebelumnya,
  • Nanti akan muncul Kode Batang atau Kode QR WA seperti yang ada pada gambar di bawah ini.

whatsapp-web

Cara Scan Kode QR WhatsApp

Setelah Anda melihat kode barcode whatsapp tersebut, langkah berikutnya yaitu melakukan scan kode. Berikut caranya.

  • Buka Whatsapp pada HP Anda. Caranya yaitu Anda buka aplikasi Whatsapp > Menu > Whatsapp Web.
  • Scan Kode QR WA pada layar komputer dengan menggunakan HP.

cara-scan-kode-qr-whatsapp

  • Sekarang Anda sudah dapat melakukan chatingan WA melalui browser komputer / laptop Anda.

Apakah Anda ingin membuat link WhatsApp langsung menuju chat? Tenang sobat, saya punya solusinya. Yuk simak juga tutorial lengkapnya mengenai Cara Membuat Link Whatsapp.

Aplikasi Whatsapp Komputer dan Whatsapp Web

Selain menggunakan Whatsapp web yang sudah saya jelaskan diatas, Anda juga boleh menggunakan layanan Aplikasi Whatsapp Komputer untuk bisa melakukan chattingan melalui komputer.

Sebenarnya sama saja, hanya saja aplikasi Whatsapp komputer mempunyai 2 fitur tambahan yang tidak ada di Whatsapp Web.

Dengan menggunakan aplikasi Whatsapp komputer akan memungkinkan untuk menggunakan shortcuts keyboard dan notifikasi percakapan Whatsapp yang dapat dikirim langsung melalui komputer Anda.

Walaupun demikian, Whatsapp Web mempunyai keunggulan yaitu lebih mudah dan juga simpel karena tidak harus mendownload terlebih dahulu, karena yang dibutuhkan hanyalah kode batang atau kode QR pada akun Whatsapp Anda.

Saran

Saran saya sih, bila Anda ingin menggunakan Whatsapp di komputer tanpa perlu ribet, sebaiknya Anda menggunakan Whatsapp melalui browser komputer. Jika Anda ingin mendownload dahulu aplikasinya, Anda boleh langsung download melalui situs resminya di https://www.whatsapp.com/download.

Sekian penjelasan mengenai bagaimana cara melihat dan scan Kode QR WA dengan mudah. Semoga informasi yang saya berikan dapat bermanfaat untuk Anda sebagai pembaca setia Nirvanaharapan. Terima Kasih!

Leave a Comment

seventeen + two =