14 Perbedaan Windows dan Linux yang Wajib Anda Ketahui!

14 Perbedaan Windows dan Linux yang Wajib Anda Ketahui!

Windows dan Linux adalah salah satu sistem operasi yang paling populer di dunia sekarang ini. Meskipun sama-sama sistem operasi, ternyata Windows dan Linux memiliki perbedaan. Lantas apa sajakah perbedaan Windows dan Linux itu?

Perbedaan Windows dan Linux

Oke, sebelum menjawab pertanyaan terkait perbedaan Windows dan Linux. Saya ingin sedikit bertanya.  Biasanya Anda menggunakan sistem operasi mana untuk memenuhi kebutuhan mengoperasikan komputer Anda?

Apakah Windows ataupun Linux?

Apakah jangan-jangan sedang berpikir pindah ke lain hati atau ingin mencoba-coba hal baru?

Oke. Untuk itu saya akan share mengenai perbedaan dari keduanya.

1. Perbedaan Windows dan Linux dari Segi Lisensi

Windows adalah sistem operasi komersial yang telah dikembangkan oleh Perusahaan Microsoft. Jadi, bagi anda yang ingin menggunakan sistem operasi Windows ini, tentunya Anda harus mengeluarkan biaya untuk dapat membelinya.

Bila Anda tidak pernah membeli sistem operasi Windows namun sudah bisa menggunakannya, berarti Anda menggunakan sistem operasi Windows bajakan/ ilegal.

Linux adalah sistem operasi yang bersifat open source ataupun dapat dikembangkan oleh siapa saja. Sehingga Linux dapat di download secara gratis tanpa mengeluarkan biaya tambahan. Para developer juga bisa mengembangkan Linux tanpa khawatir terkena sanksi hak ciptanya.

2. Perbedaan Windows dan Linux dari Tingkat Keamanan

Windows sangat rentan sekali terkena virus dan banyak sekali virus yang telah dibuat untuk menginfeksi sistem operasi Windows. Untuk itu Anda wajib untuk menginstall software anti virus yang berbayar ataupun yang gratisan untuk dapat melindungi komputer Anda dari bahaya virus.

Linux sangat dikenal sebagai sistem operasi dengan keamanannya terhadap virus dan hacker. Namun tidak berarti Linux kebal terhadap virus dan hacker, karena pastinya ada saja celah untuk itu. Namun keamanannya jauh lebih baik.

3. Perbedaan Windows dan Linux dari Segi Tampilan

Windows memiliki keunggulan dari segi grafis dan juga tampilan yang user friendly. Mungkin karena bersifat komersial sehingga Windows terus melakukan perubahan yang variatif demi kenyamanan penggunanya.

Tampilan pada Linux sebenarnya tidak berbeda jauh dengan Windows serta tampilan yang user friendly. Akan tetapi, Linux tidak unggul dari segi grafis.

4. Perbedaan Windows dan Linux dari Segi Penggunaan

Sistem operasi Windows biasanya digunakan untuk pekerjaan kantor, sekolah, dan untuk bermain game. Sehingga pengguna lebih cenderung memilih Windows karena sudah lebih paham di kalangan orang kantoran dan pelajar untuk dapat mendukung tugas-tugasnya.

Biasanya sistem operasi Linux lebih cenderung digunakan dalam administrator dalam suatu LAN, menjadi server internet, dan menyediakan layanan web proxy.

5. Dukungan Software Pendukung

Windows memiliki banyak software yang dapat digunakan. Hal ini sangat wajar, karena developer software lebih memilih mengembangkan softwarenya di Windows yang dipakai oleh kebanyakan orang.

Ada berbagai macam software dan game yang dapat Anda manfaatkan di sistem operasi Windows dari yang gratis sampai yang berbayar.

Linux cukup minim dalam software, ini disebabkan karena para developer sangat sedikit yang membuat software untuk sistem operasi Linux.

Apakah Anda sedang mengalami masalah pada Windows 10 seperti performa yang semakin lambat? Jika jawabannya adalah iya, Anda wajib membaca tulisan cara mempercepat Windows 10, karena dalam tulisan ini Anda akan mendapatkan solusi terbaik.

6. Segi Kestabilan

Pernah mengalami bluescreen pada Windows? Anda tidak akan pernah mengalaminya bila menggunakan sistem operasi Linux. Hal ini disebabkan Linux lebih stabil dibandingkan dengan Windows.

