Cara Menghemat Baterai HP Android Anda Tahan Lama

Baterai HP
inet.detik.com

Masa pakai baterai HP android membutuhkan beberapa tips? Ini kebiasaan yang perlu Anda lakukan untuk memaksimalkan daya tahan baterai ponsel.

Pengguna smartphone selalu mencari daya tahan baterai yang lebih lama. Sementara pengisian cepat membuat kita terus mengisi ulang setiap hari. 

Tidak adanya baterai yang dapat di ganti pada akhirnya membuat sel lithium-ion yang ada di ponsel kita akan menua dan memburuk, sehingga lebih sulit untuk memaksimalkan masa pakai baterai.

Jika Anda memiliki telepon selama beberapa tahun, Anda akan menyadari bahwa baterai tampaknya tidak bertahan selama itu ketika handsetmu terasa masih baru. 

Tiga tahun kemudian, banyak ponsel berjuang untuk melewati hari dengan sekali pengisian daya. Memegang telepon lebih lama bahkan dapat menimbulkan masalah bagi stabilitas sistem.

Sayangnya, seiring bertambahnya usia kapasitas baterai tetap akan mengalami  menurun. Namun, sebenarnya ada beberapa kebiasaan yang perlu Anda lakukan agar masa pakai baterai ponsel pintarmu lebih tahan lama. 

Jika Anda pernah bertanya-tanya apa cara terbaik untuk mengisi daya baterai Anda, berikut adalah beberapa tip yang terbukti secara ilmiah untuk memaksimalkan masa pakai baterai.

Pengisian sebagian Membuat Masa Pakai Baterai Android tetap Sehat

Pengisian sebagian baik-baik saja untuk baterai lithium-ion dan dapat memiliki beberapa manfaat positif untuk umur panjang sel. Penting untuk memahami mengapa menghargai cara pengisian daya baterai. 

  • Baterai Li-on

masa pakai baterai android
hpsaja.com

Baterai Li-ion menarik arus konstan dan beroperasi pada tegangan yang lebih rendah saat mendekati kosong. Tegangan ini berangsur-angsur meningkat saat sel mengisi daya, mendatar pada sekitar muatan 70% sebelum arus mulai turun hingga kapasitas penuh.

Khususnya, beroperasi pada tegangan rendah baik untuk masa pakai baterai, meningkatkan jumlah siklus pengisian yang tersedia sebelum Anda mulai melihat pengurangan kapasitas yang signifikan. 

Secara kasar, setiap penurunan 0,1V tegangan sel menggandakan siklus hidup, menurut Battery University. Berapa persen baterai harus di charge, isilah daya ponselmu kisaran 30% sampai 80% untuk menjaga voltase lebih rendah dan memperpanjang masa pakai baterai.

  • Pengisian Sebagian Baterai

Penggunaan baterai yang sudah berdaya sekitar 20% lebih baik di hentikan. Mulailah untuk mengisi daya setidaknya setengan dari kapasitas baterai. Memang terasa kurang efektif dalam penggunaannya namun kebiasaan ini dapat menjaga kualitas kesehatan masa pakai baterai android Anda. 

Intinya adalah bahwa isi ulang yang lebih kecil dan teratur lebih baik untuk baterai Li-ion dari pada siklus pengisian langsung penuh 100% yang lama.

Hindari Pengisian Daya Terlalu Lama

Mengisi daya semalaman atau di siang hari adalah kebiasaan yang sangat umum, tetapi tidak di sarankan karena beberapa alasan. 

  • Mengurangi Stabilitas Baterai

Pengisian terus menerus dari baterai penuh dapat menyebabkan pelapisan logam lithium, yang mengurangi stabilitas pengoptimalan baterai dalam jangka panjang dan dapat menyebabkan malfungsi di seluruh sistem dan reboot walapun ini jarang terjadi. 

  • Tegangan Tinggi

Seperti yang baru saja kami sebutkan di atas, baterai meninggalkan tegangan yang lebih tinggi saat 100%. 

  • Panas Berlebih

masa pakai baterai android
infokomputer.grid.id

Paling penting, panas berlebih yang disebabkan oleh disipasi daya yang terbuang. Idealnya, Anda harus menghentikan pengisian daya ketika baterai telah terisi penuh 100%. 