Ada lagi nih, pasti pernah merasakan laptop Anda mulai terasa lambat dan minta untuk supaya  diinstall? Anda tidak perlu untuk menginstall ulang bila memakai Linux. Yups, secara kestabilan memang Linux lebih baik daripada Windows.

7. Install Aplikasi

Windows dan Linux mempunyai aplikasi yang berbeda-beda. Jadi jangan harap program kesayangan Anda pada Windows. Bisa berjalan juga di Linux ataupun sebaliknya.

Akan tetapi, saat ini telah mulai banyak developer yang membuat aplikasi bisa berjalan di banyak sistem operasi. Semoga saja kedepannya semakin banyak developer yang bisa berjalan di berbagai sistem operasi.

8. Segi Kelengkapan Program

Sekali Anda mengintall Linux akan mendapatkan berbagai macam program untuk internet, multimedia, dan lain sebagainya.

Lalu untuk Windows sangat minim program saat diinstall. Jika Anda menggunakan Windows, Anda hanya perlu tambahan waktu untuk dapat menginstall program-program lainnya sebagai pelengkap.

9. Pengembangan Kode

Windows adalah operation system yang besifat tertutup dan kebalikan dari open source, karena pengembangan OS terletak pada pihak Microsoft.

Distro Linux adalah hasil pengembangan dari source code yang mana dapat disesuaikan dengan keinginan para developernya. Kode tersebut di kembangkan oleh para komunitas dan oleh banyak pihak.

10. Dukungan Hardware

Dukungan hardware pada Windows mempunyai keunggulan karena driver pada windows biasanya selalu di update oleh pihak pabrik penghasil hardware tersebut.

Adapun mengenai Linux yakni memiliki driver dari berbagai hardware yang relatif sedikit dan sulit untuk dicari.

11. Sistem Partisi

Umumnya Windows mendukung partisi NTFS, wxFAT, FAT32 dan lainnya.

Linux juga menggunakan beberapa jenis partisi seperti NTFS, FAT32, jfs, xfs, reiserf, ext3, ext2 hingga lainnya.

12. Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)

Untuk Linux sendiri karena yang mendistribusikannya adalah dari banyak pihak, maka akan mendorong para penggunanya dalam menyebarkan perangkat tersebut.

Untuk Window kepemilikan lisensi adalah syarat yang mutlak khusus bagi para penggunanya.

13. Mengatasi Error

Di Linux dalam mengatasi masalah error dan caranya lumyan terbilang ribet, dan biasanya diselesaikan menggunakan coding di terminal serta memakai perintah-perintah dari linux.

Untuk Windows, saat kita mengalami masalah error biasanya cukup mudah untuk diatasi dan juga di google banyak memberikan penjelasan mengenai cara mengatasinya.

14. Dari Segi Harganya

seperti yang sudah disebutkan di atas:

  • Windows merupakan Operation System (OS) yang berbayar atau bisa dibilang ada harganya. Untuk harga windows 10 Pro sendiri yaitu sekitar Rp 2.950.000 (Dua juta sembilan ratus lima puluh ribu rupiah).
  • Sedangkan pada software atau aplikasi Windows mempunyai harga yang bermacam-macam. Anda bisa cek harganya di iprice.co.id.
  • Karena Linux merupakan sebuah open source jadi semuanya free (Gratis). Entah itu OS-nya, softwarenya dan lainnya.

Untuk Anda sebagai orang yang baru saja mengenal linux, Anda boleh belajar perintah baris pada linux, mengapa? karena pada linux sendri perintah-perintah baris tersebut sangatlah penting dan bakal lebih sering digunakan.

Perbedaan lainnya selain perbedaan yang di atas yakni sebagai berikut:

  • OS Linux lebih kebal terhadap spyware jika dibandingkan dengan Windows.
  • Linux bisa didistribusikan oleh banyak pihak, sementara pada Windows secara resmi ada berada di bawah naungan
  • OS Linux mempunyai berbagai macam distro dan berasal dari banyak pihak. Sementara Windows sekalipun memiliki banyak versi, namun hanya dibuat oleh Microsoft.
  • Linux lebih hemat resources jika dibandingkan Windows.
  • Bagi penggunaan kantoran Windows lebih mendukung, dibandingkan pada penggunaan komputerisasi networking, misalnya server Linux lebih mendukung.

Kesimpulan

Windows dan Linux pastinya memiliki keunggulan dan kekurangan layaknya sebuah program komputer. Dan seharusnya keunggulan dan kekurangan itu dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya demi Indonesia yang lebih baik.

Demikianlah informasi terkait Perbedaan Windows dan Linux versi Nirvanaharapan. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight + eleven =