Sementara beberapa ponsel menonaktifkan pengisian daya setelah penuh, banyak yang terus menarik hingga setengah amp dan terkadang lebih dari stopkontak. Mematikan smartphone juga tidak membuat perbedaan dalam banyak kasus. 

Meskipun ini bukan jumlah daya yang besar, ini akan menghentikan ponsel Anda dari pendinginan dengan cepat dan akan terus menggilir sebagian kecil baterai, menghasilkan siklus mini.

  • Beban Parasit

Hal yang dapat mengurangi masa pakai baterai android adalah beban parasit. Beban parasit terjadi karena baterai terpakai secara signifikan bersamaan dengan pengisian daya.

Beban parasit buruk untuk baterai karena mereka mendistorsi siklus pengisian dan menginduksi siklus mini di mana bagian dari baterai terus berputar dan memburuk lebih cepat daripada bagian sel lainnya. 

Lebih buruk lagi, beban parasit yang terjadi saat perangkat terisi penuh juga menyebabkan tegangan dan panas yang lebih tinggi pada baterai.

Cara terbaik untuk menghindari beban parasit adalah dengan mematikan perangkat Anda saat mengisi daya. Tapi itu tidak terlalu realistis. 

Sebagai gantinya, yang terbaik adalah menjaga beban kerja tetap ringan saat perangkat di colokkan, membiarkannya menganggur hampir sepanjang waktu. Menjelajah web mungkin baik-baik saja. Juga, ingatlah untuk mencabutnya setelah baterai terisi cukup.

Panas Adalah Musuh Baterai

Suhu merupakan kontributor kunci untuk umur panjang dan memaksimalkan masa pakai baterai. Suhu Panas menjadi penyebab berkurangnya rata-rata umur baterai smartphone. 

Seperti tegangan tinggi, suhu tinggi menekan baterai dan membuatnya kehilangan kapasitas jauh lebih cepat daripada bila di simpan pada suhu yang lebih rendah.

Sel yang di simpan antara 25 – 40 derajat Celcius (77 – 86 derajat Fahrenheit) harus mempertahankan sekitar 85% hingga 96% dari kapasitasnya setelah tahun pertama dengan siklus pengisian yang masuk akal. 

Menaikkan suhu secara teratur di atas 40°C (104°F) dan mengisi daya hingga 100% membuat penurunan menjadi hanya 65% kapasitas setelah tahun pertama, dan suhu baterai 60°C (140°F) akan mempersingkat masa pakai.

Hal terburuk yang harus di hindari ketika mengisi baterai adalah berada dalam kondisi terisi penuh yang terpapar suhu tinggi. Jadi, jangan tinggalkan ponsel Anda di bawah bantal untuk mengisi daya di malam hari atau di colokkan di dasbor mobil Anda di hari yang panas.

Teknologi fast charging menjadi masalah yang di perdebatkan di sini. Membiarkan ponsel Anda mengisi daya dengan cepat selama 5 hingga 15 menit tidak akan menyebabkan masalah.  Namun panas berlebih yang besar karena arus dan tegangan yang lebih tinggi menyebabkan perangkat yang lebih panas. 

Cara Agar Baterai Android Sehat dalam Jangka Panjang

Teknologi baterai lithium-ion dipahami dengan baik akhir-akhir ini, dan smartphone sudah banyak kode hemat baterai

Secara umum, siklus pengisian daya reguler yang lebih kecil dan menjaga ponsel Anda tetap dingin adalah hal utama yang perlu diingat. 

Meskipun kenyataanya bahwa baterai telepon akan selalu menua dan menjadi sedikit berbeda tergantung pada bagaimana kita memperlakukannya.

Tips Pengisian Daya Baterai yang Baik

Untuk menghindari kerusakan ataupun penurunan masa pakai baterai android, lakukan hal berikut:

  1. Hindari siklus penuh (0-100%) dan pengisian semalaman. 
  2. Mengakhiri pengisian daya pada 80-90% lebih baik untuk baterai daripada mengisi hingga penuh.
  3. Gunakan teknologi fast charging hanya saat perangkat Anda dingin.
  4. Panas adalah pembunuh baterai. Usahanya tetap dalam keadaan dingin dan hindari keadaan panas.
  5. Untuk menghindari panas saat pengisian daya jangan digunakan streaming video, game atau yang membuat beban kerja intensif.

 

Leave a Reply

nineteen − one =